Panduan Cara Install Ulang Play Store Yang Hilang Terhapus

Ketika Google Play Store terhapus dari HP Android maka kita tidak bisa lagi mengunduh aplikasi dari Google Play Store, tapi jangan panik karena kita bisa atasi masalah ini dengan cara intsall ulang Play Store dengan langkah-langkah  yang akan kami jelaskan pada tulisan kali ini.

Untuk dapat install ulang Google Play Store kita membutuhkan file apk terlebih dahulu yang bisa diunduh dari beberapa situs terpercaya seperti apkmirror maupun forumxda, atau sobat juga bisa mengambil file apk dari HP Android lain kemudian kirim lewat bluetooth atau wifi dengan xender.

Setelah kita miliki file apk, langkah selanjutnya adalah proses install namun sebelumnya kita harus lakukan sedikit perubahan pada bagian setting/pengaturan HP Android/Tablet agar dapat menginstall aplikasi langsung dari file APK.

Baca juga : mengaktifkan wifi hotspot di modem huawei.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhapus (Install Ulang)

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi aplikasi Google Play Store hilang karena terhapus baik di HP maupun Tablet Android.

1. Persiapan

Buka menu settings kemudian pilih Security lalu centang Unknown sources jika HP Android sobat menggunakan bahasa Indonesia maka buka pengaturan – pengamanan – Sumber tdk diketahui tujuannya adalah untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber lain selain Google Play Store.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhapus

Penting : Saat muncul peringatan, pilih OK untuk melanjutkan.

Tips  : Sebaiknya kembalikan pengaturan (buang centang) Unknown sources setelah sobat selesai menginstall Play Store.

2. Download atau Transfer File APK

Langkah kedua adalah mengundug atau transfer file apk dari ponsel lain, silahkan pilih salah satu yang paling mudah, dan berikut panduannya.

–  Cara Download Google Play Store APK

Langkah pertama buka halaman forumXDA ini lalu pilih apk terbaru, biasanya yang paling baru akan ada dibagian atas, lihat gambar berikut ini.

Cara Download Google Play Store APK

Kemudian download ke HP Android kamu dan tunggu sampai selesai.

Alternatif lain jika tidak ingin mengunduh maka sobat bisa ambil file APK dari HP Android lain melalui bluetooth menggunakan aplikasi tambahan share apps misalnya atau bisa juga melalui wifi dengan cara seperti yang pernah kami jelaskan pada artikel ini.

3. Install Ulang Aplikasi Play Store

Setelah file apk kita dapatkan langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi Google Play Store dengan langkah sebagai berikut.

Cari dimana lokasi file apk berada kemudian tap dua kali lalu pilih penginstallan paket seperti tampak pada gambar berikut, lalu pilih Instal dan tunggu sampai proses selesai.

Install Ulang Play Store

Itulah sedikit panduan cara mengatasi Google Play Store hilang terhapus, yaitu dengan instal ulang. Sangat mudah bukan?

Kesimpulan, saat aplikasi Google Play Store hilang di HP Android kita bisa lakukan pemasangan ulang menggunakan file apk yang bisa diunduh dari internet atau mengambil dari HP Android lain, setelah itu baru install pakai file apk.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat, jika ada bagian yang masih kurang dimengerti silahkan tanyakan. Terimakasih telah berkunjung dan maaf jika masih banyak kekurangan. Jangan lewatkan info lainnya seperti cara transfer file apk lewat wifi.