Situs Terbaik Untuk Memperkecil File PDF Online

Ada banyak situs yang menawarkan layanan kompres atau memperkecil file PDF online, oleh karena itu lindati.com mencoba membandingkan untuk menemukan mana yang terbaik dalam hal mengurangi ukuran file PDF berdasarkan beberapa kriteria.

Secara keseluruhan kualitas file yang dihasilkan dari beberapa situs yang akan kami sebutkan dibawah ini relatif sama alias cukup bagus hampir sama dengan file aslinya.

Oleh karena itu untuk menentukan yang terbaik kami pilih setelah membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh situs tersebut, diantaranya :

  1. Hasil dan batas maksimal file yang bisa dikompres.
  2. Kecepatan upload dan proses kompres.
  3. Fitur tambahan seperti dapat mengambil dan mengupload file dari dan ke penyimanan cloud seperti Google Drive dan DropBox.

Baca juga : Cara Merubah File PDF ke Word

Daftar Situs Terbaik Untuk Memperkecil File PDF Online

Berikut adalah beberapa situs kompres pdf online terbaik yang layak dipertimbangkan.

Pada percobaan ini kami menggunakan sebuah file yang sama dengan ukuran 26.56MB dengan kecepatan internet (upload) sekitar 10Mbps.

#1 – ilovepdf.com

Daftar Situs Terbaik Untuk Memperkecil File PDF Online

Pilihan pertama jatuh pada ilovepdf.com karena memiliki beberapa keunggulan dibanding situs pdf compress online lain, diantaranya : proses upload cepat dan jelas karena menampilkan progress bar sehingga kita tahu berapa persen file yang sudah diunggah serta estimasi waktu selesainya.

Selain itu ilovepdf memberikan 3 opsi kompresi yaitu rendah, sedang dan tinggi.

Perlu diingat semakin tinggi tingkat kompresi yang dipilih maka kualitas file yang dihasilkan akan semakin rendah tetapi saat kami coba ternyata hasilnya masih cukup bagus atau tidak banyak perbedaan dengan aslinya, semua teks masih dapat terbaca dengan jelas begitu juga kualitas gambar masih cukup bagus atau tidak pecah-pecah.

Sebagai perbandingan ketika memilih kualitas kompresi sedang, dari file berukuran 26.56MB menjadi 20.76MB.

Sedangkan jika memilih kompresi tinggi hasilnya menjadi sekitar 19MB dan masih bisa terbaca dengan baik. Waktu yang diperlukan dari proses upload sampai selesai atau siap diunduh adalah sekitar 2 menit (ini tergatung kecepatan akses internet yang anda gunakan tentunya)

#2 – SmallPDF

Memperkecil File PDF Online

Situs yang satu ini hampir sama dengan ilovepdf yaitu menawarkan berbagai layanan yang berhubungan dengan file pdf, diantaranya convert pdf ke word online.

Untuk kualitas, kecepatan upload dan proses kompres tidak jauh berbeda dengan situs pertama namun smallpdf tidak menampilkan progress bar saat kita unggah file PDF dari PC selain itu tidak menawarkan juga opsi untuk memilih kualitas yang diinginkan.

Namun secara keseluruhan smallpdf.com cukup layak dipertimbangkan karena tidak memberikan batasan berapa maksimal file pdf yang bisa diunggah.

Selain itu sama dengan ilovepdf, situs ini juga memberikan opsi untuk mengambil maupun menyimpan file yang dihasilkan ke Google Drive dan DropBox.

Dari percobaan yang kami lakukan, hasilnya file besar dengan ukurann 26,56MB setelah dikurangi ukurannya menjadi 20,87MB

#3 – pdfcompressor.com

pdfcompressor.com

Yang ke 3 adalah pdfcompressor.com, situs ini menawarkan layanan untuk mengurangi ukuran file PDF online dan dapat upload maksimal 20 file sekaligus.

Sayangnya tidak seperti smallpdf dan ilovepdf, pdfcompressor tidak memberikan opsi untuk memproses maupun menyimpan hasilnya ke Goole Drive maupun DropBox.

Baca juga : cara mengubah pdf menjadi docx

Tidak ada keterangan berapa besar maksimal file yang boleh diupload tetapi setelah mencoba dengan file PDF sebesar 25.56MB hasilnya cukup memuaskan walaupun ada beberapa kekurangan yang kami temukan diantaranya proses kompres lebih lama.

Jika kedua situs pertama hanya butuh waktu 2 menit mulai dari upload sampai kompres pdfcompressor membutuhkan waktu sampai 6 menitan.

Namun setelah kami perhatikan ternyata tingkat kompresi yang mereka berikan cukup tinggi, file asal dengan ukuran 25.56MB setelah dikurangi ukurannya menjadi sekitar 6MB jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan smallpdf dan ilovepdf.

Tetapi walaupun hasilnya menjadi jauh lebih kecil, kualitas file yang dihasilkan masih sangat baik dan bisa terbaca dengan mudah dengan kata lain tidak terlihat ada perbedaan yang mencolok dengan file aslinya.

Kesimpulan, jika mencari layanan untuk memperkecil file PDF online tanpa software terutam hasil scan yang kadang ukurannya cukup besar dengan hasil paling kecil maka pilihannya adalah pdfcompressor.com

Namun kekurangannya adalah proses compress lebih lama, sedangkan jika ingin bisa menyimpan hasilnya ke DropBox atau Google Drive maka bisa mencoba smallpdf maupun ilovepdf. Baca juga : cara convert pdf ke word online.