Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Federasi Yang Memfasilitasi Olahraga Senam Dunia Disebut?

Federasi Yang Memfasilitasi Olahraga Senam Dunia Disebut?

Federasi Yang Memfasilitasi Olahraga Senam Dunia Disebut
Jawabannya adalah Federation Internationale de Gymnastics (FIG). Pembahasan Federasi senam dunia disebut dengan Federation Europeenne de Gymnastics. Namun kini, federasi senam dunia disebut Federation Internationale de Gymnastics (FIG). Organisasi ini didirikan pada 23 Juli 1881 di Liège, Belgia yang kini berpindah tempat ke Kota Laussane, Swiss.

Persani adalah singkatan dari apa?

Induk Organisasi Senam Indonesia adalah PERSANI – Seorang instruktur memberikan contoh gerakan senam di sebuah lapangan kawasan Jakarta, Rabu (25/8/2021). Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan imun yang terjaga di kala pandemi, warga melakukan senam rutin yang dipimpin instruktur seminggu sekali.

  1. Liputan6.com/Johan Tallo) Memahami induk organisasi senam Indonesia adalah penting menjadi wadah komunitas mengembangkan aktivitas.
  2. Induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI yang dibentuk pada 14 Juli 1963.
  3. PERSANI menjadi induk organisasi senam Indonesia adalah singkatan dari Persatuan Senam Indonesia.

Dalam buku berjudul Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam (2018) oleh Dr Sutopo Adi M.Kes, latar belakang dibentuknya induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI berasal dari gelaran pesta olahraga GANEFO (Games of The New Emerging Forces). Diungkap, GANEFO sebagai pelopor dibentuknya induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI pertama kali digagas oleh Presiden RI pertama, Soekarno.

  1. Meski demikian, induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI tetap dibentuk atas inisiatif para tokoh olahraga di seluruh Nusantara.
  2. Fungsi PERSANI sebagai induk organisasi senam Indonesia adalah menyiapkan, membina, melatih, dan melahirkan atlet senam hingga bisa mencapai puncak prestasinya.
  3. Pada akhirnya, PERSANI bisa menjalankan fungsinya membina dan melahirkan atlet senam yang bisa tampil di pesta olahraga GANEFO yang pada saat itu digelar pada tanggal 10-22 November 1963.

Apabila sudah memahami induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, selanjutnya di kancah internasional. Mengenal induk organisasi senam internasional adalah Federation Internationale de Gymnastique (FIG) yang berasal dari bahasa Perancis.

Bagaimana sejarah senam lantai didunia?

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Apakah kamu suka melakukan senam lantai atau sedang rutin melakukannya saat? Tepat sekali, manfaat senam lantai memang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Apalagi jika dilakukan secara rutin dengan gerakan senam lantai yang baik dan benar. Jika kamu gemar melakukan senam lantai, tahukah kamu bagaimana sejarah senam lantai hingga akhirnya populer di Indonesia? Tidak jauh berbeda dengan jabang olahraga lainya, senam juga memiliki perjalanan sejarah sampai akhirnya dikenal oleh orang Indonesia.

Dari mana senam lantai ini berasal dan bagaimana latihan ini populer di kalangan masyarakat? Simak informasi lengkapnya tentang sejarah senam lantai berikut ini: Sejarah senam lantai pertama kali diketahui oleh orang Cina sebelum tahun 2700 SM. Orang Cina kuno terbiasa dengan gerakan sederhana dari gerakan untuk latihan di lantai.

  • Tetapi dari sudut pandang yang lebih umum, sejarah senam lantai sebenarnya datang lebih dulu dari Yunani.
  • Di masa lalu, para biksu Cina memahami gerakan senam bukan sebagai pertunjukan atau tarian, tetapi sebagai sarana pertahanan diri, penyembuhan, dan penyembuhan.
  • Ini diperkuat oleh warisan Konfusianisme yang merangkum gerakan sederhana dan formasi dari sejarah senam lantai dasar.

