Sejarah Bulu Tangkis Yang Perlu Kamu Tahu

Apakah kamu mengetahui sejarah bulu tangkis? Jika belum saya pada tulisan ini saya akan berbagi informasi asal usul bulu tangkis dan perkembangannya sampai menjadi permainan yang banyak memiliki peminatnya.

Badminton atau bulu tangkis merupakan olahraga yang menggunakan raket dan shuttlecock (kok) sebagai bola. Jumlah pemain dalam bulu tangkis yaitu dua atau empat orang. Bentuk lapangan adalah persegi panjang.

Ukuran panjang keseluruhan adalah 13,40 meter dengan lebar lapangan bulu tangkis secara umum yaitu 6,1 meter. Pada bagian tengah lapangan terdapat net atau jaring yang dengan tinggi tiang 1,55 meter.

Advertisement

Tujuan permainan bulu tangkis adalah membuat lawan melakukan kesalahan seperti tidak dapat mengembalikan bola atau shuttlecock mendarat pada lantai, menyangkut net dan bola out. Sebagai penilaian pemain akan mendapat poin dari kesalahan lawan.

Sejarah Bulu Tangkis

Sejarah Bulu Tangkis Yang Perlu Kamu Tahu

Sumber gambar: https://commons.wikimedia.org/

Sebelum tercipta bulu tangkis modern ternyata cikal bakal bulu tangkis sudah ada sekitar 2000 tahun silam tepatnya pada zaman Mesir kuno. Selain di Mesir, penduduk Tiongkok zaman dulu mengenal permainan Jianzi.

Permainan Jianzi konon menggunakan kok yang sederhana, namun memiliki perbedaan dengan cara bermain bulu tangkis. Karena Jianzi memakai kaki untuk menahan shuttlecock selama mungkin agar tidak jatuh.

Lalu permainan bulu tangkis berasal dari negara mana? berdasarkan beberapa tulisan Inggris dan India merupakan negara asal bulu tangkis, seperti dua versi dibawah ini.

Versi Inggris sebagai negara asal bulu tangkis

Adanya ukiran kayu  yang terdapat gambar anak anak sedang menendang shuttlecock pada abad pertengahan. Dalam perkembangannya permainan anak-anak tersebut menggunakan dayung atau tongkat dan shuttlecock yang disebut Battledores.

Menjaga kok tidak menyentuh tanah adalah inti dari permainan yang menghiasi keseharian jalan kota London pada tahun 1854, seperti gambar yang dipublikasikan oleh majalah Punch.

Sejarah Bulu Tangkis Yang Perlu Kamu Tahu

Sumber gambar:  http://www.john-leech-archive.org.uk/

Awal penggunaan net bulu tangkis menurut sejarah bermula dari Badminton House yang merupakan kediaman Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris .

Menurut penulis buku The Badminton Story, BBC 1980, Bernard Adams anak-anak Duke yaitu tujuh laki-laki dan empat perempuan yang bermain battledore di ruang depan.

Karena bosan dengan cara memainkan yang seperti itu-itu saja akhirnya mereka merentangkan tali yang diikat pada pintu ke perapian. Cara bermain battledore pun menjadi lebih menarik karena harus menyebrangkan kok melewati tali.

Istilah badminton pun muncul dari istana atau gedung Badminton House dan disana masih tersimpan peralatan
permainan battledore dan shuttlecocknya. Ukuran kok ketika itu dua kali lebih besar dan berat tidak seperti yang sekarang.

Pencipta Permainan Bulu Tangkis

Selain versi diatas ada yang menyebutkan pencipta bulu tangkis adalah tentara Britania yang bertugas di Pune India pada abad ke 19. Karena ketika bermain mereka menggunakan jaring, permainan itu juga disebut Poona (berasal dari kota Pune) dengan ritme permainan cepat.

Pada 1850-an tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris dengan peralatannya, Duke of Beaufort mengundang mereka dan meminta memainkannya di Badminton House. Alasannya Duke menyukai permainan yang cepat tersebut.

Dan tahun 1860 penyalur mainan Inggris yang bernama Isaac Spratt membuat pamflet dengan judul “Badminton Battledore – a new game” (“Battledore Badminton – sebuah permainan baru”).

Kemudian ada pendapat Sir George Alan Thomas yang merupakan atlet bulu tangkis peraih juara All England terbanyak dengan 21 gelar.

