Berita Bulutangkis Bulu Tangkis Yang Pertama Kali Menciptakan Olahraga Aerobik Adalah?

Yang Pertama Kali Menciptakan Olahraga Aerobik Adalah?

Yang Pertama Kali Menciptakan Olahraga Aerobik Adalah
Senam aerobik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an. Senam aerobik diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper. Senam aerobik adalah jenis olahraga kardio. Alasannya adalah terdapat banyak gerakan otot-otot di tubuh/. Gerakan yang bertempo cukup cepat dapat meningkatkan oksigen di tubuh.

Siapa yg menciptakan senam aerobik?

Sejarah Senam Aerobik – (Shutterstock) Tarian aerobik pertama kali dikenalkan oleh seorang bernama Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960-an, mulai muncul dan terkenal di Amerika serikat sekitar tahun 1970-an yang sering ditarikan pada tempat-tempat tertentu seperti gereja, tempat wisata, tempat kebugaran dan sekolah.

  1. Setelah setahun berlalu tepatnya sekitar tahun 1980-an senam aerobik ini mulai masuk ke Indonesia yang muncul masih dengan nama fitaerobics pada event perlombaan putra putri.
  2. Dan pada tahun 1990-an lah namanya berubah menjadi aerobics dan senam ini semakin berkembang pesat berkat banyaknya peminat.
  3. Lima tahun setelah namanya berubah menjadi aerobics senam ini telah diakui oleh PIG atau Federation Internasional Gymnastique tepatnya pada tahun 1995 yang kemudian diadakan kejuaraan olahraga aerobics pertama di Paris.

Lima tahun berselang lagi tepatnya pada tahun 2000 Indonesia untuk pertama kalinya juga melombakan aerobics ini pada PON (Pekan Olahraga Nasional) XV di Surabaya. Pada tahun 2005 nama sports aerobics diubah dengan menyingkat menjadi aerobics saja. Sejak memasuki tahun 2000-an senam aerobics semakin mengalami perubahan pesat dan peminat olahraga ini semakin banyak dari semua kalangan hingga saat ini.

Kapan senam aerobik Pertama kali di?

Sejarah Senam Aerobik – Baca juga: Hakikat Senam Aerobik Pada tahun 1970–an, dimulailah sejarah dari senam aerobik di Amerika Serikat. Awalnya, senam aerobik dikenal dengan kegiatan kebugaran dan rekreasi, tetapi senam aerobik ini menarik banyak minat.

Dengan berjalannya waktu, lama kelamaan senam aerobik ini mulai menunjukkan dirinya dihadapan masyarakat dengan sebuah event atau acara yaitu pertandingan individu putra dan putri yang diselenggarakan secara nasional maupun internasional. Pada saat itu senam aerobik masih bernamakan fit-aerobics dan mulai berganti menjadi aerobik pada tahun 1990–an karena ada perkembangan dalam jumlah organisasinya yang dari waktu ke waktu semakin pesat atau meningkat.

Baca juga: Waktu dan Durasi yang Baik dalam Senam Aerobik Dengan perkembangannya yang dari waktu ke waktu semakin meningkat, bertambahlah kategorinya mulai dari trio dan berpasangan. Peraturan perlombaan senam aerobik terus-menerus dibenahi atau diubah karena teknik dan tingkat kemajuan fisik dari para atlet yang semakin meningkat.

Kemudian dibentuklah Ainternational Aerobics Federation (IAF) yang merupakan sebuah federasi yang menaungi semacam olahraga aerobik yang berada di Tokyo, Jepang. Pada tahun 1995, senam aerobik diakui oleh Federasi Senam Dunia (FIG) dan menyelenggarakan kejuaraan olahraga aerobik pertama di Paris, Perancis.

Baca juga: Jenis Senam Aerobik Berdasarkan Musik Pengiringnya Sebelumnya olahraga yang dinaungi oleh FIG (federation international gymnastique) hanyalah senam ritmik sportif dan senam artistik.

Berasal dari negara manakah senam aerobik?

Sejarah Senam Aerobik – Dilansir dari beberapa sumber, senam aerobik diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960-an. Senam ini berasal dari Amerika Serikat di tahun 1970an. Olahraga ini baru diperkenalkan di Indonesia di era 1980 an. Pertama kali muncul senam aerobik ini bernama fit aerobic. Seiring berjalannya waktu fitaerobic pun berubah menjadi aerobik. Selain itu senam aerobik bukan sekedar senam kebugaran namun berubah menjadi olahraga kompetisi. Sehingga di tahun 1990an terbentuklah International Aerobic Federation (IAF) di Tokyo, Jepang.

  1. Dengan munculnya asosiasi yang sah, mereka membentuk peraturan resmi terkait senam aerobik.
  2. Di tahun 1995, akhirnya Federation International Gymnastic mengakui senam aerobik dan mengijinkan adanya perlombaan senam aerobik pertama di Paris, Perancis.
  3. Di Indonesia berkembangnya senam aerobik ditandai dengan berdirinya Persatuan Senam Indonesia (Persani).

