Pengalaman Kirim Barang Tokopedia Via Go Send Ke Konsumen

Biasanya saya sebagai penjual mengirimkan paket ke costumer Tokopedia menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI atau kantor POS. Tetapi banyak sekali konsumen yang menginginkan barang lebih ketika pesan dan pada hari itu juga sampai khusus Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.

Akhirnya saya mengaktifkan fitur kirim barang Tokopedia via Go Send, karena memang tidak tahu cara pakai Go-Jek di Tokopedia. Dan kebetulan salah satu konsumen saya berada di Jabodetabek sehingga dapat menggunakan go kilat tersebut. Dengan tarif Go Kilat Tokopedia sebesar Rp.15.000 menjadikan fitur ini mejadi pilihan favorit konsumen.

Cara kirim barang Tokopedia via Go Send ternyata mudah sekali dan penjual tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman menggunakan Go Jek, karena ongkir sudah dibayar pembeli di Tokopedia. Tetapi kita sebagai pemilik toko harus mengetahui persyaratan mengirim barang menggunakan Go Send.

Pengalaman Kirim Barang Tokopedia Via Go Send Ke Konsumen

Pengalaman Kirim Barang Tokopedia Via Go Send Ke Konsumen

1. Login ke akun Tokopedia kamu, lalu masuk ke halaman Pengaturan Toko dan pilih tab Pengiriman.
2. Pilih Kota Asal pengiriman, lalu isi Alamat Pickup dan klik Pilih Lokasi Pickup.
3. Pin peta sesuai dengan Alamat Pickup. Alamat dan Lokasi Pickup harus diisi sesuai dengan lokasi pengambilan produk yang akan dituju oleh driver GO-KILAT nantinya.

Syarat kirim barang Tokopedia via Go Send

  • Penggunaan GO-SEND sementara ini hanya berlaku untuk pengiriman di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.
  • GO-SEND hanya berlaku untuk pengiriman dengan jarak maksimum 40 KM.
  • Request pickup driver GO-JEK harus dilakukan lewat website Tokopedia/aplikasi Tokopedia selama pukul 06.00 – 16.00 WIB.
  • Batas respon pesanan hanya 2 hari terhitung sejak pembayaran diverifikasi, dan 1 hari untuk konfirmasi pengiriman/request pick up GO-JEK terhitung sejak pesanan direspon.
  • Jika pemesanan kurir dilakukan di luar website/aplikasi Tokopedia, maka layanan pengiriman GO-SEND tidak berlaku.
  • Ukuran maksimum produk 40cm (panjang), 40cm (lebar), dan 17cm (tinggi), dan berat 7kg.
  • GO-JEK memberikan biaya ganti rugi untuk kehilangan produk sampai dengan Rp 10 juta, selama produk tersebut sesuai dengan informasi yang diberikan. Nominal penggantian akan berdasarkan struk pembelian dan/atau mengacu kepada nilai wajar harga produk.

Nah itulah pengalaman saya kirim barang Tokopedia via Go Send, dan karena ketepatan waktu akhirnya konsumen tersebut mengorder kembali di lapak Tokopedia saya.

Kesimpulan: Adanya kerja sama antara Go-Jek dengan Tokopedia menjadi solusi bagi si penjual atau si pembeli dalam melakukan pengiriman. Terutama bagi si penjual online yang menjual makanan segar dan hari itu juga harus tiba di tangan konsumen. Baca juga cara narik uang di tokopedia.

Advertisement