Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Pukulan Yang Arahnya Kok Mendatar Dinamakan Pukulan?

Pukulan Yang Arahnya Kok Mendatar Dinamakan Pukulan?

Pukulan Yang Arahnya Kok Mendatar Dinamakan Pukulan
Pukulan Mendatar – Pukulan mendatar disebut juga dengan drive adalah pukulan cepat dengan cara menerbangkan shuttlecock secara datar, melewati net dan masuk di area lawan. Cara melakukannya: Ada tiga macam pukulan drive yang biasa pemain bulu tangkis lakukan, yaitu: drive panjang, drive setengah lapangan, dan drive pendek.

Drive Panjang

Mengarahkan shuttlecock ke area belakang lapangan lawan. Pukulan ini bertujuan untuk mendesak posisi lawan supaya tertekan ke arah belakang.

Drive Setengah Lapangan

Pukulan yang dilakukan untuk menjatuhkan shuttlecock ke arah tengah, tepatnya di bagian samping lapangan lawan. Drive setengah lapangan berguna mendorong lawan untuk ke samping tengah dan posisinya dapat tergoyahkan.

Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dalam bulu tangkis dimana posisi kaki kanan didepan dinamakan?

Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan pukulan Drive. Pada permainan bulu tangkis, pukulan drive digunakan untuk menekan lawan atau tidak memberikan kesempatan pada lawan untuk mendapatkan shuttlecock yang melambung.

Teknik dasar permainan bulu tangkis dimana melakukan pukulan bola lurus datar disebut dengan istilah?

Pembahasan – Berikut penjelasan dari jenis-jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis.

  1. Pukulan servis. Pukulan servis adalah pukulan yang dilakukan di awal pertandingan sebagai tanda dimulainya permainan. Pukulan servis terdiri dari tiga macam, yakni servis panjang, servis pendek, dan flick servis.
  2. Pukulan lob. Pukulan lob adalah pukulan yang dilakukan untuk melambungkan bola tinggi, agar jatuh di belakang area permainan lawan. Pukulan lob terdiri dari dua macam, yakni lob serang dan lob tangkisan.
  3. Pukulan smash. Pukulan smash adalah pukulan yang dilakukan dengan keras dan arah bola atau shuttlecock yang menukik tajam.
  4. Pukulan dropshot. Pukulan dropshot merupakan pukulan tipuan yang dilakukan dengan gerakan seperti melakukan pukulan smash. Namun ketika bola atau shuttlecock menyentuh raket, sentuhan yang dilakukan adalah sentuhan kecil dan lembut, agar bola jatuh dekat dengan net.
  5. Pukulan netting. Pukulan netting adalah pukulan yang dilakukan secara halus dan pelan di dekat net, agar bola jatuh di dekat net di area permainan lawan.
  6. Pukulan drive. Pukulan drive adalah pukulan yang dilakukan dengan cepat. Arah bola dari pukulan drive adalah lurus dan sedekat mungkin dengan tinggi net.

Pukulan net adalah pukulan dimana kok?

Netting adalah jenis pukulan yang dilakukan di dekat net yang dipukul dengan sentuhan halus namun akurat. Tujuan dilakukan netting adalah supaya shuttlecock yang jatuh di bidang lawan jatuh sedekat mungkin dekat net. Koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket dan shuttlecock saat perkenaan, dan tentunya konsentrasi saat memukul shuttlecock menjadi faktor penting.

  • Prinsip dasar saat akan melakukan netting: 1.
  • Pegang raket se-rileks mungkin 2.
  • Shuttlecock harus diambil di atas atau setinggi mungkin 3.
  • Usahakan laju shuttlecock serendah mungkin dengan bagian atas net 4.
  • Usahakan jatuhnya shuttlecock serapat/sedekat mungkin dengan net Cara latihan netting: – Berdirilah di belakang garis service kira-kira dua langkah dari jaring – Peganglah raket se-rileks mungkin – Kejarlah shutlecock yang datang di depan jaring – Posisi kaki kanan selalu berada di depan baik saat melakukan netting dengan forehand ataupun netting dengan backhand.

– Agar netting lebih tipis bergulir di bidang lawan, sesaat sebelum shuttlecock tersentuh, buat tarikan kecil – Secara simultan dan bergantian arah dan sasaran pukulan bisa berbentuk lurus, silang di depan net atau bisa juga mendorong shuttlecock ke arah belakang.