Baca Juga : Dimana mereka berharap bisa mengirimkan pesenam aerobik di kejuaraan internasional. Senam aerobik pertama kali diperlombakan di PON XV Surabaya di tahun 2000.10 tahun kemudian tepatnya di tahun 2005, sport aerobic berubah nama menjadi aerobic gymnastic sesuai peraturan dari gymnastic internasional.

Jelaskan dimana pertama kali senam aerobik diperkenalkan?

Sejarah Aerobik – Untuk mengenal senam aerobik, mari kita mengetahui lebih jauh mengenai sejarah aerobik. Senam aerobik berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Senam aerobik masuk ke negara Indonesia 10 tahun kemudian yaitu pada tahun 1980-an.

  1. Senam aerobik di Indonesia dijadikan kegiatan kebugaran dan rekreasi dan muncul pada banyak event dan acara seiring waktu.
  2. Pada waktu awal masuknya senam aerobik, kegiatan ini masih disebut dengan fit aerobics,
  3. Epopuleran senam aerobik yang meningkat, menjadikan kategori ini menjadikan kegiatan senam aerobik terdiri dari trio, berpasangan, dan individu putra dan putri dalam acara nasional maupun internasional.

Pada tahun 1995 senam aerobik telah diakui Federation International Gymnastique dengan kejuaraan olahraga aerobik pertama di Paris. Setelah itu, di Indonesia dibentuk Persatuan Senam Indonesia (PERSANI) untuk membina atlet yang akan mengikuti perlombaan senam aerobik.

  1. Lalu, pada tahun 2000, senam aerobik diakui dan masuk dalam PON (Pekan Olahraga Nasional) XV di Kota Surabaya.
  2. Emudian, pada tahun 2005, nama sports aerobics berubah nama menjadi aerobics gymnastic yang terdiri dari pertandingan single, couple trio, dan group.
  3. Senam aerobik terdiri dari beberapa jenis yaitu high impact aerobics dengan aliran gerakan keras, low impact aerobics dengan aliran gerakan ringan, discorobic yaitu kombinasi gerakan aerobik aliran keras dan aliran ringan, rockrobic yaitu senam aerobic ringan dengan gerakan rock n roll, aerobic sport yang memadukan beberapa gerakan keras, ringan dan kelentukan, aerobic dance yaitu senam dengan bentuk tarian indah, dan aerobic menggunakan alat seperti bangku, kursi, tongkat, pita, tali, atau bola.

Senam aerobic memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat senam aerobik yang wajib Anda ketahui. Simak ya!

Siapakah yang mempopulerkan senam?

Sejarah senam – Senam berasal dari bahasa Inggris gymnastics, Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, istilah gymnastic berasal dari bahasa Yunani Kuno gymnos yang artinya latihan dengan telanjang. Penggunaan istilah tersebut diterapkan pada jenis latihan yang dipraktikkan di tempat bernama gymnasium, tempat para atlet Yunani zaman kuno melakukan latihan tanpa pakaian.

Gymnastic berarti gerak badan atau olahraga baik untuk kesegaran jasmani maupun untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya. Di Indonesia, senam sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dengan sebutan gymnastic, Sedangkan negara Jepang menyebut senam dengan istilah taiso, Sejak zaman Yunani Kuno hingga era saat ini senam telah mengalami perkembangan yang pesat seiring kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Terlihat dari bentuk-bentuk gerakan, sistematika latihan maupun tujuannya. Baca juga: 28.606 Peserta Senam Tobelo di Ternate Pecahkan Rekor ORI Friedrich Ludwig Jahn dari Jerman disebut Bapak Gymnastic Modern. Pada 1700-an, Jahn berhasil mengombinasikan latihan-latihan gymnastic dengan pertunjukan patriotik.

Siapa yang menciptakan cabang olahraga senam ritmik?

Sejarah Senam Irama – Yang Pertama Kali Menciptakan Olahraga Aerobik Adalah Baca Juga : Tahun 1940 kompetisi senam irama mulai digelar di Rusia. FIG sendiri di tahun 1940 mulai memasukkan senam irama ini menjadi salah satu dari cabang senam. Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian.

Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. kemudian berubah menjadi gymnastic Rhythmic, dan perubahan terakhir menjadi gymnastic ritmik atau senam irama. Dilansir dari berbagai sumber, senam irama pertama kali digagas oleh Jean George Noverre (1727-1810), Rudolf Bode (1881-1970), dan Francia Delsartre (1811-1871).

Mereka memiliki opini tentang betapa pentingnya ekspresi gerakan yang dilakukan seseorang melalui tubuhnya untuk menghasilkan berbagai gerakan tertentu. Baca Juga : Kemudian, gagasan mereka tersebut seiring berjalannya waktu diteruskan oleh Peter Henry Ling pada abad ke – 19. Pada saat itu, ia membuat Swedish System. Pada awalnya Swedish System merupakan gerakan bebas yang akhirnya berubah dan berkembang menjadi gimnastik estetis.

