Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola?

Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola?

Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola
Terinspirasi dari Lampu Lalin – Situasi kurang lebih serupa terjadi saat perempat final Piala Dunia 1966 yang digelar di Stadion Wembley, Inggris antara Argentina melawan tuan rumah yang dipimpin wasit Rudolf Kreitlein dari Jerman Barat. Dalam pertandingan yang berlangsung dalam tensi tinggi tersebut, Argentina harus kehilangan kaptennya Antonio Rattin yang dikeluarkan wasit.

Sementara dua bintang Inggris, Jack dan Bobby Charlton disebut mendapatkan peringatan yang kemudian dituliskan di buku catatan wasit menurut laporan dari Guardian. Hanya saja versi televisi yang menyiarkan tak ada bukti keduanya mendapatkan peringatan tersebut. Pada saat perjalanan pulang dari sebuah pertandingan di Wembley Stadium tersebut, Aston berhenti di dekat sebuah lampu lalu lintas di Kensington High Street.

Dia menyadari warna lampu bisa digunakan dalam pertandingan sepakbola. Waktu itu, dia hanya fokus ke warna kuning dan merah. Jika menggunakan kartu dengan kedua warna ini, maka halangan bahasa apa pun bisa terlewati. Baik pemain maupun suporter akan melihat mereka adanya peringatan atau pemain dikeluarkan.

Apa yang dimaksud dengan kartu kuning dalam permainan sepak bola?

Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola Mengenal aturan akumulasi kartu dalam sepak bola. GridKids.id – Kids, apa yang kalian ketahui tentang aturan akumulasi kartu dalam sepak bola ? Kali ini GridKids akan mengajak kalian mengenal aturan tentang aturan akumulasi kartu dalam sepak bola. Lantas, bagaimana pengertiannya? Yuk, kita simak informasinya! Seperti diketahui, kartu kuning dan kartu merah adalah sanksi yang ada dalam sepak bola.

  • Dua jenis kartu ini memiliki arti yang berbeda-beda.
  • Artu kuning menandakan pemain mendapat teguran dari wasit atas pelanggaran yang dilakukan.
  • Sementara kartu merah adalah tanda pemain sudah harus keluar dari lapangan karena pelanggaran yang ia lakukan.
  • Selain itu, dua jenis kartu ini juga bisa terakumulasi hukumannya, lo.

Yuk, langsung saja kita simak pengertian tentang akumulasi kartu. Akumulasi Kartu Untuk diketahui, pada sebuah pertandingan resmi berformat liga atau kompetisi, kartu pelanggaran ini berdampak pada pertandingan selanjutnya. Baca Juga: Mengenal Sistem Tambahan Waktu dalam Sepak Bola, Sudah Tahu? Nah, itulah yang dinamakan dengan akumulasi kartu pada sepak bola.

Ada perbedaan mengenai jumlah hukuman larangan bermain akibat kartu kuning atau kartu merah. Perbedaan aturan tersebut tergantung pada aturan pada masing-masing kompetisi. Misalnya di Liga Champions, pemain akan dihukum di pertandingan berikutnya setelah tiga kartu kuning yang tidak menghasilkan kartu merah.

Selanjutnya, hukuman akumulasi kartu kuning akan mengikuti hitungan ganjil berikutnya. Sementara untuk kartu merah, seorang pemain atau ofisial tim akan diskors pada pertandingan berikutnya. Untuk pelanggaran serius, UEFA dalam hal ini Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin berhak menambah hukuman kepada pemain.

Berbeda dengan Liga Champions, penghitungan akumulasi kartu kuning yang berimbas skorsing di Liga Inggris lebih banyak. Contoh lainnya, Cristiano Ronaldo telah menerima lima kartu kuning di Liga Inggris maka dia akan mendapatkan skorsing satu pertandingan. Kendati demikian, hukuman skorsing itu hanya berlaku di Premier League.