Ada juga pendapat bahwa jenis senam ini dikenal di kalangan orang India. Negara India selalu terkenal dengan gerakan uniknya yang digunakan sebagai alat terapi atau terapi. Di era modern ini, senam lantai, atau beberapa gerakan seperti yoga, termasuk dalam satu perawatan.

Jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya ada beberapa gerakan yoga yang mirip dengan gerakan pada senam lantai. Seperti gerakan kayang yang terlihat pada senam lantai dan yoga. Gerakan senam lantai ini menekankan pernapasan dan gerakan yang dinamis. Hal ini tercermin dalam yoga, yang kini dikenal luas sebagai terapi gerakan.

Di India, bersama dengan banyak orang yang percaya yoga dapat menyembuhkan dan menyehatkan tubuh. Orang India kuno juga mempraktikkan yoga sebagai bentuk pemujaan kepada dewa-dewa mereka. Selain itu, Mesir juga dikenal sebagai negara dengan peradaban yang sangat maju pada saat itu, dan memiliki sejarah senam lantai. Federasi Yang Memfasilitasi Olahraga Senam Dunia Disebut Lihat Healthy Selengkapnya

You might be interested:  Yang Dimaksud Ibu Dari Segala Olahraga Adalah?

Sikap lilin yang benar dimana kedua tungkai kaki harus?

KOMPAS.com – Sikap lilin merupakan salah satu bentuk gerakan dalam senam lantai tanpa alat. Hal yang harus diperhatikan saat melakukan sikap lilin adalah posisi kedua kaki. Dilansir dari Kompas.com Skola, pengertian sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat ke atas.

Istilah lain gerakan sikap lilin adalah armstand, Saat melakukan sikap lilin, kedua kaki diangkat lurus dari posisi telentang. Sebab, pada saat malakukan sikap lilin, kedua kaki berada pada posisi telentang. Tumpuan sikap lilin terletak pada tubuh bagian atas yang ditopang oleh kedua tangan. Adapun, kekuatan otot perut fungsinya sebagai pengangkat kaki.

Kemudian kelenturan otot pinggang, punggung, dan leher berfungsi memudahkan kedua tangan menopang pinggang. Baca juga: Manfaat Latihan Sikap Lilin bagi Kesehatan Tubuh

Bagaimana posisi tubuh pada saat melakukan roll depan?

Berlatih Senam Lantai untuk Kebugaran Jasmani Halo, Sobat SMP! Agar tubuh tetap sehat dan bugar, kita perlu melakukan aktivitas-aktivitas fisik. Akan lebih baik jika aktivitas fisik dalam bentuk olahraga kardio. Namun, jika tidak memungkinkan Sobat SMP bisa melakukan aktivitas fisik ringan seperti senam lantai.

  1. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras.
  2. Unsur-unsur gerakannya sendiri cukup beragam, seperti mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, serta menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang.
  3. Aktivitas ini juga memiliki efek yang baik bagi tubuh.
  4. Beberapa manfaat dari senam lantai seperti meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan, melatih keseimbangan tubuh, dan juga melenturkan otot-otot tubuh.

Cukup bagus bukan? Dalam senam lantai bagi pemula, biasanya ada tiga gerakan dasar yang bisa dipelajari oleh Sobat SMP. Ketiga gerakan tersebut adalah guling depan, guling belakang, dan juga guling lenting. Seperti apa penjelasan lebih lanjutnya? Yuk simak artikel ini! Guling depan dikenal juga dengan gerakan ” roll depan”.

  1. Gerakan guling depan adalah aktivitas tubuh dengan cara membulatkan badan sedemikian rupa sehingga berguling ke arah sisi yang lain ( roll ) dengan posisi badan mengguling atau menggelinding ke depan membulat bola.
  2. Posisi awal dilakukan dengan posisi badan jongkok menghadap matras.
  3. Posisi kedua tangan ditekuk di samping badan dengan kedua telapak tangan berada di samping telinga dan menghadap matras.