Ini dilakukan oleh seorang seorang atlet guna mengekspresikan emosi dan perasaannya melalui gerakan tubuh. Pada tahun 1837, Catharine Beecher yang merupakan pendiri Western Female Institute menciptakan sebuah program yang bernama Grace Without Dancing. Pada program tersebut, atlet senam perempuan berlatih untuk melakukan gerakan senam yang diiringi dengan musik.

Gerakan tersebut dimulai dari yang sederhana hingga kompleks. Hinrich Medau, pada tahun 1929, memiliki ide gimnastik yang lebih modern yakni gerakan senam artistik. Gerakan ini menggunakan media alat seperti gada, simpai, pita, tali dan bola. Kompetisi senam irama diselenggarakan pada tahun 1940 di Rusia.

You might be interested:  Apa Bedanya Futsal Dan Sepak Bola?

Emudian, pada tahun 1961, Federation Internationale de Gymnastique atau FIG, menetapkan bahwa senam irama merupakan bagian dari senam. Seiring berkembangnya waktu dan zaman, gimnastik ini berubah menjadi senam irama. Itulah tadi informasi seputar sejarah senam irama. Semoga pembahasan ini memberi manfaat bagi para pembaca.

Editor : Hafid Fuad Follow Berita Sportstars di : Sejarah Senam Irama yang Perlu Diketahui

Kapan senam pertama kali dilakukan?

Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian.

Gerakan apa yang pertama kali dilakukan dalam senam aerobik?

2. Latihan Inti – Setelah tubuh Kamu siap, maka Kamu dapat melakukan latihan inti dengan intensitas yang lebih tinggi. Kamu dapat melakukan latihan inti kurang lebih selama 25-55 menit. Berikut ini beberapa jenis gerakan dalam senam aerobik pemula.a. Marching Langkah senam aerobik pemula dimulai dengan gerakan jalan di tempat sambil mengangkat kaki kira-kira setinggi betis.

c. Kicking Gerakan mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pinggang atau lebih.d. Double Step Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan mata kaki kanan dan kiri.e. Grapevine Gerakan dimulai dengan melangkah dua langkah ke kanan dan ke kiri seperti double step tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.f. Leg Curl Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.g. Heel Touch Gerakan menyentuhkan tumit kaki kanan ke tumit kaki kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada di kaki yang menjadi tumpuan

Yang Pertama Kali Menciptakan Olahraga Aerobik Adalah 3. Pendinginan Setelah latihan ini, lakukan pendinginan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung mendekati normal secara bertahap. Gerakan pendinginan kurang lebih hampir sama dengan pemanasan dengan durasi 10 menit. Jangan lupa untuk melakukan peregangan guna membantu mengembalikan otot pada kondisi normal.

Jika dipadukan dengan, senam aerobik pemula bisa menjaga berat badan kamu tetap ideal, membuat tubuh tidak mudah lelah bahkan juga dapat Meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko sakit, terutama infeksi virus flu. Nah sangat mudah kan untuk melakukan senam aerobik pemula seperti di atas, apalagi waktu yang dibutuhkan tidaklah banyak.Ditambah lagi manfaat yang didapat untuk tubuh sangat lengkap seperti, solusi tepat dari DBS & Manulife.

Sebuah produk asuransi komprehensif yang dapat melindungi diri kamu seumur hidup dengan program perlindungan hingga hari tua. Untuk menjaga kenyamanan hidup kamu yang sangat berharga. : Nah! Ini Dia Step Melakukan Senam Aerobik Pemula Yang Banyak Manfaatnya

Apa arti dari kata aerobik?

Pengertian Senam Aerobik, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Ragam Bola.com Ilustrasi senam aerobik. /unsplash Bola.com, Jakarta – adalah serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik dalam durasi waktu tertentu. Senam aerobik dikenal pula dengan istilah kardio.

Aerobik berasal dari kata ‘aero’ yang berarti oksigen, sehingga senam aerobik ini dapat diartikan sebagai senam yang menggunakan oksigen. Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk membugarkan badan. Rangkaian gerakan dalam senam aerobik mampu mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler.

Secara umum, adalah olahraga yang bisa meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Jadi, senam aerobik sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh, dan pikiran kita. Senam aerobik juga bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal-hal di atas yang membuat senam aerobik banyak digemari dari berbagai kalangan.

Untuk memahami lebih dalam tentang senam aerobik, kamu bisa mencari tahu pengertian senam aerobik dari para ahli, sejarah, jenis-jenis, hingga gerakannya. Berikut ini rangkuman mengenai pengertian, manfaat, jenis-jenis hingga gerakannya, seperti dilansir dari Dosenpintar dan Healthline, Senin (11/1/2021).

Ilustrasi olahraga. | unsplash.com

  • – Menurut Jackie Sorensens
  • Senam aerobik adalah satu di antara jenis senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangat lengkap karena mencakup beberapa latihan yang dapat mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, melompat, meregangkan badan, dan dikombinasikan dengan tarian rakyat, tarian tradisional, dan juga tarian kontemporer.
  • – Menurut Marta Dinata

Senam aerobik merupakan serangkaian gerak olah tubuh yang dilakukan dengan mengikuti sebuah irama musik yang dipilih untuk membuat ketentuan ritme, kontinuitas, dengan durasi yang telah ditentukan. Hal tersebut berguna untuk memperlihatkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik.

