Wajib Tahu! Inilah Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan Dengan Cepat

Selain dapat menambah rasa percaya diri memiliki badan tinggi dapat juga menjadi penentu seseorang ketika akan melamar kerja, masuk sekolah, menjadi tentara, polisi dll. Untuk remaja dalam masa pertumbuhan sebaiknya mengetahui olahraga yang dapat meninggikan badan.

Tinggi badan memang dipengaruhi faktor genetik umumnya yang memiliki orang tua tinggi biasanya anaknya pun akan tinggi. Tetapi yang tidak ada keturunan tinggi tidak ada salahnya berusaha salah satunya dengan melakukan olahraga.

Tidak semua jenis olahraga berhubungan langsung dengan tinggi badan seseorang, olahraga peninggi badan harus memiliki gerakan yang dapat merangsang pertumbuhan seperti melompat, berayun dll. Nah apa saja jenis jenis tersebut selengkapnya baca dibawah ini.

Advertisement

Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan

1. Skipping atau lompat tali

Wajib Tahu! Inilah Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan Dengan Cepat

https://www.youtube.com/watch?v=HAiyYtntcmA

Lompat tali atau dikenal dengan skipping merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan ruangan khusus. Alasan lompat tali dapat meninggikan badan karena dapat melatih otot kaki menjadi lebih panjang dibandingkan jika tidak melakukan gerakan ini.

Disamping itu lompat tali dapat memberikan stimulus pada tulang karena saat melompat ada tekanan pada kaki sehingga merangsang pertumbuhan tulang kaki lebih panjang. Tidak hanya kaki bagian punggung pun akan menjadi kuat.

Sebenarnya apabila tidak mempunyai skipping bisa diganti dengan karet gelang yang diuntai menjadi tali, lakukan secara rutin untuk pemula cukup 10 menit saja sehari.

2. Posisi cobra

 

Wajib Tahu! Inilah Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan Dengan Cepat

https://www.youtube.com/watch?v=5OEGMRnxA1I

Sebelum melakukan olahraga sebaiknya melakukan streching untuk meregangkan tubuh salah satunya bisa dengan melakukan cobra stretching. Ternyata tanpa disadari gerakan ini dapat meninggikan tubuh dengan cepat karena dapat melatih tulang punggung sehingga lurus. Selain ituĀ  gerakan ini tidak membutuhkan ruangan yang luas sehingga bisa dilakukan di kamar sebelum tidur.

Cara melakukan posisi cobra yang benar hanya dengan 3 langkah yaitu pertama lakukan persiapan dengan posisi badan tengkurap dengan kaki lurus, kedua angkat dada perlahan dengan menumpu kedua tangan dan pandangan kedepan, ketiga turunkan posisi badan (dada) secara perlahan kemudian ulangi lagi.

3. Pull Up

Wajib Tahu! Inilah Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan Dengan Cepat

https://www.youtube.com/watch?v=z1haqkkVTtI

Pull up atau mengangkat bada pada sebuah palang dapatĀ menambah massa otot terutama bahu, lengan dan perut, sehingga memberikan peluang badan menjadi tinggi. Untuk pemula jangan melakukan olahraga ini terlalu lama karena dapat menyebabkan cidera.

Tempat melakukan pull up bisa di gym atau apabila halaman dapat membuatnya sendiri dari pipa atau bambu sebagai tumpuan.

4. Bulutangkis

Wajib Tahu! Inilah Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan Dengan Cepat

https://www.youtube.com/watch?v=TCHeoPN_HPM

Bulutangkis atau badminton begitu populer di Indonesia dan ternyata badminton juga dapat menambah tinggi badan karena olahraga ini membutuhkan gerak semua tubuh mulai dari kaki badan dan tangan. Selain itu ada juga gerakan melompat seperti ketika akan melakukan jumping smash.

Sesuai dengan yang sudah dibahas diatas (lompat tali) gerakan melompat dapat menstimulus kaki tulang kaki menjadi lebih panjang dan kepadatan tulang meningkat.

5. Renang

5 Daftar Botol Susu dan Dot Bayi Yang Bagus Juga Awet

Alasan kenapa renang dapat meninggikan badan adalah dengan berenang memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang mendukung pertumbuhan tinggi badan.

Sama seperti bulutangkis olahraga renang juga hampir semua otot digunakan diantaranya otot kaki, lengan, tulang belakang, dan dada banyak diberikan penekanan saat berenang. Olahraga air ini juga dipercaya memperpanjang tulang belakang dan kaki, yang pada akhirnya dapat menambah tinggi badan.

6. Basket

Wajib Tahu! Inilah Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan Dengan Cepat

Olahraga yang sangat populer di Amerika Serikat ini mampu membuat tinggi badan bertambah, karena terdapat dua gerakan yaitu melompat dan berlari. Dengan gerakan yang terus menerus selama berolahraga menyebabkan otot kaki dan tangan meregang dan berkontraksi saat kembali menapak yang akhirnya memacu tulang untuk tumbuh.

Demikianlah informasi mengenai beberapa olahraga yang dapat meninggikan badan dengan cepat dengan catatan dilakukan ketika pertumbuhan tulang terhenti.

Selain faktor genetik, olahraga ada juga faktor lain yang dapat menentukan tinggi atau pendeknya seseorang yaitu harus mendapat asupan atau makanan peninggi badan seperti susu, ayam, brokoli, daging sapi, kacang-kacangan, ikan dan jamur.

Leave a Reply