Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Salah Satu Cabang Olahraga Yang Dilakukan?

Salah Satu Cabang Olahraga Yang Dilakukan?

Salah Satu Cabang Olahraga Yang Dilakukan
20 Macam Cabang Olahraga beserta Penjelasannya Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi, Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang 20 Macam atau Jenis Cabang Olahraga yang ada di dunia beserta dengan penjelasan singkat. Mari kita bahas selengkapnya.20 Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya 1. Bulu Tangkis ( Badminton ) Bulu tangkis atau dalam bahasa inggris disebut badminton merupakan salah satu cabang olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Permainan bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Tunggal putra; Tunggal putri; Ganda putra; Ganda putri; dan Ganda campuran

Sepak bola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia.

Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis. Dalam permainan sepak bola hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan, itupun hanya di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain yang lain hanya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola.

Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, dapat dilakukan perpanjangan waktu, dan skor masih imbang dilanjutkan dengan adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.3. Tenis merupakan olahraga yang dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan (masing-masing dua pemain) yang saling berlawanan. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet. Tenis adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Bola basket adalah olahraga bola berkelompok dimana setiap kelompok atau tim beranggotakan 5 (lima) orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola dengan menggunakan tangan ke dalam keranjang lawan. Tim yang mencetak poin lebih banyak adalah pemenangnya.

Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia.5.

Bola Voli Bola voli merupakan olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 6 (enam) orang yang saling berlawanan. Ada juga variasi permainan bola voli pantai yang setiap tim terdiri dua orang pemain. Permainan bola voli dilakukan dengan menggunakan tangan bertujuan memukul bola permainan melewati jaring / net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Tenis meja, atau ping pong adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Permainan tenis meja menggunakan bat, yaitu sebuah raket kecil yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja. Salah Satu Cabang Olahraga Yang Dilakukan Atletik merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi jalan, lari, lempar, dan lompat. Jalan dibagi menjadi dua macam yaitu : – Jalan Santai – Jalan Cepat Lari dibagi menjadi beberapa macam yaitu : – Jarak pendek Putra : 100 m, 200 m, dan 400 m Putri : 100 m, 200 m, dan 400 m – Jarak Menengah Putra : 800 m, 1500 m, dan 3000 m (special chosse) Putri : 800 m, dan 3000 m – Lari Jauh Putra : 5000 m dan 10000 m – Lari Marathon Putra/Putri 42,195 m – Halang Rintang/Gawang Putra 110 m, dan 400 m Putri 100 m, dan 400 m – Lari Estafet Putra : 4×100 m, dan 4×400 m Putri : 4×100 m, dan 4×400 m

You might be interested:  Apa Induk Organisasi Cabang Olahraga Atletik?

c. Lempar d. Lompat 8. Dayung

Lempar terdiri dari beberapa macam yaitu : – Lempar cakram – Lempar Lembing – Lempar Martil – Tolak Peluru Lompat terdiri dari beberapa macam yaitu : – Lompat Jauh Gaya : Jongkok/ Truck (kauer), Berjalan di udara/Lauf (walking/runing in the air), dan Menggantung/melenting/ schnepper/hang – Lompat tinggi Gaya : Gunting/Scissors, Guling Sisi/Western Roll, Guling/Straddle, dan Fosbury Floop – Lompat Galah – Lompat Jangkit Olahraga dayung adalah salah satu dengan ketangkasan, yaitu menggerakkan perahu dengan cara dikayuh atau didayung di atas air baik di sungai, danau maupun di laut, tergantung pada jenis perlombaan.

  1. Lomba ini membutuhkan kekuatan tenaga, keahlian berperahu, baik sendiri maupun berkelompok.
  2. Dalam teknik mendayung hanya di kenal dua macam kayuhan yaitu dayung maju dan dayung mundur.
  3. Jika menginginkan perahu bergerak kedepan maka di gunakan dayung maju sedangkan dayung mundur untuk menghentikan perahu yang sedang bergerak maju atau memang menginginkan perahu bergerak mundur.

Jika ingin membelokkan perahau ke kanan maka tangan kiri mendayung maju dan tangan kanan mendayung mundur, dan sebaliknya jika ingin membelok kekiri.9. Tinju Salah Satu Cabang Olahraga Yang Dilakukan Tinju adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde. Dalam pertandingan tinju, atlet menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.

  1. Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih dan mantap ke bagian depan pinggang ke atas yang sah dari lawan, dengan pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih.
  2. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang.
  3. Emenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout atau KO) atau jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout atau TKO).

