Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Cara Memegang Raket Yang Benar Adalah?

Cara Memegang Raket Yang Benar Adalah?

Cara Memegang Raket Yang Benar Adalah
Teknik Forehand Bulu Tangkis – sumber: volimaniak.com

  1. Teknik forehand dalam cara memegang raket bulu tangkis digunakan untuk pukulan overhead,
  2. Dalam bulu tangkis, teknik forehand adalah sebuah pegangan untuk pukulan dengan telapak tangan menghadap ke depan.
  3. Berikut ini cara memegang raket forehand grip :
  • Raket dipegang dengan posisi genggaman tangan seolah-olah melakukan jabat tangan dengan ringin dan posisi genggamannya harus miring.
  • Gunakan tiga jari saat menggenggam (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking), sedangkan telunjuk ditempatkan sedikit terpisah dari ketiga jari tersebut.
  • Ketika memegang bagian pegangan rakat, usahakan ibu jari dan telunjuk membentuk celah berbentuk huruf “V”.

Cara pegang raket ada berapa?

Cara Memegang Raket Teknik Backhand Grip – Backhand grip adalah teknik memegang raket pada permainan bulu tangkis di mana ibu jari terletak agak dekat dengan daun raket. Dilansir dari laman PB Djarum, posisi ibu jari dan jari telunjuk dalam teknik backhand grip tetap membentuk huruf “V”.

Akan tetapi, untuk backhand grip, posisi “V” tangan digeser ke arah dalam dan letaknya di samping badan. Sementara itu, posisi jari telunjuk, tengah, kelingking dan jari manis berada sejajar. Kemudian, posisi ibu jari berada pada pegangan raket yang lebar. Baca juga: Taktik dan Strategi Penyerangan dalam Permainan Bulu Tangkis Bagi pemain dengan tangan kanan, pukulan dengan backhand grip dilakukan dengan memutar lengan ke arah kiri.

Jadi, cara memegang raket grip dengan memutar putaran ke kiri disebut dengan pegangan cara backhand grip, Cara Memegang Raket Yang Benar Adalah Kemendikbud Cara memegang raket forehand grip dan backhand grip. Cara memegang raket grip dengan memutar putaran ke kiri disebut dengan pegangan cara backhand grip.

Apa saja teknik memegang raket dalam permainan bulu tangkis minimal 5?

Jawaban yang benar adalah forehand grip, backhand grip dan american grip. Yuk simak pembahasan berikut. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

  • Macam-macam cara memegang raket pada olahraga bulu tangkis adalah: 1.
  • Forehand grip.
  • Forehand grip juga dikenal dengan shakehand grip, karena cara memegangnya mirip seperti orang yang berjabat tangan.2.
  • Backhand grip.
  • Cara memegang raket backhand terletak pada ibu jari yang ujungnya ditekan pada permukaan yang lebih lebar di gagang raket.3.

American grip. Cara memegang raket American Grip dilakukan dengan cara ibu jari dan jari telunjuk menempel di bagian pegangan raket yang lebar dan luas. Dengan demikian, tiga macam pegangan raket dalam bulutangkis adalah forehand grip, backhand grip dan american grip. Yah, akses pembahasan gratismu habis Dapatkan akses pembahasan sepuasnya tanpa batas dan bebas iklan!

Bagaimanakah cara memegang raket gaya Inggris?

bagaimana melakukan pegangan raket gaya Inggris Cara Inggris (English Grip)letakan raket miring diatas lantai, kemudian peganglah dengan cara bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan rangkai raket yang sempit. : bagaimana melakukan pegangan raket gaya Inggris

Apa perbedaan pegangan forehand dan backhand?

KOMPAS.com – Forehand dan backhand merupakan dua jenis pukulan dalam bulu tangkis, Keduanya berbeda kendati masih sama-sama memegang raket. Pemain menggunakan berbagai jenis pukulan berbeda tergantung tujuannya seperti menyerang untuk memperoleh poin atau mempertahankan wilayah permainan.

Terkait teknik pukulan dalam bulu tangkis, kita sering mendengar adanya istilah forehand maupun backhand. Apa sebenarnya perbedaan dari istilah forehand dan backhand dalam bulu tangkis? Berikut adalah penjelasan singkatnya. Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan bulu tangkis terletak pada posisi tangan terhadap arah pukulan ketika memukul shuttlecock (kok).

Baca juga: Cara dan Gaya Memegang Raket dalam Bulu Tangkis Lebih jelasnya lagi, perbedaan forehand dan backhand bisa dilihat dalam cara memegang raket. Posisi ibu jari dalam forehand terletak di antara telunjuk dan tiga jari lainnya. Sementara posisi ibu jari dalam cara memegang raket backhand, terletak mengikuti arah raket atau 90 derajat berbeda dengan arah telunjuk.

