Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Nama Olahraga Yang Menggunakan Tongkat Pemukul?

Nama Olahraga Yang Menggunakan Tongkat Pemukul?

Nama Olahraga Yang Menggunakan Tongkat Pemukul
Pembahasan : – Bisbol (baseball) adalah permainan yang dilakukan oleh 2 tim yaitu tim pelempar bola dan tim pemukul bola yang masing masing beranggotakan 9 orang. Permainan bisbol berupa tim pelempar yang akan menangkap bola yang telah dipukul oleh tim pemukul.

Hal ini dilakukan agar tim pelempar dapat berubah peran menjadi tim pemukul. Sofbol (softball) Sofbol merupakan olahraga yang dilakukan oleh 2 tim yaitu tim pemukul dan tim pelempar. Dalam sofbol, tim pelempar akan diwakili oleh pitcher (pelempar bola) yang akan melempar bola ke tim lawan. Sedangkan tim pemukul sebagai lawan akan diwakili oleh batter (pemukul) untuk memukul bola hasil lemparan tim lawan.

Setiap tim akan berlomba untuk mendapat nilai (run) yang diperoleh dengan memutari 3 seri base (marka) hingga mencapai finish dengan menyentuh home plate (marka terakhir). Hoki (hockey) Hoki adalah permainan yang dimainkan oleh 2 regu dengan jumlah anggota masing masing 11 orang.

Olahraga apa yang menggunakan tongkat pemukul?

10. Billiard – Nama Olahraga Yang Menggunakan Tongkat Pemukul Sumber gambar: Unsplash Billiard atau biliar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, yang membutuhkan ketahanan dan pemahaman mental bagi para pemainnya. Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dengan menggunakan stick billiard yang bertugas membantu pemain memasukan bola berangka ke dalam 6 lubang di atas meja.

  • Permainan bola kecil ini terbagi ke dalam beberapa jenis, seperti Carom, English Billiard, dan Pool.
  • Permainan bola sodok ini memiliki kejuaraan dalam kategori English Billiard, dengan nama World Billiards Championship yang diselenggarakan oleh World Billiards.
  • Permainan bola kecil ini, tentunya menuntut para pemainnya untuk lebih teliti dan fokus ketika bertanding melawan pemain lainnya.

Dengan ukuran yang kecil dan tergolong ringan, pemain harus teliti dalam mengkoordinasikan penglihatan juga gerakan pada bola yang dilontarkan lawan. Baca Juga: Mengenal Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Versi PBSI Itu dia, jenis permainan bola kecil yang dipertandingkan secara resmi, baik dalam kejuaraan nasional ataupun internasional, Toppers! Apakah kamu termasuk ke dalam atlet permainan bola kecil di atas? Nah, Toppers, jika kamu masih ingin mendapatkan waktu belajar tambahan, yuk, coba askes portal eLearning maupun lembaga kursus yang bisa diakses dari rumah untuk menambah pengetahuanmu. Nama Olahraga Yang Menggunakan Tongkat Pemukul Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini! Penulis: Lazuardi

Senam pakai tongkat apa namanya?

Ilustrasi senam dengan tongkat termasuk senam. Foto: Unsplash Senam dengan tongkat termasuk senam irama atau ritmik. Senam ini termasuk ke dalam salah satu jenis senam yang banyak dipertandingkan dalam lomba-lomba senam. Olahraga senam mempunyai fungsi untuk membuat badan menjadi bugar dan melatih otot tubuh.

  1. Senam juga dapat dilakukan oleh semua orang dari semua kalangan, mulai dari wanita, laki-laki, orang tua, hingga anak-anak.
  2. Pada usia anak-anak, senam juga sudah mulai dikenalkan melalui mata pelajaran sekolah,
  3. Tujuannya tentu untuk melatih gerak motorik anak serta melatih kekuatan, kelenturan, serta keseimbangan badan.

Salah satu senam yang mulai dikenalkan adalah senam irama. Walaupun umumnya terlihat tanpa alat, namun senam dengan tongkat termasuk senam irama juga. Simak informasi berikut untuk mengetahui lebih lengkapnya.

Apakah softball menggunakan tongkat?

KOMPAS.com – Memukul bola menjadi keterampilan yang wajib dikuasai oleh pemain softball. Lantas bagaimana cara dan teknik memukul yang baik dalam permainan softball ? Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/MA Kelas XII (2010) karya Joko Sumpeno dan Dedy Joko Budi Santoso, teknik dasar softball meliputi memukul bola, memukul bola tanpa ayunan, melempar bola, menangkap bola, dan lari ke base.

Dalam permainan softball terdapat berbagai jenis aktivitas gerak di antaranya adalah berlari, memukul bola, serta melempar dan menangkap bola. Untuk memukul bola dalam permainan softball, alat yang digunakan adalah tongkat pemukul atau yang disebut dengan bat atau stick, Baca juga: Cara Melakukan Lemparan Atas dalam Softball Posisi bat yang benar saat awal gerak memukul bola pada permainan softball adalah dipegang erat dengan kedua tangan di atas belakang bahu.

Cara dan teknik memukul yang baik dalam permainan softball adalah sebagai berikut.