  1. – Menurut Dr. Kenneth Cooper
  2. Aerobik didefinisikan sebagai kegiatan dalam menggerakkan/mengolah bagian tubuh sehingga tubuh dapat memperbaiki sistemnya, serta menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperjanjang waktu dalam senam.
  3. Senam aerobik ini dapat meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen dikarenakan gerakannya yang teratur dengan menggunakan konsep ritme musik.

Ilustrasi olahraga. /pexels Berdasarkan jenis musik pengiringnya serta alat yang digunakan, senam aerobik dibedakan menjadi:

  • High impact aerobics adalah senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan aliran gerakan keras.
  • Low impact aerobics merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan aliran gerakan ringan.
  • Discorobic yakni senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara beberapa gerakan dari aerobik aliran keras serta dipadukan dengan gerakan-gerakan aerobik aliran ringan.
  • Rockrobic yakni senam aerobik yang dilakukan dengan memadukan beberapa gerakan aerobik ringan dan juga gerakan rock n roll.
  • Aerobic sport adalah senam aerobik yang dilakukan dengan memadukan beberapa gerakan keras dengan gerakan ringan serta beberapa gerakan kelentukan.
  • Aerobic dance ialah senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
  • Aerobik dengan menggunakan alat yakni senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan peralatan, seperti bangku, kursi, tongkat, tali, pita, atau bola. Penggunaan alat ini berfungsi sebagai upaya guna menambah variasi, intensitas, serta volume latihan.

Ilustrasi senam aerobik. /pexels Pemanasan Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum senam aerobik supaya tidak terjadi cedera saat melakukan senam. Tujuan dari pemanasan ialah untuk menaikkan denyut jantung, menaikkan suhu tubuh awal, dan untuk mempersiapkan otot-otot serta persendian agar terhindar dari cedera.

Pemanasan bisa dilakukan selama 5-10 menit sebelum melakukan gerakan senam aerobik. Pemanasan dapat berupa jalan ditempat, menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri, menggerakkan lengan ke bawah sampai ke bagian atas, dan lainnya. Pendinginan Pendinginan bertujuan untuk mengembalikan frekuensi dari denyut jantung yang cepat agar kembali menjadi normal kembali, serta untuk mengembalikan kondisi normal pada otot-otot tubuh.

Durasi dalam pendinginan hampir sama seperti saat melakukan pemanasan yaitu sekitar 5-10 menit.

  • Latihan Inti
  • Gerak selanjutnya adalah latihan inti, dengan melakukan gerakan yang intensitasnya lebih tinggi dan durasi yang akan terhitung lebih lama dibanding dengan pemanasan yaitu sekitar 22-55 menit.
  • Gerak Langkah Kaki

Gerakan terakhir adalah gerak langkah kaki, tahap ini memiliki tiga macam teknik benturan gerakan kaki. Tingkat benturan adalah tingkat sentuhan salah satu kaki terhadap lantai, antara lain lain Low Impact, Moderate Impact, dan High Impact, Ilustrasi senam.

Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio 1. Menurunkan berat badan Senam aerobik membuatmu menggerakkan seluruh tubuh. Lakukan selama 30 hingga 60 menit per hari, jumlah kalori yang terbakar akan cukup banyak. Olahraga ini efektif dalam menurunkan berat badan, tentu saja diimbangi dengan pola makan sehat.2.

Meningkatkan kesehatan jantung American Heart Association menyatakan bagi yang memiliki riwayat penyakut jantung, sangat dianjurkan untuk melakukan senam aerobik. Sebab, senam aerobik mampu menguatkan jantung dengan memacunya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.3.

Mengurangi stres Selain bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung, melakukan senam aerobik bisa meredakan atau mengatasi stres yang melanda. Senam aerobik bisa membuat kamu lebih bahagia karena tubuh akan menghasilkan hormon endorfin.4. Menjaga kesehatan otot Gerakan aerobik dilakukan dengan cara melatih otot-otot tubuh.

Tentunya olahraga ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan ototmu. Aliran darah yang lebih lancar dan suplai oksigen ke otot yang lebih lancar juga membantu otot terhindar dari asam laktat.5. Membuat tidur lebih nyenyak Science Direct menyatakan rutin berolahraga senam aerobik bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Hal ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki gangguan tidur, seperti insomnia. Tetapi, jangan berolahraga dengan jarak yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Pasalnya, hal tersebut justru membuat kamu lebih sulit untuk tertidur. Ilustrasi senam. | Freepik 6. Meningkatkan metabolisme tubuh Manfaat selanjutnya dari olahraga senam aerobik adalah mampu membantu memperkuat fungsi metabolisme tubuh dengan lebih baik.

Seperti diketahui, laju metabolisme tubuh memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproses kalori. Jika kalori tidak digunakan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Berolahraga senam aerobik bisa membantu membakar kalori yang ada dalam tubuh.7. Menguatkan sistem imun tubuh Rutin berolahraga senam aerobik bisa menguatkan sistem imun tubuh.

