Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Contoh Olahraga Yang Melatih Kekuatan Bahu Adalah?

Contoh Olahraga Yang Melatih Kekuatan Bahu Adalah?

Contoh Olahraga Yang Melatih Kekuatan Bahu Adalah
Jawaban:

  • Barbell Overhead Press.
  • Dumbell Shoulder Press.
  • Handstand Push Up.
  • Push Press.
  • Cheat Lateral Raise.

Olahraga manakah yang melatih kekuatan otot bahu?

5 Jenis Latihan Kekuatan Otot untuk Mencapai Tubuh Ideal Melatih kekuatan otot sangat penting untuk menjaga, Tidak hanya itu, dengan kekuatan otot yang terjaga baik, aktivitas pun menjadi lebih lancar karena tubuh terasa lebih lincah, seimbang, dan kuat untuk menahan atau mengangkat beban tertentu.

Latihan yang tepat sangat diperlukan untuk memperkuat otot. Latihan kekuatan otot sendiri adalah latihan yang diharapkan mampu meningkatkan massa otot, sendi, hingga kebugaran tubuh. Ciri-ciri latihan kekuatan otot adalah gerakan yang membuat otot-otot Anda menegang. Latihan kekuatan otot juga mengarah pada gerakan-gerakan yang berulang sehingga memberi penekanan pada bagian otot tertentu.

Supaya tidak semakin bingung dengan latihan apa saja yang mampu membentuk kekuatan otot yang Anda idamkan, berikut ini adalah beberapa jenis latihan kekuatan otot yang dapat dipilih untuk mencapai tubuh ideal. Tujuan latihan kekuatan otot adalah membuat otot lebih prima dan terbentuk pun dapat lebih mudah diperoleh jika Anda rutin melakukan berbagai latihan di bawah ini.

Push up Latihan kekuatan otot yang satu ini sangat efektif untuk memperkuat otot dada, lengan, bahu, dan perut. Untuk memperoleh manfaat maksimal dari latihan ini, biasakan melakukan gerakan push up minimal 2—3 set dengan frekuensi 10 kali gerakan dalam tiap sesinya. Pastikan Anda berbaring tengkurap dan mengangkat tubuh dengan benar sampai seluruh bagian tubuh dari kepala sampai kaki berada dalam satu garis lurus. Kemudian, turunkan tubuh secara perlahan sampai siku membentuk sudut sebesar 90 derajat. Setelah posisi tubuh turun dengan baik, angkat kembali tubuh dengan optimal. Pull up Gerakan pull up yang mengangkat tubuh dalam keadaan menggantung hanya dengan kekuatan tangan pun sangat efektif untuk pola latihan yang membuat otot menegang secara maksimal. Pastikan ketika mengangkat tubuh saat pull up, posisi dada menjadi sejajar dengan tangan. Pastikan pula bagian kaki menekuk dengan baik sampai lutut bisa mengenai area perut. Tujuan latihan kekuatan otot adalah menguatkan daya tahan otot di bagian tangan, lengan, bahu, perut, dan punggung.

Latihan Kekuatan Otot Kaki dan Paha Latihan kekuatan otot kaki dan paha adalah bagian dari latihan kekuatan otot bagian bawah tubuh. Anda bisa melakukan gerakan squat jump untuk bisa merasakan manfaat latihan kekuatan otot kaki dan paha yang efektif. Tujuan latihan kekuatan otot adalah menguatkan sekaligus mengencangkan otot.

Squat Jump Awali posisi squat dengan berdiri tegak dan membuka kaki hingga selebar bahu. Setelah itu, turunkan tubuh sejauh yang Anda bisa dengan bagian punggung mencondong ke belakang. Taruhlah lengan di samping perut dan mendekati dada agar keseimbangan lebih terjaga. Jika posisi sudah benar, Anda bisa melompat sampai menemui posisi jongkok dengan kaki lurus ke belakang. Kembalilah ke posisi awal untuk melakukan kuda-kuda squat jump kembali.

Latihan Kekuatan Otot Dada Anda bisa ikut menguatkan otot dada jika melakukan gerakan latihan yang melatih kekuatan otot tubuh lengan ataupun bahu. Push up merupakan pilihan yang tepat guna mendapatkan kekuatan otot dada yang maksimal. Otot dada yang lebih kuat berpengaruh pula pada kesehatan jantung.

Alasan inilah yang membuat push up kerap disarankan guna memelihara organ jantung dari waktu ke waktu. Latihan Kekuatan Otot Perut Tujuan latihan kekuatan otot perut adalah membentuk tampilan otot perut yang indah dan bebas dari gelambir lemak. Dengan demikian, jangan pernah lupa untuk melakukan latihan kekuatan otot perut jika tidak ingin terlihat buncit.

Latihan kekuatan otot perut sebenarnya cukup banyak. Namun, latihan yang paling efektif adalah gerakan sit-up yang memberi tekanan ekstra ke bagian otot perut tiap kali Anda melakukannya.

