Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Alat Olahraga Gada Digunakan Di Mana?

Alat Olahraga Gada Digunakan Di Mana?

Alat Olahraga – Gada adalah salah satu peralatan olahraga tradisional dalam budaya Hindu, dan umum dijumpai di akhara India utara, Gada dengan berbagai bobot dan panjang digunakan tergantung pada kekuatan dan tingkat keterampilan. Diyakini bahwa gada milik Dewa Hanoman adalah gada terbesar di antara semua gada di dunia.

  1. Untuk pelatihan, satu atau dua gada kayu ( mudgar ) diayunkan ke belakang dengan beberapa cara berbeda dan sangat berguna untuk membangun kekuatan cengkeraman dan daya tahan bahu.
  2. The Great Gama, pegulat India, dikenal dengan penggunaan gadanya.
  3. Pemenang lomba gulat kushti sering diberi hadiah berupa gada.

Chi’ishi, alat latihan karate dan cara pelatihannya terinspirasi dari gada dan mudgar. Penggunaan martil perang juga terinspirasi dari gada.

Apa yang dimaksud dengan alat gada?

5. Senam irama dengan alat gada – Alat terakhir yang dipakai dalam gerakan senam irama adalah gada. Gada ini umumnya terbuat dari kayu ataupun plastik. Bentuk gada hampir mirip botol dengan panjang 40-50 cm dan berat kurang lebih 150 gram. Gerakan dengan alat gada pada jenis senam ini antara lain yaitu mengayun, melempar dan menangkap, memutar, memukul, dan gerakan lainnya.

Manakah alat senam ritmik gada?

5. Prosesi Senam Irama dengan Alat Gada – Jenis senam irama yang terakhir adalah dengan aat gada. Pada umumnya gada terbuat dari kayu ataupun plastik. Bentuk gada hampir mirip botol dengan panjang 40-50 cm dan berat kurang lebih 150 gram. Gerakan dengan alat gada pada jenis senam ini antara lain yaitu mengayun, melempar dan menangkap, memutar, memukul, dan gerakan lainnya.

Alat apa saja yang digunakan untuk senam aerobik?

Pengertian Senam Aerobik, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Ragam Bola.com Ilustrasi senam aerobik. /unsplash Bola.com, Jakarta – adalah serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik dalam durasi waktu tertentu. Senam aerobik dikenal pula dengan istilah kardio.

  1. Aerobik berasal dari kata ‘aero’ yang berarti oksigen, sehingga senam aerobik ini dapat diartikan sebagai senam yang menggunakan oksigen.
  2. Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk membugarkan badan.
  3. Rangkaian gerakan dalam senam aerobik mampu mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler.

Secara umum, adalah olahraga yang bisa meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Jadi, senam aerobik sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh, dan pikiran kita. Senam aerobik juga bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal-hal di atas yang membuat senam aerobik banyak digemari dari berbagai kalangan.

  1. Untuk memahami lebih dalam tentang senam aerobik, kamu bisa mencari tahu pengertian senam aerobik dari para ahli, sejarah, jenis-jenis, hingga gerakannya.
  2. Berikut ini rangkuman mengenai pengertian, manfaat, jenis-jenis hingga gerakannya, seperti dilansir dari Dosenpintar dan Healthline, Senin (11/1/2021).

Ilustrasi olahraga. | unsplash.com

  • – Menurut Jackie Sorensens
  • Senam aerobik adalah satu di antara jenis senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangat lengkap karena mencakup beberapa latihan yang dapat mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, melompat, meregangkan badan, dan dikombinasikan dengan tarian rakyat, tarian tradisional, dan juga tarian kontemporer.
  • – Menurut Marta Dinata

Senam aerobik merupakan serangkaian gerak olah tubuh yang dilakukan dengan mengikuti sebuah irama musik yang dipilih untuk membuat ketentuan ritme, kontinuitas, dengan durasi yang telah ditentukan. Hal tersebut berguna untuk memperlihatkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik.

  1. – Menurut Dr. Kenneth Cooper
  2. Aerobik didefinisikan sebagai kegiatan dalam menggerakkan/mengolah bagian tubuh sehingga tubuh dapat memperbaiki sistemnya, serta menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperjanjang waktu dalam senam.
  3. Senam aerobik ini dapat meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen dikarenakan gerakannya yang teratur dengan menggunakan konsep ritme musik.