Sementara kartu merah, skorsing akan disesuaikan dengan beratnya pelanggaran yang dilakukan. Baca Juga: Mengenal Istilah Pelanggaran Kartu Kuning dan Merah dalam Sepak Bola Misalnya, kartu merah karena kartu kuning kedua akan mendapatkan larangan bermain atau skorsing satu pertandingan.

Sementara untuk protes keras yang berujung kartu merah, akan mendapatkan larangan bermain selama dua pertandingan. Sementara untuk perilaku kekerasan dapat dihukum dengan skorsing selama tiga pertandingan. – Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu.

Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Apa yang terjadi jika pemain dapat kartu kuning?

6. Kartu Kuning – Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola Sumber Gambar: Live About Kartu kuning adalah tanda peringatan yang diberikan wasit pada seorang pemain. Apabila seorang pemain telah menerima dua kartu kuning, wasit akan memberikan kartu merah sehingga pemain tersebut harus keluar dari pertandingan. Kartu kuning akan diberikan pada pemain sepak bola jika terjadi hal-hal sebagai berikut:

Pemain melakukan tindakan yang berbahaya, seperti menendang bola dengan posisi kaki terlalu tinggi sehingga berada di dekat kepala pemain lawan. Menjegal secara ilegal tergolong pelanggaran kartu kuning. Contoh penjegalan terlarang adalah ketika pemain menghadang lawan meskipun tidak mungkin dapat merebut bola. Menjegal atau menjatuhkan kiper di area gawang. Kartu kuning juga diberikan kepada penjaga gawang yang memegang bola hasil operan teman satu timnya. Jika seorang pemain membahayakan kondisi penjaga gawang lawannya, ia akan diberi kartu kuning oleh wasit. Kiper melangkah lebih dari empat kali ketika menguasai bola juga akan dikenakan kartu kuning. Sengaja membuang waktu di sisa waktu pertandingan demi memperoleh kemenangan akan dikenakan kartu kuning. Aturan baru menambahkan kata-kata “tim ofisial” sebagai pihak yang bisa menerima kartu kuning atau kartu merah di babak adu penalti sebuah laga.

Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola Penuhi kebutuhan olahragamu di Sportacular Shopathon, Pilihan lengkap, banyak diskon! Baca Juga: Jumlah Pemain Sepak Bola dan Perannya dalam Pertandingan

Kapan wasit mengeluarkan kartu kuning?

Sejarah Baru di Sepak Bola: Kartu Putih Dikeluarkan Wasit Pertama Kali, Apa Artinya? Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola Wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih dan diberikan kepada staf medis Benfica dan Sporting Lisbon. Ini merupakan sejarah baru dalam sepak bola seorang wasit memberikan kartu putih dalam pertandingan resmi. (Mundo Deportivo) RADARSOLO.ID – Selama ini di sepak bola dikenal dua kartu yang diberikan oleh wasit dalam pertandingan, yakni kartu kuning dan kartu merah.

You might be interested:  Aturan Bet Tenis Meja Digunakan Agar?

Artu kuning diberikan oleh wasit sebagai peringatan kepada pemain di lapangan karena dianggap melanggar lawan secara kasar, memprotes keras wasit, berperilaku buruk terhadap lawan, maupun berperilaku kurang sopan terhadap suporter. Tak hanya pemain, kartu kuning bisa diberikan kepada pelatih, pemain cadangan di bench, dan ofisial tim.

Sementara kartu merah diberikan kepada pemain yang berarti harus meninggalkan lapangan pertandingan atau bahasa kasarnya pengusiran. Hal sama berlaku bagi pelatih, pemain cadangan di bench, maupun ofisial tim. Wasit mengeluarkan kartu merah ketika pemain bersangkutan mendapat dua kartu kuning.

  • Wasit bisa memberikan kartu merah langsung apabila pemain dianggap melakukan pelanggaran yang membahayakan pemain lawan atau melakukan tindakan yang membuat pemain lawan terganggu dalam upaya mencetak gol, misalnya sengaja menyentuh bola dengan tangan untuk mencegah bola masuk ke gawang.
  • Artu kuning dan kartu merah di sepak bola diatur secara detail dalam Law of the Game yang dikeluarkan FIFA.