Sit up Jika dilakukan dengan benar, gerakan sit up yang dilakukan berulang setidaknya 10 kali dalam tiap sesi tidak hanya mampu melatihan kekuatan otot perut, tetapi juga menjadi pilihan ideal untuk mengurangi ataupun memperbaiki postur tubuh. Biasakan melakukan sit up di atas matras agar Anda lebih nyaman. Supaya lebih stabil ketika mengangkat badan, tekuklah lutut Anda dan letakkan telapak kaki sampai menyentuh lantai. Taruhlah pula tangan menyilang di dada ataupun di dekat telinga agar tidak mengayun sehingga membuat keseimbangan tubuh goyah ketika Anda mengangkat tubuh. Pastikan Anda mengangkat tubuh sampai ke arah lutut dan menurunkannya kembali sampai menyentuh lantai agar bisa memperoleh manfaat latihan otot perut yang maksimal.

Latihan Kekuatan Otot Punggung Latihan kekuatan otot punggung mungkin sering diabaikan oleh banyak orang, padahal postur tubuh yang salah dan risiko cedera lebih mudah Anda alami jika memiliki otot punggung yang lemah. Setidaknya, ada dua pilihan gerakan yang sangat efektif melatih kekuatan otot punggung. Keduanya adalah back up dan lying kick back.

Back up Back up merupakan gerakan berulang dengan posisi awal tidur tengkurap. Setelah itu, Anda cukup mengangkat kedua kaki dan tangan secara maksimal sampai bagian atas dada tidak menyentuh lantai. Lying Kick Back Sama seperti teknik back up, Anda memulai gerakan lying kick back dari posisi tengkurap Namun, posisikan kepala di atas lengan. Setelah itu, mulailah menaikkan tubuh dengan mengangkat satu tungkai kaki secara perlahan sampai bagian otot tungkai belakang hingga otot punggung terasa meregang. Turunkan tungkai dengan perlahan setelah beberapa detik, kemudian ulangi untuk tungkai kaki yang lainnya.

*** Menjaga dan memelihara kekuatan otot dengan latihan memang sangat efektif. Namun, makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga berpengaruh pada kekuatan otot. Mengonsumsi Anlene tiap hari untuk menjaga kekuatan otot sangat direkomendasikan karena susu ini kaya kalsium, protein, dan kolagen yang baik untuk kekuatan otot, sendi, dan tulang. Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/4-langkah-tepat-untuk-melatih-kekuatan-otot https://ensure.co.id/artikel/olahraga/pentingnya-melakukan-latihan-kekuatan-otot-dan-cara-mudah-melakukannya https://hellosehat.com/kebugaran/kekuatan/latihan-kekuatan-otot/ https://www.alodokter.com/seperti-ini-manfaat-dan-cara-latihan-kekuatan https://www.bola.com/ragam/read/4676206/macam-macam-latihan-untuk-meningkatkan-kekuatan-dan-daya-tahan-otot-bagian-atas https://tirto.id/bagaimana-latihan-kekuatan-dan-daya-tahan-otot-giLH

: 5 Jenis Latihan Kekuatan Otot untuk Mencapai Tubuh Ideal

Apakah push up melatih otot bahu?

Manfaat Push Up – Push up memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kita sadari. Berikut 7 manfaat push up, seperti dilansir situs Live Fit. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Gerakan push up melibatkan beberapa otot sekaligus, baik pada bagian atas tubuh maupun bagian bawah.

Gerakan pull up untuk melatih otot apa?

1. Memperkuat otot punggung, lengan, dan bahu – Sama seperti gerakan back up, salah satu manfaat pull up adalah memperkuat otot punggung, lengan, dan bahu. Latihan pull up harus dilakukan secara teratur jika Anda ingin meningkatkan kekuatan di area-area tersebut. Gerakan pull up melibatkan beberapa otot tubuh, seperti:

Otot latissimus dorsi, yaitu otot punggung atas yang membentang dari punggung bagian tengah hingga bawah tulang belikat dan bawah ketiak Otot trapezius, yakni otot yang terletak dari leher hingga kedua bahu Otot erektor spinae bagian atas, yaitu otot yang membentang di sepanjang tulang belakang bagian atas Otot infraspinatus, yakni otot punggung yang terletak di tulang belikat

Apa nama otot di bahu?

Otot deltoideus
Otot deltoideus
Rincian
Origo clavicula, scapula
Insersio humerus
Arteri arteri circumflexa humeri posterior
Saraf nervus axillaris
Aksi abduksi dan ekstensi bahu
Antagonis Otot latissimus dorsi
Pengidentifikasi
Bahasa Latin Deltoideus
MeSH D057645
TA98 A04.6.02.002
TA2 2452
FMA 32521
Daftar istilah anatomi otot

Otot deltoideus adalah otot yang membentuk struktur bulat pada bahu manusia. Dinamakan deltoideus, sebab bentuknya mirip seperti alfabet Yunani Delta (segitiga). Otot ini sering digunakan untuk melakukan suntikan intra-muskular.