Ilustrasi olahraga. /pexels Berdasarkan jenis musik pengiringnya serta alat yang digunakan, senam aerobik dibedakan menjadi:

  • High impact aerobics adalah senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan aliran gerakan keras.
  • Low impact aerobics merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan aliran gerakan ringan.
  • Discorobic yakni senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara beberapa gerakan dari aerobik aliran keras serta dipadukan dengan gerakan-gerakan aerobik aliran ringan.
  • Rockrobic yakni senam aerobik yang dilakukan dengan memadukan beberapa gerakan aerobik ringan dan juga gerakan rock n roll.
  • Aerobic sport adalah senam aerobik yang dilakukan dengan memadukan beberapa gerakan keras dengan gerakan ringan serta beberapa gerakan kelentukan.
  • Aerobic dance ialah senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
  • Aerobik dengan menggunakan alat yakni senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan peralatan, seperti bangku, kursi, tongkat, tali, pita, atau bola. Penggunaan alat ini berfungsi sebagai upaya guna menambah variasi, intensitas, serta volume latihan.
You might be interested:  Lama Pertandingan Sepak Bola Internasional Adalah?

Ilustrasi senam aerobik. /pexels Pemanasan Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum senam aerobik supaya tidak terjadi cedera saat melakukan senam. Tujuan dari pemanasan ialah untuk menaikkan denyut jantung, menaikkan suhu tubuh awal, dan untuk mempersiapkan otot-otot serta persendian agar terhindar dari cedera.

  • Pemanasan bisa dilakukan selama 5-10 menit sebelum melakukan gerakan senam aerobik.
  • Pemanasan dapat berupa jalan ditempat, menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri, menggerakkan lengan ke bawah sampai ke bagian atas, dan lainnya.
  • Pendinginan Pendinginan bertujuan untuk mengembalikan frekuensi dari denyut jantung yang cepat agar kembali menjadi normal kembali, serta untuk mengembalikan kondisi normal pada otot-otot tubuh.

Durasi dalam pendinginan hampir sama seperti saat melakukan pemanasan yaitu sekitar 5-10 menit.

  • Latihan Inti
  • Gerak selanjutnya adalah latihan inti, dengan melakukan gerakan yang intensitasnya lebih tinggi dan durasi yang akan terhitung lebih lama dibanding dengan pemanasan yaitu sekitar 22-55 menit.
  • Gerak Langkah Kaki

Gerakan terakhir adalah gerak langkah kaki, tahap ini memiliki tiga macam teknik benturan gerakan kaki. Tingkat benturan adalah tingkat sentuhan salah satu kaki terhadap lantai, antara lain lain Low Impact, Moderate Impact, dan High Impact, Ilustrasi senam.

  1. Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio 1.
  2. Menurunkan berat badan Senam aerobik membuatmu menggerakkan seluruh tubuh.
  3. Lakukan selama 30 hingga 60 menit per hari, jumlah kalori yang terbakar akan cukup banyak.
  4. Olahraga ini efektif dalam menurunkan berat badan, tentu saja diimbangi dengan pola makan sehat.2.

Meningkatkan kesehatan jantung American Heart Association menyatakan bagi yang memiliki riwayat penyakut jantung, sangat dianjurkan untuk melakukan senam aerobik. Sebab, senam aerobik mampu menguatkan jantung dengan memacunya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.3.

Mengurangi stres Selain bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung, melakukan senam aerobik bisa meredakan atau mengatasi stres yang melanda. Senam aerobik bisa membuat kamu lebih bahagia karena tubuh akan menghasilkan hormon endorfin.4. Menjaga kesehatan otot Gerakan aerobik dilakukan dengan cara melatih otot-otot tubuh.

Tentunya olahraga ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan ototmu. Aliran darah yang lebih lancar dan suplai oksigen ke otot yang lebih lancar juga membantu otot terhindar dari asam laktat.5. Membuat tidur lebih nyenyak Science Direct menyatakan rutin berolahraga senam aerobik bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Hal ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki gangguan tidur, seperti insomnia. Tetapi, jangan berolahraga dengan jarak yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Pasalnya, hal tersebut justru membuat kamu lebih sulit untuk tertidur. Ilustrasi senam. | Freepik 6. Meningkatkan metabolisme tubuh Manfaat selanjutnya dari olahraga senam aerobik adalah mampu membantu memperkuat fungsi metabolisme tubuh dengan lebih baik.