Namun, baru-baru ini ada pemandangan tak biasa di sebuah pertandingan sepak bola profesional. Seorang wasit, kebetulan wasit perempuan, mengeluarkan kartu putih di tengah pertandingan. Tentu saja ini adalah hal yang tak lazim di sepak bola dan merupakan kejadian pertama kali di sepak bola.

  • Sejarah baru di sepak bola itu terjadi pada Sabtu (21/1/2023) dalam pertandingan Piala Portugal Wanita di Estadio da Luz yang mempertemukan Benfica melawan Sporting Lisbon.
  • Jelang babak pertama berakhir, wasit perempuan yang memimpin laga tersebut dan bernama Catarina Campos, memberikan kartu putih.
  • Uniknya, bukan kepada pemain, melainkan kepada staf medis kedua tim.

Pada menit 44 saat Benfica unggul 3-0, staf medis Benfica dan Sporting Lisbon tiba-tiba berlari menuju tribune penonton. Ternyata ada seorang penonton yang pingsan. Staf medis kedua tim merespons cepat dengan memberikan pertolongan pertama. Atas tindakan staf medis tersebut, wasit Catarina Campos lantas memberikan kartu putih.

Tentu saja penonton di Estadio da Luz dibuat kebingungan. Untuk pertama kali dalam pertandingan resmi sepak bola, wasit memberikan kartu putih. Masih diselimuti tanda tanya, para penonton kemudian bertepuk tangan atas aksi sang wasit. Lantas, apa arti kartu putih yang dikeluarkan wasit di sepak bola? Seperti dilansir Sky News, kartu putih merupakan wujud apresiasi tindakan sportivitas dan fair play di dalam lapangan saat pertandingan berlangsung.

Tentu saja makna kartu putih bertolak belakang dengan kartu kuning maupun merah. Dengan kata lain, kartu putih diberikan bukan sebagai “hukuman” melainkan sebagai “apresiasi” atau “penghargaan”. Kartu putih diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif Rencana Etika Olahraga Nasional Portugal untuk mendorong permainan yang adil dan telah diadopsi oleh Federasi Sepak Bola Portugal.

  • Sejauh ini baru Portugal yang mengadopsi penggunaan kartu putih.
  • Itu artinya, staf medis kedua tim (Benfica dan Sporting Lisbon) yang mendapatkan kartu putih oleh wasit Catarina Campos mendapat apresiasi atas tindakan mereka memberikan pertolongan kepada penonton yang pingsan.
  • Sudah jelas bahwa kartu putih bukan sebagai “hukuman” melainkan “apresiasi” atau “penghargaan”.

Portugal memang mempromosikan fair play di lapangan dengan salah satu caranya yakni memberikan kartu putih. Hal ini untuk mendorong pemain kedua tim dan ofisial tim untuk terus menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan. Seperti dilansir Mundo Deportivo, kartu putih digunakan untuk meningkatkan nilai etika olahraga dan memperkenalkan perubahan pada kartu saat ini (kuning dan merah) yang diperkenalkan di Piala Dunia 1970.

  1. Artu kuning dan kartu merah memiliki karakter lebih menghukum.
  2. Pengusulan kartu putih sebenarnya sudah lama.
  3. Hanya, ide sebelumnya sedikit berbeda dengan inisiatif saat ini.
  4. Selama menjadi Presiden UEFA, Michel Platini mengusulkan kartu putih sebagai cara untuk menghukum pemain karena sikap buruk mereka terhadap wasit.

Pemain dipaksa meninggalkan lapangan selama 10 menit. (JPG/dam) RADARSOLO.ID – Selama ini di sepak bola dikenal dua kartu yang diberikan oleh wasit dalam pertandingan, yakni kartu kuning dan kartu merah. Kartu kuning diberikan oleh wasit sebagai peringatan kepada pemain di lapangan karena dianggap melanggar lawan secara kasar, memprotes keras wasit, berperilaku buruk terhadap lawan, maupun berperilaku kurang sopan terhadap suporter.