You might be interested:  Mengapa Sepak Bola Indonesia Sulit Berkembang?

Apakah pull-up melatih otot sayap?

4 Cara Membentuk Otot Sayap, Buat Bentuk Tubuh Semakin Atletis | merdeka.com Merdeka.com – Memiliki tubuh atletis tentu menjadi impian banyak orang, terutama kaum pria. Memiliki bentuk tubuh yang atletis tidak hanya menunjukkan bahwa tubuh kita sehat, tapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

  • Bagi laki-laki, tubuh atletis sering digambarkan dengan lengan berotot, perut six pack, dan dada yang bidang.
  • Namun, masih ada satu bagian tubuh lagi yang bisa Anda latih untuk menciptakan tubuh atletis yang sempurna.
  • Bagian tersebut adalah otot sayap.
  • Sayap di sini bukan seperti sayap pada burung.
  • Otot sayap ini bisa muncul ketika otot latissimus dorsi, atau lat, yang berada di bagian belakang tubuh berkembang secara menyeluruh.

Otot latissimus dorsi ini merupakan salah satu otot terbesar pada tubuh yang bertanggung jawab atas adduksi dan ekstensi bahu. Untuk membentuk otot sayap ini, ada gerakan-gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan sebagai cara membentuk otot sayap. ini akan membebani otot latissimus dorsi, yang pada gilirannya akan merangsang pertumbuhan dan meningkatkan definisi otot.

Berikut beberapa, dilansir dari livestrong.com.2 dari 3 halaman Cara membentuk otot sayap yang pertama dan utama adalah dengan berlatih rutin. Jadwalkan latihan beban punggung dua kali setiap minggu. Berikan lat dua hingga tiga hari libur sehingga lat Anda memiliki waktu yang cukup untuk pulih. Anda bisa memilih tiga latihan lat untuk latihan, seperti pullups, lat pull-down dan barbell pullover.

Lakukan tiga hingga lima set dengan delapan hingga 20 repetisi. Kemudian berikan waktu 30 hingga 90 detik untuk istirahat di setiap setnya.

Contoh Olahraga Yang Melatih Kekuatan Bahu Adalah menshealth.com Wide Grip Pull-up

Cara membentuk otot sayap yang kedua adalah dengan latihan pull-up. Melakukan pull-up dengan penempatan tangan yang lebar akan menekan otot lat. Raih dan pegang palang atas dengan tangan Anda, dan aturlah beberapa inci tangan Anda lebih lebar dari bahu dan posisikan telapak tangan menghadap ke depan.

  • Dorong tubuh ke atas ke arah palang sampai dagu melewati palang dan kemudian kendalikan tubuh Anda saat menurunkannya.3 dari 3 halaman Cara membentuk otot sayap yang ketiga adalah dengan latihan lat pull-down.
  • Lakukan lat pull-down dengan pegangan lebar.
  • Duduklah dan raih dan pegang palang atas dengan tangan terentang ke atas yang lebih lebar dari bahu serta telapak tangan menghadap ke depan.

Tarik palang ke bawah menuju dada bagian atas dengan mendorong siku ke sisi tubuh Anda. Kontrol palang saat Anda membiarkannya kembali ke posisi awal dengan merentangkan lengan. Contoh Olahraga Yang Melatih Kekuatan Bahu Adalah musqle.com Barbell Pullover Cara membentuk otot sayap yang keempat yaitu dengan barbell pullover. Berbaringlah di bangku datar dengan memegang barbel di atas dada dengan lengan terentang ke atas dan kedua tangan terbuka selebar bahu. Pertahankan siku yang tetap lurus, kemudian turunkan barbel ke belakang kepala sampai lengan atas Anda sejajar dengan lantai, lalu angkat barbel kembali ke dada.

Apakah pull up melatih otot dada?

8 Cara Membentuk Otot Dada di Rumah dengan Cepat, Tanpa Efek Samping | merdeka.com Contoh Olahraga Yang Melatih Kekuatan Bahu Adalah Ilustrasi gym. ©shutterstock.com/Kiselev Andrey Valerevich Merdeka.com – Memiliki otot dada merupakan impian bagi banyak kaum pria. Bagi sebagian besar pria, memiliki tubuh yang berotot menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, yang kencang dipercaya membantu menunjang penampilan.

Tak heran, banyak pria yang melakukan olahraga tertentu sebagai cara membentuk otot dada. Selain memperbaiki postur tubuh, melatih otot-otot tubuh juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga akan membuat Anda tetap sehat dan kuat di usia tua. Otot yang mengalami kontraksi membuat tubuh lebih sensitif terhadap hormon insulin dan meningkatkan kemampuan otot dalam menggunakan glukosa.

