Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi?

Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi?

Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi
Bobo.id – Kombinasi gerakan adalah salah satu cara melakukan senam lantai. Seperti pada materi penjasorkes kelas 3 SD, teman-teman akan berlatih melakukan kombinasi gerakan dengan bantuan alat seperti yang dilakukan saat senam lantai. Ada banyak alat yang bisa digunakan dalam melakukan kombinasi gerakan ini.

Alat yang paling utama diperlukan adalah matras, yang berguna sebagai pengaman dan meminimalisir cedera. Baca Juga: Manfaat Melakukan Gerak yang Diiringi Irama, Materi Penjasorkes Kelas 3 SD Selain itu, teman-teman bisa juga menggunakan papan pantul, kursi, palang, tali, dan lain sebagainya. Saat melakukan gerakan dengan alat ini, teman-teman akan membutuhkan kemampuan dalam gerakan lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif.

Beberapa gerakan dengan bantuan alat ini akan membutuhkan keseimbangan, kelenturan, kelicahan, serta daya tahan tubuh. Pola gerakan yang akan dilakukan pun berupa gerakan bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat.

  1. Berikut akan dijelaskan cara melakukan kombinasi gerakan dengan bantuan alat.1.
  2. Melocat dengan Papan Pantul Pada gerakan ini, teman-teman akan menggunakan alat bantu berupa matras dan papan pantul.
  3. Gerakan ini adalah kombinasi gerak mengayun, bertumpu, menolak dan melompat, melayang ke depan, dan mendarat.

Untuk melakukannya, pertama tata matras berada di bagian depan papan pantul. Lalu posisikan badan berada di atas papan pantul, dengan kaki rapat dan tangan di samping badan. Baca Juga: 3 Permainan yang Melatih Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif, Materi Kelas 3 SD Condongkan tubuh ke depan, kemudian ayunkan badan dari bawah ke atas sambil kedua kaki menolak.

  • Dengan begitu tubuh akan melayang ke depan atas, lalu bersiaplah untuk mendarat di atas matras.
  • Selama akan mendarat, pandangan mata harus lurus ke depan.
  • Posisi mendarat yaitu kedua kaki dan lutut saling menyudut.
  • Jika sudah bisa melakukan dengan baik, teman-teman bisa melakukan lompatan dengan awalan tiga atau lima meter.

Awalan bisa dilakukan dengan berjalan atau berlari.2. Meloncat dari Ketinggian Gerakan selanjutnya akan membutuhkan alat berupa kursi dan matras. Dalam gerakan ini teman-teman akan melakukan gerak mengayun, bertumpu, menolak, meloncat, melayang, dan mendarat.

Pertama berdiri di atas kursi, dengan posisi kedua kaki agak ditekuk. Ayunkan kedua tangan ke belakang den kedepan atas, sambil melakukan tolakan dua kaki sehingga tubuh akan melayang. Saat melayang, pastikan pertahankan keseimbangan hingga mendarat. Posisi mendarat yang benar yaitu kedua lutut ditekuk dan kedua tangan ke depan.

Baca Juga: Cara Melatih Kelincahan dengan Permainan Menjala Ikan, Materi Penjasorkes Kelas 3 SD 3. Menggantung di Atas Palang Pada gerakan ini, teman-teman akan membutuhkan sebuah palang. Gerakan degan palang ini akan membuat teman-teman bergerak bertumpu, menolak, meloncat, melayang ke atas, dan mendarat.

  1. Pertama, teman-teman harus berdiri dengan kaki rapat dan kedua tangan berada di samping badan.
  2. Lalu ayunkan kedua tangan ke tas sambil melakukan tolakan di kedua kaki.
  3. Dengan begitu tubuh akan melayang ke atas, dan tangan bisa menggapai palang.
  4. Pegang palang sejajar dengan kedua tangan, lalu luruskan tangan, kaki, dan badan sehingga tubuh menggantung.

