Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Mengapa Olahraga Bisa Membuat Tubuh Menjadi Tinggi?

Mengapa Olahraga Bisa Membuat Tubuh Menjadi Tinggi?

Mengapa Olahraga Bisa Membuat Tubuh Menjadi Tinggi
Lari memicu pengeluaran hormon pertumbuhan Lari bikin tubuh tambah tinggi dengan cara memicu pengeluaran hormon pertumbuhan. Hormon inilah yang kemudian berperan dalam penambahan tinggi badan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Tak hanya lari, olahraga lainnya juga dapat memicu pengeluaran hormon pertumbuhan.

Olahraga apa yang bisa bikin tinggi?

Olahraga peninggi badan seperti basket, lompat tali, dan berenang bermanfaat untuk kesehatan. Olahraga ini bisa menambah tinggi untuk Anda yang berada di masa pertumbuhan. Selain faktor genetik yang berperan besar untuk pertumbuhan tinggi seseorang, faktor lingkungan juga memengaruhi.

Apakah umur 16 tahun masih bisa menambah tinggi badan?

Bisakah Meninggikan Badan Saat Dewasa? Tubuh memiliki batas waktu dan usia dalam bertambah tinggi. Namun, apakah bisa meninggikan badan ketika sudah dewasa? Mayoritas orang berpikir memiliki tinggi badan yang menjulang adalah hal menarik karena bisa mendongkrak penampilan.

  1. Arena itu, banyak orang yang mencari segala cara untuk menambah tinggi badan dengan mudah dan cepat, meskipun sudah di usia dewasa.
  2. Secara umum, genetik memainkan peran penting dalam tinggi badan seseorang.
  3. Meskipun begitu, faktor lingkungan juga bisa sangat mempengaruhi tinggi badan.
  4. Contohnya, apabila seseorang gemar berolahraga, bisa saja dia memiliki postur yang jauh lebih tinggi dari kedua orang tuanya.

Sampai Usia Berapa Tubuh Bertambah Tinggi? Seiring bertambahnya usia, hormon pertumbuhan pada manusia semakin menurun yang menyebabkan tulang tidak lagi memanjang. Itulah yang menjadi penyebab tinggi badan seseorang tidak bertambah di usia dewasa. Ada fakta menarik bahwa setelah Anda melewati usia 40 tahun, tubuh akan semakin memendek sebanyak 1 sentimeter setiap 10 tahun.

Fakta tersebut diungkapkan melalui sebuah pernyataan National Library of Medicine. Secara umum, pertumbuhan tinggi pada pria akan berhenti di usia 16 tahun. Sementara bagi wanita, pertumbuhan tinggi akan terhenti di usia 14-15 tahun. Baik wanita atau pria setelah melewati usia tersebut, tidak ada lagi cara cepat dan mudah untuk menambah tinggi badan dengan drastis.

Meski begitu, tetap ada beberapa cara untuk menambah tinggi badan untuk orang dewasa. Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Manusia Ras atau keturunan adalah salah satu dari sejumlah faktor yang mempengaruhi pendek atau tingginya seseorang. Contohnya orang Indonesia yang relatif memiliki postur tubuh lebih pendek daripada orang Rusia.

  • Jurnal Nature Genetics yang melakukan studi pada anak kembar pada 2015, mengungkapkan sebanyak 60%-80% perbedaan tinggi pada setiap orang ditentukan oleh faktor keturunan.
  • Sisanya yaitu sekira 20%-40% ditentukan oleh asupan nutrisi dan faktor lingkungan.
  • Biasanya risiko penyakit bisa diukur melalui berat badan, namun tinggi badan juga bisa menjadi pendeteksi.

Para ahli membuktikan orang dewasa yang memiliki tinggi badan kurang dari 160 sentimeter memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung dan kardiovaskular.

  • Cara Meninggikan Badan Saat Dewasa
  • Meskipun tinggi badan pada umumnya warisan dari orang tua, Anda tetap bisa menempuh beberapa cara. Berikut cara yang bisa Anda lakukan:
  • 1. Istirahat Cukup

Istirahat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, istirahat yang cukup ternyata juga dapat membantu mendongkrak tinggi badan. Cara ini sangatlah jitu untuk Anda yang ingin memiliki tinggi badan ideal. Lantas kenapa istirahat cukup bisa membantu? Pasalnya, pada saat istirahat atau tidur, energi dalam tubuh akan terisi kembali.

