Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Reaksi Adalah?

Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Reaksi Adalah?

Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Reaksi Adalah
Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Reaksi Adalah Foto oleh Yan Krukov dari Pexels Ketahui komponen-komponen kebugaran jasmani. Bobo.id – Komponen-komponen kebugaran jasmani ada beberapa macam dan bisa disesuaikan dengan tubuh kamu. Kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan tubuh untuk menghadapi beban fisik tapi tidak menyebabkan kelelahan pada tubuh.

Kalau tubuh kamu terasa bugar, tentunya aktivitas sehari-hari pun menjadi lebih ringan dan tubuh tidak mudah kecapekan. Selain itu kebugaran jasmani juga membuat tubuh kita lebih sehat dengan menurunkan risiko penyakit, seperti kegemukan, jantung, dan diabetes. Jadi, semakin sering melakukan latihan kebugaran tubuh akan membuat badan tidak mudah lelah dan daya tahan tubuh meningkat.

Untuk bisa melakukan kebugaran jasmani, kamu perlu mengetahui komponen-komponennya. Komponen tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu. Kebutuhan kebugaran jasmani setiap orang bisa berbeda-beda, disesuaikan dengan berat badan, tujuan, waktu, dan kesukaan.

Etahui lebih lanjut komponen-komponen kebugaran jasmani berikut ini. Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 3, Latihan Kebugaran Jasmani 1. Kekuatan ( Strength ) Kebugaran jasmani dengan kekuatan adalah kemampuan otot menerima suatu beban dengan berat tertentu. Bagian tubuh yang bisa dilatih dengan kekuatan ada otot perut, otot lengan dan otot kaki.

Berikut jenis-jenis latihan kebugaran jasmani untuk melatih kekuatan:

Sit up yaitu melatih kekuatan otot perut. Squat jump yaitu melatih kekuatan otot tungkai kaki dan perut. Push up yaitu melatih kekuatan otot lengan. Back up yaitu melatih otot perut.

2. Daya Tahan ( Endurance ) Kebugaran jasmani dengan daya tahan adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melatih jantung, paru-paru, sistem pernapasan dan sistem peredaran darahnya agar bisa bekerja lebih optimal. Latihan kebugaran jasmani jenis ini tidak terlalu berat dibandingkan dengan melatih kekuatan. Foto oleh Luna Lovegood dari Pexels Kebugaran jasmani dengan melompat bisa tingkatkan daya otot agar lebih kuat. Kebugaran jasmani dengan daya otot adalah kemampuan tubuh seseorang untuk menggunakan kekuatannya sampai optimal dalam waktu singkat. Berikut jenis-jenis latihan kebugaran jasmani untuk melatih daya otot:

Vertical jump yaitu gerakan meloncat ke atas dan dapat melatih daya otot tungkai kaki. Front jump yaitu gerakan meloncat ke depan dan dapat melatih daya otot tungkai kaki. Side jump yaitu gerakan melompat ke samping dan dapat melatih daya otot tungkai.

You might be interested:  Ukuran Panjang Bet Tenis Meja Yaitu?

4. Kecepatan ( Speed ) Kebugaran jasmani dengan kecepatan adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan gerakan secara terus-menerus dalam gerakan yang sama dengan waktu yang singkat. Kamu bisa melatih kecepatan dengan melakukan olahraga lari pendek yang mempunyai jarak 100 sampai 200 meter.

Baca Juga: Apa Itu Olahraga Meditasi? Ketahui Juga 7 Jenis Meditasi bagi Pemula 5. Koordinasi ( Coordination ) Kebugaran jasmani dengan koordinasi adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan berbagai macam gerakan yang berbeda-beda dan menggerakkan bagian-bagian tubuh dengan beraturan. Kamu bisa mencoba olahraga koordinasi ini dengan cara memantulkan bola ke tembok.

Lemparlah pertama menggunakan tangan tangan dan menangkapnya menggunakan tangan kiri dan sebaliknya. Lakukan, gerakan ini secara berulang kali.6. Keseimbangan ( Balance ) Kebugaran jasmani dengan keseimbangan adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan yang bisa menyeimbangkan tubuh.

Panahan Bowling Sepak bola Basket Kasti Hockey

8. Reaksi ( Reaction ) Kebugaran jasmani dengan reaksi adalah kemampuan seseorang untuk segera mereaksi atau menanggapi rangsangan yang ditangkap oleh indra tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga seperti bola voli, sepak bola, dan tenis meja. Baca Juga: Hindari Virus dan Bakteri di Udara, Ini 6 Cara Bersihkan Udara Ruangan 9.

Daya lentur ( Flexibility ) Kebugaran jasmani dengan daya lentur adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan penyesuaian dengan cara melenturkan tubuh dan terhindar dari cedera. Latihan ini selain bisa membaut tubuh lebih bugar, juga bisa mengurangi risiko terkena cedera ketika sedang beraktivitas.