Seperti diketahui, laju metabolisme tubuh memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproses kalori. Jika kalori tidak digunakan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Berolahraga senam aerobik bisa membantu membakar kalori yang ada dalam tubuh.7. Menguatkan sistem imun tubuh Rutin berolahraga senam aerobik bisa menguatkan sistem imun tubuh.

Andungan immunoglobin merupakan satu di antara jenis antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh dari serang berbagai macam penyakit. Dengan begitu, senam aerobik bisa menjadi satu di antara jenis olahraga efektif untuk mencegah munculnya sejumlah penyakit berbahaya.8. Menambah stamina Ketika kamu tidak memiliki stamina yang prima, tubuhmu rentan terjangkit berbagai penyakit.

Meski melelahkan, melakukan olahraga ini secara rutin dapat meningkatkan stamina. Selain itu, dengan melakukan senam aerobik, kamu akan lebih segar dan tidak mudah sakit. Hal ini dapat membuat kamu lebih bertenaga dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas.

Apa alat yang digunakan dalam senam irama di samping?

Peralatan yang Digunakan dalam Senam Irama – Pada aktivitas senam irama, ada gerakan senam irama tanpa alat dan ada pula gerakan senam irama menggunakan alat. Alat yang digunakan dalam senam irama adalah tali, simpai ( hoop ), bola, dan pita. Berikut penjelasannya.

Senam ritmik menggunakan apa?

Abstract Secara sederhana, senam ritmik merupakan suatu gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan irama musik dengan adanya ketukan atau ritme. Senam ini bisa dilakukan menggunakan bantuan alat, seperti pita, bola, tongkat, dan tali, maupun tanpa menggunakan bantuan alat apapun.

Pada saat sedang melakukannya, hampir semua anggota tubuh Kita akan terlibat. Mulai dari kepala, tangan, sampai khaki. Fungsi dari senam tersebut adalah melatih kelincahan, ketangkasan, daya tahan tubuh, dan juga kelenturan tubuh. Selain ritmik, senam ini juga sering disebut sebagai senam irama. Tidak ada satupun perbedaan senam irama dan senam ritmik yang signifikan.

Mungkin hanya penyebutannya saja yang membuat kedua jenis senam tersebut terdengar seperti berbeda. Kesesuaian dan keserasian gerakan aktivitas senam ritmik dilakukan dengan kedisiplinan, konsentrasi, keluwesan, koordinasi gerak yang benar, penuh toleransi, dan estetika.

Maka dari itu, pada dasarnya, tekanan yang harus diberikan dalam senam ritmik adalah irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan. Terdapat banyak pilihan olahraga yang dapat Kita lakukan agar tidak terasa monoton dan membosankan, salah satunya adalah senam ritmik. Senam ritmik disebut sering juga dengan senam irama.

Jenis senam ini bisa dijadikan sebagai salah satu opsi olahraga bagi Kita yang membutuhkan latihan untuk keluwesan, kelincahan, dan juga keseimbangan. Senam ritmik dilakukan dengan iringan musik, ketukan, dan tangan, sehingga bisa menambah semangat dan tidak akan terasa membosankan.

Apa fungsi dari palang tunggal?

KOMPAS.com – Palang tunggal merupakan salah satu peralatan yang digunakan dalam nomor pertandingan senam artistik. Senam artistik adalah senam yang memiliki gerakan cepat dan eksplosif. Selain itu, senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelentukan adalah senam artistik,

  • Pada umumnya, senam artistik mengutamakan kelenturan dan keseimbangan dengan gerakan yang relatif dinamis dan terkontrol.
  • Hasilnya, senam artistik akan menunjukkan gerakan yang indah dan mengejutkan bagi semua yang melihat.
  • Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Jenis, Ragam Gerakan, dan Manfaatnya Dalam sebuah pertandingan senam artistik, seorang pesenam biasanya akan melakukan gerakan dengan durasi 30-90 detik.
You might be interested:  Sepak Bola Merupakan Permainan Yang Dilakukan Secara?