  1. Bayi berusia 0 – 3 bulan: 14 – 17 jam
  2. Bayi berusia 3 –1 1 bulan: 12 – 17 jam
  3. Balita berusia 1 – 2 tahun: 11 – 14 jam
  4. Balita berusia 3 – 5 tahun: 10 – 13 jam
  5. Anak berusia 6 – 13 tahun: 9 – 11 jam
  6. Remaja berusia 14 – 17 tahun: 8 – 10 jam
  7. Orang dewasa berusia 18 – 64 tahun: 7 – 9 jam
  8. 2. Perbaiki Postur Tubuh

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan tinggi badan adalah memperbaiki postur tubuh. Anda bisa mengevaluasi kebiasaan duduk, berdiri, tidur yang kurang tepat selama ini. Itu bisa menyebabkan postur Anda menjadi terlihat lebih pendek.

  • Sebagai contoh seseorang yang terbiasa dengan postur membungkuk, itu akan membuat tubuhnya menjadi kurang proporsional.
  • Memperbaiki postur tubuh adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin memiliki tinggi badan yang diinginkan.
  • Mulai sekarang, biasakanlah duduk atau berjalan dengan postur yang tegap supaya badan Anda terlihat lebih jenjang.3.

Makanan Bergizi Tinggi atau tidaknya seseorang bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang sangat bagus untuk pertumbuhan. Nutrisi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan adalah protein, vitamin D, dan kalsium.

Ketiga nutrisi tersebut bisa Anda temukan dalam buah atau sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, makanan laut, ikan, tempe, tahu, susu, dan telur.4. Memperkuat Otot Memperkuat otot menjadi salah satu cara ampuh untuk memperbaiki postur, sehingga membuat tubuh Anda terlihat tegap dan jenjang. Bagian otot tengah dapat membantu mempertahankan postur tubuh untuk tetap tegap.

Apabila otot tengah melemah, postur tubuh pun lama-kelamaan menjadi membungkuk. Otot tengah yang dimaksud adalah otot di area perut dan otot di sepanjang tulang belakang. Cara terbaik untuk melatih kekuatan otot tengah adalah dengan melakukan push up dan plank secara teratur.5.

Olahraga Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan, misalnya basket. Saat memainkan basket, Anda dipaksa untuk berlari dan melompat. Dua gerakan itu bisa meningkatkan aliran darah ke lempeng pertumbuhan, sehingga bisa merangsang pertumbuhan. Selain itu, olahraga lainnya yang bisa meningkatkan tinggi badan adalah renang.

Dengan renang, tulang belakang akan diperkuat sehingga membentuk postur tubuh yang tegap. Ketika renang, otot tubuh akan bergerak secara konstan karena tubuh bergerak melawan arus gravitasi. Penuhi nutrisi penting tubuh untuk mendukung semua aktivitas Anda dan dukung dengan minum Anlene setiap hari.

  • Anlene Gold 5X dan Anlene Actifit 3X juga dilengkapi dengan formula HI ZEnC yang tinggi zinc, vitamin E dan vitamin C* untuk membantu menjaga sistem imun tubuh, sehingga dengan konsumsi rutin dua kali sehari, setiap hari, Anlene akan membantu Anda dalam terus aktif dalam beraktivitas.
  • *Konsumsi Vitamin C, E dan Seng (Zink) yang cukup dapat berkontribusi dalam menjaga fungsi normal daya tahan tubuh, jika disertai dengan diet gizi seimbang.
  • Referensi:
  • suara.com/health/2022/03/23/084048/seputar-tinggi-badan-sampai-usia-berapa-masih-bisa-tumbuh#:~:text=%22Pertumbuhan%20tinggi%20badan%20itu%20terbatas,22%2F3%2F2022).&text=Tetapi%2C%20pada%20kondisi%20tertentu%2C%20tinggi%20badan%20seseorang%20bisa%20saja%20bertambah.
  • klikdokter.com/info-sehat/read/3635799/berapa-batasan-umur-pertumbuhan-tinggi-pria-dan-wanita
  • halodoc.com/artikel/6-fakta-tinggi-badan-manusia
  • alodokter.com/cara-menambah-tinggi-badan-yang-alami-dan-sehat
  • health.detik.com/berita-detikhealth/d-5863674/cara-menambah-tinggi-badan-dengan-cepat-dan-alami-mumpung-belum-mentok
  • katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6179f335a41b9/11-cara-meninggikan-badan-tanpa-obat-peninggi-badan
  • hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/cara-meninggikan-badan-alami/
You might be interested:  Mengapa Olahraga Bela Diri Dapat Meningkatkan Kedisiplinan?