Untuk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.10. Berkuda Berkuda adalah suatu olahraga yang menuntut suatu variabel tertentu antara lain keterampilan, kebugaran fisik dan penerapan teknik-teknik berkuda, walaupun barangkali tidak terlalu di tekankan kepada atlit. Beberapa jenis olahraga berkuda yang umum diperlombakan di Indonesia antara lain : Polo Berkuda, Gymkhana Berkuda, Equestrian (ketangkasan berkuda),

Salah satu cabang olahraga yang dilakukan di atas permukaan lantai lapangan yang menggunakan alas berupa matras apa nama cabang olahraga tersebut?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Salah satu pose dalam Senam lantai Senam lantai ( bahasa Inggris : floor exercise ) adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai dengan menggunakan alas berupa matras, Matras berfungsi sebagai alat bantu utama yang berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan atlet yang sering bersentuhan dengan lantai.

  • Ukuran lantai yang digunakan dalam senam lantai adalah 12 x 12 meter dalam ruangan yang berukuran 14 x 14 meter.
  • Lantai harus dilapisi dengan karpet kenyal setebal kira-kira 0,045 meter.
  • Senam lantai banyak menggunakan gerakan berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang.
You might be interested:  Ada Empat Teknik Dasar Memegang Raket Tulislah?

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mana senam ini dapat mengendalikan aktivitas seluruh anggota badan. Senam lantai ini merujuk pada gerak yang dikerjakan dengan cara kombinasi terpadu dan kemudian menjelma dari setiap bagian anggota tubuh.

Apa nama lain dari senam lantai?

Senam lantai sering juga di sebut dengan senam bebas, sebab pada waktu melakukan gerakan tidak membawa alat atau menggunakan alat. Definisi Senam lantai merupakan salah satu bagian dari senam artistik. Senam lantai dilakukan pada lantai yang beralas matras tanpa menggunakan alat bantu lain.

Gerakan berguling banyak dilakukan dalam cabang olahraga apa?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Artikel ini bukan mengenai Guling, Seorang anak melakukan gerakan guling depan. Guling atau koprol adalah gerakan paling mendasar dalam olahraga senam, Banyak ragam dari gerakan berguling. Guling mirip dengan gerakan salto yang keduanya merupakan gerakan memutar badan. Perbedaannya ialah, guling dilakukan dengan tetap pada permukaan tanah, sementara salto dilakukan di udara ketika pinggul melampaui kepala dan kedua tangan tidak menyentuh tanah sama sekali.

Senam lantai apakah atletik?

Senam lantai merupakan salah satu bagian cabang olahraga senam artistik. Selain itu senam lantai ini juga merupakan cabang olahraga permainan yang sangat menarik,Selain di lihat dari bentuk gerakan cabang olahraga ini juga terlihat sangat indah dan atraktif.

Apakah Push up adalah gerakan senam lantai?

11. Push Up – Foto: Senam Lantai Push Up (Freepik.com/yanalya) Gerakan senam lantai ini dapat melatih kekuatan, terutama otot tubuh bagian atas. Ada banyak cara melakukan macam-macam gerakan senam lantai tanpa alat yang push up. Satu di antara gerakan tradisionalnya adalah sebagai berikut:

Mulailah dengan posisi tengkurap di atas matras.Posisikan agar telapak tangan menyentuh lantai, tegak lurus dengan bahu, dan kaki lurus ke belakang.Tumpukan beban tubuh pada kedua telapak tangan dan ujung-ujung jari kaki.Menyentuh matras hingga lengan lurus dan tubuh bagian atas terangkat.Perlahan, kembali ke posisi semula.Lakukan hingga 10 set atau sesuai stamina.

Bagaimana cara melakukan lompat kangkang jelaskan?

Jawaban nomor satu adalah letakkan kedua tangan di atas peti dan rentangkan kedua kaki hingga lurus ke samping, lalu lari dengan cepat sehingga dapat loncat kangkang di atas peti. Terakhir lakukan pendaratan dengan kaki dan lutut relaks. Posisi badan sebelum melakukan awalan lompat kangkang adalah berdiri tegak menghadap peti lompat.

  1. Gerakan lompat kangkang yaitu letakkan kedua tangan di atas peti dan rentangkan kedua kaki hingga lurus ke samping.
  2. Awalan yang dimulai dengan lari cepat akan memberi tenaga dorong ke depan sehingga dapat loncat kangkang di atas peti.
  3. Lakukanlah pendaratan dengan kaki dan lutut relaks (lentur).
  4. Jadi cara melakukan lompat kangkang yaitu letakkan kedua tangan di atas peti dan rentangkan kedua kaki hingga lurus ke samping, lalu lari dengan cepat sehingga dapat loncat kangkang di atas peti.

Terakhir lakukan pendaratan dengan kaki dan lutut relaks. – Yuk, beri rating untuk berterima kasih pada penjawab soal! Yah, akses pembahasan gratismu habis Dapatkan akses pembahasan sepuasnya tanpa batas dan bebas iklan!