You might be interested:  Nilai Yang Terkandung Dalam Olahraga Berenang Adalah?

Bisa dilihat gambar dari artikel ini, Jonatan Christie memegang raket dengan cara backhand). Pada keterampilan gerak dasar bulutangkis, cara memegang raket dengan posisi berjabat tangan disebut forehand. Teknik pukulan forehand adalah teknik pukulan dalam bulu tangkis yang dilakukan dengan telapak tangan yang memegang raket menghadap ke arah net.

Misalnya kok datang ke arah kanan dari pemain yang memegang raket dengan tangan kanan. Sementara ketika melakukan teknik pukulan backhand seorang pemain memukul kok dengan posisi tangan membelakangi arah pukulan. Baca juga: Jenis Teknik Servis Bulu Tangkis, Backhand hingga Flick Contohnya ketika memukul kok dari sebelah kiri saat memegang raket dengan tangan kanan menggunakan teknik pukulan lob atau overhead clear.

Pengertian serupa juga bisa diterapkan untuk membedakan jenis pukulan mula (service) dalam bulu tangkis atau servis baik forehand maupun backhand. Servis forehand sendiri memiliki dua macam pukulan yakni tinggi atau rendah, yang mengacu pada sasaran titik jatuhnya kok pada wilayah permainan lawan. Untuk servis forehand rendah mengarah pada garis depan bidang permainan lawan dekat net, sedangkan servis forehand tinggi membuat bola melambung hingga menuju garis belakang wilayah lawan.

Di sisi lain, dalam melakukan servis backhand posisi telapak tangan membelakangi net, saat seorang pemain melepaskan pukulan. Baca juga: Macam-macam Pukulan Bulu Tangkis dan Keunggulannya Teknik pukulan servis ini membutuhkan penguasaan dalam mengendalikan kekuatan saat memukul kok dengan bertumpu pada gerakan pergelangan tangan.

Kekuatan pukulan tersebut memengaruhi akurasi dari servis menuju sasaran dalam bidang permainan lawan. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Mengapa kita harus mengetahui cara memegang raket yang baik dan benar?

Menguasai cara dan teknik pegangan raket yang betul, merupakan modal penting untuk dapat bermain bulutangkis dengan baik pula. Oleh karena itu, apabila teknik pegangan raket salah dari sejak awal, sulit sekali meningkatkan kualitas permainan.

Bagaimana cara memukul kok dengan raket?

Smash Melingkar – Pukulan ini bisa dilakukan dengan gerakan ayunan tangan sampai memegang ke bagian raket dan kemudian dilingkarkan hingga di atas kepala. Pukulan dilanjutkan dengan menggerakkan pergelangan tangan mencambuk raket sehingga mampu melentingkan kok ke arah seberang lawan.

Bagaimana cara memegang raket bulutangkis dengan benar sesuai dengan pukulan yang diharapkan?

5 Cara Memegang Raket Badminton yang Benar, Perkuat Smash Lin Dan bereaksi setelah mengalahkan Sameer Verma dalam dalam kejuaraan bulu tangkis World Championships di Nanjing, Provinsi Jiangsu, China, 1 Agustus 2018. Lin Dan mengumumkan pensiun sebagai pebulu tangkis.

Johannes EISELE/AFP) Liputan6.com, Jakarta Cara memegang raket penting diketahui para pemain. Badminton ataumerupakan salah satu permainan yang banyak digemari orang. Cabang olahraga ini bahkan menjadi kebanggan warga Indonesia. Saat bermain badminton, cara memegang raket menjadi salah satu teknik yang tak boleh diabaikan.

Seorang pemain badminton yang baik dimulai dengan bagaimana cara memegang raket badminton yang benar. Cara memegang raket badminton yang benar bisa mengurangi cedera, meningkatkan jangkauan pukulan dan menghasilkan pukulan yang lebih efisien. Sementara cara memegang raket yang salah akan membatasi jangkauan pukulan yang diperlukan dalam.

  1. Cara memegang raket yang benar adalah sesederhana jabat tangan ramah.
  2. Berikut cara memegang raket yang benar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(18/3/2022).
  3. Berita video 5 olahraga populer didunia, bulutangkis tidak termasuk didalamnya.
  4. Pebulu tangkis Indonesia, Jonathan Christie menang dua gim langsung atas wakil ROC, Aram Mahmoud 21-8 dan 21-14 dalam laga fase grup bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (24/7/2021).

(Foto: AP/Dita Alangkara) Sebelum mengetahui cara memegang raket badminton, penting mengetahui cara bermain badminton. Permainan dimulai dengan lemparan. Wasit melempar koin. Pemain atau tim yang memenangkan lemparan memiliki opsi untuk memilih sisi lapangan, atau opsi untuk servis terlebih dahulu.

