Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Apa Nama Induk Organisasi Bulu Tangkis?

Apa Nama Induk Organisasi Bulu Tangkis?

Apa Nama Induk Organisasi Bulu Tangkis
Fungsi dan Tugas BWF – Sebagai induk olahraga bulu tangkis dunia, BWF memiliki tugas menerapkan peraturan permainan hingga rutin menyebarkan cabang tersebut di tataran global.

  • BWF sudah mampu menuntaskan misi besar mereka pada 1992, ketika bulu tangkis dipertandingkan untuk kali pertama dalam Olimpiade di Barcelona, Spanyol.
  • Sejak saat itu pula, BWF bertugas menetapkan pemain yang tampil dalam pesta olahraga terbesar dunia tersebut sekaligus menjadi penyelenggara utama turnamen cabang bulu tangkis.
  • Baca juga:
  • Tidak hanya menggelar kompetisi di Olimpiade, BWF juga memiliki agenda kejuaraan rutin seperti Piala Thomas, Piala Uber, Piala Sudirman, hingga Kejuaraan Dunia.
  • Misi untuk mengembangkan bakat-bakat pemain baru juga diusung melalui penyelenggaraan turnamen rutin dengan berbagai tingkatan mulai dari BWF Tour Super 100, World Tour 300, 500, 750, 1000, hingga World Tour Finals.
  • Selain itu, diterapkan oleh BWF.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. : Sejarah Berdirinya BWF, Induk Olahraga Bulu Tangkis Dunia

Apa induk organisasi bulu tangkis?

Sejarah –

Artikel atau bagian mungkin perlu ditulis ulang agar sesuai dengan Wikipedia. memperbaikinya. dari artikel ini mungkin berisi beberapa saran.

Pada zaman penjajahan dahulu, ada perkumpulan-perkumpulan bulu tangkis di Indonesia yang bergerak sendiri-sendiri tanpa satu tujuan dan satu cita-cita perjuangan di alam negara merdeka, memang tidak bisa dibiarkan berlangsung terus, sehingga harus diusahakan satu organisasi secara nasional, sebagai organisasi pemersatu.

  • Untuk menempuh jalan menuju satu wadah organisasi maka cara yang paling tepat adalah mempertemukan tokoh perbulu tangkisan dalam satu kongres.
  • Pada saat itu memang agak sulit untuk berkomunikasi antara satu daerah dengan daerah lainnya.
  • Satu-satunya yang bisa ditempuh adalah lingkungan saja.
  • Itupun bisa ditempuh setelah terbentuknya PORI (Persatuan Olah Raga Republik Indonesia).
You might be interested:  Olahraga Di Sekolah Merupakan Olahraga Yang Bertujuan?

Usaha yang dilakukan oleh Sudirman dan kawan-kawan dengan melalui perantara surat yang intinya mengajak mereka untuk mendirikan PBSI membawakan hasil. Maka dalam suatu pertemuan tanggal 5 Mei 1951 di Bandung lahirlah PBSI ( Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia ) dan pertemuan tersebut dicatat sebagai kongres pertama PBSI.

Berapa poin dalam permainan bulu tangkis?

2. Terdiri dari Dua Babak atau Gim – Dalam permainan bulu tangkis terdapat dua gim atau dua babak, durasinya sendiri disesuaikan dengan pencapaian nilai tertinggi. Yakni 21 poin di setiap gim, sehingga tim atau pemain mana yang berhasil mencapai poin tersebut maka babak dinyatakan berakhir.

Baru kemudian dimulai babak kedua dengan sistem yang sama. Apabila dalam dua babak salah satu tim selalu unggul maka pemenangnya adalah tim atau pemain tersebut. Jika sebaliknya, maka akan diadakan babak tambahan yang memakai sistem sama dan menjadi penentu siapa pemenangnya. Jika poin dalam babak penentuan ternyata selalu seimbang karena pemain sama-sama berjuang dengan sengit menjadi pemenang.

Maka dalam aturan bulu tangkis maksimal mengejar pemain yang lebih dulu mencapai poin 30. Jika salah satunya sudah sampai poin 30 maka dinyatakan sebagai pemenang.

Berasal dari kata apa bulutangkis itu?

Permainan bulutangkis merupakan sebuah permainan yang sangat populer di dunia dan juga di indonesia. Secara harfiah bulu tangkis berasal dari dua kata, yaitu bulu dan tangkis. Kata bulu diambil dari bentuk atau wujud kok (shuttlecock) yang terbuat dari bulu angsa. Sedangkan ‘tangkis’ diambil dari kata dasar menangkis.

Bagaimana aturan servis dalam bulu tangkis?