Menurut perkiraannya badminton lahir antara tahun 1863-1868 ketika pada sebuah pesta hujan turun dan orang-orang berusaha mencari suasana baru dari permainan battledore.

Ada peserta pesta mempunyai ide yaitu merentangkan tali pada ruangan tersebut kemudian membuat perubahan permainan berbeda dari yang sudah ada.

Pada dasarnya Sir Thomas berpendapat pengunjung pasta yang memperkenalkan badminton pertama kali dibading keluarga Duke.

Asal Bulu Tangkis Dari India?

Versi lain menurut naskah mengenai peraturan Lawn Tennis, Croquet, Racquets etc yang terbit tahun 1883 menyebutkan negara India sebagai asal olahraga badminton.

Naskah tersebut terdiri dari 10 halaman, ada halaman yang menyebut badminton sebagai tenis lapangan dan menggunakan shuttlecock.

Pengarang naskah pada pembukaan menulis tentang sejarah singkat permainan itu dalam empat paragraf kecil badminton pertama kali dimainkan di India dan diperkenalkan ke Inggris oleh Duke of Beaufort pada musim panas tahun 1874

Tetapi bukti itu tidak kuat karena sampai sekarang penulis naskah tidak diketahui, selain itu Encyclopedia Britannica edisi tahun 1911 mengungkapkan:

Permainan ini tampaknya muncul di Inggris sekitar tahun 1873, tetapi sebelum itu dimainkan di India, yang saat itu masih popular.

Pada keterangannya menyebut perwira-perwira Inggris yang bertugas di Pune India memainkan
permainan yang serupa dengan badminton, namun lebih cepat yang dinamakan Poona.

Setelah kembali ke Inggris memperkenalkan permainan itu ke Duke of Beaufort namun bukti versi ini juga tidak lengkap.

Dari semua versi dapat disimpulkan yang melatarbelakangi pemberian nama olahraga badminton adalah berdasarkan nama tempat kediaman Duke of Beaufort

Awal Kompetisi Bulu Tangkis

Pada tahun 1893 lahir beberapa klub di Inggris yang sepakat membentuk Badminton Association of England (Persatuan Badminton Inggris).

Yang mengadakan turnamen terbuka kategori bulu tangkis ganda pertama kali pada tahun 1898 di Guilford. Setahun berselang menyelenggarakan kejuaraan All England tanggal 4 April yang berlokasi di London-Scottish Drill Hall di Buckingham Gate.

Tahun 1901 peraturan dasar bulu tangkis salah satu hasilnya adalah ukuran dan bentuk lapangan seperti saat ini.

Bagaimana Masuknya Permainan Bulu Tangkis di Indonesia

Sekitar tahun 1920 an bulu tangkis tersebar ke Eropa Utara, Amerika Utara, dan Asia. Negara di Asia Tenggara yaitu Malaya ((Malaysia) dan Singapura merupakan negara jajahan Inggris ketika itu sehingga orang Inggris memperkenalkan bulu tangkis kepada dua negara tersebut.

Diperkirakan dari Malaysia dan Singapura masuknya permainan bulu tangkis di Indonesia yaitu sekitar tahun 1930 an. Perkembangan bulu tangkis di Indonesia mengalami perkembangan yang cepat dengan menyebar ke beberapa daerah.

Hal ini ditandai dengan berdiri perkumpulan badminton bernama Bataviase Badminton Bond (BBB) dan Bataviase Badminton League di Jakarta pada tahun 1933.

Terbentuknya Organisasi Bulu Tangkis Indonesia

Organisasi bulu tangkis indonesia adalah PBSI kependekan dari Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia yang dibentuk pada tanggal 5 Mei 1951. Setelah sebelumnya pada tanggal 4 sampai 6 Mei 1951 para tokoh bulu tangkis mengadakan kongres di Bandung.

Yang menjadi ketua umum  PBSI pertama yaitu H.R. Rochdi Partaatmadja dengan dibantu dua wakil ketua I Dick Sudirman, Ketua II: Tri Tjondrokoesoemo.

Sekretaris I: Amir, Sekretaris II: E. Soemantri, Bendahara I: Rachim, Bendahara II: Liem Soei Liong.Tjondrokoesoemo. Setelah terbentuk tahun 1953 PBSI secara resmi menjadi calon anggota IBF (International Badminton Federation).

Itulah sejarah bulu tangkis yang perlu kamu tahu, sekian terimakasih dan semoga bermanfaat