Posisi badan berdiri dengan posisi kaki melangkah, badan agak condong ke depan lutut, dan pinggul dalam kondisi rileks. Tongkat pemukul atau bat dipegang menggunakan kedua tangan di atas belakang bahu. Arah pandangan tertuju ke pitcher (pelambung bola). Setelah bola dilemparkan oleh pitcher, lakukanlah ayunan bat ke arah datangnya bola. Ayunkanlah kembali kedua lengan dan tangan sehingga bola dan tongkat pemukul bertubrukan. Arahkanlah pukulan ke bawah, menyusur tanah atau mendatar. Selain itu, bola juga dapat diarahkan melambung jauh ke belakang. Gerakan akhir memukul bola adalah badan sedikit memutar sebagai gerakan lanjutan.

Baca juga: Jumlah Pemain Softball Tiap Tim Beserta Tugasnya

Apa nama tongkat pemukul dalam permainan softball?

Pemukul yang Digunakan dalam Permainan Softball Disebut? – Pemukul yang digunakan dalam permainan softball disebut dengan bat. Untuk orang yang memukulnya sendiri dinamakan batter. Alat ini menjadi kunci dari olahraga tersebut sebagai upaya memenangkan pertandingan.

Perlu diketahui bahwa, saat suatu regu menjadi pemukul mereka berkesempatan untuk mendulang angka dan memenangkan pertandingan. Oleh karena itu, tongkat yang digunakan tersebut tidak boleh sembarangan. Pihak federasi dunia, sudah memberikan arahan serta petunjuk harus mengenai bahan sampai dengan ukurannya.

Maka dari itu, sebelum pertandingan setiap pemain memastikan tongkat tersebut sesuai standar yang ditentukan. Pemukul yang Digunakan dalam Permainan Softball Disebut Apa? Federasi Softball Internasional telah merilis beberapa persyaratan untuk bat tersebut.

Dimana dalam setiap pertandingan bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah kayu atau logam. Bukan sembarang, tetapi wajib sesuai arahan. Beberapa produsen pembuat bat ini biasanya akan berunding dulu kepada ISF. Apakah bahan tersebut sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Hal ini berpengaruh juga ke jalannya pertandingan.

Kenyamanan membuat pemain mampu memukul bola dengan baik. Maka dari itu, pemukul yang digunakan dalam permainan softball disebut dengan bat, juga mempunyai ukuran serta panjang sehingga nyaman digunakan seperti di bawah ini.1. Penetapan Panjang Bat Agar leluasa dalam mendapatkan pukulan yang hebat dan mampu mendulang poin lebih, maka dibutuhkan peralatan terbaik.

  1. Maka dari itu, maksimal panjangnya tidak boleh melebihi 86,4 cm.
  2. Dalam olahraga ini, memukul mempunyai sebuah teknik.
  3. Termasuk area mana yang harus menjadi prioritas.
  4. Bukan hanya panjang, diameternya juga sudah ditetapkan kurang lebih 5,7 cm di bagian terbesarnya.2.
  5. Berat dari Diameter Bat Bukan hanya panjang serta diameter, ISF juga memberikan acuan pada berat bat.

Dimana dalam tongkat tersebut tidak boleh lebih dari 1,077 kg, hal ini berlaku untuk semua jenis bahan. Angka itu sudah disesuaikan pula dengan berbagai faktor, termasuk, tenaga dari ayunan tangan manusia. Maka dari itu, sebelum bermain pastikan semuanya sudah sesuai dengan standar yang berlaku di ISF.

Apa alat pemukul bola kasti?

Jawaban yang benar adalah bat. Yuk simak pembahasan berikut. Permainan bola kasti adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu dengan cara melempar, menangkap, dan memukul bola kasti dengan tongkat. Alat pemukul dalam permainan kasti disebut bat. Tongkat pemukul bola kasti biasanya terbuat dari kayu dengan ukuran panjang 50-60 cm. Yah, akses pembahasan gratismu habis Dapatkan akses pembahasan sepuasnya tanpa batas dan bebas iklan!

Apa nama alat pemukul untuk permainan bulutangkis?

Mengenal Olahraga Bulu Tangkis: Sejarah, Perlengkapan, dan Teknik Dasar Jakarta – adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok permainan. Permainan bulu tangkis bisa dimainkan di dalam maupun di luar lapangan, di atas permukaan lapangan dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu.

  • Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua bagian sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditancapkan di pinggir lapangan.
  • Alat yang digunakan adalah sebuah raket sebagai alat pemukul dan kok (shuttlecock) sebagai bola yang dipukul, demikian dikutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan oleh Drs Muhajir, MEd.

Permainan ini dimulai dengan cara menyajikan bola atau servis dari petak servis kanan ke petak servis kanan lawan, sehingga lintasan bola menyilang. Permainan bulu tangkis umumnya dimainkan oleh minimal dua orang yang saling berhadapan atau orang empat orang pemain, yang artinya dua orang melawan dua orang.

  1. Sejarah Bulu Tangkis Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani oleh Tri Hananto Budi Santoso, SPd dan Tim Penjas, olahraga bulu tangkis adalah permainan yang berasal dari India dan dinamai dengan Poona.
  2. Permainan ini dikembangkan oleh tentara Inggris, selepas mereka kembali dari India.
  3. Pada tahun 1837, permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke of Beaufort di Badminton Gloucestershire.
You might be interested:  Softball Adalah Olahraga Permainan Yang Menggunakan Bola?

