Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengalaman Bayar BPJS Lewat Tanggal 10 Kena Denda Berapa?

Karena lupa ini merupakan pengalaman pertama kali saya bayar BPJS lewat tanggal 10 tepatnya membayar pada tanggal 13 sama seperti tulisan ini dibuat. Bulan ini saya membayar iuran BPJS kesehatan lewat Alfamart tidak seperti biasanya pembayaran melalui ATM.

Saya merupakan peserta BPJS kelas II dan yang terdaftar berjumlah 3 orang pun dengan iuran per bulan Rp.51.000, dan karena merasa sudah telat bayar BPJS. Untuk itu sebelumnya telah menyiapkan uang lebih untuk persiapan jika harus membayar denda BPJS.

Ternyata bayar BPJS lewat 1 hari atau 3 hari tidak terkena denda karena saya tetap membayar iuran kelas II untuk jumlah peserta sebanyak 3 orang adalah sebesar Rp.153.000 per bulan. Untuk lebih jelasnya dapat melihat struk pembayaran iuran BPJS kesehatan dari Alfamart dibawah.

Advertisement

Bayar BPJS Lewat Tanggal 10 Kena Denda Berapa?

Bayar BPJS Lewat Tanggal 10 Kena Denda Berapa?

baca juga: cara cetak kartu BPJS

Gambar diatas menunjukan total pembayaran tanggal 13-08-2918  setelah ditambah biaya administrasi Rp.2.500 menjadi Rp.155.500, tetapi jika melakukan pembayaran lewat BPJS lewat ATM Bank hanya sebesar Rp.153.000 atau tidak dikenakan adminstrasi.

Hal ini sesuai dengan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 2 Tahun 2016 yang intinya kurang lebih menyatakan:

Apabila peserta BPJS melakukan pembayaran iuran melebihi tanggal jatuh tempo atau setelah tanggal 10 setiap bulan tidak dikenakan denda. Keterlambatan lebih dari 1 bulan terhitung dari tanggal 10 maka kartu BPJS nonaktif untuk mengaktifkan bayar seperti biasa tanpa dikenakan denda.

Dan denda akan dikenakan apabila setelah 45 hari kartu diaktifkan kembali peserta mendapat pelayanan rawat inap akan dikenakan denda keterlambatanya sebesar 2,5 % dari biaya pelayanan sesuai dengan bulan peserta menunggak.

Kebetulan tadi seorang teman bertanya telat bayar BPJS 1 minggu berapa dendanya dan berdasarkan inti dari peraturan BPJS terbaru tentu saja tidak dikenakan denda keterlambatan.  Tetapi sebagai peserta yang baik sebaiknya bayar BPJS tepat waktu selain itu kartu BPJS akan tetap aktif.

Demikianlah pengalaman saya bayar BPJS lewat tanggal 10 tidak terkena denda, semoga bermanfaat dan apabila masih kurang jelas dapat mendatangi kantor BPJS langsung atau membaca di website resmi BPJS, karena apa yang saya sampaikan merupakan apa yang saya alami.

2 Comments

  1. Reyne Raea August 17, 2018
    • Dian F August 18, 2018