Apa yang dimaksud dengan pukulan backhand?

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Ada banyak jenis pukulan dalam bulu tangkis yang harus dikuasai. Simak penjelasan mengenai berbagai teknik pukulan dalam bulu tangkis dalam artikel ini.

SKOR.id – Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Soal prestasi, tidak perlu ditanya. Sejauh ini, cabang olahraga tersebut adalah satu-satunya penyumbang emas bagi Indonesia di Olimpiade. Tak cuma soal prestasi, bulu tangkis juga adalah olahraga yang kerap dimainkan orang dewasa hingga anak-anak di kompleks perumahan dan perkampungan.

  1. Bahkan tak jarang ada kejuaraan bulu tangkis antarkampung (tarkam) yang menyediakan hadiah uang cukup besar.
  2. Agar bisa mahir bermain bulu tangkis, Skorer tentu harus mengenal jenis-jenis pukulan pada olahraga yang lahir di Inggris tersebut.
  3. Berikut beberapa teknik pukulan dalam bulu tangkis: Backhand Backhand merupakan teknik pukulan yang mempunyai tumpuan utama pada gerakan pergelangan tangan, sehingga memberi dorongan maksimal ketika mengayunkan raket.

Dalam pemilihan raket, juga menentukan nyaman atau tidaknya bermain. Raket pun ada berbagai macam pilihan, yakni raket untuk dewasa dan juga raket anak-anak, yang tersedia di Decathlon, Dalam teknik backhand, punggung tangan menghadap ke shuttlecock,

You might be interested:  Sejarah Permainan Sepak Bola Secara Singkat?

Posisi ibu jari mengikuti arah raket, 90 derajat berbeda dengan telunjuk. Di sisi lain, bentuk pukulan backhand juga bisa dilakukan dengan menggerakkan badan membelakangi net atau lawan. Cara tersebut dimaksudkan untuk mengejar arah jatuhnya shuttlecock, yang melewati jangkauan lengan ketika hendak dipukul.

Sehingga, pukulan yang dilakukan dengan posisi membelakangi lawan adalah variasi dari teknik backhand dalam bulu tangkis. Forehand Forehand adalah teknik pukulan yang menggunakan telapak tangan bagian depan yang menghadap ke net, dengan mengayunkan raket dari belakang badan sementara telapak tangan berada di hadapan kok atau shuttlecock,

Ok dalam permainan bulu tangkis juga menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus diperhatikan. Shuttlecock yang berkualitas, pastinya akan menambah kesempurnaan dalam bermain. Teknik pukulan forehand sering biasanya dilakukan untuk mengajak lawan bermain reli alias kerap mengarahkan shuttlecock ke titik terjauh garis permainan lawan.

Netting Netting adalah teknik pukulan yang menempatkan shuttlecock di dekat net dengan sentuhan halus dan lembut. Pemain harus rileks untuk melakukannya. Net yang digunakan pun juga harus sesuai standar. Meski tidak keras, namun teknik ini kerap menjadi senjata untuk para pemain menghasilkan poin.

  1. Arena biasanya lawan terkecoh ataupun sulit untuk mengembalikan shuttlecock,
  2. Dropshot Dropshot adalah teknik pukulan yang dilakukan seperti smash,
  3. Jika smash dilakukan dengan kekuatan penuh, dropshot hanya dipukul dengan dorongan atau sentuhan halus untuk mengecoh lawan.
  4. Pukulan ini bertujuan untuk menempatkan shuttlecock dekat dengan garis net.

Shutttlecock sendiri cenderung rendah dekat dengan bibir net. Gerak tipu dalam pergerakan badan juga bisa menghasilkan dropshot yang mematikan lantaran mengecoh lawan. ​​ Drive Untuk pukulan drive, gerakan shuttlecock mendatar, ketinggiannya menyusur di atas net, dan terbangnya sejajar dengan lantai.

Pukulan ini umumnya diarahkan ke samping kiri atau kanan lawan yang bisa dilakukan dengan teknik forehand maupun backhand, Smash Smash merupakan salah satu senjata yang paling diandalkan untuk mematikan lawan dalam permainan bulu tangkis. Pukulan ini dapat dilakukan secara tepat apabila shuttlecock berada di depan atas kepala, lalu kemudian dipukul secara keras dan tajam ke bawah menukik ke bidang lapangan.