Sebagai hasilnya, tubuh terbantu dalam membakar zat gula darah. Keadaan ini pada akhirnya dapat melindungi dari risiko diabetes. Selain pergi ke tempat fitness, sebenarnya cara membentuk otot dada dengan cepat dapat dilakukan di rumah dan juga mudah untuk dilakukan.

Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, berikut ini kami telah rangkum untuk Anda 8 cara membentuk di rumah dengan cepat, yang dilansir dari Liputan6.com: 2 dari 5 halaman 1. Push Up Cara membentuk otot dada dapat dilakukan dengan melakukan push up secara rutin. Olahraga push up merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan sebagai cara membentuk otot dada.

Selain dapat melatih otot bagian dada, dengan melakukan latihan push up ini akan membentuk otot bagin lainnya seperti otot lengan. Push up merupakan salah satu jenis latihan ringan yang mudah dan umum dilakukan untuk memperkuat otot dada, lengan, dan bahu Anda.

  • Gerakan ini merupakan salah satu cara membentuk otot dada yang mudah dilakukan di rumah:Langkah-langkah cara membentuk otot dada dengan weighted push up:- Ambil posisi push up seperti pada umumnya,- Minta seseorang untuk meletakkan beban di punggung,- Turunkan tubuh hingga dada sampai hampir menyentuh lantai,- Tahan sebentar lalu dorong tubuh kembali ke atas,
  • – Lakukan gerakan ini sampai beberapa kali.
  • 3 dari 5 halaman

3. Plyometric Push Up Cara membentuk otot dada di rumah yang ketiga adalah dengan melakukan plyometric push up. Pada dasarnya plyometric push up memiliki gerakan yang hampir sama dengan push up pada umumnya. Namun yang membedakan kedua jenis latihan ini adalah plyometric push up menambahkan dorongan melompat dengan menggunakan tangan pada setiap gerakan push upnya.

  • Gerakan ini sangat efektif sebagai cara membentuk otot dada.
  • Di samping itu secara bersamaan kita juga akan melatih otot lengan karena beban tubuh juga bertumpu pada lengan saat melakukan dorongan melompat dengan lengan.
  • Selain itu, gerakan cara membentuk otot dada satu ini mudah dilakukan dimana saja.

Cara membentuk otot dada dengan plyometric push up adalah:- Posisikan tubuh seperti push up biasanya.- Dorong tubuh ke atas dengan kedua tangan anda.

  1. – Pada saat tubuh di atas, tambahkan gerakan mendorong tubuh seperti akan melompat dengan tangan.
  2. 4. Rotation Push Up

Rotation push up merupakan cara membentuk otot dada yang berikutnya. Rotation push up juga memiliki gerakan dasar yang sama dengan push up dan merupakan cara membentuk otot dada yang efektif. Yang membedakan rotation push up dengan push up pada umumnya adalah gerakan tangan yang naik turun secara bergantian kanan dan kiri.

  • – Lakukan sebanyak 3 set 10 kali secara rutin.
  • 4 dari 5 halaman

5. Archer Push Up Archer push up merupakan sebuah gerakan push up dengan mengandalkan kekuatan salah satu tangan Anda. Gerakan ini merupakan salah satu alternatif cara membentuk otot dada yang efektif. Latihan ini tak hanya membentuk otot dada saja, tetapi juga bisa mengembangkan otot tricep, perut, dan bahu. Langkah-langkah cara membentuk otot dada dengan archer push up:

  • Ambil posisi push seperti pada umumnya, tetapi lengan kanan diletakkan secara lurus ke samping.
  • Turunkan tubuh hingga dada sampai hampir menyentuh lantai, gunakan tangan kiri untuk menahan beban tubuh Anda
  • Dorong tubuh kembali ke atas, lakukan ini sampai beberapa kali.
  • Setelah itu, ganti posisi tangan Anda untuk menahan beban tubuh.

6. Pull Up Pull up merupakan cara membentuk otot dada yang banyak digemari. Meski terdengar mudah, untuk dilakukan. Namun pull up sebenarnya memiliki tingkat kesulitan yang jauh di atas dari latihan sebelumnya. Pasalnya, saat pull up beban tubuh akan benar benar bertumpu pada otot bagian atas saja, yakni otot dada, otot lengan, otot punggung, dan otot bahu.

  • Posisikan tubuh di bawah palang.
  • Genggam palang yang ada di atas tubuh anda.
  • Secara perlahan angkat tubuh anda hingga bahu sejajar dengan palang.
  • Tahan beberapa saat lalu turunkan tubuh secara perlahan.
  • Lakukan pengulangan sebanyak 3 set 20 kali secara rutin.

5 dari 5 halaman 7. Chair Dips Chair dips merupakan salah satu latihan cara membentuk otot dada yang bisa dilakukan di rumah. Latihan ini dilakukan dengan cara menggunakan media kursi atau media lainnya yang mampu meopang berat badan saat melakukan latihan chair Dips.