  • Andungan immunoglobin merupakan satu di antara jenis antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh dari serang berbagai macam penyakit.
  • Dengan begitu, senam aerobik bisa menjadi satu di antara jenis olahraga efektif untuk mencegah munculnya sejumlah penyakit berbahaya.8.
  • Menambah stamina Ketika kamu tidak memiliki stamina yang prima, tubuhmu rentan terjangkit berbagai penyakit.
You might be interested:  Apa Induk Organisasi Cabang Olahraga Atletik?

Meski melelahkan, melakukan olahraga ini secara rutin dapat meningkatkan stamina. Selain itu, dengan melakukan senam aerobik, kamu akan lebih segar dan tidak mudah sakit. Hal ini dapat membuat kamu lebih bertenaga dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas.

Siapakah Penemu senam lantai dan pada abad berapa?

Pengertian Senam Lantai, Ketahui Sejarah dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Ragam Bola.com Ilustrasi olahraga senam, kayang. (Photo by rishikesh yogpeeth on Unsplash) Bola.com, Jakarta – adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai, sesuai dengan namanya.

  • Senam lantai merupakan satu di antara jenis cabang olahraga senam yang cukup populer di dunia.
  • Olahraga tersebut bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.
  • Sesuai namanya, senam lantai dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan alas.
  • Adapun alas yang biasa digunakan ialah berupa matras.

Adanya matras tersebut sebagai alat bantu utama yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Hal itu dikarenakan saat melakukan gerakan senam sering bersentuhan dengan lantai. Dalam praktiknya, banyak menggunakan gerakan, seperti berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang.

Gerakan senam lantai tersebut bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun luar ruangan. Pada umumnya, di dalam pertandingan resmi, senam lantai dilakukan di atas lantai yang memiliki ukuran 12×12. Untuk memahami lebih dalam perihal senam lantai, kamu bisa membaca sejarah adanya olahraga tersebut, terutama di Indonesia.

Berikut ini rangkuman mengenai sejarah, macam-macam gerakan dan manfaat, seperti dilansir dari Dikatama dan Resaja, Selasa (3/11/2020). Ilustrasi senam aerobik. /unsplash Adanya olahraga lantai belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, senam lantai diperkirakan telah ada sejak zaman Yunani Kuno.

  • Pada abad ke-20, mulai populer dan menyebar di seluruh dunia.
  • Perkembangan olahraga ini sangat pesat hingga akhirnya mempunyai banyak cabang, satu di antaranya adalah senam lantai.
  • Sementara, awal masuknya senam di Indonesia ialah pada 1912, saat masa penjajahan Belanda.
  • Masuknya olahraga senam tersebut bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan kebugaran jasmani sebagai satu di antara mata pelajaran wajib di sekolah.

Senam yang pertama kali dikenalkan pada waktu itu adalah senam versi negara Jerman. Senam dari Jerman tersebut lebih menekankan berbagai gerakan yang kaya akan alat pendidikan. Pada 1916, senam versi Jerman ini diubah dengan memakai sistem dari Swedia.

  1. Dalam sistem dari Swedia tersebut lebih menekankan menfaat gerakan senam.
  2. Di sisi lain, penemu sistem senam lantai tersebut ialah seorang perwira kesehatan yang berasal dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr.H.F. Minkema.
  3. Melalui Minkema inilah sejarah perkembangan senam lantai di Indonesia mulai menyebar ke beberapa wilayah.

Tak hanya itu, pada 1918, Minkema juga membuka kursus senam Swedia tersebut. Dengan makin populernya olahraga senam, didirikanlah sebuah organisasi dengan tujuan membina para atlet senam berbakat. Organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 14 Juli tahun 1963 dan diberi nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia).

  1. Guling ke depan ( forward roll )
  2. Guling ke belakang ( backward roll )
  3. Lompat harimau ( tiger sprong )
  4. Lenting tangan ( hands stand overslag )
  5. Meroda
  6. Lompat jongkok
  7. Lenting tangan putar ( round off )
  8. Lenting tangan ke belakang (flik flak )
  9. Keseimbangan lutut berguling ( squat roll )
  10. Lompat kangkang
  11. Berdiri dengan kepala ( kopstand )
  12. Kayang ( brug )
  13. Sikap lilin
  14. Salto ke depan ( Summer vault )
  15. Salto ke belakang ( Back Summer vault )
  16. Guling lenting ( roll kiep )
  17. Lompat ikan ( snuck )

Ilustrasi berolahraga. (Sumber: Pexels) 1. Gunakan matras karena perlengkapan ini sangat penting saat melakukan teknik apa pun dalam olahraga senam lantai.2. Letakan matras di atas permukaan lantai yang datar.3. Pastikan matras berada pada posisi yang tepat.4.

