Rahasia Menggoreng Otak-Otak Agar Jangan Meledak

Terus terang awalnya saya tidak mengetahui cara menggoreng otak-otak agar jangan meledak sehingga minyak panas tidak mengenai bagian tangan, wajah atau bagian tubuh lain. Karena sebelumnya ketika menggoreng otak otak selalu saja meletus.

Alhasil cipratan minyak meninggalkan tanda merah pada kulit dan selang beberapa lama akan menimbulkan luka kecil. Meskipun kecil tetapi luka tersebut terasa perih apalagi jika terkena air, saya pun berpikir otak otak meledak ketika digoreng mungkin karena otak otak beku setelah di simpan pada lemari es.

Namun saya kembali membeli otak otak dan memilih tidak menyimpannya di kulkas dan ternyata hasilnya sama cemilan lezat dengan bahan utama ikan tenggiri tersebut masih saja meletup saat dimasak. Sampai akhirnya saya googling dan mencari tahu tips menggoreng otak otak agar tidak meledak, apa saja yang harus dilakukan? silahkan simak caranya dibawah.

Advertisement

Rahasia Menggoreng Otak-Otak Agar Jangan Meledak

Rahasia Menggoreng Otak-Otak Agar Jangan Meledak

foto: https://www.youtube.com/watch?v=QRMOcQF_ygg

  1. Otak-otak sebelum digoreng sebaiknya direbus pada air yang sudah mendidih.
  2. Tunggu sampai otak otak muncul dipermukaan panci untuk merebus.
  3. Sebaiknya otak-otak dibagi atau dipotong-potong dengan ukuran tidak terlalu besar namun jangan terlalu kecil. Apabila ingin menyantap otak otak secara utuh tanpa di potong potong, buatlah guratan dengan pisau pada otak-otak.
  4. Supaya hasil menggoreng otak-otak garing/matang merata tuangkan minyak goreng lebih banyak pada wajan dengan demikian minyak merendam otak otak.
  5. Setelah itu nyalakan kompor kemudian atur nyala api ukuran sedang.
  6. Jika dirasa suhu minyak goreng mendapatkan panas yang cukup masukkan otak-otak yang disesuaikan dengan banyak minyak pada wajan (terendam), sehingga panasnya tetap terjaga.
  7. Agar otak-otak tidak gosong aduk dengan perlahan sampai terlihat matang yang dapat dilihat dari tekstur otak otak mengembang.
  8. Dan terakhir angkat otak-otak kemudian tiriskan sambil menunggu dingin dan siap disantap.

Jadi rahasia supaya otak-otak tidak meletus adalah dengan merebusnya sebelum dimasukkan ke minyak goreng. Jadi sekarang bunda tidak perlu takut lagi terkena cipratan minyak goreng.

Baca juga: Cara membuat bolu kukus anti gagal

Rasa gurih dari otak-otak membuat cemilan dari campuran adonan tepung terigu, sagu, dan ikan tenggiri cincang begitu dinikmati. Sehingga tidak ada salahnya dijadikan peluang usaha rumahan yang menguntungkan dan agar lebih enak dapat disajikan dengan saus tomat.

Itulah rahasia cara menggoreng otak-otak agar jangan meledak disajikan ditengah tengah keluarga ketika udara dingin atau malam hari akan terasa lezat sekali. Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.