Pengalaman Menghilangkan Warna Hitam Pada Cetakan Kue Carabikang

Kemarin lindati membeli cetakan kue carabikang 12 lubang dengan bahan alumunium cor di salah satu marketplace. Tetapi hasil kue carabikang menjadi kehitaman padahal cetakan sudah dicuci dengan bersih. Selain kue di enak dipandang mata, saya juga kwatir akan dampak kesehatan yang ditimbulkan apabila kue dimakan.

Akhirnya saya browsing cara menghilangkan hitam pada cetakan kue carabikang dan ternyata sudah banyak yang mengulas tidak terkecuali pada video di Youtube. Meskipun tidak spesifik menyebut cara membersihkan cetakan carabikang tetapi tips tersebut berhasil.

Seperti diketahui cetakan kue dari alumunium cor bukan saja untuk carabikang karena ada juga beberapa kue tradisional seperti kue lumpur, baklor, pukis, cetakan martabak, takoyaki dll yang menggunakan bahan yang sama (alumunium cor). Bagi para bunda yang mengalami masalah cetakan hitam pertama kali digunakan dapat melihat tips nya dibawah ini.

Advertisement

Cara Menghilangkan Warna Hitam Pada Cetakan Kue Carabikang

Pengalaman Menghilangkan Warna Hitam Pada Cetakan Kue Carabikang

  • Sebelum digunakan cuci cetakan dengan sabun pembersih untuk mencuci piring kemudian disikat dengan sikat pencuci piring.
  • Siapkan mentega dan lap bersih atau tisu.
  • Oleskan mentega pada setiap lubang cetakan secara merata.
  • Lap semua lubang yang telah diberikan olesan mentega, yang harus diperhatikan jika menggunakan kain lap, usap lubang dengan bagian lap yang berbeda sehingga tidak terjadi perpindahan kotoran dari lubang ke lubang.
  • Apabila menggunakan tisu gunakan satu atau dua lembar yang berbeda pada tiap lubang.
  • Lakukan proses tersebut beberapa kali sampai tidak ada lagi warna hitam yang melekat pada kain.
  • Jika sudah benar benar bersih cuci kembali cetakan sebelum digunakan.

Dan berdasarkan pengalaman cara diatas efektif mengusir kotoran hitam pada cetakan, saya sendiri melakukan pengelapan sampai tiga kali. Selain dengan mentega ada juga yang menggunakan minyak goreng untuk membersihkan cetakan.

Caranya yaitu dengan cara menuangkan kurang lebih 1/2 sendok teh minyak pada setiap lubang. Lalu panaskan menggunakan api kecil sampai cetakan mengeluarkan asap. Langkah berikutnya adalah mematikan kompor gas dan tunggu cetakan sampai dingin.

Setelah itu lubang cetakan di lap menggunakan lap bersih, agar warna hitam hitam pada cetakan lakukan proses ini secara berulang ulang sampai cetakan bersih dan siap digunakan.

Tidak perlu kwatir karena cukup sekali saja membersihkannya dan untuk penggunaan cetakan selanjutnya dapat langsung dipakai. Asalkan mengerti cara merawat cetakan kue alumunium cor jika sudah digunakan yaitu dengan cara mengolesi minyak pada cetakan dan dibungkus dengan plastik.

Itulah pengalaman cara menghilangkan warna hitam pada cetakan kue carabikang yang memerlukan treatment ketika baru pertama kali digunakan. Apabila belum jelas silahkan tonton videonya.

Leave a Reply