: Bisakah Meninggikan Badan Saat Dewasa?

Pertumbuhan tinggi badan sampai umur berapa?

Bisakah Orang Dewasa Menambah Tinggi Badan? Jakarta – Pertumbuhan tinggi badan seseorang umumnya akan melambat atau bahkan berhenti di usia 18 tahun. Biasanya, tinggi badan benar-benar berhenti tumbuh saat jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setelahnya.

  1. Tapi bisakah menambah lagi saat dewasa? Melansir laman Medical News Today, setelah seseorang melewati masa pubertas, lempeng pertumbuhan berhenti membuat tulang baru.
  2. Mereka menyatu bersama, dan orang itu berhenti tumbuh.
  3. Dalam arti lain, ketika seorang individu mencapai usia dewasa, mereka tidak dapat menambah tinggi badannya.

Namun, dengan asumsi postur yang tepat, menjaga otot punggung dan inti yang kuat, seseorang dapat berdiri lebih tegak dan tampak lebih tinggi. Ketika anak mencapai usia remaja, mereka akan mengalami peningkatan produksi hormon seks estrogen dan testosteron.

Hal inilah yang disebut momen memulai pubertas. Selain perkembangan organ seks, pubertas juga menyebabkan percepatan pertumbuhan yang berakhir dengan bertambahnya tinggi badan. Jika seorang remaja mengalami pubertas terlambat, tinggi badan mereka mungkin tidak tumbuh dengan baik sesuai dengan usianya.

Namun, tetap saja ada banyak penyebab keterlambatan pertumbuhan. Termasuk hipogonadisme, yang merupakan testosteron rendah kronis. Kondisi ini dapat menunda pubertas dan percepatan pertumbuhan yang terkait. Meski tidak lagi bisa menambah tinggi badan saat dewasa, seseorang bisa mengupayakan pertumbuhan tersebut sebelum dewasa dimulai.

Cowok tinggi 160 apakah pendek?

Cara Memaksimalkan Tinggi Badan Anak – Tinggi badan rata-rata laki-laki Indonesia adalah 160 sentimeter. Rata-rata ini bisa dikatakan lebih pendek dibandingkan tinggi badan laki-laki dari negara lain. Pada dasarnya, orang tidak dapat mengontrol sebagian besar faktor yang memengaruhi tinggi badan.

  1. Pasalnya, tinggi badan sudah ditentukan oleh DNA/genetik dan ini tidak dapat diubah.
  2. Namun, beberapa faktor dapat meningkatkan atau mengurangi pertumbuhan selama masa kanak-kanak dan pubertas dapat disiasati.
  3. Anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh berkembang dapat mengambil beberapa langkah untuk memaksimalkan tinggi badannya.

Nutrisi memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan. Anak-anak tanpa gizi yang baik bisa jadi tidak akan mendapatkan tinggi badan maksimal seperti anak-anak dengan gizi yang cukup. Ahli gizi menganjurkan agar anak-anak dan remaja makan makanan yang bervariasi dan seimbang dengan banyak buah dan sayuran.

  1. Ini akan memastikan anak mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk berkembang.
  2. Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Ini 4 Cara Biar Anak Agar Tumbuh Tinggi Protein dan kalsium sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang.
  3. Beberapa makanan kaya protein meliputi: 1. Daging.2. Unggas.3.
  4. Makanan laut.4.

Telur.5. Kacang-kacangan.6. Biji-bijian, Beberapa makanan kaya kalsium meliputi: 1. Yogurt.2. Susu.3. Keju.4. Brokoli.5. Kubis.6. Kedelai.7. Jeruk.8. Sarden.9. Ikan salmon. Selain nutrisi, tidur dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak dan remaja.

