Yuk Cari Arti Kata “Naon” Dengan Terjemahan Bahasa Sunda ke Indonesia/Sebaliknya

Bagi orang yang bukan warga Jawa Barat tentu tidak tahu cara berbicara atau menulis dalam bahasa Sunda dan hanya kata yang lazim diucapkan seperti “naon” yang artinya “apa”. Tetapi bagaimana dengan percakapan bahasa Sunda yang lain?.

Admin tinggal di Depok dan waktu sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah atas selalu kebingungan mencari terjemahan bahasa Sunda ketika tiba pelajaran bahasa daerah tersebut. Terasa sulit karena saat itu tidak ada kamus Indonesia Sunda atau sebaliknya. Yang bisa dilakukan hanya bertanya kepada teman sekelas yang asli Bandung.

Tetapi sekarang ada Google terjemahan bahasa Sunda walaupun ada beberapa kata/kalimat yang menurut teman kurang pas. Tetapi adanya alat translate bahasa Sunda ke Indonesia atau sebaliknya dapat membantu, salah satunya ketika mengerjakan PR bahasa Sunda anak.

Selain di Google translate kita juga dapat belajar membeli kamus bahasa Indonesia Sunda di toko buku seperti Gramedia. Atau bisa juga download kamus bahasa Sunda secara gratis lewat internet.

Cara menerjemahkan bahasa Sunda di Google translate

1. Buka Google translate.
2. Kemudian klik panah ke bawah pada kotak pertama dan ubah ke bahasa Sunda.
3. Selanjutnya pilih bahasa Sunda akan diterjemahkan ke bahasa apa misal bahasa Indonesia.
4. Ketikan kata yang ingin di translate.

Yuk Cari Arti Kata "Naon" Dengan Terjemahan Bahasa Sunda ke Indonesia/Sebaliknya

Tentu saja selain ke Indonesia bahasa daerah Sunda juga dapat di translate ke bahasa Inggris atau bahasa lain di dunia. Menurut admin Google translate hanya dapat mengartikan bahasa Sunda sehari hari karena ketika mencoba translate bahasa Sunda halus arti kata jadi salah.

Kosa kata bahasa Sunda memang kaya karena memiliki pengucapan yang berbeda ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Misalnya untuk teman sebaya dapat mengucapkan “ges dahar acan?” (sudah makan belum). Tetapi untuk orang yang lebih tua harus “tos tuang/neda teu acan?”.

baca juga: cara mengedit foto

Bagimana sedikit membantu bukan hadirnya terjemahan bahasa Sunda ke Indonesia dari Google, jika dirasa kurang puas akan hasilnya buka saja kamus Sunda lengkap. Memang belajar bahasa Sunda dan artinya cukup sulit tetapi jika di coba “teu aya nu teu mungkin”.

Advertisement