Oleh karena itu, permainan ini kemudian dinamakan badminton atau dalam bahasa Indonesia disebut bulu tangkis. Permainan bulu tangkis berkembang ke seluruh dunia sejak abad ke-17, terutama Eropa, India, Dan Tiongkok. Namun, perkembangan yang paling menonjol di Eropa adalah Inggris, sehingga orang-orang Inggris-lah yang menciptakan peraturan-peraturan permainan dan membentuk persatuan bulu tangkis tingkat nasional.

Sejalan dengan meluasnya perkembangan bulu tangkis, tercetuskanlah sebuah ide untuk membentuk organisasi bulu tangkis internasional yang menjadi wadah kegiatan-kegiatan permainan bulu tangkis dunia. Perkumpulan olahraga bulu tangkis sedunia dibentuk dengan nama International Badminton Federation (IBF) pada tanggal 5 Juli 1934.

Badan bulu tangkis internasional tersebut menyelenggarakan kejuaraan beregu putra antar negara pertama pada tahun 1948-1949 yang disebut dengan Thomas Cup, sedangkan untuk kejuaran beregu putri disebut Uber Cup yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1956-1957.

Selain itu, pada tahun 1989 diselenggarakan kejuaran bulu tangkis beregu campuran antar negara yang dinamakan Sudirman Cup. Di Indonesia sendiri, olahraga bulu tangkis baru berkembang pada tanggal 5 Mei 1951, dengan dibentuknya Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Para pemain bulu tangkis Indonesia bermunculan dan menjuarai berbagai kejuaraan.

Misalnya, Tan Joe Hok, pemain bulu tangkis Indonesia yang memperkuat regu bulu tangkis Indonesia yang berhasil menjuarai Thomas Cup pada tahun 1958. Perlengkapan Bulu Tangkis Perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis, seperti dikutip dari buku Mahir Bulu Tangkis oleh Hermawan Aksan dan buku Badminton for All oleh Dr.Angga Indra Kusuma, SPd antara lain sebagai berikut.1.

Sejumlah pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung (kanan), Stephanie Widjaja (kedua kanan) dan Putri Kusuma Wardani (kiri) berlatih dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022). PBSI menargetkan tim bulu tangkis Indonesia meraih tiga medali emas dalam SEA Games Vietnam pada Mei mendatang. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Panjang lapangan adalah 13,4 meter dan lebar 6,1 meter untuk ganda dan 5,18 meter untuk tunggal. Wilayah servis ditandai dengan garis membagi dua lapangan dan garis yang melintas sejauh 1,98 meter dari net. Untuk ganda, bidang servis dibatasi juga oleh garis di bagian belakang, berjarak 0,76 meter dari garis belakang.

Garis-garis lapangan mempunyai ketebalan 40 mm dan warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning.2. Net (Jaring) Net dibuat dari bahan katun berwarna gelap dengan lebar 0,76 meter dan panjang 6,10 meter. Pita putih selebar 3,8 cm pada sisi atas membatasi atas net. Bagian atas net sampai 15 cm dari pita harus cukup kuat agar tidak tembus shuttlecock yang dipukul keras.

Tinggi net di tempat tiang net 1,55 meter dan di tengah-tengah minimal 1,524 meter.3. Raket dan Senar Raket dibuat dari kayu, aluminium, logam ringan, atau serat karbon (plastic bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap bentukan, ringan, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat.

Panjang keseluruhan raket tidak lebih dari 68 cm dan lebarnya tidak lebih dari 23 cm, serta berat raket kurang dari 150 gram. Di samping itu, salah satu bagian raket yang perlu diperhatikan adalah senar raket. Senar untuk raket biasanya terbuat dari bahan nilon, usus, dan bahan sintetis. Diameter senar bervariasi mulai dari ukuran 0,59 mm sampai 0,7 mm.

Bahan dasar senar merupakan hal dasar untuk menentukan kualitas senar, sedangkan untuk ukuran senar semakin tipis ukuran senar maka cenderung lebih mudah putus namun akan memberikan pengalaman bermain yang lebih baik daripada senar yang tebal. Sebagai tambahan, para atlet profesional dapat membawa 10 raket yang sama pada saat pertandingan untuk mengantisipasi senar putus saat dalam permainan.

Badminton shuttlecock Foto: Getty Images/iStockphoto/JanPietruszka

Bola bulu tangkis terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus dan dilapisi kulit tipis dan kuat. Pada bagian gabus ditancapkan 14 hingga 16 helai bulu unggas yang berdiri melingkar sepanjang pinggir gabus adalah 25-28 mm.

Diameter ujung atas dari bulu adalah 54-56 mm dan harus diikat dengan benang atau bahan lain yang kuat. Tinggi bulu dari permukaan gabus rata hingga ujung atas bulu 64-74 mm dan berat keseluruhan dari kok adalah 4,73-5,50 gram.5. Sepatu dan Kostum Sepatu atlet bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkeraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik menarik, dan teknologi penyebaran guncangan untuk melompat.