Tahan posisi ini selama dua hingga tiga detik dan lepaskan pegangan, sehingga teman-teman bisa mendarat. Ulangi gerakan ini beberapa kali, hingga teman-teman bisa mendapatkan posisi tubuh yang sesuai. Baca Juga: Contoh dan Manfaat Gerakan Pendinginan, Materi Penjasorkes Kelas 3 SD Tiga gerakan tersebut termasuk dalam gerak senam lantai agak sulit. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Contents

Apa saja alat yang dapat digunakan dalam melakukan gerakan kombinasi berjalan menekuk dan mengayun?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD/MI Halaman 15 16 17 18 19 Subtema 1 Pembelajaran 2 Energi dan Perubahannya Gerakan yang akan kita pelajari adalah kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun dengan menggunakan alat. Alat yang digunakan pada kegiatan ini adalah simpai. Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi Contoh gambar 1. Setelah itu kedua lutut ditekuk, simpai diayunkan ke atas. Kemudian simpai diayunkan ke belakang lutut diluruskan kembali. Badan tegap kembali. Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi Contoh gambar 2. Gerakan senam irama tersebut merupakan sebuah rangkaian. Lakukan gerakan ini tanpa terputus-putus. Setelah mengetahui rangkaian kombinasi gerakan tersebut, lakukanlah bersama-sama dengan iringan musik instrumental yang temponya pelan, seperti musik klasik. Baca Juga:

Apa saja gerak yang dilakukan pada gerak kombinasi?

Contoh Kombinasi Gerak Lokomotor dalam Bermain Sepak Bola Selasa, 26 Juli 2022, 22:11 WIB Menggiring bola seperti yang dilakukan Riko Simanjuntak merupakan contoh kombinasi gerak lokomotor. (FOTO: RCTI+) CONTOH kombinasi bisa dilihat dalam beberapa cabang olahraga, termasuk di sepak bola. Sebab, dalam olahraga sepak bola banyak gerakan akan dihasilkan tubuh melalui teknik teknik yang ada.

  • Gerakan lokomotor adalah gerakan perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain.
  • Contohnya berjalan, berlari, melompat dan memanjat.
  • Ombinasi Gerak Dasar Lokomotor antara lain permainan menginjak garis, berjalan mundur,berlari menyamping, berjalan silang, meloncat kebelakang, melompat dan melewati rintangan.

Sementara kombinasi gerak lokomotor pada sepak bola adalah berlari, menendang, atau menyundul bola. Gerakan gerakan tersebut merupakan hasil kombinasi dari gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif. Lantas, apa arti dari gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif? Sportstars.id telah merangkum pengertian dan, non lokomotor, hingga manipulatif dalam permainan sepak bola.

Apa itu kombinasi gerak dalam olahraga?

Pengertian Smash dalam Bola Voli – Dikutip dari modul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X (2020) yang disusun oleh Tono Supriatna Nugraha, smash merupakan upaya serangan untuk mematikan lawan dengan pukulan yang cepat dan keras melewati net. Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain bola voli putra Jawa Timur Rendy Tamamilang saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 2-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore. Baca juga: 4 Peran Penting dalam Bola Voli Cara Melakukan Smash dalam Permainan Bola Voli Agar menghasilkan bola yang melaju tajam dan keras, smash harus dilakukan dengan teknik yang benar.

Berdiri dengan sikap melangkah menghadap net. Berat badan berada di kaki depan, diawali dengan beberapa langkah kaki dan melebar pada langkah terakhir. Kedua kaki menolak ke atas dengan menyesuaikan tinggi bola, diikuti dengan ayunan lengan ke depan atas untuk melakukan pukulan. Untuk mendapatkan hasil smash yang menukik harus dilakukan dengan memukul bola di bagian atas bola. Setelah melakukan pukulan, mendaratlah dengan kedua ujung telapak kaki, diikuti dengan lutut yang dilenturkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sebutkan apa saja kombinasi saat melakukan senam lantai?

2. Meloncat dari Ketinggian – Gerakan ini diawali di atas kursi, dengan posisi kedua kaki agak ditekuk. Ayunkan kedua tangan ke belakang den kedepan atas, sambil melakukan tolakan dua kaki sehingga tubuh akan melayang. Saat melayang, pastikan pertahankan keseimbangan hingga mendarat.

Kombinasi gerak berjalan berlari dan melompat termasuk kombinasi gerak apa?