Untuk menerapkan teknik ini dibutuhkan kekuatan otot bahu dan lengan sebagai modal utama mendapatkan karakter cepat dari kok saat melaju ke arah lawan. Ada empat jenis pukulan smash, Mulai dari smash penuh (dilakukan dengan daun raket sepenuhnya dan menggunakan kekuatan maksimal), smash potong (pukulan kurang begitu kencang dan tidak menggunakan tenaga penuh.

Kemudian ada jenis smash the head smash (pukulan pada posisi tertentu lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke posisi backhand atau pengembalian servis ke arah bagian kiri lapangan), serta backhand smash (memukul bola yang dekat di atas kepala dan sisi berlawanan dengan tangan yang memegang raket).

Lob Adapun untuk lob, pukulan yang menerbangkan shuttlecock dengan tinggi dan mengarah jauh ke garis lapangan bagian belakang. Lob bisa digunakan baik untuk menyerang maupun bertahan. Yang jelas, setelah melakukan lob, pemain harus bergerak ke tengah. Untuk sektor ganda, posisi kedua pemain harus sejajar jika salah satu melepas lob ke lapangan lawan.

Apa itu teknik Push?

KOMPAS.com – Teknik pukulan push dalam permainan tenis meja memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah membuat bola tidak melambung terlalu tinggi. Pukulan push atau push stroke merupakan salah satu teknik memukul bola dalam permainan tenis meja,

Push dianggap sebagai teknik pukulan yang paling sederhana dan mudah. Dilansir dari situs web Pingpong Fandom, pengertian pukulan push dalam permainan tenis meja adalah teknik memukul bola dengan cara mendorong bola. Baca juga: Kombinasi Gerakan Melempar dan Memukul Bola dalam Permainan Tenis Meja Nama lain teknik pukulan push adalah slice,

Adapun ketika melakukan pukulan push, posisi bet adalah terbuka.

Drive pukulan apa?

Cara Melakukan Pukulan Drive – Pukulan drive kerap dilakukan oleh pemain bulu tangkis untuk mencetak poin. Sebab, teknik pukulan tersebut akan membuat laju shuttlecock sulit ditebak oleh pemain lawan. Baca juga: Gabungan 2 Teknik Dasar atau Lebih dalam Permainan Bulu Tangkis Adapun, pukulan drive yang benar pada permainan bulu tangkis adalah dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar yang ketinggiannya menyusur di atas net dan dan penerbangannya sejajar dengan lantai,

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara melakukan pukulan drive pada permainan bulu tangkis.1, Peganglah raket seperti akan melakukan pukulan forehand atau segera putarlah raket ke posisi hendak memukul backhand jika akan melakukan drive backhand,2, Posisi kaki saat melakukan pukulan drive adalah ke arah sideline,

Baca juga: Macam-macam Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis 3, Gerakkanlah raket secara backswing, sejajar dengan lanatai dan telapak tangan.4, Gunakanlah unsur berat badan pada saat mengayunkan lengan ke depan.5, Pukullah shuttlecock dengan posisi di depan raket.6,

Apa itu teknik pukulan swing?

Teknik Pukulan Swing dalam Permainan Softball – Pukulan swing atau yang biasa disebut dengan pukulan ayunan merupakan pukulan yang dilakukan dengan menggerakkan alat pemukul ke arah bola ke depan dengan kekuatan penuh, agar bola yang dipukul dengan teknik ini akan terlempar jauh, bahkan terjatuh di luar lapangan. Baca Juga : Untuk melakukan pukulan swing, pemukul harus melakukan beberapa hal, antara lain konsentrasi, memegang tongkat pemukul dengan erat, dan pandangan fokus ke arah pelempar bola. Secara teknis, memukul bola dengan teknik swing harus dilakukan dengan konsentrasi yang tinggi terhadap bola yang dilambungkan atau dilemparkan oleh pitcher.

You might be interested:  Apa Itu Kartu Kuning Sepak Bola?

Bagaimana cara memukul kok secara backhand?