Saat tidur nyenyak, tubuh melepaskan hormon yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, tidur yang cukup memungkinkan pertumbuhan yang optimal. Demikian juga halnya dengan olahraga teratur yang penting untuk perkembangan fisik. Bermain di luar atau berolahraga, misalnya, dapat membuat tulang lebih sehat, lebih padat, dan lebih kuat.

Bagi ibu yang mau tahu lebih jauh mengenai cara memaksimalkan tinggi badan anak, bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, Ibu juga bisa membeli obat atau vitamin untuk mengatasi keluhan kesehatan melalui Halodoc, Praktis, kan?

You might be interested:  Olahraga Permainan Merupakan Olahraga Yang Dilakukan Sambil?

Apakah 160 itu tinggi?

Apakah 160 cm Termasuk Tinggi untuk Ukuran Masyarakat Indonesia? –

  • Jadi, apakah tinggi badan 160 cm sudah termasuk tinggi untuk standar ideal masyarakat Indonesia?
  • Jawabannya iya untuk kaum wanita dan tidak bagi kaum pria.
  • Seperti yang telah dibahas dan disebutkan sebelumnya, tinggi badan ideal bagi kaum wanita di Indonesia ialah 159 cm dan untuk kaum pria 168 cm.
  • Namun, tidak penting setinggi apa tinggi badan yang kamu miliki karena yang paling penting ialah tubuh dan pikiran yang sehat dan positif.
  • Maka dari itu, buku berikut ini bisa memberikan insight baru untuk melihat kesehatan tubuh secara jauh lebih utuh dan menyeluruh.
  • Buku yang ditulis oleh Hiromi Shinya ini akan memberikan cara atau solusi untuk tetap sehat dan tampil awet muda, tanpa perlu melakukan operasi plastik, obat-obatan, maupun alat-alat kecantikan.
  • Banyak hal perihal enzim yang akan kamu ketahui melalui buku ini, seperti fakta jika kekurangan mengonsumsi air putih dapat menyebabkan penyakit kanker.
  • Semua yang perlu kamu tahu tentang kesehatan tubuh dengan cara yang sederhana dan tidak rumit dapat ditemukan dalam buku yang ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga bisa segera langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Buku ini sudah bisa kamu langsung pesan dan beli di,

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik untuk ambil vouchernya. Mengapa Olahraga Bisa Membuat Tubuh Menjadi Tinggi promo diskon : Apakah 160 cm Termasuk Tinggi untuk Ukuran Orang Indonesia? Simak Penjelasannya Berikut Ini – Kompas.com

Umur 17 tahun apa bisa tinggi?

Selamat sore SA Pertumbuhan tulang disebabkan adanya hormon pertumbuhan yang merangsang sel-sel untuk beregenerasi dan meningkatkan tinggi badan melalui lempeng-lempeng pertumbuhan di tulang. Selama lempeng-lempeng pertumbuhan ini belum menutup maka penambahan tinggi badan juga akan terus berlangsung.

Tertutupnya lempeng pertumbuhan terjadi jika seseorang sudah mencapai akhir dari masa pubertasnya yakni sekitar usia di atas 18 tahun. Setelahnya tinggi badan akan sulit atau tidak akan bertambah lagi. Tinggi badan seseorang juga dipenagruhi oleh genetik atau keturunan, asupan makanan sejak kecil, lingkungan tempat tinggal, dan juga aktivitas fisiknya.

Selain itu bisa dipenagruhi pula adanya beberapa kondisi penyakit yang dapat menyebabkan pertumbuhan tulang yang abnormal seperti anemia, kelainan darah, penyakit kronis, tumor kelenjar adrenal, kanker tulang dan sebagainya. Usia anda yang sudah beranjak 17 tahun sudah memasuki akhir-akhir masa pubertas dimana pertumbuhan tulang masih dapat berlangsung namun tidak signifikan.