Pengertian Gerak Lokomotor – Dalam buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 1 PJOK yang diterbitkan Bmedia, gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat yang melibatkan bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Gerakan lokomotor merupakan dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar, pertumbuhan otot, daya tahan, dan stamina.

Apa nama alat untuk melakukan gerak mengayun?

Tongkat digunakan sebagai alat utama untuk melakukan latihan mengayun.

Peralatan apa saja yang digunakan untuk permainan kombinasi jalan dan lari?

Peralatan yang digunakan untuk permainan kombinasi jalan dan lari​ adalah litasan. Pembahasan: Pengertian dari gerak kombinasi adalah: Gerak kombinasi adalah suatu susunan gerakan yang dilakukan dengan cara menggabungkan berbagai macam jenis gerak dasar sekaligus.

Untuk dapat melakukan gerak kombinasi ini, kita harus mempunyai keterampilan gerak dasar. Adapun pengertian dari keterampilan gerak dasar adalah suatu kemampuan seorang individu untuk dapat melakukan setiap jenis gerak dasar secara optimal. Untuk dapat memperoleh keterampilan gerak dasar ini, kita harus melakukan pengulangan gerakan dasar secara disiplin sehingga dengan lama kelamaan akan dapat membentuk satu kebiasaan dan pola gerak.

Pada saat kita sudah mempunyai keterampilan gerak, maka kita akan dapat dengan mudah dalam menggabungkan gerak dasar untuk menciptakan rangkaian gerak yang rumit. Berikut ini yang termasuk ke dalam contoh dari gerak kombinasi yang dapat dilakukan, yakni sebagai berikut :

Dengan melayangkan kedua lengan ke arah atas kemudian menangkap bola, merupakan gerak kombinasi non lokomotor dan juga gerak manipulatif.Dengan berlari sambil memantulkan bola basket, merupakan gerak kombinasi lokomotor dan juga gerak manipulatif.Memukul bola kasti dengan menggunakan tongkat pemukul serta langsung berlari ke arah base, merupakan gerak kombinasi manipulatif dan juga gerak lokomotor.Dengan mengayunkan lengan dari bawah ke atas dan memukul bola, merupakan gerak kombinasi non lokomotor dan juga gerak manipulatif.

You might be interested:  Sebutkan Olahraga Yang Melatih Otot Kaki?

Adapun kombinasi jalan dan lari, yakni sebagai berikut : Kombinasi ini dapat digunakan dalam teknik awalan. Berjalan adalah teknik awalan yang baik dalam lompat jauh yang bertujuan untuk melepaskan ketegangan tubuh. Kemudian langkah kaki dipercepat dan diubah menjadi gerakan berlari yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan yang berfungsi sebagai gaya dorong sehingga lompatan akan semakin jauh.

Materi tentang gerak kombinasi dasar dalam permainan sepak bola brainly.co.id/tugas/36160016 Materi tentang gerak kombinasi dasar dalam permainan bola basket brainly.co.id/tugas/42469924 Materi tentang pengertian gerak kombinasi brainly.co.id/tugas/31926491

Detail Jawaban Kelas: 11 Mapel: Penjaskes Bab: 3 Kode: 11.22.3 #TingkatkanPrestasimu

Sebutkan 3 contoh kombinasi gerak langkah dan?

Hallo Iwayanpuspayasa I, kakak bantu jawab ya. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah gerak langkah kaki ke samping dengan ayunan lengan secara bersamaan, gerak langkah kaki biasa dengan ayunan satu lengan, dan gerak langkah kaki ke depan dengan ayunan lengan dalam dua putaran lengan.

  • Berikut ini penjelasannya.
  • Gerak berirama ialah gerakan yang diiringi dengan irama musik.
  • Gerak berirama sendiri termasuk dalam senam ritmik.
  • Ada tiga macam variasi dan kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan dalam gerak berirama yaitu gerak langkah kaki ke samping dengan ayunan lengan secara bersamaan, gerak langkah kaki biasa dengan ayunan satu lengan, dan gerak langkah kaki ke depan dengan ayunan lengan dalam dua putaran lengan.