You might be interested:  Sebutkan Tiga Macam Olahraga Yang Sangat Murah?

Olahraga apa saja yang menggunakan matras?

5 Peralatan Olahraga Untuk Berolahraga di Rumah Di tahun 2019 ini kamu punya resolusi ingin membentuk tubuh yang ideal tapi masih kesulitan meluangkan waktu untuk pergi ke tempat gym? Tenang saja, kamu masih bisa berlatih di rumah dengan 5 peralatan olahraga berikut ini.1.

  • Treadmill Lari di treadmill merupakan pilihan terbaik apabila cuaca diluar rumah sedang tidak bersahabat.
  • Selain itu, kamu bisa mengatur program latihan yang sesuai dengan kebutuhan seperti jalan santai, jalan cepat, jalan menanjak, jogging hingga sprint,
  • Dengan porsi latihan yang tepat dan teratur, tubuh kamu akan semakin sehat dan bugar serta membentuk tubuh ideal yang diinginkan.2.

Dumbbell Alat fitnes yang paling umum kita tahu adalah dumbbell, Alat ini hampir bisa digunakan pada setiap pembentukan otot tubuh bagian atas hingga bagian bawah. Dumbbell bisa digunakan untuk melakukan lebih dari 30 variasi gerakan seperti bicep curl, hammer curl, tricep extension dan masih banyak lagi.

  1. Selain meningkatkan kekuatan otot tubuh, berlatih menggunakan dumbbell juga bisa membakar kalori lebih banyak dan menurunkan lemak tubuh.3.
  2. Matras Dengan menggunakan matras, kamu bisa berolahraga senam lantai, yoga dan freeletics,
  3. Olahraga ini mudah dilakukan dimanapun termasuk di dalam rumah baik sendiri maupun bersama teman-teman.

Kamu bisa menentukan jadwal latihan kapanpun tanpa perlu mengkhawatirkan cuaca diluar yang tidak menentu.4. Tali Skipping Lompat tali atau skipping merupakan olahraga yang menggerakkan tali secara berputar untuk melompat dengan menggunakan kedua tangan.

  • Skipping tidak hanya menyenangkan, olahraga ini memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.
  • Dalam waktu 1 jam, skipping bisa membakar kalori tubuh kurang lebih sebanyak 1000 kalori.
  • Skipping juga dapat meningkatkan kinerja otak dan jika dilakukan secara rutin, otak kita terbiasa bekerja dengan cepat dan tepat.5.

Sandsack Sandsack atau yang biasa juga disebut samsak adalah peralatan yang biasa digunakan untuk berlatih tinju, muay thai, dan bela diri lainnya. Bentuknya yang menyerupai guling besar dan digantung ini memiliki banyak manfaat yang didapat untuk tubuh.

  • Sandsack dapat digunakan untuk melatih kekuatan dan teknik pukulan maupun tendangan bagi kamu yang menyukai olahraga seni bela diri.
  • Ingin mendapatkan peralatan olahraga yang berkualitas? Yuk kunjungi Kettler Summarecon Mall Bekasi yang menyediakan berbagai macam alat olahraga untuk tubuh yang semakin bugar dan sehat.

Share This Post : 5 Peralatan Olahraga Untuk Berolahraga di Rumah

Matras digunakan untuk olahraga apa saja?

2. Matras berdasarkan kegunaannya – Salah Satu Cabang Olahraga Yang Dilakukan Berwyn Matras Olahraga Wave 10 Mm – Pink Matras sebenarnya memiliki arti yang luas. Matras bukan hanya sebagai alat untuk alas olahraga saja, akan tetapi juga bisa berfungsi sebagai alas untuk tempat tidur. Dengan kata lain, tempat tidur yang biasa kita gunakan untuk tidur juga termasuk jenis matras juga.

Artikel ini akan membahas bermacam-macam jenis matras yang berdasarkan kegunaannya. Matras untuk olahraga adalah matras yang biasa digunakan sebagai alas untuk olah raga. Biasanya olah raga yang menggunakan matras adalah senam lantai dan juga yoga. Di sini matras berfungsi sebagai alas olah raga, dan untuk melindungi anggota tubuh dari kemungkinan cidera akibat benturan langsung dengan lantai.

Fungsi matras lainnya adalah sebagai alas untuk tidur. Kasur, busa, springbed itu semua juga termasuk jenis matras. Hanya saja di sini matras untuk tempat tidur memiliki bermacam-macam jenis, berdasarkan ketebalannya, kelenturannya, dan juga dari keempukannya.

Matras adalah alat untuk cabang olahraga apa?

3. Menurut Budi Sutrisno – Budi Sutrisno, mengatakan bahwa Senam lantai adalah salah satu bagian dari senam artistik dan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan. Salah Satu Cabang Olahraga Yang Dilakukan

Related Post