Pengalaman Mengurus ATM BRI Tertelan

Pernahkah kalian mengalami kejadian kartu ATM tertelan? pasti rasanya sangat menjengkelkan apalagi sepeti yang saya alami beberapa minggu lalu. Berawal ingin melakukan penarikan tunai, namun tidak ada mesin ATM BRI akhirnya saya mencari mesin ATM Bersama.

Kebetulan ada ATM Bersama di ATM Center BNI, setelah memasukkan kartu ATM tidak juga keluar menu perintah menginput PIN. Saya pun bingung dan panik sambil menekan semua tombol yang ada pada mesin ATM seperti cancel, clear dll.

Sampai beberapa menit berharap kartu keluar kembali tetapi sia sia saja, jika saya memiliki mobile banking BRI tentunya kartu ATM tertelan bisa mendapat solusi yaitu dengan cara transfer atau memindahkan ke rekening Bank lain, apabila mengalami masalah serupa dan belum mengerti caranya, dibawah lindati akan berbagi informasi mengatasi ATM BRI tertelan.

Advertisement

Yang Harus Dilakukan Jika ATM BRI Tertelan

Silahkan menghubungi BRI call center pada nomor 14017 / 1500017 untuk melakukan pemblokiran kartu ATM. Biasanya nasabah akan diminta menyebutkan nomor rekening jika tidak hapal dapat menelpon cs BRI setelah di rumah atau bisa menghubungi keluarga di rumah untuk menyebutkan no rekening.

Tujuan pemblokiran adalah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti ATM keluar kembali dan digunakan orang lain yang mengetahui PIN Anda meskipun kecil kemungkinanya tetapi harus waspada. Pastikan pulsa pada ponsel diatas 20.000 untuk menghindari komunikasi terputus dengan petugas call center.

Syarat dan Cara Mengurus ATM BRI Tertelan di Kantor Cabang

1. Datang ke kantor cabang terdekat dan tidak harus mendatangi kantor cabang BRI dimana pertama kali membuka rekening.

2. Jangan lupa membawa buku tabungan beserta identitas diri.

3. Ambil nomor antrian ke customer service, jika ada satpam katakan keperluan untuk mengurus kartu ATM tertelan.

4. Mengisi formulir data nama lengkap, no ktp, no rekening BRI, alamat sesuai ktp, nama ibu kandung, nomor handphone, keperluan (ATM tertelan)  dan surat pernyataan.

Pengalaman Mengurus ATM BRI Tertelan

5. Di customer service akan diminta buku tabungan dan ktp dilanjutkan dengan mengisi formulir nama, alamat dan no rekening yang ditandatangani pada materai. Terakhir akan diberikan kartu atm baru dan Anda diminta memasukkan PIN pada mesin EDC, oh iya sebelumnya di foto terlebih dahulu.

Biaya Mengurus ATM BRI Tertelan

Berbeda dengan mengurus perpanjangan kartu ATM BRI kadaluarsa yang dikenakan biaya pergantian kartu sebesar 50.000 rupiah, untuk atm yang ditelan mesin hanya dikenakan penggantian biaya materai 6.000 sebesar 7.500.

Penyebab ATM Tertelan

Yang sering terjadi karena mesin rusak atau error diantaranya ditandai dengan tidak keluar menu masukkan PIN, apabila kartu masih bisa keluar sebaiknya cari ATM terdekat lain. Atau bisa juga kartu ATM yang rusak seperti retak, sehingga kartu tidak dapat keluar.

Listrik mati saya pernah mengalami hal seperti ini dan terjadi pada mesin ATM CIMB Niaga aliran listrik padam padahal saat itu uang belum keluar, meskipun kartu ATM tetap keluar tetapi saldo terpotong. Namun pada beberapa kejadian yang saya baca ada nasabah yang kartu ATM nya tidak keluar ketika aliran listrik terputus.

Demikianlah pengalaman mengurus ATM BRI tertelan sebaiknya jangan panik berlebihan dan lakukan langkah langkah seperti yang telah disebutkan diatas. Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply