Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Jelaskan Apa Tujuan Permainan Bulu Tangkis?

Jelaskan Apa Tujuan Permainan Bulu Tangkis?

Jelaskan Apa Tujuan Permainan Bulu Tangkis
Tujuan dari permainan bulutangkis adalah memperoleh angka dan kemenangan dengan cara menyebrangkan dan menjatuhkan shuttlecock di bidang permainan lawan dan berusaha agar lawan tidak dapat memukul shuttlecock atau menjatuhkannya di daerah permainannya sendiri.

Apa tujuan latihan bermain badminton dengan memodifikasi permainan menjadi 3 dimasing masing tim?

Sebutkan tujuan dari kegiatan bermain bulu tangkis yang dimodifikasi Tujuan bermain bulutangkis yang dimodifikasi adalah :

Untuk meningkatkan serta mempraktekan teknik yang sudah dipelajari.Untuk dapat menentukan posisi yang tepat dalam permaianan tim sesuai dengan skill masing masing.Untuk dapat memahami strategi dalam bermain.Untuk dapat melatih kemampuan membaca kapan saat yang tepat melakukan penyerangan dan pertahanan.Untuk dapat menumbuhkan bentuk kerjasama dalam tim.Untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Apa tujuan dari pukulan dropshot?

Dari pengertian di atas pukulan dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan menempatkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net dan secepat rnungkin pada lapangan lawan.

Berapa jumlah set dalam pertandingan bulu tangkis?

Hallo Aura P, kakak bantu jawab ya. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah dua set dengan poin dalam satu set bulu tangkis yaitu 21 poin. Berikut ini penjelasannya. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

  1. Permainan bulu tangkis dimainkan dengan sistem rally point dengan mencari angka 21 poin dalam setiap set/gim.
  2. Adapun jumlah set dalam permainan bulu tangkis adalah dua.
  3. Jika imbang (1-1), pertandingan akan dilanjutkan ke rubber game atau gim penentu.
  4. Jumlah poin dalam satu set bulu tangkis adalah 21 poin.

Jadi, jawaban yang tepat adalah dua set dengan poin dalam satu set bulu tangkis yaitu 21 poin. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Semoga membantu ya. – Yuk, beri rating untuk berterima kasih pada penjawab soal! Yah, akses pembahasan gratismu habis Dapatkan akses pembahasan sepuasnya tanpa batas dan bebas iklan!

Apa saja sejarah bulutangkis?

Bermula dari India pada 1870-an – Beberapa orang, mengetahui bahwa sejarah bulutangkis lahir di negeri India. Bukti yang menyebutkan bahwa India menjadi penemu permainan bulutangkis adalah bermula pada tahun 1870-an. Pada tahun tersebut, India mulai membuat peraturan-peraturan terkait bulutangkis.

You might be interested:  Kapan Indonesia Mengenal Olahraga Tolak Peluru?

Di India, nama bulutangkis dikenal sebagai battledore. Permainan bulutangkis ini saat itu diketahui sebagai permainan antar dua orang yang menepak bola ke depan (forehand) dan ke belakang (backhand). Dalam permainan ini, pemain menggunakan bat atau penepak dari kayu. Kemudian pada abad ke-19, permainan ini mulai menyebar ke pinggiran kota Inggris.

Selanjutnya, pada tahun 1907, permainan bulutangkis menyebrang dari Inggris ke Afrika Selatan, Kanada, hingga New York. Pada tahun 1920-an, bulutangkis menyebar ke Eropa, Amerika Utara dan Asia. Negara Malaysia dan Singapura menjadi negara yang pertama kali dikenalkan permainan bulutangkis.

Kapan bulutangkis pertama kali masuk ke Indonesia?

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia – Bulu tangkis sudah masuk ke Indonesia pada 1930. Beberapa sumber menyatakan bahwa Sumatera adalah daerah pertama di Indonesia yang pertama kali memainkan olahraga ini. Sedangkan sumber lain menyatakan bahwa justru Jakarta adalah tempat pertama dimana olahraga ini dimainkan.

