Daftar Situs Terbaik Untuk Kompres File Gambar (JPG,PNG)

Sering menggunakan gambar untuk blog atau mungkin kamu ingin mengirim gambar lewat email sebagai lampiran tetapi ukurannya terlalu besar, walau sudah dikompres dengan winzip biasanya file gambar memang tidak akan banyak berkurang ukurannya.

Nah solusinya kita bisa lakukan kompres gambar (JPG/PNG) sehingga nanti hasilnya akan jauh lebih kecil bisa sampai 80% dibandingkan ukuran file aslinya dengan kualitas yang hampir sama.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kumpulan situs untuk mengurangi ukuran gambar secara online terbaik, daftar ini kami buat berdasarkan fitur, kemudahan penggunaan serta hasil kompresinya.

Berikut adalah beberapa situs terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi ukuran file gambar dalam format jpg atau png secara online. Baca juga : cara mengubah file JPG ke PDF.

1 – Compress JPEG Image Online

Yang pertama adalah compressjpeg.com, situs ini menyediakan layanan untuk kompres file jpg/jpeg maupun png secara gratis.

Untuk mengurangi ukuran jpg maupun png caranya cukup mudah yaitu kita hanya perlu upload file yang akan diproses dengan cara pilih Upload Files atau drag and drop dari Windows Explorer.

Setelah itu proses kompres akan berjalan otomatis, dan setelah selesai kita tinggal download hasilnya. Jika file yang diproses banyak sekaligua (maksimal 20 file) maka nanti akan disatukan dalam satu folder dalam format zip.

Situs ini memiliki kelebihan adanya fitur setting untuk menentukan kualitas gambar sehingga bisa mendapatkan nilai kompresi lebih tinggi.

Misal, pertama kali kompres kita hanya memperoleh gambar lebih kecil 22% kemudian ingin dibuat lebih kecil lagi maka tinggal klik icon gir kemudian turunkan Quality sesuai kebutuhan setelah itu Apply.

Pada contoh kali ini kamu kurangi ukuran gambar (jpeg) sampai 77% dari awal 191K hasilnya menjadi hanya 47K cukup banyak bukan berkurangnya.

Walau kita kurangi kualitasnya tetapi secara kasat mata tidak terlihat ada perbedaan dengan aslinya, artinya gambar masih mirip dengan aslinya tidak pecah-pecah.

Daftar Situs Terbaik Untuk Kompres File Gambar (JPG,PNG)

Jika masih ragu dengan hasilnya silahkan lihat gambar diatas, bandingkan antara gambar kanan dan kiri. Tidak terlihat bukan ada perbedaan padahal untuk yang kiri sudah dikompres 76% dibandingkan aslinya. Baca juga : compress pdf online terbaik.

Selain bisa untuk mengurangi ukuran jpg dan png, situs ini juga menyeadikan layanan untuk mengecilkan file PDF.

2 – TinyPNG

Yang kedua adalah tinypng.com, hampir sama dengan situs pertama. Kita hanya perlu upload file kemudian proses kompres akan berjalan otomatis.

Setelah selesai dikurangi ukurannya, kita bisa langsung unduh hasilnya ke komputer atau langsung simpan ke DropBox.

Sayangnya tidak seperti compressjpeg.com yang memiliki fitur untuk mengatur kualitas gambar, di TinyPNG kita hanya bisa upload dan mengunggu hasilnya saja.

TinyPNG

Kelebihannya ada fitur untuk upload ke DropBox sehingga cocok bagi kamu yang ingin menyimpan gambar ke dropbox agar bisa diakses kapan pun secara online.

Jadi mana yang terbaik? menurut kami compressjpeg.com jika dilihat dari hasil kompresinya, dan perlu diketahui selain 2 situs diatas sebetulnya masih banyak situs lain yang menyediakan layanan serupa dan mungkin lain kali akan kami tambahkan.

Selain kompres gambar secara online, bagi kamu pengguna wordpress bisa juga menggunakan plugin tambahan untuk mengurangi ukuran gambar salah satunya adalah wp smush sehingga akan mengurangi penggunaan bandwith serta space web hosting.

Latest Comments
  1. Jefry Dewangga May 29, 2016
    • Sigit Purnomo May 29, 2016
  2. Jefry Dewangga May 29, 2016
    • Sigit Purnomo May 30, 2016