Rangkaian gerakan tersebut dilakukan secara singkat di setiap alat yang berbeda. Dalam buku Bentuk-bentuk Dasar Gerakan Senam (2018) karya Dr. Sapto Adi, M.Kes, nomor senam artistik untuk putra dan putri dibedakan berdasarkan peralatan yang digunakan. Salah satunya peralatan yang digunakan adalah palang tunggal atau horizontal bar,

Biasanya, pesenam akan beraksi dengan berayun-ayun di palang tunggal dengan teknik-teknik tertentu. Pola gerak dominan ayunan pada aktivitas senam, dapat ditemukan dalam gerakan bergantung pada palang tunggal. Baca juga: Peralatan Senam Artistik Putra dan Putri Dalam senam ini, peralatan yang digunakan adalah palang baja tebal dengan diameter 2,4 cm dengan tinggi dari permukaan adalah 2,5 meter.

Palang tunggal digunakan untuk melakukan berbagai gerakan termasuk melentingkan tubuh ke udara dan berputar atau twist, Berbagai gerakan dalam senam palang tunggal akan menghasilkan pendaratan yang spektakuler dari pesenam. Untuk nomor senam artistik palang tunggal atau horizontal bar, penilaiannya diambil berdasarkan pelaksanaan, tingkat kesulitan, dan juga keterampilan dalam melakukan seluruh gerakan yang dilakukan oleh seorang pesenam.

Dari mana senam aerobik?

Sejarah Senam Aerobik – Alat Olahraga Gada Digunakan Di Mana Pada tahun 1960-an, dr. Kenneth Cooper memperkenalkan senam aerobik, dimulailah sejarah dari senam aerobik di Amerika Serikat. Senam menjadi olahraga yang populer sejak tahun 1970-an. Halaman Selanjutnya Pada saat itu senam aerobik masih bernamakan fitaerobik dan mulai berganti menjadi aerobik pada tahun 1990-an.

Apa istilah lain dari aerobik?

Aerobik juga dikenal sebagai olahraga kardio, yaitu olahraga yang membutuhkan oksigen untuk dikirim ke bagian otot yang bekerja. Jantung akan membantu menyebarkan pasokan oksigen dari paru-paru melalui pembuluh darah.

Aerobik termasuk apa?

Jawaban yang benar adalah b) Senam berirama. Yuk simak pembahasan berikut. Senam aerobik termasuk dalam jenis senam irama yaitu senam yang dilakukan dengan iringan musik. Senam ini bertujuan untuk meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Hal itu karena saat melakukan senam aerobik yang di dalamnya ada banyak gerakan, jantung akan membantu menyebarkan pasokan oksigen dari paru-paru melalui pembuluh darah. Yah, akses pembahasan gratismu habis Dapatkan akses pembahasan sepuasnya tanpa batas dan bebas iklan!

Apa saja bagian tubuh yang bisa digunakan untuk gerak mengayun?

Pembahasan – Gerak mengayun adalah gerakan yang menggerakkan lengan ke depan dan kebelakang atau ke samping secara teratur. Gerak mengayun termasuk gerak non lokomotor karena tidak terjadi perpindahan tempat. Gerakan mengayun biasanya terdapat pada gerak senam irama. Ada beberapa macam-macam contoh gerakan ayunan lengan dalam senam irama, yaitu:

Ayunan satu lengan ke depan dan ke belakang.Ayunan satu lengan ke samping.Ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan.Ayunan dua lengan ke depan dan ke belakang.Ayunan dua lengan silang di depan badan.

Selain gerak ayunan lengan, gerak mengayun juga dapat dikombinasikan dengan gerak menggantung. Berikut ini langkah-langkah melakukan gerakan bergantung dan berayun pada palang tunggal, yaitu:

Sikap awal berdiri di bawah palang tunggal. Meloncat untuk bergantung pada palang tunggal. Jika posisi sudah menangkap palang dengan kedua tangan maka tahan posisi tersebut dengan posisi kedua kaki dan tubuh lurus.Gerakkanlah kedua kaki secara pelan-pelan dengan cara mengayunkan ke depan dan ke belakang. Lakukan gerakan mengayun kedua kaki secara bergantian ke depan dan ke belakang hingga merasakan kondisi badan mengayun. Lakukan pendaratan dengan kedua kaki menekuk.