  1. – Ulangi sebanyak 15 kali dan lakukan sebanyak 4 set.
  2. 8. Plank
You might be interested:  Apa Pengertian Variasi Dalam Pembelajaran Tenis Meja?

Plank adalah salah satu cara membentuk otot dada yang mudah dan cepat. Hal tersebut dikarenakan dalam melakukan plank, otot pada sekitar dada akan bekerja ekstra sehingga pembentukannya pun semakin cepat. Selain tak membutuhkan alat bantu apa pun, plank bisa dilakukan di mana saja. : 8 Cara Membentuk Otot Dada di Rumah dengan Cepat, Tanpa Efek Samping | merdeka.com

Push up berguna untuk apa?

Cara Melakukan Push Up yang Benar – Foto: Cara Melakukan Push Up yang Benar (Wellandgood.com) Berikut ini cara melakukan push up yang bisa Moms dan Dads coba di rumah: 1. Mulailah berlutut di atas matras atau lantai dan satukan kaki di belakang.2. Bungkukkan badan ke depan untuk memposisikan diri di papan tinggi, puncak posisi push up, dengan telapak tangan rata di atas matras, tangan terbuka selebar bahu, dan dengan jari-jari menghadap ke depan atau tangan sedikit ke dalam.

  1. Bahu harus diletakkan di atas tangan.
  2. Aki harus berada di belakang dan punggung harus rata.
  3. Jaga perut tetap kencang,3.
  4. Turunkan tubuh perlahan ke lantai.
  5. Pertahankan tubuh yang kaku dan jaga agar kepala tetap sejajar dengan tulang belakang.
  6. Jangan biarkan punggung bawah melorot atau pinggul terangkat ke atas.4.

Terus turunkan tubuh Asampai dada atau dagu menyentuh lantai. Siku mungkin melebar selama gerakan ke bawah.5. Tekan ke atas dengan lengan. Teruslah menekan sampai lengan sepenuhnya terulur ke siku dan kembali ke papan, di bagian atas posisi push up,6. Ulangi gerakan ke bawah.

Jaga punggung lurus dan inti tubuh bergerak.Pantat harus turun, bukan diangkat.Tubuh harus membentuk garis lurus. Jangan melengkungkan punggung atau membiarkan tubuh melorot.

Baca Juga: Manfaat Yoga untuk Perbaiki Postur Tubuh, Yuk Coba! Mintalah seorang teman untuk memastikan gerakan sudah benar. Juga pertahankan agar tangan tetap berada di lantai atau di atas matras sehingga pergelangan tangan terlindungi. Jika ini terlalu sulit, mulailah dengan menggunakan lutut. Selamat mencoba ya!

Apakah pull up melebarkan bahu?

3 Cara untuk Memperlebar Bahu Banyak pria yang menginginkan bahu lebar. Namun, fisik ini sulit untuk didapatkan. Jika Anda tertarik untuk membentuk otot-otot bahu dengan latihan kekuatan, terdapat beberapa latihan bagus untuk membantu berfokus pada kedua bahu Anda.