Hal ini dikarenakan, olahraga bulu tangkis mengakibatkan ketegangan pada lutut dan pergelangan kaki.

  • Kostum untuk atlet yang dikenakan berupa celana dan kaos yang sebaiknya cukup longgar sehingga memudahkan gerakan.
  • Teknik Dasar Bermain
  • Untuk bisa bermain bulu tangkis dengan baik, terlebih dahulu mempelajari berbagai teknik dasar, seperti dikutip Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas SMA/MA Kelas 10 oleh Damar Pamungkas, SPd Or,MPd dan buku Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan oleh Drs Muhajir, M Ed.
  • Teknik-teknik dasar bermain bulu tangkis adalah sebagai berikut:
  • 1. Teknik Memegang Raket (grips)
  • Teknik memegang raket dalam bulu tangkis dibedakan menjadi empat macam:
  • a. American Grip (pegangan geblok kasur)

Cara pegangan ini mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian, ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.b. Backhand Grip (pegangan backhand) Cara pegangan ini adalah mula-mula raket dipegang dalam posisi miring.

Pada saat memegang raket ibu jari berada di bagian belakang tangkai raket, sedangkan jari-jari tangan diletakkan di bagian belakang.c. Forehand Grip (pegangan Inggris) Cara pengangan ini adalah raket dipegang dalam posisi miring. Kemudian, bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan pegangan raket yang kecil dan sempit.d.

Combination Grip Cara pegangan ini lazim dinamakan shakehand grip atau pegangan berjabatan tangan. Caranya hampir sama dengan pegangan Inggris. Bedanya, setelah raket dimiringkan, tangkai raket dipegang dengan cara ibu jari melekat pada bagian yang dalam sedangkan jari-jari lain melekat pada bagian dalam yang lebar.

  1. 2. Teknik Pukulan
  2. Berbagai jenis pukulan dalam permainan bulutangkis, antara lain sebagai berikut:
  3. a. Servis

Pukulan servis, yaitu pukulan sajian bola pertama yang dilakukan pada awal permainan, dengan tujuan untuk memperoleh nilai. Sebelum melakukan servis, pemain akan terlebih dahulu melihat tipe permainan lawan. Kalau lawan mempunyai tipe permainan keras, sebaiknya tidak melakukan servis tinggi.

Servis Pendek (short service)

Servis pendek dapat dilakukan secara forehand atau backhand. Pukulan diusahakan bola serendah mungkin dengan ketinggian net sehingga lawan akan mengalami kesulitan dalam

Servis Tinggi (lob service)

Servis ini dilakukan dengan pukulan yang keras dan bola diusahakan berjalan melambung tinggi kemudian bola sampai di garis belakang. Servis tinggi bisa dilakukan secara forehand dan backhand.b. Pukulan Lob (clear) Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin dan mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.

  • Overhead lob, yakni pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.
  • Underhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah badan dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan dilambungkan tinggi ke belakang.
  • Pukulan Mendatar (drive)

Pukulan mendatar adalah pukulan raket yang jalannya shuttlecock mendatar cepat sehingga lawan akan kesulitan mengembalikan bola. Pukulan mendatar diarahkan ke arah samping kanan dan samping kiri lawan dan pukulan ini lebih banyak digunakan pada permainan ganda.

Menurut kegunaan dan arahnya, pukulan mendatar (drive) terdiri dari tiga macam, yaitu sebagai berikut.a. Pukulan drive panjang, yaitu pukulan drive yang dihasilkan dengan cara mengarahkan shuttlecock ke daerah belakang lapangan lawan. Kegunaannya adalah untuk mendesak lawan agar tertekan ke belakang.b.

Pukulan drive setengah lapangan, yaitu pukulan yang dihasilkan dengan tujuan menjatuhkan shuttlecock ke arah tengah bagian samping lawan. Kegunaannya adalah agar lawan terpikat ke samping tengah, sehingga posisinya tergoyahkan dan dapat dengan mudah mengadakan tekanan lebih kuat lagi.c.

Apa nama alat pemukul pada permainan tenis?

KOMPAS.com – Permainan tenis meja memiliki empat perlengkapan utama yaitu meja, jaring atau net, bola, dan sebuah bet, Tanpa keempat perlengkapan utama itu permainan tenis meja tidak dapat dilakukan. Pada artikel ini, akan membahas mengenai alat pukul dalam permainan tenis meja atau disebut dengan bet.

  • Permainan tenis meja dilakukan dengan cara memukul bola terbuat dari celluloid.
  • Baca juga: Sejarah Singkat Tenis Meja Untuk memukul bola tersebut alat yang digunakan oleh pemain adalah bet.
  • Pada tahun 1880-an, alat pukul tenis meja menggunakan buku atau kulit binatang sebagai pemukul bola atau yang sekarang kita kenal dengan bet.
You might be interested:  Ukuran Lapangan Sepak Bola Yang Benar Adalah?

Namun, seiring berjalan waktu, permainan tenis meja mengalami perkembangan. Sejak tahun 1901, alat pukul yang awalnya menggunakan buku atau kulit binatang, berubah menjadi kayu yang sudah diasah kemudian dilapisi dengan selembar karet. Baca juga: Peraturan Permainan Tenis Meja Lalu, bagaimana dengan ukuran bet dalam permaianan tenis meja? Uraikan karakteristik bet atau raket pada permainan tenis meja.