Pada 1933, berdiri dua perkumpulan bulu tangkis di Jakarta (saat itu Batavia), yaitu Bataviase Badminton Bond dan Bataviase Badminton League. Kedua perkumpulan itu kemudian bersatu dan berganti nama menjadi Bataviase Badminton Unie, Setahun berselang, banyak kejuaraan bulu tangkis yang sebagian besar dihelat di Bandung, Jawa Barat.

Seiring banyaknya kejuaraan bulu tangkis yang dihelat, semakin banyak pula perkumpulan bulu tangkis yang berdiri pada masa itu. Supaya semua perkumpulan bulu tangkis tersebut bisa bergerak ke arah yang sama, sejumlah pihak pun berinisiatif untuk mengadakan pertemuan antar tokoh pebulu tangkis se-Indonesia.

Kenapa bola badminton dari bulu angsa?

Bobo.id – Ketika melakukan olahraga sepak bola, maka kita harus menggunakan bola sepak, begitu juga dengan basket, maka harus menggunakan bola basket. Sedangkan ketika bermain bulu tangkis, bola yang digunakan berbeda dan tidak berbentuk bulat, melainkan menggunakan bola yang disebut kok atau shuttlecock,

Kok bulu tangkis berbentuk kerucut terbuka dengan pangkal yang terbuat dari gabus dan berbentuk setengah bola. Untuk membuat kok, diperlukan bulu angsa yang kemudian disatukan dengan cara ditancapkan pada gabus tadi. Nah, ada fakta unik mengenai kok, nih, teman-teman, yaitu kebanyakan kok terbuat dari bulu sayap sebelah kanan angsa.

Hmm. Apakah benar kok hanya terbuat dari bulu sebelah kanan sayap angsa saja? Cari tahu faktanya, yuk! Baca Juga: Keduanya Merupakan Kejuaraan Bulu Tangkis Internasional, Ini Bedanya Piala Thomas dan Piala Uber #AkuBacaAkuTahu Dulunya Kok Terbuat dari Bulu Ayam Jantan Nama kok yang digunakan untuk menyebut bola bulu tangkis ini berasal dari bahasa Inggris, yaitu cock yang berarti ayam jantan.

You might be interested:  Alat Untuk Memukul Bola Tenis Meja Adalah?

Penyebutan ini dipilih karena dulunya kok terbuat dari bulu ayam jantan. Namun nama cock ini berganti menjadi shuttlecock karena pergerakan bola yang bolak-balik di lapangan. Shuttle sendiri punya arti bolak-balik, yang juga digunakan untuk menyebut pesawat ulang alik, yaitu space shuttle. Saat Ini Kok Banyak Dibuat Menggunakan Bulu Angsa Kalau dulunya kok terbuat dari bulu ayam jantan, saat ini bahan utama pembuatan kok sudah berganti, menjadi menggunakan bulu angsa.

Setiap kok terdiri dari 16 bulu angsa yang dipasang pada gabus berbentuk setengah bola yang ada di pangkalnya. Nah, bulu angsa yang dipilih tidak bisa sembarangan, karena setiap bulu panjangnya harus berkisar antara 62 hingga 70 milimeter, dengan berat antara 4,74 sampai 5,50 gram.

Bulu angsa dipilih karena bisa memberikan daya terbang yang lebih baik pada kok, dengan kecepatan yang tinggi dan jarak yang tepat. Baca Juga: Mendongeng dengan Boneka, Salah Satu Cara Membuat Cerita Lebih Seru #MendongenguntukCerdas Benarkah Bulu yang Digunakan Harus Berasal dari Sayap Kiri Angsa? Proses pembuatan kok dengan bulu angsa cukup panjang, nih, teman-teman.

