Pengalaman Kirim Paket Barang Lewat Kantor Pos Supaya Tidak Ditolak

Sebagai seller Tokopedia saya harus mengikuti kemauan pembeli untuk memilih jasa pengiriman, apakah itu JNE, TIKI, RPX dan kirim barang lewat kantor POS. Ternyata konsumen Tokopedia saya lebih memilih menggunakan jasa PT. POS Indonesia.

Mungkin salah satu alasanya adalah tarif pengiriman barang lewat POS lebih murah dibanding jasa ekspedisi lain.

Atau bisa jadi karena paket barang cepat sampai ketangan pembeli di Tokopedia, tetapi hanya untuk beberapa wilayah saja karena PT.POS sudah memiliki banyak kantor cabang di daerah.

Bagi yang ingin tahu cara kirim paket barang lewat Kantor POS silahkan baca informasi singkat dibawah ini, supaya paket kamu tidak ditolak karena salah dalam melakukan pengepakan atau packing.

Kirim Paket Barang Lewat Kantor Pos Untuk Konsumen

1. Bungkus dengan benar paket tersebut, karena cara mengirim paket via POS berbeda dengan ekspedisi lain. Contoh jika kirim paket lewat JNE, apabila ukuran barang relatif kecil (permukaan paket masih bisa ditulis alamat) tidak perlu dibungkus lagi dengan amplop.

Tetapi jika menggunakan POS berdasar pengalaman paket tersebut harus di beri amplop lagi dengan alasan tidak bisa ditempel resi pengiriman jika paket terlalu kecil seperti gambar dibawah.

Pengalaman Kirim Paket Barang Lewat Kantor Pos Untuk Konsumen

2. Tulis nama jelas dan alamat jelas, no handphone si penerima supaya kurir atau petugas POS dapat dengan mudah mengantarkan kiriman barang tersebut.

Supaya tidak membungkus di kantor pos sebaiknya paket diberikan amplop atau tempat yang besar, seperti gambar dibawah.

Pengalaman Kirim Paket Barang Lewat Kantor Pos Supaya Tidak Ditolak

3. Sama seperti jasa ekspedisi lain kantor pos akan menolak benda berisi cairan seperti parfum, apalagi untuk luar Pulau. Jika kamu menjual parfum online sebaiknya menggunakan pengiriman lain seperti Go Send milik Go Jek, namun terbatas untuk wilayah tertentu saja.

Setelah semua proses kirim paket barang lewat kantor POS telah selesai tugas penjual di Tokopedia adalah memasukan nomor resi bukti pengiriman. Sehingga pembeli dapat melacak paket POS sampai mana.

Cara memasukan no resi POS di Tokopedia

  • Login ke akun Tokopedia.
  • Pilih notifikasi kemudian klik  konfirmasi pengiriman.
  • Masukan no resi pada kotak Agen Kurir seperti gambar dibawah.

Cara memasukan no resi POS di Tokopedia

Untuk yang belum tahu no resi pos berapa digit adalah berjumlah 11 angka, sebenarnya lebih tepat no barcode. Cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum penjual atau pembeli tinggal klik Lacak pada status pengiriman Tokpedia.

Itulah cara kirim paket barang lewat kantor POS supaya tidak ditolak, sehingga dapat menghemat waktu daripada diminta melakukan packing ulang karena tidak memenuhi syarat pengiriman barang lewat kantor pos. Untuk mengecek ongkir POS, JNE, TIKI, RPX di Android dapat menggunakan aplikasi raja ongkir.

Catatan: Apabila berat paket barang kurang dari 5 kg, akan dikenakan layanan Paket Kilat Khusus dengan estimasi waktu pengiriman antara 2-4 hari. Sementara paket dengan berat di atas 5 kg dapat menggunakan layanan Pos Biasa.

Silahkan Bertanya atau Berkomentar :D