Tundukkan kepala ke depan hingga dagu hampir menyentuh dada. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan. Ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok. Guling ke belakang dikenal juga dengan istilah ” roll belakang”.

  • Gerakan ini menggelundung ke belakang, posisi badan tetap harus membulat yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada.
  • Gerakan guling ke belakang dapat dilakukan dengan cara guling ke belakang dengan sikap jongkok.
  • Guling lenting adalah suatu gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan, dari sikap setengah guling ke belakang atau setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.

Itulah tadi beberapa hal seputar senam lantai dan gerakannya. Sobat SMP bisa mencoba berlatih senam lantai untuk kebugaran tubuh, namun tetap harus diawasi oleh guru atau orang tua. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP Referensi: Buku SMP Terbuka PJOK kelas VII terbitan Direktorat SMP tahun 2020

: Berlatih Senam Lantai untuk Kebugaran Jasmani

Berasal dari negara manakah olahraga senam lantai itu?

Sejarah Senam Lantai – Sejarah senam lantai sudah ada semenjak 2700 sebelum masehi. Konon katanya, senam lantai bermula dari Tiongkok yang diperkenalkan oleh para biksu. Dulu belum dikategorisasikan sebagai senam lantai. Awal kelahiran gerakan-gerakan diperuntukan untuk bela diri dan pengobatan.

  1. Namanya pun belum banyak familiar.
  2. Menariknya lagi, gerakan yang diciptakan para biksu ini ditulis di dalam kitab warisan Kong Hu Cu.
  3. Ternyata sejarah senam lantai ada banyak versi.
  4. Ada juga yang menyebutkan bahwa senam lantai ini berasal dari Taj Mahal, India.
  5. Ada kesamaan dengan awal gerakan senam lantai dengan yang di Tiongkok.

Ternyata di India juga digunakan untuk pengobatan dan teknik pernapasan. Jenis senam lantai yang populer di India kala itu adalah Yoga. Gerakan Yoga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, serta sebagai bentuk pemujaan kepada Dewa. Terlepas dari itu semua, senam lantai yoga juga mampu melenturkan tubuh dan mengatur pernapasan secara dinamis. Federasi Yang Memfasilitasi Olahraga Senam Dunia Disebut Adapun sejarah senam lantai di Indonesia. Pertama Kali senam lantai dikenal ketika Jepang menjajah Indonesia. Senam lantai diperkenalkan pertamakali oleh tentara PETA Jepang, dengan nama senam Talso. Jadi, bisa dibilang Indonesia mengenal senam lantai masih baru dibandingkan sejarah yang sudah disebutkan sebelumnya.

You might be interested:  Olahraga Yang Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan?

Mengapa disebut dengan senam lantai?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Salah satu pose dalam Senam lantai Senam lantai ( bahasa Inggris : floor exercise ) adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai dengan menggunakan alas berupa matras, Matras berfungsi sebagai alat bantu utama yang berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan atlet yang sering bersentuhan dengan lantai.

Ukuran lantai yang digunakan dalam senam lantai adalah 12 x 12 meter dalam ruangan yang berukuran 14 x 14 meter. Lantai harus dilapisi dengan karpet kenyal setebal kira-kira 0,045 meter. Senam lantai banyak menggunakan gerakan berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang.

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mana senam ini dapat mengendalikan aktivitas seluruh anggota badan. Senam lantai ini merujuk pada gerak yang dikerjakan dengan cara kombinasi terpadu dan kemudian menjelma dari setiap bagian anggota tubuh.

Siapa nama ketua Persani?

Temui Menpora Amali, Ketum PB Persani Laporkan Persiapan Menghadapi SEA Games dan Asian Games 2022 Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati Irawan menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali di kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (2/3). Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati Irawan menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali di kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (2/3). (foto:egan/kemenpora.go.id) Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati Irawan menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali di kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (2/3).

