Peraturan Umum Bermain Bulu Tangkis

Peraturan umum bermain bulu tangkis yang dibuat oleh BWF (Badminton World Federation) dulu organisasi induk bulu tangkis ini bernama IBF atau International Badminton Federation.

Bulu tangkis memiliki kalender kejuaraan dari tingkat paling rendah seperti perlombaan bulu tangkis Agustusan sampai kejuaraan dunia, Sea Games, Asian Games, All England, piala Thomas, Uber, Super series.

Dengan adanya peraturan dasar bulu tangkis semua pemain baik itu pemula sampai dengan atlet profesional dapat menerapkannya ketika bermain. Sehingga pemenang dari sebuah turnamen didapat dengan cara sportif.

Advertisement

Peraturan peraturan itu diantaranya posisi ketika pemain melakukan servis, batas out, posisi penerima servis, area servis untuk permainan tunggal dan ganda, sistem perolehan nilai, pergantian bola dan lain lain, penjelasan singkat ada dibawah.

Sebelumnya saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan permainan bulu tangkis. Pemain harus memukul kok dengan raket dan menyebrangkan melewati net ke bidang lapangan lawan.

Demikian halnya dengan lawan Anda wajib mengirimkan shuttlecock kembali ke lapangan Anda. Jika diantara pemain melakukan kesalahan seperti memukul bola keluar (out), kok tersangkut di net atau kok menyentuh lantai maka lawan yang mendapat poin.

Peraturan Umum Bermain Bulu Tangkis

Peraturan Umum Bermain Bulu Tangkis

bwfbadminton.com

Persiapan Lapangan

Selain bentuk dan ukuran lapangan bulu tangkis, tinggi tiang net harus sesuai berdasarkan standar BWF, untuk jaring atau net tidak boleh kendur.

Ada wasit (umpire) yang dibantu oleh hakim garis (linesman) yang bertugas untuk memperhatikan apakah bola masuk atau keluar, dan bola menyentuh lantai atau tidak.

Wasit utama juga dibantu oleh hakim service (service judge) dengan tugas memperhatikan pemain pemberi dan penerima servis apakah melakukan kesalahan (Fault) atau tidak.

Cara Servis

Pukulan pembuka dalam permainan bulu tangkis disebut service/servis, cara memukulnya kok diarahkan ke lawan secara diagonal atau menyilang dilakukan.

Sebelumnya penentuan yang mendapat giliran pertama serve didapat dari hasil undian koin. Angka pertandingan dimulai dari 0 (nol) dan servis dimulai dari sebelah kanan (genap).

Kemudian jika mendapat poin satu berpindah ke sisi kiri (ganjil) dari kesalahan lawan seperti kok jatuh di luar area serrvis atau kok menyakut di net. Cara servis yang benar adalah sebagai berikut

Peraturan Umum Bermain Bulu Tangkis

shuttlesmash.com

  • Pada saat memukul, tinggi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket (grip).
  • Berdasar peraturan servis terbaru keseluruhan shuttlecock harus di bawah 1,15 meter dari permukaan lapangan pada saat dipukul oleh raket.
  • Posisi kaki hanya boleh bergeser namun tidak lepas dari lantai.
  • Ketika melakukan servis cara mengayun raket, harus dalam satu rangkaian.
  • Pemain yang menerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul.

Wasit Menyatakan Servis Fault / Kesalahan Dalam Servis

  • Shuttlecock out atau berada diluar area servis.
  • Kaki menginjak batas garis servis.
  • Penerima servis bergerak sebelum kok dipukul.
  • Perkenaan kok diatas 1,15 meter.
  • Pada saat melakukan servis pukulan terputus atau bukan satu rangkaian.

Batas Shuttelcock Out

Ada perbedaan batas bola out pada nomor tunggal dan ganda, seperti pada tulisan sebelumnya ukuran lapangan bulu tangkis tunggal adalah panjang 13,40 meter dan Lebar lapangan bidang permainan adalah 5,18 meter.

Apabila kurang atau melewati garis yang telah ditentukan maka bola dinyatakan out, garis lapangan yang digunakan untuk panjang adalah garis bagian dalam.

Sementara ukuran lapangan ganda adalah memakai garis belakang bagian  ketika servis dalam dan garis samping bagian luar dengan panjang  13,40 meter dan lebar 6,10 meter (setelah servis dilakukan area lapangan digunakan seluruhnya.

Sistem Nilai Pada Permainan Bulu Tangkis

Pada saat ini sistem terbaru perhitungan poin permainan bulu tangkis menggunakan 21 x 3 (poin sampai 21) apabila terjadi poin sama 20-20 akan terjadi jus 2.

Pertandingan akan dilanjutkan rubber set jika pemain memenangkan sama sama satu game.  Tetapi jika salah satu pemain menang dua game berturut turut atau straight set maka pertandingan hanya dilakukan 21 x 2 saja.

Sistem nilai pada permainan bulu tangkis disebut rally point dimana salah satu pemain melakukan kesalahan maka lawan yang akan mendapat poin. Hal ini berbeda dengan sistem pindah bola yang digunakan sebelumnya.

Saat Pemain Bulu Tangkis Diperbolehkan Mengganti Bola

Dalam permainan bulu tangkis kerap kali pemain meminta pergantian bola (kok) dengan maksud agar laju kok kembali stabil ketika dipukul.

Disamping ada pemain yang ingin mengembalikan konsentrasi ketika dalam keadaan tertinggal dalam perolehan poin meskipun kok sebenarnya masih bagus.

Jika hal ini terjadi yang memperbolehkan mengganti bola adalah pemain lawan yang akan melakukan servis, biasanya pemain lawan tidak mengizinkan dan tetap melanjutkan permainan dengan shuttlecock tersebut.

Tentunya pemain yang melakukan servis menunjukan terlebih dahulu kondisi kok kepada wasit, sehingga keputusan terakhir mengenai pergantian bola adalah wasit.

Itulah peraturan umum bermain bulu tangkis yang diterapkan oleh PBSI dan organisasi bulu tangkis negara lain sesuai dengan aturan Badminton World Federation (BWF).