  1. Sekitar area matras pastikan tidak ada benda yang dapat membahayakan saat melakukan pendaratan.5.
  2. Sebelum melakukan teknik senam lantai, biasakan dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu.6.
  3. Dalam melakukan olahraga senam lantai dimulai dari teknik paling dasar, menengah hingga teknik paling sulit.7.
  4. Etika melakukan senam lantai harus ada pengawasan, guru atau pelatih yang sudah ahli dalam melakukan teknik senam lantai.

Ilustrasi berolahraga. Credit: pexels.com/Jonathan

  • Kemampuan gerak tubuh makin lincah.
  • Memperkuat otot lengan, kaki, paha, pinggang, perut, dan dada.
  • Menambah kekuatan fisik.
  • Menjaga keseimbangan.
  • Melatih lompatan.
  • Meluruskan tubuh yang bungkuk.
  • Melatih fokus.
  • Membakar lemak.
  • Sirkulasi aliran darah lebih lancar.
  • Meningkatkan kekuatan jantung.
  • Menurunkan berat badan.

Sumber: Dikatama, Resaja Berita Video Spotlight 5 Gelandang Terbaik Liga Italia Musim 2020/2021 Termasuk Papu Gomez dari Atalanta : Pengertian Senam Lantai, Ketahui Sejarah dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Ragam Bola.com

Apa tujuan pertama senam aerobik?

Tujuan Gerakan Senam Aerobik – Ada berbagai tujuan gerakan senam aerobik, yaitu:

Menurunkan berat badan Meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan Melatih kesehatan paru-paru Menjernihkan pikiran

Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa jenis latihan yang bisa kamu lakukan, lho ! Baca selengkapnya berikut ini! Baca Juga: 5 Manfaat Jogging untuk Tubuh dan Tips Jogging

Dimana pertama kali senam dikembangkan?

SEJARAH SENAM Sejarah senam sudah sangat panjang. Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian. Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam.

Pada zaman itu Gymnastik dilakukan dalam rangka upacara-upacara kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus. Pada awal permulaaan abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood. Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik.

Dia juga menemukan beberapa perelatan senam, diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, dan bak lompat. Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus. Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.

Senam juga aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani. Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh.

  1. Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga.
  2. Senam yang dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga, merupakan terjemahan langsung dari bahasa inggris Gymnastics, atau belanda Gymnastiek.

Gymnastics sendiri dalam bahasa aslinya merupakan serapan kata dari bahasa yunani, gymnos, yang berarti telanjang. Menurut Hidayat (1995:7), kata gymnastiek tersebut dipakai untuk menunjukan kegiatan-kegiatan fisik yang memerlukan keleluasaan gerak sehingga perlu dilakukan dengan telanjang atau setengah telanjang.

Hal ini bisa terjadi karena teknologi pembuatan bahan pakaian belum semaju sekarang, sehingga belum memungkinkan membuat pakaian yang bersifat lentur mengikuti gerak pemakainya. Dalam bahasa yunani sendiri, gymnastics ditutunkan dari kata kerja gymnazein, yang artinya berlatih atau melatih diri. Latihan-latihan ini diperlukan bagi para pemuda yunani kuno (sekitar tahun 1000 SM hingga kira-kira tahun 476) untuk menjadi warga Negara yang baik sesuai cita-cita Negara serta untuk menjadikan penduduknya sebagai manusia harmonis.

Para filosof seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles telah mendukung program-program latihan fisik ini, yang dimaksudkan untuk meningkatkan keindahan dan kecantikan, kekuatan serta efisiensi gerak. Dari jaman itulah mulai muncul tanda-tanda berkembangnya senam medis, massage dan kebugaran jasmani.

Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan, meningkatkan keindahan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh) Gerakannya harus selalu tesusun dan sistematis

Berdasarkan cirri-ciri diatas, batasan senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis. Imam Hidayat (1196) memberikan pedoman untuk memperjelas pengertian senam: Tumbling Akrobatik = SENAM Calesthenic Maksudnya adalah, jika suatu kegiatan fisik mengandung salah satu atau gabungan dari ketiga unsur di atas, kegiatan itu bisa dikelompokkan sebagai senam.

Kalestenik Calesthenic berasal dari kata Yunani (Greka), yaitu Kalos yang artinya indah dan Stenos yang artinya kekuatan. Dengan begitu calesthenic bisa diartikan sebagai kegiatan memperindah tubuh melalui latihan kekuatan. Maksudnya adalah latihan tubuh (baik memakai alat maupun tanpa alat) untuk meningkatkan keindahan tubuh. Dalam bahasa Inggris, calesthenic diartikan sebagai free exercises dan dalam bahasa Jerman disebut frei ubungen. Lalu dalam bahasa Indonesia disebut apa? Latihan bebas? Rasanya kurang tepat. Bagaimana kalau kita sebut saja kalestenik? Akhirnya, kata kalestenik bisa kita artikan sebagai kegiatan atau latihan fisik untuk memelihara atau menjaga kesegaran jasmani (senam pagi, senam kesegaran jasmani), meningkatkan kelentukan dan keluwesan (senam wanita, misalnya), serta memelihara teknik dasar dan keterampilan (misalnya untuk petinju atau pemain sepakbola). Tumbling. Dalam pengertian sekarang, sebenarnya kata tumbling dan kata akrobatik sering dipertukarkan, sehingga dianggap tidak ada perbedaan di antara keduanya. Padahal, tumbling dan akrobatik memiliki arti ketangkasan dalam arti yang berbeda. Tumbling adalah gerakan yang cepat dan eksplosif dan merupakan gerak yang pada umumnya dirangkaikan pada satu garis lurus. Adapun cirinya adalah: adanya unsur melompat, melayang bebas di udara dan dilakukan dengan cepat.