Manakah teknik yang benar saat memegang gada * 2 poin?

carA – cara memegang gada – Brainly.co.id A. Pegangan biasa (regular grip)Cara melakukan pegangan ini adalah:1) Telapak tangan melingkar dan menghadap ke bawah, kepala gada diletakkan di telapak tangan.2) Leher gada dipegang antara ibu jari dan jari tengah tepat lurus dengan kepala gada.3) Jari telunjuk menelusur pada leher gada.4) Jari manis dan kelingking diletakkan pada kepala gada.b. : carA – cara memegang gada – Brainly.co.id

Apa arti gada dalam KBBI?

Kata-kata di KBBI yang dekat dari gada –

gada

Arti gada di KBBI adalah: alat untuk memukul yang pada bagian ujungnya membesar, terbuat dari kayu, besi, dan sebagainya;. Lihat arti dan definisi di jagokata. Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa) : Arti kata gada. Semua maksud kata dari KBBI. gada adalah.

Bagaimana sejarah dan perkembangan senam irama?

Sejarah dan Pengertian Senam Irama, Ketahui Manfaatnya bagi Kesehatan – Ragam Bola.com Ilustrasi Senam Irama. (Foto: Unsplash) Bola.com, Jakarta – dikenal sebagai senam ritmik, yaitu yang dilakukan dengan menggunakan irama atau suara. Irama yang mengiringi dapat berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, dan lain sebagainya.

  1. Jadi, hal yang membedakan antara senam irama dengan senam lainnya ialah adanya penambahan ritme.
  2. Dalam praktiknya, senam irama biasanya dilakukan dengan seperti pita, tongkat, pita, bola hingga topi.
  3. Namun, senam irama tersebut juga bisa dilakukan tanpa memakai alat.
  4. Seiring berjalannya waktu, banyak mengambil gerakan dari balet.
You might be interested:  Cabang Olahraga Yang Dipertandingkan Di Pon 2020?

Wajar tentunya jika senam irama banyak dilakukan kaum perempuan. Jadi, senam irama mempunyai sejarah yang panjang hingga akhirnya mulai dikenal masyarakat luas. Bahkan, sudah menjadi cabang olahraga yang dilombakan di berbagai event besar. Kira-kira bagaimana sejarah awal mula adanya senam irama? Berikut ini sejarah, seperti dilansir dari laman Percepat, Kamis (10/9/2020).

  1. Olahraga senam irama berawal dari gagasan Jean-Georges-Noverre pada 1727-1810, Francois Delsarte pada 1811-1871, dan Rudolf Bode pada 1881-1970.
  2. Etiga orang tersebut percaya pentingnya ekspresi pada suatu gerakan yang dilakukan oleh tubuh, guna menciptakan keindahan melalui berbagai rangkaian.
  3. Lantas, gerakan tersebut mulai berkembang.

Tepatnya pada abad ke-19 terdapat suatu sistem latihan yang dikenal sebagai Swedia System (sistem Swedia) yang diperkenalkan oleh Peter Henry Ling. Di mana yang awalnya merupakan gerakan bebas, lalu dipromosikan sebagai ‘gymnastik estetis’. Gymnastik estetis merupakan suatu gerakan tubuh yang dilakukan oleh seorang atlet yang juga dibarengi oleh ekspresi diri, emosi, dan perasaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, pemikiran pun makin maju. Tepatnya pada 1929, Hinrich Medau menciptakan suatu gagasan gymnastik yang cukup modern, yaitu suatu gerakan senam artistik yang menggunakan alat-alat tambahan seperti: bola, pita, tali, gada, dan simpai. Kompetisi pertama senam irama dilakukan di Rusia pada 1940.

Kemudian pada 1961 oleh FIG, senam irama dimasukkan ke cabang senam. Awal mula senam ini bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis dan terakhir menjadi senam irama atau gimnastik ritmis. Itulah sejarah awal mula adanya senam irama yang masih lestari hingga sekarang.