  1. Tak hanya pemain, kartu kuning bisa diberikan kepada pelatih, pemain cadangan di bench, dan ofisial tim.
  2. Sementara kartu merah diberikan kepada pemain yang berarti harus meninggalkan lapangan pertandingan atau bahasa kasarnya pengusiran.
  3. Hal sama berlaku bagi pelatih, pemain cadangan di bench, maupun ofisial tim.

Wasit mengeluarkan kartu merah ketika pemain bersangkutan mendapat dua kartu kuning. Wasit bisa memberikan kartu merah langsung apabila pemain dianggap melakukan pelanggaran yang membahayakan pemain lawan atau melakukan tindakan yang membuat pemain lawan terganggu dalam upaya mencetak gol, misalnya sengaja menyentuh bola dengan tangan untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Artu kuning dan kartu merah di sepak bola diatur secara detail dalam Law of the Game yang dikeluarkan FIFA. Namun, baru-baru ini ada pemandangan tak biasa di sebuah pertandingan sepak bola profesional. Seorang wasit, kebetulan wasit perempuan, mengeluarkan kartu putih di tengah pertandingan. Tentu saja ini adalah hal yang tak lazim di sepak bola dan merupakan kejadian pertama kali di sepak bola.

Sejarah baru di sepak bola itu terjadi pada Sabtu (21/1/2023) dalam pertandingan Piala Portugal Wanita di Estadio da Luz yang mempertemukan Benfica melawan Sporting Lisbon. Jelang babak pertama berakhir, wasit perempuan yang memimpin laga tersebut dan bernama Catarina Campos, memberikan kartu putih.

Uniknya, bukan kepada pemain, melainkan kepada staf medis kedua tim. Pada menit 44 saat Benfica unggul 3-0, staf medis Benfica dan Sporting Lisbon tiba-tiba berlari menuju tribune penonton. Ternyata ada seorang penonton yang pingsan. Staf medis kedua tim merespons cepat dengan memberikan pertolongan pertama.

Atas tindakan staf medis tersebut, wasit Catarina Campos lantas memberikan kartu putih. Tentu saja penonton di Estadio da Luz dibuat kebingungan. Untuk pertama kali dalam pertandingan resmi sepak bola, wasit memberikan kartu putih. Masih diselimuti tanda tanya, para penonton kemudian bertepuk tangan atas aksi sang wasit.

Lantas, apa arti kartu putih yang dikeluarkan wasit di sepak bola? Seperti dilansir Sky News, kartu putih merupakan wujud apresiasi tindakan sportivitas dan fair play di dalam lapangan saat pertandingan berlangsung. Tentu saja makna kartu putih bertolak belakang dengan kartu kuning maupun merah. Dengan kata lain, kartu putih diberikan bukan sebagai “hukuman” melainkan sebagai “apresiasi” atau “penghargaan”.

Kartu putih diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif Rencana Etika Olahraga Nasional Portugal untuk mendorong permainan yang adil dan telah diadopsi oleh Federasi Sepak Bola Portugal. Sejauh ini baru Portugal yang mengadopsi penggunaan kartu putih.

  1. Itu artinya, staf medis kedua tim (Benfica dan Sporting Lisbon) yang mendapatkan kartu putih oleh wasit Catarina Campos mendapat apresiasi atas tindakan mereka memberikan pertolongan kepada penonton yang pingsan.
  2. Sudah jelas bahwa kartu putih bukan sebagai “hukuman” melainkan “apresiasi” atau “penghargaan”.
You might be interested:  Alat Untuk Memukul Bola Tenis Meja Adalah?

Portugal memang mempromosikan fair play di lapangan dengan salah satu caranya yakni memberikan kartu putih. Hal ini untuk mendorong pemain kedua tim dan ofisial tim untuk terus menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan. Seperti dilansir Mundo Deportivo, kartu putih digunakan untuk meningkatkan nilai etika olahraga dan memperkenalkan perubahan pada kartu saat ini (kuning dan merah) yang diperkenalkan di Piala Dunia 1970.