Cara Melakukan Pukulan Backhand pada Bulu Tangkis – Baca juga: Perbedaan Forehand dan Backhand dalam Bulu Tangkis Dikutip dari laman resmi PB Djarum, berikut cara melakukan pukulan backhand pada bulu tangkis:

Lakukan posisi siap dengan posisi raket di tangan. Putar badan, dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang kiri. Lutut dan siku kanan agak bengkok. Rangkaian memukul mulai dari mengayunkan raket (siku ke dekat ketiak) dorong dengan pinggang dan siku menjadi lurus. Gerakan diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan. Cara kedua, rangkaian pukulan di atas (No.3) bisa dilakukan sambil melangkahkan kaki kanan, lalu ayun raket. Kaki kanan sudah mendarat pada saat bola dipukul.

Baca juga: Cara Memegang Raket dengan Teknik Backhand Grip

Apakah yang dimaksud dengan pukulan overhead?

Pukulan overhead lob adalah pukulan yang dilakukan di atas kepala untuk melambungkan shuttlecock yang sangat tinggi kebelakang pemain lawan.

Apa itu dropshot dan netting?

Perbedaan Pukulan Netting dan Dropshot Dalam Bulu Tangkis Jum’at, 31 Desember 2021, 17:15 WIB Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie (Foto: Badminton Photo) PERBEDAAN dan dropshot menjadi hal dasar yang harus dipahami dalam olahraga, Meski sama-sama bertujuan untuk mematikan lawan, namun netting dan dropshot sebenarnya merupakan teknik pukulan yang berbeda. Pukulan Yang Arahnya Kok Mendatar Dinamakan Pukulan Berikut penjelasan lebih lanjut terkait perbedaan pukulan netting dan dropshot dalam bulu tangkis dikutip dari PBJarum.org, Jumat (31/12/2021). Pukulan Netting Baca Juga : Pukulan Yang Arahnya Kok Mendatar Dinamakan Pukulan Netting merupakan jenis pukulan yang dilakukan di dekat net. Pada netting, shuttlecock dipukul dengan sentuhan yang halus namun akurat. Koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket dan shuttlecock sangat penting. Kekuatan saat mengarahkan shuttlecock juga menjadi faktor penting dalam pelaksanaan jenis serangan ini.

4. Usahakan jatuhnya shuttlecock serapat/sedekat mungkin dengan netFollow Berita Sportstars di

: Perbedaan Pukulan Netting dan Dropshot Dalam Bulu Tangkis

Jelaskan apa itu pukulan lob dan drive?

2. Pukulan lob, tujuannya pukulan dari bawah kepala atau atas kepala untuk pertahanan maupun penyerangan. Pukulan ini dibagi dalam 2 jenis yaitu lob serang dan lob penangkis.3. Pukulan drive, tujuannya menekan lawan agar tidak memperoleh kesempatan menyerang dengan pukulan 𝘰𝘷𝘦𝘳𝘩𝘦𝘢𝘥.

Apakah perbedaan antara jenis pukulan forehand dan backhand?

Perbedaan Pukulan Forehand dan Backhand Terletak pada Posisi Tangan. Perbedaan pukulan forehand dan backhand terletak pada posisi tangan terhadap arah pukulan. Pada pukulan backhand punggung tangan menghadap ke arah pukulan, sedangkan pukulan forehand punggung tangan membelakangi arah pukulan.

Apa itu pukulan overhand?

Pukulan overhead lob adalah pukulan yang dilakukan di atas kepala untuk melambungkan shuttlecock yang sangat tinggi kebelakang pemain lawan.

Apa yang dimaksud dengan pukulan drop shot dalam permainan bulutangkis?

Dari pengertian di atas pukulan dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan menempatkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net dan secepat rnungkin pada lapangan lawan.

Apa yang akan terjadi apabila shuttlecock menyentuh bagian badan salah satu pemain?

4 Peraturan dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Diketahui – Ragam Bola.com Ilustrasi sevice bulutangkis. (Gambar oleh Vlad Vasnetsov dari Pixabay) Bola.com, Jakarta – merupakan satu di antara cabang olahraga yang kerap mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

  1. Sederet atlet-atlet tepuk bulu Tanah Air silih berganti memenangi kejuaraan internasional.
  2. Mulai dikenal masyarakat Indonesia pada 1930-an.
  3. Pada masa tersebut, olahraga ini bernaung dibawah perkumpulan yang diberi nama Ikatan Sport Indonesia (ISI).
  4. Bulutangkis atau yang biasa juga disebut badminton, adalah satu di antara olahraga permainan yang membutuhkan raket dan shuttlecock untuk memainkannya.