Banyak orang dari berbagai jenjang usia yang sudah menyukai olahraga tersebut, terutama karena mempunyai banyak manfaat. Yap, enam irama mempunyai banyak bagi tubuh dan kesehatan. Dengan iringan musik, seseorang yang melakukan senam bisa menikmati setiap gerakan karena irama lagu yang menyenangkan. Selain untuk kesehatan, gerakan senam irama juga dibuat untuk menghasilkan keindahan.

Masyarakat yang bekerja di kantor, rumah sakit, hingga sekolah-sekolah menjadikan senam irama sebagai kegiatan rutin di hari tertentu. Apa saja manfaat dari senam irama? Berikut ini rangkuman mengenai manfaat senam irama, seperti dilansir dari laman DokterSehat dan Sehat Q,

  1. Ilustrasi pria berotot.
  2. /Photo by Sharon Garcia on Unsplash 1.
  3. Membakar lemak dan kalori Manfaat yang ada pada senam irama bisa membantu membakar kalori dan lemak yang berlebih.
  4. Di setiap gerakannya membutuhkan keluwesan, keseimbangan fisik, serta kelincahan para pesenam supaya sesuai dengan irama lagu yang mengirinya.

Ketika melakukan senam irama, fisik selalu bergerak, dan hampir tidak terputus dari gerakan senam satu ke gerakan senam lainnya.2. Menguatkan otot Senam irama mampu menguatkan jaringan otot pada tubuh. Melakukan senam irama, secara otomatis mampu membuat otot-otot jadi lebih lentur dan kuat.

Ketika otot menjadi lentur dan kuat, mampu meningkatkan jangkauan gerak tubuh, mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat. Ilustrasi Tulang/Freepik.com 3. Menyehatkan kerja jantung Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Ada kalanya lagu berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh.

Sebaliknya, saat musik berada pada irama yang cepat, gerakan senam menjadi cepat dan mengandalkan kelincahan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena gerakan senamnya seimbang antara pelan dan cepat. Pasalnya, jantung akan memompa darah lebih cepat jika gerakan senam lincah, dan sebaliknya.

Itulah mengapa, biasanya orang yang melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial akan memiliki kesehatan jantung yang baik.4. Menyehatkan tulang Ketika melakukan senam irama, secara langsung akan melatih kekuatan dan kesehatan tulang. Memiliki tulang yang kuat dan sehat berguna untuk menopang beban beratmu dalam menjalani aktivitas harian.

Jika kamu memiliki masalah pada tulang, kemungkinan di masa yang akan datang mendapatkan sejumlah masalah kesehatan. Saat melakukan gerakan senam irama, kamu dapat terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Sumber: Percepat, DokterSehat, Sehat Q Berita video tentang pelari cepat dan mematikan dari Borussia Dortmund, Achraf Hakimi, yang baru saja menorehkan dua gol pada matchday 4 Liga Champions 2019-2020.

Gerak langkah rapat pada senam irama dapat melatih kekuatan otot?

Ilustrasi gerak langkah rapat dalam senam irama. Klik tombol Play untuk mendengarkan artikel Sonora.ID – Simak pembahasan mengenai gerak langkah rapat dalam senam irama yang merupakan 1 dari 11 jenis gerak langkah. Dikutip dari Kompas.com, gerak langkah rapat pada senam irama ini disebut juga dengan by trekpas, diawali dengan melangkahkan kaki kiri ke depan.

  1. Setelah melangkahkan kaki kiri, kemudian kaki kanan dilangkahkan menyusul dengan lutut mengeper sampai berada dalam posisi sejajar kaki kiri.
  2. Gerakan tersebut kemudian dilanjutkan secara bergantian, hingga membentuk gerak langkah rapat.
  3. Arti mengeper yang dimaksud di atas adalah saat kaki melangkah dan menginjak tanah, lutut sedikit diturunkan karena menahan berat badan, untuk menjaga keseimbangan.

Baca Juga: Cara Melakukan Gerakan Kayang dengan Mudah! Ngga Perlu Takut Cedera Pada gerak langkah rapat, posisi badan yang benar adalah berdiri tegak tapi tetap rileks. Dengan perpaduan gerakan tersebut, gerak langkah rapat dalam senam irama dapat melatih otot betis kaki.

Related Post