Menpora Amali mengatakan kedatangan rombongan pengurus PB Persani tersebut untuk melaporkan tentang persiapan menuju mereka dalam mengahadapi multi event olahraga SEA Games 2022 di Vietnam dan Asian Games 2022 di Tiongkok serta persiapan kukifikasi untuk Olimpiade Paris 2024. “Sebagaiamana kita ketahui bahwa cabang olahraga Senam ini masuk dalam cabang olahraga unggulan di dalam Desain Besar Olahraga Nasional.

Oleh karena itu, pemerintah konsen dan memfokuskan kepada cabang-cabang olahraga yang memungkinkan kita utk bisa berprestasi,” kata Menpora Amali. Dalam pertemuan ini, lanjut Menpora Amali. Ketum PB Persani melaporkan bahwa saat ini mereka sudah jalan dengan melakukan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas).

  1. Disamping itu, ada beberapa hal yang ingin dikomunikasikan kembali dengan kami dan tentu pak Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti juga akan mengakomodir masukan- masukan dari cabor khususnya dari cabang olahraha senam,” jelasnya.
  2. Dalam kesempatan ini, Menpora Amali memberikan apresiasi kepada PB Persani dan berharap mereka terus bersemangat dalam melakukan pembinaan atlet.

“Terimakash Ibu Ketum, kita berharap teman-teman pengurus Persani baik itu di pusat maupun di daerah tetap semangat karena tantangan kita kedepan makin besar dan juga makin berat. Oleh karena itu, kita harus bisa berkolaborasi dan bekerja sama,” harapnya.

Sementara itu, Ketum PB Persani Ita Yuliati Irawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah dan Menpora Amali karena telah menyempatkan waktu untuk menerima rombongan PB Persani. Menurutnya, dalam pertemuan ini pihaknya memaparkan terkait kondisi yang dihadapi menuju Olimpiade. “Jadi road to olympic itu kami tentunya harus menghadapi SEA Games dan Asian Games 2022 ini,” katanya.

Ita menjelaskan, pihaknya sudah menyepakati akan memberangkatkan 4 orang atlet.2 atlet artistik putri dan 2 atlet artistik putra. “Kami tentunya harapkan 4 atlet ini akan bisa diusung menuju Asian Games dan Olimpiade 2024,” jelasnya.(ded) : Temui Menpora Amali, Ketum PB Persani Laporkan Persiapan Menghadapi SEA Games dan Asian Games 2022

Apa nama induk organisasi senam dunia dan nasional?

Penjelasan: – PERSANI (Persatuan Senam Indonesia) organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963, pada mulanya tugas PERSANI adalah untuk membina para atlet yang mengikuti cabang lomba sena artistik dalam ajang Ganefo I tahun 1963 di Jakarta, dalam ajang ini pertama kalinya pesenam Indonesia mengikuti perlombaan.

Selanjutnya atlet ini juga diikutsertakan dalam ajang Konferensi Asia Afrika I dan dalam Ganefo Asia. Untuk itu Indonesia mendatang para pelatih dari China sebagai pembimbing para atlet dalam meraih prestasi di bidangnya. Pertandingan senam mulai dipertandingkan pada abad Ke-19, sehingga terbentuklah wadah senam secara internasional yang disebut dengan nama Federation International de Gymnastique (FIG).

Beberapa nomor senam yang antara lain: senam kuno, senam sekolah, senam alat, senam korektif, senam irama, turnen, dan senam artistik. Federation International de Gymnastique (FIG) sebagai pusat senam seluruh dunia memiliki tugas untuk mengelola senam nomor senam artistik (artistic gymnastics) dan senam ritmik (modern rhytmic).

You might be interested:  Softball Merupakan Olahraga Yang Berasal Dari?

Negara manakah yang pertama kali memperkenalkan senam?

Senam yang diperkenalkan pertama kali pada waktu itu adalah senam sistem Jerman. Sistem ini menekankan pada kemungkinan-kemungkinan gerak yang kaya sebagai alat pendidikan.

Apa saja nama induk organisasi olahraga?