  1. 1 Coba partial side lateral, Salah satu latihan bagus untuk membentuk otot bahu adalah side lateral raise, Namun, lateral penuh sulit dilakukan dengan beban berat sehingga sebaiknya lakukan partial raises,
    • Untuk melakukan latihan ini, pegang dumbel berat di setiap tangan dan letakkan tangan di kedua sisi tubuh Anda.
    • Kemudian, naikkan dumbel setinggi yang Anda bisa. Seharusnya dumbel cukup sulit diangkat dan Anda tidak bisa menaikkannya sepenuhnya sampai bahu. Jika bisa, artinya dumbel masih kurang berat.
    • Lakukan 2 set dengan 6-10 repetisi.
  2. 2 Lakukan upright row dengan genggaman lebar. Upright row juga merupakan latihan bagus untuk membentuk otot bahu. Dengan genggaman lebar, Anda bisa melatih otot di tepi luar bahu dan mempermudah Anda memperlebar bahu
    • Latihan ini dilakukan dengan duduk pada mesin seated row (kayuh duduk) dan genggam tepi terluar palang dengan kedua tangan Anda.
    • Lakukan latihan seperti biasa, tarik palang lurus ke belakang. Pastikan Anda menggunakan cukup berat untuk menantang diri sendiri.
    • Lakukan 3 set 6-10 repetisi, atau sebanyak yang Anda bisa sampai tidak mampu lagi.
  3. 3 Cobalah rear deltoid raise, Anda juga bisa melatih deltoid belakang untuk memperlebar bahu. Latihan ini mirip dengan deltoid raise, tetapi dilakukan sembari membungkuk.
    • Untuk melakukan latihan ini, membungkuklah sehingga punggung Anda paralel dengan lantai.
    • Ambil dumbel berat di setiap tangan, tetapi tidak terlalu berat sehingga bisa diangkat sampai beberapa kali.
    • Kemudian, naikkan dumbel menjauhi tubuh Anda sampai hampir paralel dengan punggung Anda.
    • Lakukan 3 set sebanyak 10 repetisi pada setiap sisi
  4. 4 Lakukan deltoid raise depan. Anda juga memiliki otot deltoid di depan kedua bahu, yang bisa dilatih dengan latihan deltoid raise depan. Berdiri dan buka kaki selebar bahu, kemudian pegang dumbel di setiap tangan.
    • Awali dengan kedua tangan Anda rapat dengan tubuh, lalu angkat dumbel ke atas dan ke depan tubuh Anda.
    • Ketika dumbel berada pada ketinggian bahu, turunkan perlahan-lahan ke posisi awal.
    • Lakukan 3 set sebanyak 8-10 repetisi pada setiap sisi.
  5. 5 Lakukan overhead press, Latihan overhead press juga akan membantu menambah isi bahu Anda dan membuatnya tampak lebih lebar. Awali dari berdiri dengan kedua kaki selebar bahu dan pegang dumbel di setiap tangan Anda.
    • Latihan ini dilakukan dengan menekan dumbel lurus ke atas melewati kepala, kemudian turunkan secara perlahan ke posisi awal.
    • Lakukan 3 set sebanyak 8-10 repetisi.,
  6. 6 Coba wide-grip pull-up, Jika Anda ingin menggunakan berat tubuh sendiri, opsi pull-up sangat cocok bagi Anda. Pull-up akan melatih otot bahu, bersama dengan otot kedua lengan dan punggung. Gunakan genggaman lebar untuk meningkatkan latihan pada bahu.
    • Genggam palang pull-up dengan kedua tangan selebar sedikit lebih dari lebar bahu Anda. Kemudian, tarik badan Anda naik sampai dagu menyentuh palang. Lakukan sebanyak yang Anda bisa.
    • Jika Anda belum bisa melakukan pull-up biasa, coba gunakan bantuan mesin pull-up, Mesin ini menggunakan beban untuk melawan berat badan sehingga latihan menjadi lebih mudah.
  7. 7 Lakukan pike-style push-up, Push-up juga melatih otot tubuh bagian atas dan inti tubuh Anda. Namun, untuk mengincar otot bahu dengan lebih intens, lakukan push-up versi pike-style,
    • Anda membutuhkan bangku angkat beban atau kursi yang kokoh. Ambil posisi push-up di depan kursi atau bangku kemudian naikkan kedua kaki Anda ke kursi.
    • Gunakan kedua tangan untuk berjalan dengan tubuh bagian atas menuju kursi sampai Anda berada di posisi tombak (serupa dengan handstand, tetapi kaki bersandar pada bangku atau kursi). Tubuh Anda sebaiknya membungkuk di pinggang.
    • Latihan dilakukan dengan menurunkan wajah menuju lantai dengan menekuk kedua lengan. Kemudian, ketika sudah dekat lantai, angkat kembali badan Anda.
    • Ulangi latihan ini 8-10 kali sebanyak 3 set.

    Iklan

  1. 1 Kenakan bantalan bahu. Bantalan bahu adalah solusi klasik bagi pemilik bahu kecil dan sempit. Sebagian pakaian sudah dilengkapi dengan bantalan bahu, misalnya blazer dan mantel. Anda mungkin juga bisa menggunakan bantalan bahu di balik switer tebal.
    • Berhati-hatilah jangan sampai bantalan bahu Anda isinya berlebih karena akan sangat kentara.
  2. 2 Pilihlah pakaian yang pas di tubuh. Pakaian longgar akan membuat bahu tampak kecil sehingga sebaiknya dijauhi. Alih-alih, kenakan pakaian yang pas dengan ukuran tubuh Anda, misalnya kemeja dan jin bodyfit,
    • Penting untuk memilih pakaian yang pas di sekeliling pinggang Anda karena membantu membuat bentuk V sehingga bahu tampak lebih lebar.
  3. 3 Pakailah baju bermotif garis-garis horizontal. Motif garis-garis di sepanjang dada dan bahu Anda akan membuat bahu terlihat lebih lebar. Coba kenakan sweter yang bermotif satu atau dua garis di sepanjang area dada dan/atau bahu Anda.
  4. 4 Pilihlah baju putih. Warna putih akan membuat bahu Anda tampak lebih lebar, serta tubuh bagian atas tampak lebih besar. Coba kenakan baju gaun atau kaus putih dan lihat apakah ukuran bahu Anda seperti bertambah.
  5. 5 Kenakan beberapa lapis pakaian. Anda bisa memanfaatkan efek lapisan dari pakaian musim dingin Anda dan membuat bahu terlihat lebih lebar. Coba pakai switer di luar kaus lengan panjang, atau kaus di luar waffle shirt,
    • Anda juga bisa mengenakan 2-3 kaus di cuaca hangat untuk memperoleh efek ini. Namun, pastikan kerah atau lengan baju dalam tidak mencuat keluar supaya tidak terlihat jelek. Kenakan baju besar di luar baju dalam untuk menyembunyikan baju dalam Anda sepenuhnya.