David Apriyanto dalam buku Mengenal Tenis Meja (2012), menjelaskan ukuran, berat, dan bentuk bet tidak ditentukan, tetapi daun bet harus datar dan kaku. Meski demikian, bet tenis meja terdiri dari beberapa bagian yaitu daun bet yang terbuat dari kayu, lapisan perekat bet dari bahan berserat, seperti serat karbon atau serat kaca, sisi daun bet atau permukaan terbuat dari bahan karet licin.

Berikut adalah karakteristik dari bet tenis meja: Baca juga: Sejarah ITTF, Induk Olahraga Tenis Meja Internasional

Ketebalan daun bet atau raket minimal 85 persen terbuat dari kayu yang dilapisi dengan bahan perekat yang berserat seperti serat karbon atau serat kaca. Sisi daun bet atau raket yang digunakan harus ditutupi oleh karet datar maupun bintik, apabila menggunakan karet bintik yang menonjol keluar (karet pletok), maka ketebalan karet termasuk lapisan lem perekat tidak lebih dari 2 milimeter, atau jika dilapisi karet lunak (sandwich rubber) atau spons dengan karet bintik di dalamnya maka ketebalannya tidak lebih dari 4 milimeter. Permukaan bet yang tidak ditutup karet pada sisi, harus diwarnai pada sisi yang tidak ditutupi oleh karet dengan warna pudar, merah atau hitam (tidak sama dengan warna sebelahnya). Karet penutup daun bet tidak melebihi daun bet itu sendiri, kecuali pada bagian yang terdekat dari kayu yang dipegang dan ditutupi oleh jari-jari dapat ditutupi oleh bahan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jalan Nordic itu apa?

Serunya Mencoba Olahraga Nordic di Candi Borobudur BERITAMAGELANG.ID – Pernah mendengar olahraga Nordic Walking? Ada ratusan orang yang melakukannya di kawasan Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Sabtu (23/11/2019). Olahraga sederhana berjalan menggunakan dua tongkat ski itu dipercaya memberi stimulasi efektif terhadap struktur tubuh agar lebih sehat.

  1. Pendiri Komunitas Jalan Nordic Indonesia (KJNI) Martoyo menceritakan olahraga Nordic pertama kali populer di Skandinavia dan bagian lain Eropa.
  2. Sedangkan di Indonesia olahraga berjalan kaki menggunakan tongkat dua ski ini mulai digemari sekitar dari tahun 2018 dan komunitasnya secara resmi diluncurkan 23 April 2019.

Menurutnya olahraga ini sangat efektif menjaga kebugaran dan dapat mengatasi rasa sakit pada punggung, leher, dan bahu, terutama bagi yang biasa beraktivitas duduk seharian. Dibanding olah raga lainnya, Nordic diyakini lebih mampu menggerakan otot tubuh.

  • Jika bersepeda otot yang terlibat hanya 45 persen, joging 50 persen sedangkan Nordic 90 persen.
  • Ini olahraga yang menggerakan semua otot, menggerakan semua onderdil otot yang murah dan praktis,” kata Martoyo.
  • Olahraga murah dan sesuai untuk semua lapisan masyarakat ini harus dilengkapi dengan dua tongkat saat berjalan.

Jenis tongkat yang digunakan bisa dari kayu maupun bambu. Lokasi untuk melakukannya juga bebas, bisa juga di halaman rumah sekitar 30 menit setiap harinya. Daya tarik sesungguhnya dari olahraga ini adalah dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, misalnya dari segi waktu, kecepatan, dan lokasi latihan.

“Kita tidak harus ke lapangan atau kemana. ke luar rumah itu bisa jalan,” tegasnya. Cara berjalan Nordic adalah gerakan lengan dan kaki yang berlawanan. Meski terkesan mudah, mengayunkan kaki dengan dua tongkat ski di tangan secara berlawanan awalnya akan terasa sulit dan butuh pembiasaan. Namun jika telah membiasakan diri kecepatan dan ketepatannya seperti intensitas berlari.

Salah satu peserta asal Yogyakarta Paulina selain merasakan senang dirinya mengikuti kegiatan bersama ini. ia juga merasakan manfaatnya yang luar biasa karena sakit tulang punggung yang diderita sejak lama semakin berkurang. “Saat berjalan 500 meter punggung serasa sakit sekali seperti mau patah, namun setelah mencoba Nordic sakitnya terus berkurang,” tuturnya.

  • Beberapa bulan aktivitas nordic rutin dilakukan perempuan berusia 60 ini.
  • Jarak yang ditempuh pun terus bertambah jauh, seperti di kawasan Candi Borobudur ini.
  • Padahal ini jarak terjauh 6 kilometer, tidak ada rasa sakit di punggung dan kaki saya yang juga masih terpasang platina,” ungkap Paulina.
  • Guna memperkenalkan kepada masyarakat luas, nordic walking pun digelar di tempat wisata Candi Borobudur.

