Pentingnya Menutup Aurat Bagi Wanita

Berbicara soal menutup aurat atau berhijab bagi wanita Muslim, bahwa perintah untuk menutup aurat adalah hukumnya wajib dan sejatinya berlaku kepada baik kaum Pria maupun Wanita. Untuk kaum Wanita dimana hampir seluruh dari anggota tubuhnya adalah aurat, kaki termasuk aurat terkecuali bagian wajah dan telapak tangan, sebagaimana tercantum dalam Surah An-Nur ayat 31.

Surat An-Nur Ayat 31:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Advertisement

Katakanlah kepada wanita yang beriman:

“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”.

Pentingnya Menutup Aurat Bagi Wanita

Pentingnya Menutup Aurat Bagi Wanita

https://www.youtube.com/watch?v=1uQQraTeQbg

Dikarenakan menutup aurat merupakan perintah yang turun langsung dari Allah S.W.T dan sebagai umatNya maka wajib hukumnya (melaksanakannya). Jadi pada dasarnya bahwa menutup aurat itu ialah salah satu bentuk dari ketaatan sebagai manusia kepada perintah Allah.

Wanita yang menutup auratnya tidak akan menghilangkan atau melunturkan kecantikan yang dimiliki kaum Wanita, karena pada dasarnya cantik itu bukan di lihat dari fisik melainkan terpancar dalam ahlak diri mereka.

Bagi sebagian orang mungkin saja menganggap bahwa menutup aurat ini suatu hal yang sepele, dan tidak usah di permasalahkan. Bahkan, dalam penafsirannya mereka menganggap bahwa berprilaku dan memiliki hati yang baik lebih penting ketimbang menutup aurat, dan ada sebagian orang yang mengatakan “yang penting hatinya berhijab”.

Nyatanya pemikiran tersebut secara jelas salah kaprah, hakekatnya bahwa tidaknya menutup aurat bagi wanita muslimah termasuk kedalam dosa besar. Sebagai gambaran bagi kaum Muslimah yang tidak menutup aurat, maka setiap kali ia memperlihatkan auratnya kepada bukan mahramnya atau mereka yang tidak berhak maka ia telah melakukan satu perbuatan dosa.

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslimah, sebagaimana Allah telah menjelaskannya di dalam ayatnya Al Quran berikut:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya :

Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka !” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allâh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang [Q.S. Al Ahzab (33): 59]

Kembali prihal menutup aurat bagi kaum Muslimah, perlu Anda perhatikan bahwa menutup aurat pun ada rambu-rambu yang wajib dipenuhi. Menutup aurat itu tidak sekadar makna “tertutup”, akan tetapi seperti apa menutup aurat sesuai Syariat Islam dan konsep aurat yang benar sesuai cara pandang Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Hal ini juga diperkuat di dalam hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda:

يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا

Wahai Asma ! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan). [HR. Abu Dâwud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini di shahihkan oleh syaikh al-Albâni rahimahullah]

Dari kutipan ayat dan hadist di atas menjelaskan bahwasannya betapa pentingnya menutup aurat bagi seorang wanita, karena wanita begitu istimewa dalam prespektif Islam.

Leave a Reply