You might be interested:  Berikut Ini Gaya Pada Olahraga Renang Yaitu?

Jika pemain memilih sisi lapangan yang disukainya, maka pemain lawan atau tim dapat memilih untuk melakukan servis atau menerima terlebih dahulu dan sebaliknya. Servis dilakukan secara diagonal dan servis pertama dilakukan dari sisi kanan lapangan servis. Server harus mengenai ketiak shuttlecock saat jaraknya 1,15m.

Server tidak dapat menginjak batas dan harus melakukan servis dari lapangan servis yang benar. Jika shuttlecock mengenai net dan tidak melewatinya setelah servis, maka shuttle tersebut harus melakukan servis lagi. Jika server melakukan kesalahan saat melakukan servis, lawan mendapat kesempatan untuk melakukan servis.

Pemain penerima menerima shuttlecock dari lapangan servis yang benar secara diagonal berlawanan dengan lapangan server dan mengembalikannya, sehingga memulai reli. Pemain dapat bergerak di sekitar sisi lapangan mereka setelah mengembalikan servis. Ketika seorang pemain menembak kok di luar batas lapangan atau ketika seorang pemain gagal mengembalikan kok dari sisi lapangannya, lawan mendapat satu poin dan reli berakhir.

Di akhir permainan, pergantian pemain berakhir, dan dalam permainan penentuan, pergantian pemain berakhir ketika satu pemain atau pasangan mendapat skor 8 (pria) atau 6 (wanita) poin. Forehand Grip (sumber: masterbadminton) Cara memegang raket forehand grip digunakan untuk pukulan overhead forehand.

Ini adalah pegangan yang mudah untuk dipelajari dan juga menyediakan titik referensi yang berguna untuk mempelajari pegangan lainnya. Genggaman ini digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi forehand tubuh dan di sekitar tembakan kepala. Berikut cara memegang raket bulutangkis Forehand Grip: 1.

Raket harus dipegang seolah-olah pemain itu berjabatan tangan dengan ringan. Memegangnya harus dilakukan dalam posis miring.2. Gunakan tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk ditempatkan agak terpisah dari ketiga jari tersebut.3.

Selanjutnya pada saat memegang bagian pegangan raket, pastikan ibu jari dan telunjunk membentuk celah berbentuk huruf V. Backhand Grip (sumber: masterbadminton) Cara memegang raket backhand grip ni biasa digunakan oleh pemain bulutangkis di negara Inggris. Pegangan ini digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi punggung tubuh.

Teknik backhand hampir sama dengan teknik forehand, namun pada teknik backhand posisi ibu jari dipindahkan dari posisi melingkari sisi pegangan raket menjadi posisi tegak sejajar dengan batang raket. Karena teknik ini lebih terfokus kan dengan posisi ibu jari.

  1. Berikut cara memegang raket bulutangkis Backhand Grip: 1.
  2. Pegang raket seperti pada pegangan forehand.2.
  3. Putar raket berlawanan arah jarum jam sehingga bentuk V bergerak ke kiri.3.
  4. Tempatkan ibu jari pada bevel belakang pegangan untuk pengungkitan dan kekuatan yang lebih besar.4.
  5. Pegangan raket juga harus diletakkan dengan longgar di jari-jari.

Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, di Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020. (PBSI) Combination Grip merupakan kombinasi antara Forehand Grip dan Backhand Grip. Penyesuaian pegangannya sesuai dengan arah datangnya suttlecok, jadi skill sang pemain sangat menentukan teknik ini.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal ketika menggunakan teknik combination grip, diperlukan latihan yang lebih sering. Berikut cara memegang raket bulutangkis Combination Grip: 1. Raket yang dipegang dalam posisi miring.2. Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.

Gregoria Mariska Tunjung saat melawan Akane Yamaguchi di perempat final Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020 di Manila, Filipina, Jumat (14/2/2020). (PBSI) Teknik American Grip atau yang juga disebut teknik frying pan atau teflon. Teknik ini digunakan untuk melakukan dan mengembalikan pukulan servis dan pada permainan net yang membutuhkan pukula pendek untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas.

American Grip cocok digunakan saat akan melakukan smash. Berikut cara memegang raket bulutangkis American Grip: 1. Tempelkan ibu jari dan jari telunjuk pada bagian pegangan raket yang luas.2. Pegang dan angkat raket hingga bidang raket sejajar dengan tubuh sampai ujung raket bulutangkis menonjol keluar di bawah telapak tangan.3.

You might be interested:  Universitas Swasta Yang Ada Jurusan Olahraga?