Namun demikian anda masih bisa mengoptimalkan penambahan tinggi badan pada masa ini dengan mengusahakan berbagai cara yang dapat mendukung peninggian badan. Caranya adalah meningkatkan aktivitas fisik, tidak mengangkat benda terlalu berat, tidur tidak boleh bergadang dan harus 8 jam berkualitas, konsumsi makanan tinggi zat-zat mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, zinc, magnesium dan multivitamin.

Anda juga bisa mencari info lebih jelas dengan berkonsultasi ke dokter gizi untuk penambahan tinggi badan. Baca juga forum-forum terkait cara menambah tinggi badan usia 17 tahun berikut:

Bagaimana cara menambah tinggi badan pada remaja? Tinggi badan usia 17 tahun apakah masih bisa bertambah 10cm?

Semoga bermanfaat Salam sehat dr. Pany

Kenapa laki-laki lebih tinggi?

Pernah penasaran mengapa pada saat mereka duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), anak-anak perempuan selalu terlihat lebih tinggi daripada anak laki-laki, namun justru sebaliknya yang terjadi ketika mereka memasuki usia remaja? Penyebabnya, menurut dr. Pittock, tak lain adalah karena anak perempuan memasuki usia puber lebih awal dibandingkan anak laki-laki.

  1. Penjelasannya kira-kira seperti ini.
  2. Secara general, rata-rata anak perempuan mulai memasuki masa puber pada umur 8-13 tahun, sedangkan anak laki-laki baru akan mengalami masa puber ketika ia berusia 9-15 tahun.
  3. Pada usia berapa seseorang memasuki masa pubernya amat menentukan seberapa pesat pertumbuhan tingginya kelak, karena di sepanjang masa puber ini seorang anak akan kembali mengalami growth spurt seperti yang pernah terjadi padanya ketika kecil dulu.

“Growth spurt yang dialami anak-anak ketika masa puber akan membuat tubuh mereka mengalami pertumbuhan pesat seperti yang pernah terjadi sebelumnya, Bedanya, selain pertambahan tinggi dan berat badan secara drastis, proses pertumbuhan yang dialami selama masa puber juga turut mengubah penampilan fisik mereka menjadi lebih mirip orang dewasa.

Anak perempuan akan mulai mengalami pertumbuhan payudara dan anak laki-laki akan mulai mengalami perubahan suara serta pertumbuhan rambut pada lokasi-lokasi tertentu di tubuhnya,” kata dr. Pittock. Berhubung anak laki-laki lebih lambat memasuki masa puber dibandingkan anak perempuan, maka jangan heran apabila tubuh anak perempuan akan lebih dulu mengalami growth spurt dibandingkan lawan jenisnya.

You might be interested:  Pukulan Yang Arahnya Kok Mendatar Dinamakan Pukulan?

Ketika anak perempuan sedang mengalami pertumbuhan fisik secara pesat, anak laki-laki masih mengalami pertumbuhan secara konstan seperti yang dialaminya sejak usia 2 tahun. Itu sebabnya, pada usia 8-9 tahun, anak perempuan selalu kelihatan lebih tinggi dan lebih besar dibandingkan anak laki-laki seusianya.

  1. Tetapi jangan salah, ketika anak laki-laki mulai memasuki masa puber, ia dengan cepat bisa segera menyamakan atau bahkan melebihi kecepatan pertumbuhan anak perempuan.
  2. Pasalnya, pada usia 14-15 tahun—ketika anak perempuan sudah melampaui masa puber, anak laki-laki masih berada dalam tahapan puber yang membuat tinggi tubuhnya melesat cepat.

Waktu ‘ekstra’ selama dua tahun inilah yang dimanfaatkan anak laki-laki untuk ‘membalap’ ketertinggalannya dengan anak perempuan pada tahun-tahun sebelumnya. Keuntungan lain yang dimiliki anak laki-laki selama masa pertumbuhan adalah konsentrasi hormon testosteron di dalam tubuhnya yang lebih banyak dibandingkan anak perempuan.

Bagaimana cara mengetahui lempeng tulang masih terbuka?

Beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan : –

  • Hormon pertumbuhan, hormon tiroid serta hormon testosterone juga mempengaruhi pertumbuhan tinggi serta mempengaruhi lempeng pertumbuhan untuk terus menambah tulang baru.
  • Asupan nutrisi yang mengandung protein, vitamin, mineral, serta kalsium membantu tulang untuk tumbuh dengan sempurna dan kuat.
  • dapat memperkuat otot dan tulang serta merangsang agar hormon pertumbuhan terus meningkat.

