Rencanakan Masa Depan Dengan Tabungan Rencana Mandiri

Berawal ketika mengganti ATM Mandiri saya menjadi tahu apa itu tabungan rencana Mandiri dan karena penasaran akhirnya saya coba buka Mandiri tabungan rencana dengan jumlah setoran sangat kecil yaitu 100.000 per bulan selama satu tahun.

Alasan memilih hanya setor 100ribu perbulan karena waktu itu memang belum memiliki penghasilan tetap dan ingin menghindari tidak sanggup meneruskan tabungan rencana tersebut.

Proses pembukaan rekening tabungan rencana di bank Mandiri cukup mudah, kita hanya perlu memiliki tabungan utama yang nantinya akan digunakan untuk auto debet setoran tiap bulan dan untuk menerima (pencairan) dana setelah jatuh tempo.

Baca juga : cara membeli pulsa online bayar pakai kartu kredit.

Kelebihan Tabungan Rencana Mandiri Dibanding Tabungan Biasa

Jika ingin tahu lebih detail sebaiknya tanyakan langsung ke cs bank Mandiri atau baca-baca di situs resminya namun dari pengalaman saya berikut adalah beberapa kelebihan yang kita dapat:

  1. Tidak ada potongan biaya Administrasi.
  2. Nilai setoran cukup kecil yaitu mulai dari 100.000 per bulan yang akan didebet otomatis dari rekening utama.
  3. Nominal setoran rutin bulanan bisa diubah sesuai kemampuan, misal awalnya 100ribu bisa kita ubah menjadi 200ribu.
  4. Proses pencairan otomatis, saat jatuh tempo dana yang sudah terkumpul akan masuk otomatis ke rekening utama.

Jadi bagi sobat yang memiliki rencana atau ingin mencukupi kebutuhan untuk masa depan seperti untuk biaya pernikahan, biaya masuk sekolah atau kuliah anak tidak ada salahnya untuk membuka tabungan berjangka dari bank Mandiri atau bank lain.

Karena jelas sangat banyak manfaatnya, sebagai contoh tahun ini anak pertama saya akan masuk TK dengan biaya pendaftaran yang cukup lumayan tetapi karena sudah ada dana dari tabungan rencana maka saya tidak pusing lagi memikirkan biayanya.

Apalagi saat akan masuk tahun ajaran baru, mandiri tabungan rencana saya jatuh tempo artinya dana yang terkumpul akan langsung masuk ke rekening.

Bagaimana Jika Telat Bayar Setoran?

Tidak perlu khawatir, karena menurut peraturannya maksimal kita diberi batas maksimal 3 kali telat membayar setoran kemudian akan ditutup secara otomatis namun jika bulan depan ada saldo cukup di rekening utama maka setoran tersebut akan didebet sebanyak dua kali sekaligus.

Jadi jika kamu telat bayar misal karena saldo tabungan mandiri tidak cukup akhirnya gagal auto debet seperti yang pernah saya alami, kamu hanya perlu pastikan bulan depan memiliki saldo cukup untuk bayar setoran sebanyak 2 bulan sehingga tidak akan terjadi gagal autodebet lagi.

Saat Jatuh Tempo, Bagaimana Pencairannya?

Berdasar pengalaman, saat jatuh tempo dana dari tabungan rencana tersebut akan langsung masuk ke rekening utama yang kita gunakan untuk melakukan setoran setiap bulan.

Bagaimana Penutupan atau Pencarian Sebelum Jatuh Tempo

Jika karena suatu hal sehingga kamu putuskan untuk menutup tabungan rencana mandiri (TRM) sebelum jatuh tempo sebaiknya langsung datang ke kantor cabang dimana kamu membuka tabungan tersebut, dan berdasar informasi yang saya dapat kalau tidak salah akan kena penalty sebesar 150.00 rupiah (entah sudah ada perubahan atau belum).

Yang jelas untuk mengurus penutupan kamu harus kembali datang ke cabang dimana membuka tabungan rencana tersebut karena saya pernah menanyakan ke kantor cabang berbeda dan memang jawabannya hanya bisa diurus dimana kita membukanya.

Jadi, untuk info lebih jelas jika tabungan rencana mandiri diambil sebelum jatuh tempo sebaiknya langsung tanyakan pada CS bank Mandiri atau kamu jika bisa tanya via Twitter di akun https://twitter.com/mandiricare

Baca juga : cara cek saldo mandiri.

Kesimpulan, tabungan rencana mandiri merupakan salah satu cara untuk merencanakan keuangan untuk masa depan tanpa banyak aturan jlimet.

Selama kita bisa bayar setoran rutin bulanan maka tentu tidak akan ada masalah, oleh karena itu sebelum memutuskan untuk membuat mandiri tabungan rencana sebaiknya hitung dulu berapa kemampuan anda untuk setor setiap bulannya.

Untuk informasi lebih lanjut ada baiknya langsung tanyakan pada pihak terkait atau bisa baca info lebih lengkap dihalaman resmi bank Mandiri ini.

Latest Comments
  1. Anisa AE May 9, 2016
    • Sigit Purnomo May 9, 2016
  2. Ayu Citraningtias May 9, 2016
    • Linda May 10, 2016
  3. KangFarhan May 10, 2016
    • Sigit Purnomo May 10, 2016
  4. sulis May 11, 2016
    • Sigit Purnomo May 12, 2016
  5. novi lestari September 3, 2016
    • Lindati September 8, 2016
  6. novi lestari September 8, 2016
    • Lindati September 9, 2016