Seimbangkan kaki saat melakukan pukulan. Kapten tim bulutangkis putra Indonesia di Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo. (Dok. PBSI) Pada dasarnya, cara memegang raket saat melakukan smash bisa menggunakan forehand grip ataupun backhand grip.

  1. Bedanya, saat smash, hal tersebut dilakukan dengan tenaga yang lebih kuat dan cepat.
  2. Berikut cara memegang raket bulutangkis Smash Grip: 1.
  3. Saat melakukan smash pastikan kondisi tangan dalam keadaan rileks, karena hal tersebut dapat membuat tubuh memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan saat melakukan smash.2.

Gunakan jari untuk memegang raket dengan erat. Pastikan genggaman saat melakukan smash dalam keadaan kokoh dan sesuai dengan tempat berdiri serta arah shuttlecock yang dituju.3. Melakukan smash dapat dengan loncat atau tidak, sesuaikan kondisi di lapangan dan gaya bermain.4.

Berapa cara teknik dasar permainan bulu tangkis?

1. Cara Memegang Raket – Teknik paling dasar dalam permainan bulu tangkis adalah cara memegang raket. Hal ini menjadi faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang dihasilkan. Bagi pemula, penguasaan teknik memegang raket sangat penting sebelum melanjutkan ke teknik dasar berikutnya. Adapun, dalam bulu tangkis terdapat dua teknik memegang raket yaitu forehand dan backhand,

Teknik Forehand

Cara memegang raket dengan teknik forehand dapat dilakukan dengan menggunakan tangan kanan atau kiri. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Posisi kepala raket menyamping.

  1. Pegang raket seperti halnya ketika berjabat tangan dengan orang lain.
  2. Buat jarak seperti huruf “V” di antara ibu jari dan jari telunjuk.
  3. Jari yang lain (kelingking, jari manis, jari tengah) menggenggam raket.

Baca juga: Pegangan Raket American Grip pada Bulu Tangkis

Teknik Backhand

Sama seperti teknik forehand, teknik backhand juga bisa dilakukan dengan tangan kanan atau tangan kiri. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Posisi kepala raket menyamping.
  2. Posisi ibu jari sedikit terpisah dengan keempat jari lainnya.
  3. Empat jari (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking) memegang raket.

Di sebut apakah pegang raket dalam permainan bulu tangkis *?

Pembahasan – Dalam bermain Bulu Tangkis, diperlukan penguasaan teknik-teknik dasar, salah satunya adalah teknik Grip atau teknik dalam memegang raket. Cara memegang raket pun ada 4 jenis, diantaranya ada teknik Forehand Grip, Backhand Grip, American Grip, dan Combination Grip. Berikut penjelasannya :

  • Forehand Grip, merupakan cara memegang raket secara miring, kemudian raket dipegang menggunakan tangan (seperti orang bersalaman) dimana ibu jari dan jari telunjuk membentuk huruf V. Dalam teknik ini posisi pegangan tidak boleh berubah.
  • Backhand Grip, cara memegang raket ini hampir sama dengan teknik Forehand Grip, yang membedakan hanya posisi raket yang seperempat diputar lebih masuk ke dalam.
  • American Grip, merupakan cara memegang raket dimana posisi ibu jari melingkar dan menyentuh jari telunjuk. Teknik ini sangat cocok untuk Smash.
  • Combination Grip, merupakan cara memegang raket menggunakan kombinasi teknik Forehand, Backhand, dan American Grip menyesuaikan keadaan dan kondisi shuttlecock.

Apa yang yang dimaksud dengan pukulan backhand grip dan forehand grip dalam permainan bulu tangkis?

Jawaban yang benar adalah forehand adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan mengayunkan raket dari samping badan ke depan atas. Sedangkan backhand adalah gerakan memukul bola dengan mengayunkan raket dari depan dada kearah luar. Yuk simak pembahasan berikut.

  1. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga yang menggunakan alat yang berbentuk bulat dengan memiliki rongga-rongga di bagian pemukulnya dan memiliki gagang.
  2. Alat ini dikenal dengan nama raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang saling berlawanan.
  3. Didalam olahraga bulu tangkis terdapat teknik forehand dan backhand.

forehand adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan mengayunkan raket dari samping badan ke depan atas. Sedangkan backhand adalah gerakan memukul bola dengan mengayunkan raket dari depan dada kearah luar. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah seperti pembahasan di atas.

Mengapa kita harus mengetahui cara memegang raket yang baik dan benar?

Menguasai cara dan teknik pegangan raket yang betul, merupakan modal penting untuk dapat bermain bulutangkis dengan baik pula. Oleh karena itu, apabila teknik pegangan raket salah dari sejak awal, sulit sekali meningkatkan kualitas permainan.

Related Post