Sebelum dipasang ke bola gabus, bulu angsa harus direndam lebih dulu dengan air agar lembap, karena bulu yang kering akan mudah rusak dan patah. Tahukah kamu? Selain mengenai ukuran dan beratnya, ada ketentuan lain mengenai bulu angsa yang digunakan untuk membuat kok bulu tangkis.

  1. Ebanyakan kok bulu tangkis hanya terbuat dari bulu di sayap kiri angsa dan bukannya bulu di sayap kanan.
  2. Baca Juga: Lebih Sering Minum Minuman Ringan daripada Air Putih? Ini Dampak yang Bisa Terjadi Memangnya kenapa kok harus terbuat dari bulu sayap kiri angsa saja, Bo? Apakah tidak bisa memakai bulu sayap sebelah kanan? Ternyata ada alasan mengapa bulu angsa yang digunakan hanya berasal dari sayap sebelah kiri saja, nih.

Penggunaan bulu sayap kiri angsa ini ternyata bertujuan untuk membuat kok bergerak searah jarum jam. Dengan gerakan searah jarum jam, maka akan memudahkan pemain bulu tangkis dalam menangkap kok dan memperkirakan arah kok. Hal ini ternyata berkaitan dengan bentuk bulu pada sayap kiri angsa, aerodinamika, dan fisika pada olahraga.

  • Penggunaan Bulu Sayap Kanan Tidak Membuat Kok Bergerak dengan Baik Kok yang terbuat dari bulu di sayap kiri angsa akan bergerak dengan lebih baik dan selalu searah dengan jarum jam.
  • Sedangkan hal ini tidak berlaku kalau kok terbuat dari bulu sayap kanan angsa.
  • Penggunaan bulu pada sayap kanan tidak akan menghasilkan putaran searah jarum jam seperti kok yang terbuat dari bulu di sayap kiri.
You might be interested:  Apa Tujuan Dari Olahraga Bola Basket?

Akibatnya, pemain bulu tangkis akan merasa arah dari kok akan kacau dan sulit memperkirakan arah kok. Baca Juga: Tak Disangka, Mengonsumsi Buah Mangga Bisa Memberikan 4 Manfaat Ini, Salah Satunya Mencegah Kanker! Namun kok yang terbuat dari bulu sayap kanan tetap ada, hanya saja tidak digunakan dalam pertandingan profesional.

  • Menggabungkan bulu sayap kiri dan kanan juga tidak bisa dilakukan dalam pembuatan kok bulu tangkis, nih.
  • Arena bulu di sayap kanan dan kiri punya bentuk dan karakteristik yang berbeda, maka gabungan dari dua bulu ini justru akan membuat kok tidak bisa terbang dengan baik.
  • Ok yang terbuat dari gabungan bulu di sayap kanan dan kiri akan terbang dengan jarak yang pendek dan dan tidak punya putaran karakteristik.

Baca Juga: Jika Disatukan Bisa Mengelilingi Bumi, Inilah 5 Fakta Unik Pembuluh Darah Manusia! Sudah Ada Kok yang Terbuat dari Plastik Kok yang terbuat dari bulu memang punya daya terbang dan kecepatan yang baik. Namun saat ini kok sudah mulai dibuat dari bahan lain, yaitu plastik dan bukannya bulu angsa.

  • Ok yang terbuat dari plastik ini diusulkan agar kok bisa bertahan lebih lama dan lebih hemat dalam proses produksinya.
  • Sampai saat ini, pengujian masih terus dilakukan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) untuk menggunakan kok plastik.
  • Hal ini dilakukan apakah dengan penggunaan kok plastik, pergerakan kok akan mirip atau bahkan sama dengan kok dari bulu angsa.

Baca Juga: Sering Menyerang Anak-Anak, Kutu Rambut Bikin Gatal Tak Tertahan Hingga Luka! Ini Cara Menghilangkan Kutu Hingga Telurnya Yuk, tonton video ini juga! Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Post