2. Peraturan servis badminton pada nomor ganda – ilustrasi pemain badminton melakukan servis (canva.com)

Ketika poin awal 0-0, servis pertama dilakukan di sisi/kotak kanan server. Sementara rekan setim berada di kotak sebelahnya. Pada poin ganjil, servis dimulai dari sisi/kotak kiri. Sementara rekan setim berada di kotak sebelahnya. Poin yang didapat menentukan perpindahan sisi lapangan. Penerima servis berada di sisi berseberangan dengan penyaji. Sementara rekan dari lawan tidak diperbolehkan mengambil jatah receive. Area servis ganda melebar ke samping. Servis dianggap out apabila tidak sampai, terlalu jauh/melebar, atau salah sisi. Servis yang dihitung out akan memberikan poin bagi lawan. Batas maksimal ketinggian awal servis saat kok masih dipegang oleh tangan adalah setinggi 115 cm.

You might be interested:  Jadwal Sepak Bola Malam Ini Di Tv?

Itulah 16 peraturan servis badminton yang berlaku untuk kejuaraan nasional dan internasional. Peraturan tersebut dibedakan berdasarkan nomor pemain tunggal dan ganda. Baca Juga: 10 Rekomendasi Merk Senar Raket Badminton Terbaik

Apa istilah bola dalam permainan bulutangkis yaitu?

KOMPAS.com – Bola dalam permainan bulu tangkis disebut dengan istilah shuttlecock atau kok. Shuttlecock terbuat dari bulu hewan angsa atau ayam. Kok yang terbuat dari bulu angsa biasanya sering dipakai untuk kompetisi resmi. Sementara kok yang terbuat dari bulu ayam sering digunakan oleh pebulu tangkis non-profesional. Adapun bulu yang digunakan dalam shuttlecock berjumlah 16 helai.

Pukulan yang mematikan dalam permainan bulu tangkis di nama kan?

Pukulan smash pada permainan bulutangkis merupakan pukulan serangan yang bertujuan untuk mematikan pertahanan lawan dan sekaligus untuk meraih point. Pukulan smash adalah suatu pukulan yang cepat, diarahkan ke bawah dengan kuat dan tajam yang mengarah ke bidang lapangan lawan.

Berapa negara yang ikut badminton?

5 Negara dengan Pebulu Tangkis Terbaik di Kejuaraan Dunia BWF, Indonesia Nomor Berapa? JAKARTA, iNews.id – Terdapat 5 negara dengan pebulu tangkis terbaik di Kejuaraan Dunia BWF. Salah satunya tentu saja ada Indonesia yang sering berprestasi dalam ajang bergengsi ini.

The Badminton World Federation yang merupakan kepanjangan dari BWF adalah sebuah organisasi internasional yang menaungi bulu tangkis dunia. Dengan 198 negara anggota yang tersebar di berbagai penjuru, BWF menyelenggarakan berbagai kompetisi besar, seperti Thomas & Uber Cup, Sudirman Cup, dan Kejuaraan Dunia BWF.

Tahun ini, BWF kembali menyelenggarakan salah satu kompetisinya yaitu Kejuaraan Dunia BWF yang diadakan pada 22 sampai 28 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang. Dalam kejuaraan ini, pemain bulu tangkis dari seluruh dunia berkumpul dan berkompetisi untuk memperebutkan penghargaan internasional.

  • Dari pertandingan yang diselenggarakan, BWF turut mengumpulkan poin dari setiap pemain.
  • Poin-poin tersebut diurutkan dalam sebuah peringkat yang akan diperbarui setiap minggu oleh BWF.
  • Adapun peringkat World Team Ranking dari setiap negara akan di-update 3 bulan sekali, di mana data terbaru ada pada Januari 2020.
You might be interested:  Permainan Sepak Bola Dimainkan Berapa Tim?

Indikator penilaian dari World Team Ranking diambil dari 6 sektor, yaitu sektor Tunggal Putra (MS), Tunggal Putri (WS), Ganda Putra (MD), Ganda Putri (WD), Ganda Campuran (XD), dan Sudirman Cup. Berikut lima negara dengan pemain bulu tangkis terbaik berdasarkan World Team Ranking BWF.

Apa yang dimaksud IBF?

Jawaban yang benar adalah International Boxing Federation. Yuk simak pembahasan berikut. IBF adalah singkatan dari International Boxing Federation atau Federasi Tinju Internasional. IBF menjadi salah satu badan tinju profesional dunia bersama World Boxing Association (WBA), World Boxing Council (WBC), dan World Boxing Organization (WBO).

Apa induk dari bulutangkis dunia dan Indonesia?

YOGYAKARTA – Kita memiliki Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sebagai organisasi yang menaungi dan mengatur perbulutangkisan di Tanah Air. Sementara, di tingkat internasional ada organisasi bernama Badminton Word Federation (BWF). Ini merupakan induk organisasi bulu tangkis internasional.

Peralatan apa saja yang digunakan dalam permainan bulu tangkis?

KOMPAS.com – Peralatan dalam permainan bulu tangkis sejatinya tidak begitu banyak. Ada tiga peralatan utama yakni raket, net, dan shuttlecock (kok). Sarana lainnya adalah lapangan dan sepatu yang dipakai pemain. Untuk lapangan, ada baiknya di dalam ruangan atau indoor.

Related Post