    Iklan

  1. 1 jika berlebih. Berat ekstra di sekitar pinggang akan membuat bahu Anda terlihat lebih kecil. Sembari membentuk otot bahu, cobalah turunkan berat badan untuk mengurangi lingkar pinggang Anda. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan efek V dan bahu tampak lebih lebar.
    • Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan sehingga kalori yang masuk lebih sedikit dari yang dibakar. Coba catat semua yang Anda makan dan tentukan banyaknya kalori yang dikonsumsi dan kurangi sesuai kebutuhan.
    • Perbanyak sayuran nonpati, misalnya buncis hijau, kembang kol, lada, dan zucchini untuk membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Anda juga bisa mengganti protein berlemak dengan protein rendah lemak, misalnya ayam tanpa kulit, burger kalkun, tahu, dan putih telur.
  2. 2 Berdiri tegap. Postur yang baik dapat membuat Anda tampak lebih kurus sekaligus memperlebar bahu. Berdiri tegap dengan membusungkan dada dan bahu supaya terlihat lebih lebar.
    • Ingatkan diri Anda sepanjang hari untuk memperbaiki postur tubuh, misalnya dengan menaruh catatan tempel di meja atau mengeset alarm di ponsel.
  3. 3, Memancarkan kepercayaan diri dapat memengaruhi cara orang lain memandang Anda. Percaya diri juga akan membantu Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Jika kepercayaan diri Anda rendah, tingkatkanlah sehingga Anda tampak dan merasa yang terbaik
    • Coba tuliskan surat kepada diri sendiri dari perspektif orang yang peduli dengan Anda dan ingin meningkatkan kepercayaan diri Anda. Apa orang tersebut katakan? Kekuatan apa yang akan disebutkannya? Setelah menuliskan surat ini, coba baca sekali sehari untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda.

    Iklan

Sebelum menerapkan program latihan, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda.

Iklan Artikel ini disusun oleh tim penyunting terlatih dan peneliti yang memastikan keakuratan dan kelengkapannya. memantau hasil penyuntingan staf kami secara saksama untuk menjamin artikel yang berkualitas tinggi. Artikel ini telah dilihat 176.323 kali. Daftar kategori: Halaman ini telah diakses sebanyak 176.323 kali. : 3 Cara untuk Memperlebar Bahu

Tarik menarik tangan apakah melatih otot bahu?

Pembahasan – kebugaran jasmani dapat kita maknai sebagai suatu kemampuan atau kesanggupan fisik kita terhadap berbagai aktivitas yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari- hari tanpa mengalami rasa lelah yang berlebihan sehingga kita masih bisa atau sanggup menjalani waktu luang kita yang lain.

  • Push-Up
  • Plank press
  • Bear crawls, dan lain sebagainya

Pull up itu artinya apa?

9 Manfaat Pull Up Bagi Kesehatan Tubuh, Lakukan Secara Rutin! Jakarta, CNBC Indonesia – Pull up adalah salah satu bentuk latihan kekuatan yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan massa otot. Latihan ini bermanfaat untuk membentuk tubuh, terutama otot lengan dan tubuh bagian atas.

Apakah pull up olahraga?

Manfaat pull up yang utama adalah mengencangkan otot Pull up merupakan latihan kekuatan tubuh bagian atas. Selain melatih otot tubuh bagian atas, banyak manfaat pull up yang bisa Moms peroleh dari olahraga ini loh Moms. Sebenarnya, pull up kerap dianggap sebagai latihan lanjutan gerakan serupa dengan chin up, tetapi lebih sulit.

Selain itu pull up juga dapat dimodifikasi dan dilakukan dengan menggunakan bantuan. Meski begitu, Moms masih bisa mendapat banyak manfaat pull up. Manfaat pull up bisa Moms peroleh dengan melakukan gerakan tersebut, dimana Moms hanya perlu menggantung pada palang pull up dengan punggung tangan menghadap ke arah tubuh.

Kemudian, pelan-pelan angkat tubuh Moms sampai posisi dagu berada di atas palang. Melansir Healthline, manfaat pull up untuk memperkuat otot-otot punggung dapat dilakukan sebagai salah satu latihan yang paling efektif. Berikut ini adalah beberapa otot punggung tersebut, yaitu:

Latissimus dorsi: Otot punggung atas terbesar yang membentang dari punggung tengah ke bawah ketiak dan tulang belikat. Trapezius: Terletak dari leher ke kedua bahu. Spinae erector toraks: Tiga otot yang berjalan di sepanjang tulang belakang toraks. Infraspinatus: Membantu dengan ekstensi bahu dan terletak di tulang belikat.

Selain itu, manfaat pull up juga bisa dirasakan pada bagian lengan dan bahu. Rutin melakukan gerakan pull up bisa mengencangkan otot lengan bawah dan juga bahu. Jika Moms berniat untuk meningkatkan kekuatan di area tersebut, sebaiknya lakukan pull up secara teratur. Baca Juga: Ketahui Manfaat Plank, Bisa Bikin Tubuh Kuat Hingga Langsing!

