Kenali Ciri Awal Terjangkit Infeksi Virus Corona Covid-19

Baru-baru ini dunia semakin ramai dengan kasus infeksi virus corona (Covid-19), kasus infeksi virus ini berawal terdengar dari negara china. Diduga virus corona dibawa oleh kelelawar dan hewan liar lain yang dijual di pasar ikan Wuhan, Tiongkok. Virus tersebut masuk ke tubuh manusia melalui kontak dan makanan dan sekarang menyebar luas ke beberapa negara termasuk indonesia.

Namun bagaimana virus tersebut bisa menjangkit pada manusia? infeksi virus corona ini tergolong penyakit zoonosis yaitu bisa menular dari hewan ke manusia.

Virus corona atau yang dikenal juga dengan sebutan COVID-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan, penderita COVID-19 sejauh ini kebanyakan adalah orang dewasa.

Advertisement

Gejala Ciri Awal Terjangkit Virus Corona

Gejala awal terinfeksi virus corona dari hari ke hari:

Kenali Ciri Awal Terjangkit Infeksi Virus Corona Covid-19

foto via: pixabay.com

  1. Hari ke-1 pasien mengalami demam, tubuh mungkin juga mengalami semacam kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Ada pula yang mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.
  2. Hari ke-5 pasien menalami kesulitan bernapas, kondisi ini biasanya terjadi kepada mereka yang berusia lanjut atau memiliki riwayat penyakit lain sebelumnya
  3. Hari ke-7 menurut penelitian Universitas Wuhan, hari ke 7 ini merupakan rata-rata pasien masuk rumah sakit.
  4. Hari ke-8 kondisi ini semakin parah, sekitar 15 persen penderita mengalami sindrom gangguan pernapasan akut, saat ini terjadi cairan telah memenuhi paru-paru dan sering kali berakibat patal.
  5. Hari ke-10 ketika gejala memburuk, pasien akan di bawa ke ICU mereka biasanya mengalami gangguan pada bagian perut dan kehilangan nafsu makan. Pada rentang waktu ini, sebagian kecil meninggal yakni 2 persen
  6. Hari ke-17 setelah menjalani perawatan selama lebih kurang 2,5 minggu. Pasien yang kondisinya membaik biasanya sembuh dan keluar dari rumah sakit.

Beberapa golongan yang ternyata lebih rentan terserang virus corona merupakan orang dewasa, sementara anak-anak merupakan golongan yang paling kecil kemungkinan untuk terserang virus ini.

  • Orang lanjut usia, terutama yang punya riwayat penyakit kronis
  • Wanita hamil
  • Orang dengan disfungsi hati dan ginjal

Ternyata virus corona atau COVID-19 ini juga bisa menyebabkan penyakit pernapasan yang akut, di antaranya menimbulkan beberapa penyakit seperti;

  1. Bronkitis akut
  2. Pneumonia
  3. Gagal ginjal
  4. Infeksi pada organ lainnya
  5. Cedera akut pada jantung
  6. Inflamasi besar pada paru-paru
  7. Dan yang terparah adalah kematian.

Mewabahnya virus corona ini membuat orang banyak ketakutan, karena belum di temukannya vaksin atau obat yang terkonfirmasi bisa menghentikan infeksi virus corona ini. Namun ada beberapa upaya penting untuk melakukan pencegahan Infeksi Virus Corona antara lain:

  1. Membiasakan kebiasaan hidup sehat, biasakan selalu mencuci tangan dengan air dan sabun secara menyeluruh, kamu bisa juga menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan.
  2. Konsumsi makanan-makanan sehat bergizi atau vitamin agar badan tetap fit.
  3. Jangan bepergian ke negara lain yang terinfeksi virus.
  4. Gunakan masker berjenis N95 yang bisa menangkal virus saat keluar rumah.
  5. Berolahraga secara teratur.
  6. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit dan suspect virus corona.
  7. Terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar dll.

Itulah beberapa cara efektip untuk mencegah tertularnya virus corona yang sudah banyak menelan korban. Sebaiknya menahan diri untuk keluar rumah dalam intensitas tinggi kecuali memang pekerjaan dan sesuatu yang mendesak.

Untuk lebih jelasnya dapat berkonsultasi ke dokter, lembaga yang berkompeten mengenai corona. Sekian terimakasih