Dalam masa pertumbuhan ada yang dinamakan lempeng epifisis dimana lempeng ini sebagai tempat tulang panjang untuk terus tumbuh saat dan pertumbuhan. Ketika lempeng ini menutup maka tulang tidak akan tumbuh kembali sehingga tinggi tidak akan lagi bertambah.

  • Lempeng epifisis menutup biasanya tidak lama setelah masa pubertas berakhir sehingga dapat berbeda-beda tiap orangnya, ada yang hingga 19 tahun ataupun ada yang hingga 22 tahun baru menutup.
  • Hal ini terkait dengan yang anda tanyakan, untuk membuktikan apakah lempeng epifisis masih terbuka atau sudah tertutup hanya bisa dengan pemeriksaan rontgen.

Untuk itu periksakan diri ke untuk pemeriksaan pada tulang anda.

  1. Semoga penjelasan ini bermanfaat.
  2. Salam sehat,
  3. dr. Farah

: Bagaimana mengetahui lempeng epifisis terbuka atau tertutup? | Tanya Dokter

14 tahun tinggi badan berapa?

Usia 13 tahun: 142,5 sentimeter. Usia 14 tahun: 145,9 sentimeter. Usia 15 tahun: 147,9 sentimeter. Usia 16 tahun: 148,9 sentimeter.

Apakah sering begadang memperlambat tinggi badan?

Kurang tidur bisa menghambat tinggi badan anak – Mengapa Olahraga Bisa Membuat Tubuh Menjadi Tinggi Times of India Makanan penambah tinggi badan Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan anak. Kondisi itu dapat terjadi karena pada saat anak tertidur khususnya di malam hari, ada sejumlah hormon pertumbuhan yang dilepaskan.

Hormon inilah yang mendorong pertumbuhan tinggi badan anak dari waktu ke waktu sampai mencapai usia tertentu. Pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal resmi Pediatrics pada tahun 2002, peneliti mengamati 70 anak yang dirawat di rumah sakit dengan sindrom sleep apnea atau gangguan tidur. Anak-anak tersebut dibagi ke dalam dua kelompok.

Kelompok pertama, mereka menjalani prosedur operasi untuk mengatasi sleep apnea, sedangkan kelompok lainnya tidak. Anak-anak yang sudah menjalani prosedur operasi dapat memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Enam bulan kemudian, peneliti menemukan bahwa anak-anak yang menjalani prosedur operasi, tinggi badannya meningkat secara signifikan.

Hal itu juga didukung oleh adanya konsentrasi hormon pertumbuhan (IGF-1) dan (IGFBP-3) yang jauh lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak dioperasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah setelah operasi, anak-anak mengalami pertumbuhan tinggi badan yang lebih optimal, karena mereka memiliki waktu tidur yang cukup dan sehat.

Baca juga: Tinggi Badan Anak Laki-laki Berhenti di Usia Berapa? Mengapa Olahraga Bisa Membuat Tubuh Menjadi Tinggi Dok. Shutterstock Ilustrasi pertumbuhan anak. Sebelum penelitian tersebut, pada tahun 1990 para peneliti lainnya juga pernah mengamati waktu tidur dan bangun pada 5.145 anak di rentang usia 5-11 tahun. Para ahli menemukan bahwa durasi tidur di malam hari memang memiliki pengaruh terhadap tinggi badan anak, namun hasilnya tidak begitu signifikan.

Berdasarkan hasil penelitian itu pun, peneliti mengambil kesimpulan bahwa kualitas tidur memang berpengaruh pada tinggi badan, tetapi bukan menjadi faktor penentu. Pasalnya, kata peneliti, satu hal yang berperan besar pada tinggi badan anak adalah genetika dan presentasenya sekitar 95 persen. Sebagian kecil sisanya, bisa dipengaruhi asupan nutrisi, aktivitas fisik, kualitas tidur dan banyak faktor lainnya.

Baca juga: Minimalisasi Risiko Stunting, Pakai Metode Ini untuk Prediksi Tinggi Badan Anak Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Related Post