Ratusan orang dari berbagai kota ikut berjalan kaki di rute sepanjang 6 kilometer dengan jalur beraspal di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Udara segar dan lingkungan nan rimbun membuat ratusan peserta terlihat antusias. “Tujuan digelar di sekitar Candi Borobudur ini sebagai salah satu upaya menggelorakan sport tourism nordic dengan cara berbeda,” ungkap salah satu pegiat nordic walking asal Jakarta, Moko Pamungkas seraya mengungkapkan rasa kagumnya terhadap keindahan Candi Borobudur.

Olahraga pound fit itu apa?

Apa itu Pound Fit? – Pound fit adalah jenis olahraga kardio yang menggunakan alat seperti stik drum sebagai komponen utamanya. Alat mirip stik drum ini disebut dengan Ripstix. Ripstix merupakan alat ringan dengan berat 0,45 kg yang dirancang khusus untuk berolahraga.

  • Ripstix nantinya digunakan untuk menciptakan irama pengiring gerakan bersama dengan alunan musik yang dimainkan selama pound fit.
  • Adapun gerakan-gerakan yang ada di dalam pound fit merupakan hasil kombinasi dari gerakan yoga dan pilates, latihan kekuatan, serta gerak menabuh drum.
  • Namun, pada dasarnya tidak ada gerakan khusus yang benar-benar mutlak dalam pound fit,

Pound fit pertama kali dipopulerkan pada tahun 2011 oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, mantan penabuh drum dari California dan atlet semasa kuliah. Menurut Potenza dan Peerenboom, pound fit adalah olahraga yang memungkinkan seseorang untuk menggerakan tubuh secara sistematis dan tetap bertenaga.

Apa nama olahraga di tiang?

Parapuan.co – Kawan Puan, apakah kamu tertarik ingin mencoba olahraga pole dance, seperti yang dilakukan Prilly Latuconsina? Seperti diketahui, pole dance atau tari tiang adalah jenis olahraga senam yang menggunakan sarana tiang sebagai tumpuan tubuh saat bergerak.

Arena bertumpu dapa satu tiang, olahraga ini melibatkan seluruh otot, sehingga lebih efektif untuk membakar lemak. Selain itu, pole dance juga dikenal sebagai olahraga yang menggabungkan kekuatan dan keanggunan gerakan. Sebelum mencoba olahraga satu ini, simak dulu yuk fakta menarik pole dance yang perlu kamu ketahui, seperti yang dikutip dari Mind Body Green berikut! 1.

Jenis pole dance Meski belum ada penyebutannya, menurut Irmingard Mayer selaku instruktur pole dance di Kota New York, ada berbagai jenis pole dance yang menggabungkan olahraga dan seni. Pertama, pole dance yang menggunakan trik akrobatik dan menampilkan kekuatan otot yang tak terduga.

Kedua, pole dance yang dilakukan tanpa alas kaki dan menggabungkan tarian modern, alat peraga, serta kostum. Ketiga, pole dance yang dipraktekkan dengan pose-pose tertentu sambil memakai sepatu hak tinggi. Baca Juga: Mengenal Aerobik dan Berbagai Manfaatnya, Salah Satunya Turunkan Tekanan Darah 2. Pole dance bisa dilakukan siapa saja Kawan Pua, selain seluruh otot, olahraga ini merupakan latihan seluruh tubuh yang melibatkan ketahanan, kardio, dan flesksibilitas atau kelenturan.

Tak heran jika penari pole dance akan melakukan trik akrobatik, termasuk memanjat hingga mendorong tubuh di sekitar tiang. Pole dance bisa dilakukan siapa saja tanpa memandang usia, asalkan berlatih secara giat demi mencapai kondisi terbaik dalam latihan.3.

  • Mempromosikan body positivity Saat berlatih pole dance, bagian tubuh termasuk kaki, lengan, dan perut harus terbuka untuk memegang tiang dengan aman.
  • Ada beberapa gerakan berputar, pose, dan gerakan lantai dengan fokus pada gerakan secara keseluruhan.
  • Ebanyakan penari tiang baru dengan cepat menemukan bahwa mereka bersenang-senang tanpa mengkhawatirkan penampilan.

Fokus menjadi beralih pada gerakan pada tiang yang terasa membebaskan dan dapat membangun kepercayaan diri. Baca Juga: Praktis, Ini 5 Channel Youtube Olahraga untuk Perempuan di Rumah 4. Perlu dilakukan dengan instruktur profesional Meski pole dance menyenangkan, tapi olahraga atletik yang melibatkan banyak tantangan otot ini tidak bisa dianggap enteng.

Tak sedikit orang yang mengalami cedera, seperti memar dan nyeri bahu atau punggung, saat latihan awal karena teknik yang tidak tepat atau overtraining. Oleh karena itu, penting untuk belajar langsung dari instruktur pole dance demi memperoleh pembelajaran khusus dan menghindari cedera.5. Pole dance untuk healing Selain menyehatkan, pole dance juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental.

Salah satunya adalah pole dance bisa digunakan untuk healing atau menyembuhkan secara emosional. Pole dance bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan emosi dan merayakan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, enari di tiang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan endorfin, yaitu hormon penghilang rasa sakit.

You might be interested:  Jadwal Pertandingan Sepak Bola Euro 2020?

Apa itu soft ball?