  • Artu kuning dan kartu merah memiliki karakter lebih menghukum.
  • Pengusulan kartu putih sebenarnya sudah lama.
  • Hanya, ide sebelumnya sedikit berbeda dengan inisiatif saat ini.
  • Selama menjadi Presiden UEFA, Michel Platini mengusulkan kartu putih sebagai cara untuk menghukum pemain karena sikap buruk mereka terhadap wasit.

Pemain dipaksa meninggalkan lapangan selama 10 menit. (JPG/dam) : Sejarah Baru di Sepak Bola: Kartu Putih Dikeluarkan Wasit Pertama Kali, Apa Artinya?

Apa akibat kartu merah?

Pemain yang akan mendapatkan kartu merah pada Piala Dunia 2022, tidak diperbolehkan main di dua laga selanjutnya. Setiap skorsing yang diterima dalam pertandingan terakhir tim di Piala Dunia akan dibawa ke pertandingan resmi berikutnya.

Apakah kartu kuning diperlukan?

JAKARTA, KOMPAS.com – Kartu kuning adalah salah satu dokumen yang diperlukan oleh pencari kerja untuk melamar pekerjaan. Kartu kuning atau kartu AK1 ini diterbitkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) untuk pendataan para pencari kerja. Apa saja syarat membuat kartu kuning ? Secara umum, dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan kartu kuning hampir sama.

Meski terkadang, kantor Disnaker di daerah masing-masing memiliki kebijakan yang sedikit berbeda mengenai syarat membuat kartu kuning, Adapun syarat membuat kartu kuning yang diminta biasanya berupa fotocopy ijazah, KTP, KK, dan pas foto berukuran 3×4. Baca juga: Warna-warni Batik Para Kepala Negara G20 Saat Gala Dinner dengan Jokowi Pembuatan kartu kuning sendiri tidak dipungut biaya alias gratis.

Namun, pencari kerja hanya bisa membuat kartu kuning di daerah aslinya, yaitu yang tertera di KTP.

Apakah di sepak bola ada kartu putih?

25 Januari 2023 Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola Sumber gambar, Canal11 Keterangan gambar, Wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih pada pertandingan antara Sporting Lisbon dan Benfica di Portugal. Jika Anda seorang penggemar sepak bola, Anda pasti pernah melihat wasit mengeluarkan kartu kuning atau merah – tapi bagaimana dengan kartu putih? Sabtu 21 Januari 2023 merupakan hari bersejarah dalam dunia sepak bola tatkala wasit mengeluarkan kartu putih untuk pertama kalinya pada pertandingan antara Sporting Lisbon dan Benfica di Portugal.

Namun berbeda dengan kartu merah dan kuning, yang dikeluarkan untuk pelanggaran peraturan dan perilaku buruk, kartu putih memiliki arti sebaliknya. Kartu putih ditunjukkan sebagai pengakuan wasit atas perilaku pemain dan ofisial klub yang baik dan sportif saat pertandingan berlangsung. Namun saat ini kartu tersebut hanya digunakan di Portugal.

Baca juga:

Apa itu kartu hijau dalam sepak bola?

Templat:Notable Kartu Hijau adalah sebuah penghargaan untuk tindakan sportif atau penghargaan untuk pemain dalam sepak bola yang menjunjung tinggi sportifitas. Kartu hijau sudah diterapkan di kompetisi junior sepak bola di Italia. Kartu Hijau akan diterapkan di dalam kompetisi sepak bola resmi di Serie B Italia musim ini, sehingga nantinya wasit dalam sebuah pertandingan akan mengantongi tiga kartu yaitu kartu kuning, kartu merah dan kartu hijau.

Artu hijau ini akan diberikan kepada para pemain, yang misalnya menghentikan permainan untuk mengizinkan ofisial merawat pemain lawan yang cedera atau mengakui melakukan pelanggaran ketika tidak seorang pun melihatnya. Pada akhir musim, kartu-kartu hijau akan dihitung, dan pemain paling sportif akan mendapat penghargaan yang bentuknya sampai saat ini belum ditentukan.

