Sumatra PDF, Aplikasi Pembaca PDF Yang Ringan Untuk Windows

Jika mencari aplikasi pembaca PDF ringan dengan tampilan sederhana maka salah satu jawaban yang tepat adalah Sumatra PDF, berbeda dari kebanyakan PDF Reader yang hadir dengan banyak menu, Sumatra PDF ini memiliki tampilan minimalis sehingga sangat nyaman jika hanya digunakan untuk membaca ebook atau dokumen dalam format PDF.

Sumatra PDF dilengkapi dengan beberapa fitur standar seperti zoom in, zoom out, pencarian, print maupun membuka banyak file sekaligus yang akan dipisahkan kedalam beberapa tab. Walaupun minimalis, ringan serta gratis tetapi aplikasi PDF Reader ini sudah support Windows 10 maupun OS Windows sebelumnya seperti XP, Windows 7, Vista dan Windows 8.

Tampilan Utama Sumatra PDF V3.0

Sumatra PDF, Aplikasi Pembaca PDF Yang Ringan Untuk Windows

Sumatra PDF © sumatrapdfreader.org

Apa kelebihan Sumatra PDF dibanding aplikasi gratis pembaca dokumen PDF lainnya? Untuk kelebihan yang paling menonjol adalah ringan dan cepat serta tidak membutuhkan banyak RAM, tidak dipenuhi dengan berbagai tombol atau menu yang tidak dibutuhkan terutama bagi orang-orang yang lebih banyak membaca dibandingkan mengedit.

Selain itu aplikasi ini tidak akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan di hard disk karena setelah terinstall di PC hanya membutuhkan space sekitar 10.5MB berbeda dengan software PDF Reader lain seperti Nitro Reader 3 misalnya yang membutuhkan ruang hard disk sebesar 109MB

Lalu apa kekurangannya? Tidak ada software yang sempurna begitu juga dengan Sumatra PDF dan salah satu kekurangan yang saya temukan ketika menggunakan aplikasi ini adalah tidak dapat digunakan untuk mengisi formulir PDF, tetapi hal ini dapat dimaklumi karena software ini memang lebih ditujukan untuk membaca PDF saja bukan melakukan pengeditan atau pengisian form.

Kesimpulan, jika anda mencari aplikasi pembaca PDF yang ringan dengan menu minimalis maka Sumatra PDF adalah jawabannya, saat ini tersedia dua versi yaitu installer dan portable sehingga tidak perlu menginstall di komputer.

Bagi anda yang ingin mencobanya atau membutuhkan lebih banyak informasi bisa mengunjungi langsung halaman resmi Sumatra PDF, semoga bermanfaat dan silahkan berbagi pengalaman jika anda pernah menggunakannya agar pembaca lain dapat mengetahui lebih banyak kekurangan dan kelebihannya. Alternatif lain baca juga : cara membaca file PDF di Google Chrome.