Sofbol

Induk organisasi International Softball Federation
Pertama dimainkan Amerika Serikat, 1887
Karakteristik
Anggota tim 9 orang per tim

Suasana sebuah pertandingan sofbol di Jerman. Sofbol ( bahasa Inggris : Softball ) adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan sofbol lahir di Chicago, diciptakan oleh George Hancock di perumahan gardenia pada tahun 1887, Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol atau hardball,

Apa peralatan softball?

adjar.id – Ada sejumlah perlengkapan yang diperlukan pada permainan softball, Permainan softball memerlukan beberapa perlengkapan seperti bola, bet atau pemukul, glove, dan sebagainya. Semua perlengkapan tersebut memiliki fungsinya masing-masing, Adjarian.

  • Nah, berikut beberapa perlengkapan dalam permainan softball, materi PJOK kelas X.
  • Setiap perlengkapan pada permainan softball memiliki fungsi dan spesifikasi tersendiri.” Perlengkapan Permainan Softball 1.
  • Lapangan Permainan Softball Lapangan permainan softball berbentuk bujur sangkar dengan ukuran panjang 18,30 m.

Lapangan untuk putra dan putri bentuknya sama, Adjarian. Nah, yang membedakan adalah jarak pitcher plate ke home base. Jaraknya pada lapangan putra adalah 46 ft atau 14,03 m, sedangkan pada lapangan putri adalah 40 ft atau 12,2 m. Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Servis Bawah pada Olahraga Voli? 2.

Home Plate Home plate pada langan softball b erbentuk segi lima dan terbuat dari karet.3. Base atau Tempat Hinggap Base pada permainan ini ada empat, yaitu base ke 1, ke 2, ke 3 dan home base. Bentuknya adalah bujur sangkar dan terbuat dari karet, Adjarian.4. Sarung Tangan (Glove) Sarung tangan dalam permainan softball t erbuat dari kulit dan dipakai oleh pemain penjaga.

Nah, semua pemain penjaga memakai glove yang terbagi menjadi tiga macam, yaitu: – Finger glove : Glove yang dipakai semua pemain lapangan – Catcher glove : Glove yang dipakai oleh catcher – First base mills : Glove yang dipakai penjaga base pertama Baca Juga: Aturan Permainan Bola Basket Menggunakan Setengah Lapangan 5.

Bola Bola softball terbuat dari kulit yang di dalamnya terdiri dari campuran gabus dan karet.6. Stick atau Alat Pemukul Alat pemukul terbuat dari kayu atau bahan lain yang diperkenankan, seperti aluminium, plastik, karbon, atau fiber glass,7. Pakaian – Wasit menggunakan pakaian berwarna berwarna biru laut dan celana biru tua.

– Pemain menggunakan celana panjang dan kaus dengan dilengkapi nomor dada dan nomor punggung. – Masker pelindung harus digunakan catcher sewaktu pitcher atau melemparkan bola kepada batter. – Body protector dipakai terutama oleh catcher putri, sedangkan putra tidak memakainya.

Coba Jawab!
Ada berapa base pada permainan softball ?
Petunjuk: Cek halaman 2.

Tongkat baseball terbuat dari apa?

Stick Baseball Bat ini cocok untuk pelatihan bisbol atau bisa juga jadi barang koleksi, atau bahkan bisa juga ditempatkan di rumah atau kendaraan dan digunakan untuk pertahanan diri. Stick Baseball Bat ini terbuat dari bahan keras paduan aluminium, kekerasan tinggi, Tidak mudah cacat, ringan dan mudah untuk mengontrol.

  1. Stick Baseball Bat ini pilihan yang cocok untuk berlatih bisbol, kualitas tinggi tahan aus dan pada gagangnya anti slip grip karet.
  2. Dapat mencegah tergelincir ketika anda melakukan kesalahan dalam posisi memukul.
  3. SPEC: * Panjang: Sekitar 70cm (28″) * Diameter tongkat: sekitar 5cm * Diameter pegangan: sekitar 2.7cm * Bahan: Aluminium alloy.

Tersedia warna Biru Merah Hitam Gold Note: Walaupun bahannya kuat dan kokoh tapi tongkat ini ringan karna terbuat dari Aluminium Alloy, beratnya hanya 450gram tapi jika dipacking menjadi 1,3kg dengan hitungan volume karna bentuknya yang panjang.

Apa yang dimaksud dengan tim pemukul?

Regu pemukul ialah regu yang mempunyai kesempatan dulu untuk memukul bola terlebih dahulu. Regu penjaga ialah regu yang bertugas menjaga pukulan dari regu pemukul di lapangan permainan.

Apa nama lain dari permainan bola kasti?

Istilah-Istilah dalam Permainan Kasti yang Wajib Diketahui – Sportstars.Id Selasa, 25 Oktober 2022, 22:45 WIB Istilah-istilah dalam permainan kasti (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id) ISTILAH -istilah dalam akan dibahas dalam artikel ini, guna memberikan informasi kepada pembaca Sportstars.id ketika ingin melakukan permainan kasti.