Ide kartu-kartu yang berbeda warna dalam sepak bola bukanlah sesuatu yang baru. Presiden UEFA Michel Platini, salah satu kandidat presiden FIFA, sebelumnya pernah mengusulkan penggunaan kartu putih. Hal itu akan membuat para wasit dapat membatasi penggunaan kartu kuning dengan mengeluarkan para pemain secara temporer.

Kenapa namanya kartu kuning?

Arti Kartu Kuning – Kartu Kuning disebut juga dengan AK-1 atau Kartu Tanda Pencari Kerja, Banyak orang mengira kartu ini hanya dibutuhkan ketika ingin mendaftar menjadi calon pegawai negeri. Padahal, fungsinya bisa lebih dari itu. Kenapa namanya Kartu Kuning? Pada sejarahnya, kartu ini berupa selembar formulir yang dicetak di atas kertas berwarna kuning.

You might be interested:  Yang Termasuk Formasi Bertahan Permainan Sepak Bola?

Namun sekarang kertas yang digunakan sudah berubah menjadi kertas putih biasa. Zaman dahulu, fungsi Kartu Kuning ini sangatlah penting bagi pencari kerja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, banyak pelamar melupakan fungsi dari kartu resmi ini. Secara formal, kartu ini disebut dengan AK-1. AK merupakan singkatan dari Antar Kerja dan bersifat resmi keluaran dari Disnaker yang ada di tiap kota dan kabupaten di Indonesia.

Nanti, di kartu yang kamu dapatkan tercantum nomor pencari kerja, nomor kartu identitas atau KTP, dan legalisasi dari Disnaker setempat.

Kartu di sepak bola ada berapa?

KOMPAS.com – Pemandangan berbeda pada laga Benfica vs Sporting Lisbon di Piala Portugal Wanita, Sabtu (21/1/2023), yakni penggunaan kartu putih dalam sepak bola. Kejadian bermula pada akhir babak pertama, ketika Benfica unggul 3-0 atas Sporting Lisbon di The Estadio da Luz.

  1. Pada menit ke-44, staf medis kedua tim berlari menuju ke tribun di mana seorang penonton mengeluh sakit.
  2. Tindakan tersebut kemudian “dihadiahi” oleh wasit yang memimpin, Catarina Campos, dengan kartu putih.
  3. Baca juga: Sejarah Kartu Merah dan Kuning dalam Sepak Bola Para pendukung bingung dengan kartu yang dikeluarkan oleh wasit.

Sebab, dalam tradisi sepak bola hanya ada dua kartu, yakni kuning dan merah. Kartu kuning untuk peringatan pelanggaran cukup keras. Kartu merah berarti pemain harus keluar lapangan karena pelanggaran keras. Sementara penggunaan kartu putih sepak bola tersebut menjadi sejarah.

  1. Sebab, untuk kali pertama dalam pertandingan resmi sepak bola, seorang wasit mengeluarkan kartu putih.
  2. Sebenarnya, apa arti kartu putih dalam sepak bola? CARTÃO BRANCO NO DÉRBI! ????? As equipas médicas do Benfica e do Sporting receberam cartão branco por assistirem um adepto que se sentiu mal na bancada.

#Canal11 #FutebolEmPortuguês pic.twitter.com/zTfvwiZFO0 — Canal 11 (@Canal_11Oficial) January 21, 2023

Apa yang dimaksud dengan kartu kuning dan kartu merah dalam sepak bola?

SRIPOKU.COM – Kartu kuning dan kartu merah jadi bagian tak terpisahkan dari pertandingan sepak bola. Pemain yang melakukan pelanggaran mendapat hukuman, terutama mendapat kartu kuning dan kartu merah. Untuk itu berikut arti dari kartu kuning dan kartu merah dalam pertandingan sepak bola beserta sejarahnya. © Disediakan oleh Sripoku.com Wasit Liga Inggris, Mike Dean, memberikan kartu merah kepada salah satu pemain Manchester City. Berikut Arti dan Sejarah Kartu Kuning dan Kartu Merah dalam Pertandingan Sepak Bola (JUSTIN SETTERFIELD/GETTY IMAGES EUROPE/GETTY IMAGES VIA AFP) Tentu dua kartu ini punya dua fungsi yang berbeda.