Kamu bisa melatih daya lentur dengan melakukan olahraga senam, yoga, dan renang.10. Kelincahan ( Agility ) Kebugaran jasmani dengan kelincahan adalah kemampuan tubuh seseorang untuk mengubah posisi dengan cepat. Kamu bisa melatih kelincahan dengan melakukan olahraga tenis, bulutangkis, dan sepak takraw. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Contents

You might be interested:  Apa Tujuan Diadakannya Pesta Olahraga Sea Games?

Apa itu reaksi dalam olahraga bola basket?

10. Reaksi ( Reaction ) – Reaksi adalah adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak dan menanggapi suatu gerakan, rangsangan, maupun stimulus yang ditangkap oleh indera. Unsur kebugaran jasmani reaksi bisa ditingkatkan salah satunya dengan olahraga bola basket yang di dalamnya terdapat gerakan melempar dan menangkap bola.

  • Dari 10 komponen kebugaran jasmani di atas, ada enam unsur yang tergabung dalam kategori keterampilan.
  • Adapun kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan adalah daya ledak, kecepatan, kelincahan, koordinasi, kecepatan, reaksi dan keseimbangan.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan reaksi?

10. Reaksi (Reaction) – Reaksi adalah suatu kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan atau tindakan yang menanggapi hal yang telah dirangsang oleh indra. Untuk melatih reaksi kamu dapat melakukan latihan olahraga dengan cara tangkap bola. Dengan melatih reaksi kamu akan mengalami peningkatan perasaan terhadap reaksi yang akan kamu rasakan saat kamu sedang melakukan kegiatan kebugaran jasmani.

Apa itu daya tahan dalam olahraga?

Pengertian Daya Tahan dalam Olahraga – Daya tahan tubuh sering dikenal dengan istilah sistem imun yang penting untuk dijaga agar Anda selalu sehat dan dapat beraktivitas dengan lancar. Caranya bisa dengan melakukan olahraga rutin. Daya tahan dalam olahraga merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang agar selalu fit saat melakukan gerakan-gerakan dalam tempo lambat maupun sangat cepat.

Mengapa olahraga penting untuk menjaga kesehatan?

KOMPAS.com – Kita semua tahu, olahraga penting untuk menjaga kesehatan, apalagi seiring bertambahnya usia. Namun, tidak semua olahraga diciptakan sama. Penting untuk menekankan jenis olahraga tertentu di atas yang lain jika tujuan kita adalah memaksimalkan kesehatan, umur panjang, dan kemandirian hidup.

You might be interested:  Jadwal Olahraga Yang Baik Dalam Seminggu?

Apa itu reaksi dalam olahraga bola basket?

10. Reaksi ( Reaction ) – Reaksi adalah adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak dan menanggapi suatu gerakan, rangsangan, maupun stimulus yang ditangkap oleh indera. Unsur kebugaran jasmani reaksi bisa ditingkatkan salah satunya dengan olahraga bola basket yang di dalamnya terdapat gerakan melempar dan menangkap bola.

Dari 10 komponen kebugaran jasmani di atas, ada enam unsur yang tergabung dalam kategori keterampilan. Adapun kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan adalah daya ledak, kecepatan, kelincahan, koordinasi, kecepatan, reaksi dan keseimbangan. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan reaksi?

10. Komponen Reaksi – Olahraga Yang Membutuhkan Komponen Reaksi Adalah (credit: freepik.com) Reaksi merupakan kemampuan tubuh untuk bertindak dan menanggapi rangsangan tertentu yang tertangkap oleh indra. Dalam hal ini reaksi termasuk komponen kebugaran jasmani yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh terhadap rangsangan tertentu dalam latihan fisik.

Apa fungsi kekuatan dalam olahraga?

Daya Tahan (Endurance) – Endurance atau daya tahan adalah kemampuan seseorang melaksanakan gerak dengan seluruh tubuhnya dalam waktu yang cukup lama dan dengan tempo sedang sampai cepat tanpa mengalami rasa sakit dan kelelahan berat. Kemampuan otot untuk melakukan kerja terus menerus adalah sangat penting dalam aktivitas olahraga karena secara tidak langsung merupakan daya untuk dapat mengatasi kelelahan otot.

  • Mengapa kekuatan sangat penting dalam aktivitas olahraga?

    Latihan endurance pada umumnya (cardiorespiratory endurance) –

Cordiorespiratory endurance merupakan latihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan seluruh tubuh untuk selalu bergerak dalam tempo sedang sampai cepat yang cukup lama. Contoh: berlari, berenang, dan bersepeda. Daya tahan kardiovaskuler adalah faktor utama dalam kesegaran jasmani.

  1. Joging
  2. Berjalan
  3. Bersepeda
  4. Gerakan naik turun tangga
  5. Berenang

Related Post