Permainan kasti merupakan olahraga bola kecil yang dimainkan bersama tim yang mana masing-masing tim berisikan 12 orang pemain utama dan enam orang pemain cadangan. Permainan ini juga disebut sebagai miniatur permainan softball karena teknik dan strategi dua permainan ini memiliki kemiripan. Yang menjadi perbedaan permainan ini dengan softball adalah permainan ini tidak menggunakan sarung penangkap bola dan helm.

Permainan kasti ditemukan pada tahun 1744 di Inggris, menurut buku Little pocket-Book, Permainan ini pun memiliki peraturan yang diciptakan oleh William Clarke pada tahun 1828. Dalam permainan terdapat beberapa peraturan mengenai ukuran lapangan, wasit, jumlah pemain, waktu permainan, serta aturan memperoleh poin.

Apa kegunaan dari tongkat pemukul?

Jelaskan kegunaan tongkat pemukul dalam permainan kasti​ Jawaban: kegunaan tongkat pemukul dalam permainan kasti:pemukul digunakan untuk memukul bola dalam permainan.Dalam permainan ini, kippers pemukul bertugas sekaligus sebagai pelambung atau pelempar bola. Penjelasan: semoga membantu

Jawaban: untuk memukul bola yang dilambungkan. Penjelasan:

se moga bermanfaat ya,,

Apa nama olahraga di tiang?

Parapuan.co – Kawan Puan, apakah kamu tertarik ingin mencoba olahraga pole dance, seperti yang dilakukan Prilly Latuconsina? Seperti diketahui, pole dance atau tari tiang adalah jenis olahraga senam yang menggunakan sarana tiang sebagai tumpuan tubuh saat bergerak.

Arena bertumpu dapa satu tiang, olahraga ini melibatkan seluruh otot, sehingga lebih efektif untuk membakar lemak. Selain itu, pole dance juga dikenal sebagai olahraga yang menggabungkan kekuatan dan keanggunan gerakan. Sebelum mencoba olahraga satu ini, simak dulu yuk fakta menarik pole dance yang perlu kamu ketahui, seperti yang dikutip dari Mind Body Green berikut! 1.

Jenis pole dance Meski belum ada penyebutannya, menurut Irmingard Mayer selaku instruktur pole dance di Kota New York, ada berbagai jenis pole dance yang menggabungkan olahraga dan seni. Pertama, pole dance yang menggunakan trik akrobatik dan menampilkan kekuatan otot yang tak terduga.

  • Edua, pole dance yang dilakukan tanpa alas kaki dan menggabungkan tarian modern, alat peraga, serta kostum.
  • Etiga, pole dance yang dipraktekkan dengan pose-pose tertentu sambil memakai sepatu hak tinggi.
  • Baca Juga: Mengenal Aerobik dan Berbagai Manfaatnya, Salah Satunya Turunkan Tekanan Darah 2.
  • Pole dance bisa dilakukan siapa saja Kawan Pua, selain seluruh otot, olahraga ini merupakan latihan seluruh tubuh yang melibatkan ketahanan, kardio, dan flesksibilitas atau kelenturan.

Tak heran jika penari pole dance akan melakukan trik akrobatik, termasuk memanjat hingga mendorong tubuh di sekitar tiang. Pole dance bisa dilakukan siapa saja tanpa memandang usia, asalkan berlatih secara giat demi mencapai kondisi terbaik dalam latihan.3.

  1. Mempromosikan body positivity Saat berlatih pole dance, bagian tubuh termasuk kaki, lengan, dan perut harus terbuka untuk memegang tiang dengan aman.
  2. Ada beberapa gerakan berputar, pose, dan gerakan lantai dengan fokus pada gerakan secara keseluruhan.
  3. Ebanyakan penari tiang baru dengan cepat menemukan bahwa mereka bersenang-senang tanpa mengkhawatirkan penampilan.

Fokus menjadi beralih pada gerakan pada tiang yang terasa membebaskan dan dapat membangun kepercayaan diri. Baca Juga: Praktis, Ini 5 Channel Youtube Olahraga untuk Perempuan di Rumah 4. Perlu dilakukan dengan instruktur profesional Meski pole dance menyenangkan, tapi olahraga atletik yang melibatkan banyak tantangan otot ini tidak bisa dianggap enteng.

  1. Tak sedikit orang yang mengalami cedera, seperti memar dan nyeri bahu atau punggung, saat latihan awal karena teknik yang tidak tepat atau overtraining.
  2. Oleh karena itu, penting untuk belajar langsung dari instruktur pole dance demi memperoleh pembelajaran khusus dan menghindari cedera.5.
  3. Pole dance untuk healing Selain menyehatkan, pole dance juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental.

Salah satunya adalah pole dance bisa digunakan untuk healing atau menyembuhkan secara emosional. Pole dance bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan emosi dan merayakan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, enari di tiang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan endorfin, yaitu hormon penghilang rasa sakit.

Apa nama dari pemukul di olahraga tenis meja?

Alat pemukul dalam tenis meja dikenal dengan nama Bet. Alat ini terbuat dari kayu dan pada bagian kepala atau blade dilapisi oleh karet berwarna dan hitam. Tujuannya adalah agar mendapatkan pantulan bola yang dapat melewati net ketika bola dipukul.

Apakah tongkat pemukul digunakan untuk tolak peluru?

Penjelasan: Karena tongkat pemukul bukan peralatan tolak peluru.

Related Post