Bahu itu yang mana?

Latihan 9 Menit di Rumah Untuk Lengan dan Bahu Berotot

Untuk kegunaan lain, lihat Bahu (disambiguasi),

Bahu
Rincian
Pengidentifikasi
Bahasa Latin articulatio humeri
MeSH D012782
TA98 A01.1.00.020
TA2 139
FMA 25202
Daftar istilah anatomi

Bahu adalah bagian tubuh mamalia yang menyangga leher, Pada manusia, bahu terletak di antara punggung dan leher dan berada di bagian belakang ( dorsal ). Pada kebanyakan hewan, bahu terletak di bagian atas tungkai depan. Bahu adalah bagian tubuh yang sering menjadi tempat sandaran beban yang ditarik atau diangkat.

Apa yang dimaksud dengan bahu?

Kondisi Yang Umum mempengaruhi Bahu – Bahu merupakan sendi bola dan rongga yang terdiri dari 3 buah tulang – tulang lengan bagian atas (humerus), tulang belikat (skapula), dan tulang selangka (klavikula) – yang dipertahankan dalam posisi stabil oleh ligamen, tendon dan otot. Bahu memberikan rentang gerak yang paling besar dalam tubuh kita.

Bahu apa pundak?

Sakit pundak merupakan salah satu keluhan yang cukup umum terjadi. Sebagian besar penyebab sakit pundak tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. Namun, jika tidak kunjung membaik, sakit pundak bisa jadi disebabkan oleh kondisi serius yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut. Contoh Olahraga Yang Melatih Kekuatan Bahu Adalah Akan tetapi, jika terlalu sering digerakkan, pundak akan bisa lebih berisiko mengalami cedera. Hal ini dapat menyebabkan keluhan sakit pundak yang dapat membatasi pergerakan pundak, leher, dan lengan penderitanya.

Berapa kali latihan bahu dalam seminggu?

5 Tips membentuk bahu seksi | merdeka.com Merdeka.com – Tak semua orang percaya diri ketika memakai baju tanpa, Memang, seseorang harus memiliki bahu yang bagus untuk bisa percaya diri memamerkan bentuknya. Namun jangan khawatir jika masih belum percaya diri dengan bahu Anda, berikut Health Me Up (03/10) mengajarkan cara untuk membentuk bahu seksi.1.

  1. Push up Arnav Sarkar, seorang pelatih kebugaran mengatakan bahwa membentuk bahu bisa dimulai dengan olahraga yang biasa dilakukan, yaitu push up.
  2. Latihan ini cukup mudah namun bisa memberikan hasil yang cepat.2.
  3. Sering angkat beban Sarkar menyarankan untuk melakukan angkat beban lebih sering jika ingin otot bahu cepat terbentuk.

Lakukan olahraga dua hingga tiga kali seminggu dan lakukan dengan benar. Lakukan latihan selama 3 – 4 set dengan 6 – 10 kali repetisi sekali seminggu. Sementara itu coba lakukan 2 – 3 set dengan 12 – 20 kali repetisi di hari lainnya.3. Angkat lengan ke bahu Sementara itu, pelatih kebugara Jordyn Steig, membagi saran lainnya untuk Anda.

Salah satu caranya adalah dengan mengangkat lengan atas hingga ke bahu melalui samping. Kemudian luruskan tangan ke atas, membentuk sudut 90 derajat dengan lengan atas. Anda juga bisa melakukannya di gym menggunakan mesin katrol atau angkat beban. Latihan ini akan memperkuat bagian belakang bahu yang mudah cedera.4.

Menggunakan bola olahraga Tahu bola besar yang digunakan sebagai alat bantu olahraga? Bola itu bisa digunakan untuk membentuk bahu Anda. Pertama-tama letakkan dada Anda di atas bola olahraga dengan kedua di tanah. Rentangkan kaki Anda hingga setara dengan lebar bahu.

Miringkan Anda sedikit ke atas dengan kepala tegak. Fokuskan beban di tangan dan dorong naik hingga siku sedikit menekuk. Ketika mengangkat tangan, dorong tulang belikat sehingga sudut siku tidak berubah. Turunkan perlahan. Latihan ini bisa diulangi hingga 5 – 10 kali.5. Latihan sederhana Masih menggunakan bola latihan, Anda bisa meletakkan bola tersebut di depan tubuh sementara Anda berlutut di tanah.

Letakkan dada pada bola, sementara tangan ada di sisi lain bola di lantai. Berjalanlah sejauh tangan Anda mampu. Jika bisa, Anda bisa meletakkan badan secara seimbang di atas bola. Angkat pinggul setinggi yang Anda bisa dan cobalah membalikkan tubuh bagian atas sehingga tegak lurus dengan lantai.

Related Post