Kumpulan Cara Mengisi Form PDF Online dan Offline

Pernahkah anda diminta mengisi formulir dalam format PDF dan bingung bagaimana cara mengisinya? karena tidak tahu dulu saya sempat berfikir caranya adalah dengan mencetak pdf tersebut kemudian diisi lalu scan lagi menjadi PDF.

Padahal tidak seperti itu karena form PDF bisa kita isi langsung baik online maupun offline dengan bantuan aplikasi Adobe Acrobat Pro atau Foxit Reader.

Pada kesempatan kali ini lindati,com akan memberikan contoh singkat langkah-langkah mengisi formulir PDF online tanpa software tambahan maupun dengan dua aplikasi PDF Reader.

Cara Mengisi Form PDF Online

Mengisi secara online bisa menjadi pilihan tepat dan cepat karena kita tidak perlu menginstall software tambahan, selain itu ptosesnya pun sangat mudah. Kita hanya perlu upload – isi – simpan – lalu download hasilnya, dan berikut ini langkah-langkahnya.

Pertama-tama buka halaman pdfescape.com lalu klik browse dan cari file yang akan kita isi tersebut, tunggu sampai proses upload selesai dan halaman pengeditan terbuka.

Cara Mengisi Form PDF Online

Untuk mulai mengisi, klik pada kolom yang telah disediakan pada formulir tersebut begitu juga untuk mengisi atau mencetang item kita hanya perlu klik pada kotak yang disediakan.

Setelah selesai, klik icon disket untuk menyimpan dan terakhir klik icon Download untuk mengunduh ke komputer.

Mengisi Formulir PDF Dengan Foxit Reader dan Adobe Acrobat PRO

Cara lain selain online adalah dengan menggunakan aplikasi Foxit Reader yang bisa kita unduh dan gunakan secara gratis atau jika anda memiliki software Adobe Acrobat PRO maka aplikasi ini juga dapat kita pakai untuk mengisi formulir, dan berikut caranya.

1 – Menggunakan Foxit Reader

Mengisi Formulir PDF Dengan Foxit Reader

  1. Jalankan aplikasi Foxit Reader lalu buka formulir yang ingin diisi.
  2. Kemudian untuk menulis atau menambahkan teks, klik pada kolom yang disediakan kemudian isi.
  3. Begitu juga untuk mencetang, kita hanya perlu klik pada kotak yang ada pada formulir tersebut.
  4. Setelah selesai mengisi, klik Save.

2 – Mengisi Dengan Adobe Acrobat PRO

Mengisi Dengan Adobe Acrobat PRO

Alternatif lain bagi anda yang memiliki aplikasi Adobe Acrobat Pro, berikut ini adalah cara untuk mengisi formulir dalam format PDF.

  1. Buka dokumen yang akan diisi dengan software Adobe Acrobat PRO (berbayar)
  2. Kemudian klik pada kolom yang biasanya berwana biru menandakan dapat diisi lalu silahkan isi sesuai kebutuhan.
  3. Sedangkan untuk mencetang, klik pada kotak centang yang disediakan.
  4. Terakhir, simpan dokumen tersebut. Selesai.

Selain dengan 2 software diatas masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengisi form seperti  Nitro Reader 3, PDF X-Change Viewer, Adobe Acrobat Reader DC dan masih banyak lagi dan mungkin lain kali akan kami bahas lebih lanjut.