  1. Mengutip Kompas.com, wasit mengeluarkan kartu kuning kepada pemain sebagai peringatan agar tidak mengulangi pelanggaran.
  2. Namun jika pemain itu mendapat kartu kuning kedua, berarti sang pemain mendapat kartu merah alias harus keluar lapangan.
  3. Pun seorang pemain otomatis mendapat kartu merah jika sudah mendapat dua kartu kuning dalam satu pertandingan.

Lalu mengapa wasit harus mengeluarkan kartu merah pada saat laga? Kartu merah digunakan untuk pelanggaran yang sudah sangat fatal, sehingga pemain yang diganjar kartu merah harus keluar lapangan meninggalkan timnya. Sejarah Kemunculan Kartu Kuning dan Kartu Merah Dilansir dari situs resmi FIFA, asal mula kartu kuning dan merah berasal dari ide seorang wasit Inggris, Ken Aston, yang kebingungan saat memberikan hukuman kepada pemain yang menggunakan bahasa berbeda dari dirinya.

Ide itu berawal dari keributan hebat pada pertandingan yang mempertemukan tim dari Chile dan Italia pada Piala Dunia 1962. Kala itu Ken Aston akan mengeluarkan pemain dari Italia, Giorgino Ferrini sebagai bentuk hukuman atas pelanggaran yang dia buat. Namun, perintahnya yang disampaikan dalam bahasa Inggris tidak dipahami oleh Ferrini sehingga dia tetap berada di lapangan dan bermain dengan lebih arogan.

Hingga, akhirnya seorang polisi dilibatkan untuk mengeluarkan Ferrini dari lapangan hijau. Terinspirasi dari Lampu Lalu Lintas Suatu hari, Ken Aston berhenti di perempatan jalan dan melihat ke arah lampu lalu lintas. Lalu, ide itu pun muncul. Ia memberi usul agar wasit dibekali kartu kuning dan merah.

  • Artu kuning artinya adalah mendapatkan sanksi ringan atau peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran untuk berhati-hati agar tidak membuat kesalahan lagi dalam pertandingan.
  • Sedangkan kartu merah artinya pemain yang melakukan pelanggaran mendapatkan sanksi berat serta harus keluar dari lapangan.

Baca juga: Kerap Jadi Game Changer, Berikut Pengertian Tendangan Penalti beserta Peraturan dan Sejarahnya Dua Buah Kartu Sakti Dipakai dalam Piala Dunia 1970 Kemudian, ide soal wasit dibekali dua buah kartu sakti tersebut diterima FIFA. Dua buah kartu sakti itu pertama kali digunakan pada Piala Dunia 1970.

Sayangnya, sepanjang Piala Dunia 1970 tak satu pun pemain yang terkena kartu merah. Hanya kartu kuning yang sempat dikeluarkan sehingga kartu merah tak bisa dikeluarkan pada Piala Dunia 1970. Meskipun ide dua buah kartu sakti itu datang dari wasit asal Inggris, negeri tersebut tak serta merta menerapkannya di kompetisi mereka.

Kartu kuning dan merah baru digunakan di kompetisi sepak bola Inggris pada 1976. Penggunaan Dua Buah Kartu Sakti Sempat Dihentikan Dua buah kartu sakti yaitu kartu kuning dan merah ternyata sempat dihentikan penggunaannya. Penggunaan dua buah kartu sakti itu sempat dihentikan pada tahun 1981 dan 1987.

Apa itu kartu kuning dan kartu merah?

Kuning diberikan oleh wasit kepada pemain yang melakukan pelanggaran atau sanksi ringan. Kartu kuning diberikan agar para pemain hati-hati untuk tidak melakukan pelanggaran lagi. Di sisi lain, kartu merah diberikan kepada pemain apabila ia kedapatan melakukan pelanggaran berat.

Related Post