LibreOffice Writer, Cara Mudah Membuat File PDF Secara Gratis

Bagi yang belum tahu apa itu LibreOffice, singkatnya aplikasi ini mirip dengan MS Office buatan Microsoft tetapi LibreOffice dapat digunakan secara gratis tanpa perlu membeli lisensi.

Memiliki banyak fitur mirip dengan MS Office, sehingga bisa dijadikan alternatif pengganti MS Office misal untuk MS Word bisa diganti dengan LibreOffice Writer walau memang saat pertama kali menggunakan agak sedikit bingung tetapi setelah beberapa kali mencoba akhirnya terbiasa juga.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat file PDF menggunakan LibreOffice Writer 5.

Cara Mudah Membuat File PDF Dengan LibreOffice Writer 5

Bagi yang belum memiliki software LibreOffice maka kamu bisa langsung unduh dari situs resminya terlebih dahulu melalui tautan ini : libreoffice.org/download/libreoffice-fresh/

Ada dua cara untuk membuat file pdf menggunakan LibreOffice Writer yaitu dengan menulis dokumen langsung pada aplikasi LibreOffice Writer atau convert dari format lain seperti doc/docx, dan berikut langkahnya.

  1. Jalankan aplikasi LibreOffice Writer kemudian cari dokumen yang ingin diubah menjadi PDF misal dari file MS Word, atau jika ingin membuat langsung maka setelah terbuka silahkan buat dokumen langsung di LibreOffice Writer.Cara Mudah Membuat File PDF Dengan LibreOffice Writer 5
  2. Terakhir pilih icon PDF (Export directyl as PDF) kemudian beri nama file tersebut lalu save.LibreOffice Writer, Cara Mudah Membuat File PDF Secara Gratis
  3. Selesai,

Mudah sekali bukan, hanya perlu menulis dokumen seperti biasa mirip dengan saat menulis di micosoft word atau buka dokumen word (doc/docx) kemudian export sebagai PDF.

Fitur ini mirip dengan yang dimiliki oleh Word 2010 keatas yang mana dapat langsung save as PDF.

Tidak hanya dapat membuka file word tetapi LibreOffice Writer masih mempunyai beberapa fitur menarik lainnya seperti bisa digunakan untuk membuat formulir PDF.

Kesimpulan, aplikasi LibreOffice Writer bisa dijadikan pertimbangan pengganti Microsoft Word terutama bagi yang tidak memiliki lisensi.

Dengan fitur dan kegunaan yang sama sepertinya tidak akan ada kendala berarti ketika kita pindah dari Word ke LibreOffice Writer.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan tulisan menarik lainnya seperti : cara convert jpg ke PDF.