Bulutangkis dapat dilakukan secara tunggal atau ganda. Olahraga bulutangkis memang mirip dengan olahraga tenis. Namun, bedanya olahraga ini tidak menggunakan lapangan sebesar tenis, dilakukan secara indoor, dan lapangannya adalah lapangan non-rumput. Raket dan bola yang digunakan juga berbeda.

Walau, gerakan tenis dan bulu tangkis hampir sama, yaitu menangkis dan memukul bola ke arah permainan lawan untuk mendapatkan poin kemenangan. Namun, para pemain bulutangkis tak hanya bermain menangkis dan memukul semata. Ada beberapa peraturan yang perlu ditaati agar permainan enak ditonton. Peraturan permainan telah ditetapkan oleh induk organisasi bulutangkis Internasional atau BWF.

Berikut peraturan dalam permainan bulutangkis yang perlu diketahui, dikutip dari laman Gurupenjaskes, Selasa (8/12/2020). Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie mencoba menahan kok dari pemain India, Prannoy Haseena Sunil Kumar pada perempat final Bulutangkis Beregu Putra Asian Games 2018 di Jakarta, Senin (20/8).

Dalam permainan bulutangkis dalam nomor ganda atau tunggal, terdiri atas 21 angka. Misalnya saja kedua pihak dapat angka sama, yaitu 20-20, maka selisih poin harus 2. Misalkan Anda meraih angka 21 terlebih dahulu dan lawan Anda mendapat angka 20, Anda belum keluar sebagai pemenang. Anda akan menjadi pemenang jika selisih angka Anda dan tim lawan adalah 2, menjadi 22-20. Angka maksimal tiap game adalah 30. Untuk itulah apabila terjadi poin 29-29, maka pemenangnya adalah pemain yang terlebih dulu mencapai angka 30. Permainan dalam olahraga bulutangkis, nomor tunggal maupun nomor ganda, terdiri dari 2 set. Jika tim Anda memenangkan 2 set langsung, maka tidak akan ada tambahan set ketiga. Jika tim Anda menang pada set pertama dan kalah pada set kedua, maka ada tambahan satu set yang biasa disebut rubber game. Set ketiga adalah set penentuan di mana yang menang pada set ketiga berarti keluar sebagai pemenangnya.

You might be interested:  No Punggung Sepak Bola Yang Bagus?

Aksi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pada semifinal All England 2020, Sabtu (14/3/2020). (PBSI) Beberapa peraturan dalam olahraga bulutangkis nomor pertandingan ganda adalah sebagai berikut:

Sebelum pertandingan dimulai, telah ditetapkan pihak mana yang akan melakukan servis pertama kali. Pemain di bidang servis kanan akan memulai pukulan servis ke arah lawan yang berdiri secara diagonal di hadapannya. Pukulan servis pertama yang dilakukan selalu dilakukan dari bidang servis kanan.

Hanya pemain yang menjadi berdiri secara diagonal di hadapan pemain yang servis, yang dapat menerima bola atau shuttlecock. Jika shuttlecock hasil servis tersentuh atau dipukul oleh pemain pasangannya atau yang tidak berhadapan dengan si pemain yang melakukan servis, maka pihak yang servis mendapat angka.

Permainan akan melakukan servis dari atau menerima servis dari bidang servis kanan, hanya bila nilai pelaku servis adalah 0 atau angka genap pertandingan seperti nilai 2, 4, 6, dan seterusnya. Servis dilakukan dan diterima dari bidang servis kiri bila nilai pelaku servis merupakan angka ganjil seperti 1, 3, 5 dan seterusnya. Kedua pemain yang bermain akan mengubah bidang servis tempat masing-masing pemain itu berdiri setiap kali sebuah poin dihasilkan dalam setiap pertandingan.

Raja terakhir yang harus dihadapi Anthony Ginting untuk menjadi juara BWF World Tour 2019 adalah tunggal putra nomor satu dunia, Kento Momota. (AFP/Stringer) Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan pemain ketika melakukan servis. Kesalahan yang dilakukan pemain yang berada pada sisi dalam lapangan atau pemain yang melakukan servis akan menggagalkan servis yang dilakukannya dan akan menambah poin bagi tim lawan.