Daftar olahraga resmi di Indonesia | merdeka.com Merdeka.com – Banyak orang mengira bahwa di Indonesia olahraganya hanya sedikit, permasalahannya adalah olahraga tersebut tidak sedikit, hanya kurang populer kita lebih peduli dengan olahraga yang sering muncul di tv padahal banyak olahraga lain justru sering mengharumkan nama negara Untuk menjadi olahraga resmi sebetulnya yang diperlukan adalah struktur organisasi yang kuat sehingga dapat tercatat secara resmi di KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Sebagai contoh apakah catur membuat kita berkeringat? namun catur tercatat sebagai olahraga resmi di Indonesia berbeda pekara dengan olahraga dansa, sebagai cabang olahraga resmi di Indonesia justru olahraga ini sering mendapatkan banyak medali di berbagai tempat namun karena tidak semua orang mengerti olahraga ini sehingga seakan olahraga ini tidak pernah eksis.

Berikut nama cabor (Cabang Olahraga) resmi di Indonesia :

Bola Volli = Persatuan Bola Volli Seluruh Indonesia / PBVSI Anggar = Persatuan Anggar Seluruh Indonesia / IKASI Atletik = Persatuan Atletik Seluruh Indonesia / PASI Baseball = Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia / PERBASASI Berkuda = Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia / PORDASI Berlayar = Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia / PORLASI Biliar = Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia / POBSI Binaraga = Persatuan Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia / PABBSI Bola Basket = Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia / PERBASI Bola Voli = Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia / PBVSI Boling = Persatuan Boling Indonesia / PBI Bulu Tangkis = Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia / PBSI Catur = Persatuan Catur Seluruh Indonesia / PERCASI Dayung = Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia / PODSI Drum Band = Persatuan Drum Band Indonesia / PDBI Golf = Persatuan Golf Indonesia / PGI Gulat = Persatuan Gulat Amatir Seluruh Indonesia / PGSI Judo = Persatuan Judo Seluruh Indonesia / PJSI Karate = Federasi Olahraga Karate-do Indonesia / FORKI Kartu = Gabungan Bridge Seluruh Indonesia / GABSI Kempo = Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia / PERKEMI Kesehatan Olahraga = Kesehatan Olahraga Republik Indonesia / KORI Liong & Barongsai = Persatuan Liong & Barongsai Seluruh Indonesia / PLBSI Menembak = Persatuan Menembak dan BerburuIndonesia / PERBAKIN Motor = Ikatan Motor Indonesia / IMI Olahraga air = Persatuan Renang Seluruh Indonesia / PRSI Olahraga Cacat = Badan Pembina Olahraga Cacat / BPOC Olahraga KORPRI = Badan Pembina Olahraga Korps Pegawai Republik Indonesia / BAPOR KORPRI Olahraga Mahasiswa = Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia / BAPOMI Olahraga Pelajar = Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia / BAPOPSI Olahraga Sepeda = Ikatan Sport Sepeda Indonesia / ISSI Olahraga Wanita = Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia / PERWOSI Panahan = Persatuan Panahan Indonesia / PERPANI Panjat Tebing = Federasi Panjat Tebing Indonesia / FPTI Pecak Silat = Ikatan Pencak Silat Indonesia / IPSI Selam = Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia / POSSI Senam = Persatuan Senam Indonesia / PERSANI Sepak Takraw = Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia / PSTI = Persatuan Seluruh Indonesia / PSSI Sepatu Roda = Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia / PERSEROSI Ski Air = Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia / PSASI Olahraga Dansa = Ikatan Olahraga Dansa Indonesia / IODI Squash = Persatuan Squash Indonesia / PSI Taekwondo = Taekwondo Indonesia / TI Tarung Derajat = Keluarga Olahraga Tarung Derajat / KODRAT Tenis = Persatuan Tennis Lapangan Seluruh Indonesia / PELTI Tenis Meja = Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia / PTMSI Tinju = Persatuan Tinju Amatir Indonesia / PERTINA Wartawan Olahraga = Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia / SIWO PWI Wushu = Wushu Indonesia / WI

: Daftar olahraga resmi di Indonesia | merdeka.com

Related Post