You might be interested:  Apa Saja Yang Termasuk Olahraga Tradisional?

Contoh dari tumbling adalah kip, handspring, atau salto. Tumbling berasal dari kata tombolon (bahasa italia), tommelen (Belanda), tomber (Perancis) yang artinya melompat disertai melenting dan berjungkir balik secara berirama. Tumbling dan akrobatik dalam senam 3) Akrobatik.

Akrobatik bisa diartikan sebagai keterampilan yang pada umumnya menonjolkan fleksibilitas gerak dan balansing (keseimbangan) dengan gerakan yang agak lambat. Contohnya adalah chestroll, walkover, backover, dsb. Atau gerakan-gerakan seperti posisi bertahan seperti handstand dan press. Jadi kalestenik, tumbling, dan akrobatik adalah unsur-unsur dari latihan senam.

Untuk lebih memudahkan penjenisan senam, alangkah baiknya kita ikuti pengelompokan senam yang dibuat oleh FIG (Federation Internationale de Gymnastique) yang di-indonesiakan menjadi Federasi Senam Internasional. Menurut FIG, senam dibagi menjadi 6 kelompok, yaitu:

Senam artistic (artistic gymnastics) Senam ritmik (rhythmic gymnastics) Senam akrobatik (acrobatic gymnastics) Senam aerobic (aerobic gymnastics) Senam trampoline (trampolinning) Senam umum (general gymnastics)

Senam artistik adalah sebagai senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan pada alat-alat. Senam ritmik adalah senam yang dikembangkan dari senam irama sehingga dapat dipertandingkan.

Senam akrobatik adalah senam yang mengandalkan gerakan akrobatik dan tumbling, sehingga latihannya banyak mengandung salto dan putaran, sementara pesenamnya harus mendarat di tempat-tempat yang sulit. Aerobics gymnastics merupakan pengembangan dari senam aerobik. Agar pantas dipertandingkan, latihan-latihan senam aerobik yang berupa tarian atau kalestenik tertentu, digabung dengan gerakan-gerakan akrobatik yang sulit.

Senam trampolin merupakan pengembangan dari satu bentuk latihan yang dilakukan diatas trampolin. Trampolin adalah sejenis alat pantul yang terbuat dari rajutan kain yang dipasang dari kerangka besi, berbentuk segi empat, sehingga memiliki daya pantul yang sangat besar.

Apa sejarah senam di Indonesia?

Senam mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, ketika senam pertama kali masuk ke Indonesia pada jaman penjajahan Belanda. Masuknya olahraga senam ini bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah-sekolah.

Bagaimana sejarah singkat senam aerobik?

Sejarah Senam Aerobik – Yang Pertama Kali Menciptakan Olahraga Aerobik Adalah Pada tahun 1960-an, dr. Kenneth Cooper memperkenalkan senam aerobik, dimulailah sejarah dari senam aerobik di Amerika Serikat. Senam menjadi olahraga yang populer sejak tahun 1970-an. Halaman Selanjutnya Pada saat itu senam aerobik masih bernamakan fitaerobik dan mulai berganti menjadi aerobik pada tahun 1990-an.

Siapa nama bapak senam di Dunia?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Johann Friedrich Ludwig Christoph Jahn ( lahir 11 Agustus 1778 – meninggal 15 Oktober 1852) adalah seorang pelatih gymnastik dan nasionail berkebangsaan Jerman. Para pengikutnya mengenalnya sebagai Turnvater atau Jahn sang bapak gymnastik. Jahn lahir di Lanz (Prignitz) daerah Margraviate of Brandenburg dia belajar teologi dan filologi dari tahun 1796 hingga tahun 1802 di University of Halle, dilanjutkan ke University of Göttingen dan University of Greifswald,

Setelah periode peperangan Jena-Auerstedt, pada tahun 1806 dia bergabung dengan tentara Prusia. Pada tahun 1809 dia pergi ke Berlin dan menjadi guru di Gymnasium zum Grauen Kloster dan di Johann Ernst Plamann, Melihat penghinaan dan kekejian yang dilakukan oleh Napoleon terhadap masyarakat pribumi di tanah airnya, Jahn pun mendapatkan ide untuk melatih mental dan kekuatan para warga di daerahnya untuk berlatih senam.

Turnplatz pertama, atau senam udara terbuka, dibuka di Berlin pada tahun 1811, dan pergerakan Turnverein (asosiasi senam) ini pun berkembang sangat cepat. Para pesenam muda didoktrin untuk bergabung dalam serikat asosiasi untuk emansipasi tanah airnya.