Ketika pemain melakukan servis, posisi shuttlecock pada saat disentuh raket berada di atas ketinggian pinggang dari pemain yang melakukan servis atau satu di antara bagian dari kepala raket berada pada posisi lebih tinggi dari satu di antara bagian tangan pelaku servis yang memegang raket ketika shuttlecock disentuh raket. Jika hal ini terjadi, service judge akan meneriakkan foul dan pemain lawan yang akan mendapatkan poin atau nilai. Saat pemain melakukan servis, shuttlecock jatuh ke bidang servis yang salah. Jatuhnya shuttlecock tidak berada di posisi yang berdiagonal dengan pemain yang melakukan servis; atau jatuh di depan garis servis pendek; atau jatuh di belakang garis servis panjang; atau jatuh di luar garis batas samping lapangan. Jika shuttlecock jatuh di depan garis servis pendek, pemain dapat membiarkan saja tanpa memukul shuttlecock. Jika shuttlecock keluar, poin akan didapatkan oleh pemain yang menerima servis tersebut. Kesalahan yang selanjutnya adalah kaki pelaku servis tidak berada dalam bidang servisnya, atau kaki penerima servis tidak berada dalam bidang servisnya yang terletak bersebarangan diagonal. Sebelum atau ketika melakukan servis, salah seorang pemain melakukan gerak tipu atau pura-pura atau secara sengaja mengejutkan lawannya dan memecahkan konsentrasi dari pemain yang lawannya, hal ini juga termasuk jenis pelanggaran. Pada servis atau sedang reli, shuttlecock mengenai badan pemain, jatuh ke luar lapangan dan mengenai net. Maka, ini termasuk kesalahan dan poin akan diberikan kepada tim lawan.

Aksi Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, pada perempat final Indonesia Masters 2020, Jumat (17/1/2020). (PBSI)

Shuttlecock yang sedang dalam permainan dipukul sebelum menyeberang ke sisi lapangan pihak yang melakukan pukulan. Biasanya hal ini terjadi ketika adu netting dengan bola yang tanggung dan cukup dekat dengan net. Jika bola tersebut belum masuk ke area permainan sendiri, bola tersebut tidak boleh dipukul. Jika shuttlecock masih di area permainan lawan dan sudah dipukul, akan terjadi foul dan lawan akan mendapatkan poin. Waktu shuttlecock dalam permainan, pemain menyentuh jaring atau tiang peyangga dengan raket, bagian tubuh, atau bajunya. Hal ini juga termasuk pelanggaran dan poin akan diberikan pada tim lawan. Kejadian shuttlecock dipukul dua kali berurutan atau peristiwa penempelan shuttlecock di raket saat pukulan dilakukan. Hal ini biasanya terjadi pada nomor ganda, jika shuttlecock sudah menyentuh pemain yang ada di depan, maka pemain belakang tidak boleh memukul shuttlecock lagi. Jika hal ini terjadi, akan foul dan poin akan diberikan pada tim lawan. Begitu juga jika shuttlecock telah mengenai badan satu pemain, maka pemain lain dalam tim tersebut tidak boleh memukul shuttlecock yang sudah menyentuh badan rekannya. Pemain diharuskan melakukan servis jika pemain lawan sudah siap memulai permainan. Penerima servis dianggap siap jika ia melakukan gerakan untuk menerima servis yang telah dibayangkan. Jika penerima servis belum siap, maka penerima tersebut dapat mengangkat tangan sebagai tanda bahwa dia belum siap menerima servis dari pemain lawannya. Pelaku dan penerima servis harus berdiri di dalam batas bidang servis masing-masing dan bagian dari kedua kaki pemain ini harus tetap bersentuhan dengan lantai, dalam posisi diam, hingga shuttlecock disentuh raket. Pemain yang melakukan dan menerima servis atau pemain lain dalam nomor ganda, tidak boleh melakukan gerakan yang berlebihan yang dapat memecah konsentrasi tim lawan ketika akan melakukan servis. Jika saat servis atau reli, shuttlecock menyentuh dan tidak melampui jaring, hal itu dianggap tidak sah. Jika shuttlecock tidak dapat menyeberangi net, poin akan diberikan pada tim lawan.

Sumber : Gurupenjaskes Berita video beragam jersey menarik pasangan bulutangkis Indonesia di nomor ganda putra, Marcus Gideon / Kevin Sanjaya, saat mereka bertanding. : 4 Peraturan dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Diketahui – Ragam Bola.com

Related Post