Pesona Wisata Di Wamena Yang Indah Dan Ciamik

Wamena sebuah kota kecil yang terletak di pegunungan tengah Papua dan merupakan kota yang masuk wilayah kabupaten Jayawijaya, papua. Papua yang memiliki pesona keindahan alam dan budayanya, bahkan terkenal dengan destinasi wisata di Raja Ampat.

Ternyata Papua juga memiliki banyak sekali beragam destinasi wisata yang tidak kalah ciamik dan menarik, mulai dari telaga biru dan Lembah Baliem yang berada di sekitaran Wamena. Selain itu, wamena punya festival kelas dunia yang secara konstan digelar setahun sekali yaitu Festival Lembah Baliem atau Festival Budaya Lembah Baliem merupakan festival yang seringdi datangi para wisata dalam maupun luar negri.

Lalu, seperti apa pesona keindahan destinasi wisata di Wamena?, dibawah ini ada beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Papua.

Advertisement

Destinasi Wisata Di Wamena Papua

1. (Blue Lake) Telaga Biru Maima

Pesona Wisata Di Wamena Yang Indah Dan Ciamik

https://indonesia-tourism.com

Ternyata begitu banyak tempat wisata di papua yang belum terjamah oleh para wisatawan, padahal di daerah Wamena ini banyak sekali destinasi yang tidak kalah indah dan menarik contohnya telaga biru yang terletak di Distrik Maima, sebuah danau yang memiliki air bening dan jernih berwarna biru tosca.

Telaga Biru ini juga konon mempunyai nilai sejarah, yakni mengandung unsur cerita warisan mengenai asal-usul manusia pertama yang hidup di Lembah Baliem. Dalam bahasa daerah setempat, penyebutan “ma-i-ma”, berarti tempat bawah.

Telaga biru ini merupakan danau yang tersembunyi di balik bukit terjal, dan dikelilingi tebing hijau. Menjadikan danau yang tidak terlalu besar ini terlihat ciamik dan luar biasa eksotis, dengan sedikit gradasi hijau pengaruh pepohonan rimbun di sekitarnya.

Alamat: Maima, Asolokobal, Kabupaten Jayawijaya, Papua 99511

Jam buka: Setiap hari 06.00 – 18.00

Pesona Wisata Di Wamena Yang Indah Dan Ciamik

Istockphoto/andersen_oystein

Selain danau, di wamena juga terdapat lembah yang bernama Baliem. Lembah Baliem merupakan lembah di pegunungan Jayawijaya, yang dikelilingi pegunungan dengan pemandangan indah yang masih alami dan berada di ketinggian 1600 meter dari permukaan laut.

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal beberapa suku, mayoritas Dani dan rumahnya berbentuk lingkaran yang bernama Honai. Setiap awal Agustus, di lembah ini selalu mengadakan agenda rutin yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata yaitu festifal baliem, serta lembah baliem ini menjadi tuan rumah festival budaya tertua di Indonesia.

Bahkan, di tempat ini selalu mengadakan beragam ritual budaya, mulai dari tari perang sampai cara masak tradisional berupa bakar batu bisa dilihat oleh para wisatawan. Bukan hanya itu saja, Lembah Baliem mempunyai hamparan rumput hijau yang dipagari Pegunungan Jayawijaya dan membuat takjub setiap orang melihatnya karena tampak megah dari kejauhan.

3. Pasir putih Desa Aikima

Pesona Wisata Di Wamena Yang Indah Dan Ciamik

https://www.indonesiakaya.com

Objek wisata yang ciamik di wamena selanjutnya adalah pasir putih desa aikima, yang masih berada di Lembah Baliem. Disini wisatawan bisa melihat dan menikmati spot unik berupa bukit penuh pasir putih, layaknya seperti di pantai, padahal wamena dan lembah baliem terletak ribuan kilometer jauhnya dari pantai.

Berdasarkan sains, pasir putih ini terjadi karena bentukan alam. Konon dulu Lembah Baliem merupakan sebuah danau raksasa yang bernama Wio. Sekitar tahun 1813, terjadi gempa yang menyebabkan pergeseran dan perubahan geologi.

Lokasi bukit tersebut dekat jalan raya, sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Wamena. Dari pinggir jalan wisata sudah bisa menginjak pasir putih. Untuk perjalanan menuju ke atas bukit akan semakin berat karena hamparan pasir putih yang sangat empuk, disini terdapat spot poto yang cantik untuk kamu yang suka selfie yaitu berada dibebatuan raksasa di tengah bukit.

Kamu bisa melihat lanskap Lembah Baliem yang luar biasa sangat indah yang dikelilingi pasir putih, awan mengambang seperti kapas di tengah langit biru, dari situ terbentuk pula Sungai Baliem yang meliuk di tengah lembah ini. Demikianlah informasi tentang pesona wisata di Wamena yang sayang untuk dilewatkan

Leave a Reply