Siapa yang pertama kali membawa senam ke Indonesia?

Hello Tamiwin T, Kak Fariz bantu jawab ya. Jawaban yang benar adalah B. Belanda. Yuk simak pembahasan berikut. Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh dan membutuhkan aspek kecepatan, kekuatan, serta keserasian gerakan fisik.

  • Senam ini dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kebugaran tubuhnya, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai mental spiritual kepada setiap individu yang melakukannya.
  • Senam ini pertama kali dibawa dan diperkenalkan kepada Indonesia oleh bangsa Belanda pada tahun 1912, di mana pada saat itu senam dijadikan mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. Semoga membantu ya.

Siapakah yang pernah mempopulerkan penggunaan istilah aerobic?

Senam Aerobik Diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper yang sangat concern dengan kesehatan dan kebugaran jasmani dalam olahraga.

Kenapa disebut senam aerobik?

Pengertian Senam Aerobik – Dalam buku Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012) oleh Haryanto, asal kata aerobik adalah “aero” yang memiliki arti oksigen. Senam aerobik adalah olahraga yang dilakukan secara terus-menerus di mana kebutuhan oksigen masih dapat dipenuhi dengan kecepatan menempuh waktu.

Dalam senam aerobik, tubuh akan melakukan banyak gerakan. Oleh karena itu, sebelum memulai aktivitas senam aerobik hendaknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Jenis, Ragam Gerakan, dan Manfaatnya Suatu latihan senam aerobik yang mempunyai tujuan untuk membentuk kondisi badan yang siap dalam melakukan gerak selanjutnya disebut pemanasan.

Pemanasan bisa dilakukan selama 10 menit dengan contoh gerakan berupa jalan di tempat, mengayunkan kedua tangan, menggelengkan kepala, serta meliukkan badan ke kanan dan ke kiri. Pemanasan disebut juga dengan warming up, Adapun, yang bukan merupakan gerakan warming up dalam senam aerobik adalah pernapasan.

  • Sebab, pernapasan termasuk dalam gerakan pendinginan.
  • Sementara itu, pengaturan pernapasan dalam gerakan senam aerobik dapat dilakukan dengan cara ditarik lewat hidung, keluar lewat mulut.
  • Baca juga: Rangkaian Gerak Sikap Lilin dalam Senam Lantai Setelah melakukan pemanasan, selanjutnya adalah memulai latihan inti yang bisa dilakukan selama 15-20 menit.

Mengutip KOMPAS.com Skola, berikut adalah contoh gerakan dalam senam aerobik berdasarkan gerak anggota tubuh.

Siapa yang menciptakan cabang olahraga senam ritmik?

Sejarah Senam Irama – Yang Pertama Kali Menciptakan Olahraga Aerobik Adalah Baca Juga : Tahun 1940 kompetisi senam irama mulai digelar di Rusia. FIG sendiri di tahun 1940 mulai memasukkan senam irama ini menjadi salah satu dari cabang senam. Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian.

Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. kemudian berubah menjadi gymnastic Rhythmic, dan perubahan terakhir menjadi gymnastic ritmik atau senam irama. Dilansir dari berbagai sumber, senam irama pertama kali digagas oleh Jean George Noverre (1727-1810), Rudolf Bode (1881-1970), dan Francia Delsartre (1811-1871).

Mereka memiliki opini tentang betapa pentingnya ekspresi gerakan yang dilakukan seseorang melalui tubuhnya untuk menghasilkan berbagai gerakan tertentu. Baca Juga : Kemudian, gagasan mereka tersebut seiring berjalannya waktu diteruskan oleh Peter Henry Ling pada abad ke – 19. Pada saat itu, ia membuat Swedish System. Pada awalnya Swedish System merupakan gerakan bebas yang akhirnya berubah dan berkembang menjadi gimnastik estetis.

  • Ini dilakukan oleh seorang seorang atlet guna mengekspresikan emosi dan perasaannya melalui gerakan tubuh.
  • Pada tahun 1837, Catharine Beecher yang merupakan pendiri Western Female Institute menciptakan sebuah program yang bernama Grace Without Dancing.
  • Pada program tersebut, atlet senam perempuan berlatih untuk melakukan gerakan senam yang diiringi dengan musik.

Gerakan tersebut dimulai dari yang sederhana hingga kompleks. Hinrich Medau, pada tahun 1929, memiliki ide gimnastik yang lebih modern yakni gerakan senam artistik. Gerakan ini menggunakan media alat seperti gada, simpai, pita, tali dan bola. Kompetisi senam irama diselenggarakan pada tahun 1940 di Rusia.

Emudian, pada tahun 1961, Federation Internationale de Gymnastique atau FIG, menetapkan bahwa senam irama merupakan bagian dari senam. Seiring berkembangnya waktu dan zaman, gimnastik ini berubah menjadi senam irama. Itulah tadi informasi seputar sejarah senam irama. Semoga pembahasan ini memberi manfaat bagi para pembaca.

Editor : Hafid Fuad Follow Berita Sportstars di : Sejarah Senam Irama yang Perlu Diketahui – Sportstars.Id

Related Post