Jadi, jawaban yang tepat yaitu gerak langkah kaki ke samping dengan ayunan lengan secara bersamaan, gerak langkah kaki biasa dengan ayunan satu lengan, dan gerak langkah kaki ke depan dengan ayunan lengan dalam dua putaran lengan. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru.

Apa saja media atau alat yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan manipulatif?

Pengertian Gerak Manipulatif, Ketahui Contoh-Contoh Gerakannya – Ragam Bola.com Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, menangkap bola saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). Untuk meningkatkan performa kiper, Shin Tae-yong menambah porsi waktu latihan.

  • Bola.com/M Iqbal Ichsan) Bola.com, Jakarta – Di dalam ilmu olahraga, ada tiga jenis gerak, yaitu gerak lokomotor, gerak non-lokomotor dan,
  • Namun, tak banyak yang tahu tentang ketiga jenis gerak tersebut.
  • Etiga keterampilan dasar tersebut yang menentukan mutu keterampilan anak dalam olahraga yang bersifat kecabangan (spesialisasi).

adalah keterampilan gerak kompleks yang dilakukan anak saat masih dalam masa perkembangan.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indoesia (KBBI), manipulasi adalah tindakan untuk mengerjakan sesuatu dengan tangan atau alat-alat mekanis secara terampil.
  • Jadi, manipulatif merupakan bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.
  • Gerak manipulatif berhubungan dengan benda di luar dirinya yang harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan.
  • Gerak koordinasi tersebut diperlukan saat anak terlibat dalam kegiatan olahraga yang sudah terspesialisasi, seperti sepak bola, tenis meja, vol, badminton, dan lain-lain.
  • Untuk memahami lebih dalam mengenai gerak manipulatif bisa membaca pengertian dari para ahli hingga contoh gerakannya.
  • Berikut ini rangkuman mengenai, seperti dilansir dari laman Haloedukasi dan Seputarpengetahuan, Jumat (18/12/2020).

Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann, menggiring bola saat melawan Real Sociedad pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Kamis (17/12/2020). Barcelona menang dengan skor 2-1. (AP/Joan Monfort) Pengertian Gerak Manipulatif Menurut Ahli Menurut Sujiono (2007 : 12.4) mengatakan bahwa gerak manipulatif adalah aktivitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.

  1. Menurut Pramono Dkk (2010:9) menyatakan bahwa gerak manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu, seperti bola, raket, atau kayu pemukul.
  2. Keahlian Manipulatif
  3. Keahlian manipulatif dibedakan jadi 3 bagian, ialah:
  • Menjauhkan obyek: melontarkan, memukul, menendang.
  • Menaikkan kemampuan: menangkap, mengumpulkan, mengambil.
  • Bergerak bersama: bawa, memantul- mantulkan( dribbling).

Kiper Liverpool, Caoimhin Kelleher, melempar bola saat melawan Ajax Amsterdam di Stadion Anfield, Rabu (2/12/2020). Kiper ketiga The Reds itu tampil memukau dan membawa Liverpool menang atas Ajax. (AFP/Paul Ellis)

  • 1. Melempar
  • Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks di mana satuatau dua tangan digunakan untukmelontarkan suatu objek menjauhi tubuhke ruang tertentu.
  • 2. Menangkap
  • Menangkap adalah gerakan yang melibatkanpenghentian momentum suatu objek danmenambahkan kontrol terhadap objektersebut dengan menggunakan satu tanganatau dua tangan.
  • 3. Menendang

Menendang adalah suatu pola keterampilanmanipulatif yang menggunakan kaki untukmemukul suatu benda. Jenisnya:• tendangan kura-kura kaki, yaitu tendangandengan bagian atas atau punggung kaki, dantendangan dengan bagian dalam kaki.

  1. 4. Menggiring
  2. Menggiring (bola) adalah keterampilanmanipulatif khusus yang berkaitan dengankegiatan menggerakkan suatu benda (bola)dengan pengontrolan dan penguasaan yangterus menerus.
  3. Keterampilan menggiring ini dibedakanantara menggiring bola dengan kaki danmenggiring bola dengan tangan.
  4. 5. Memukul
  5. Memukul adalah keterampilan yang dilakukan menggunakan satu atau dua tangan, dapat juga menggunakan alat untuk menunjukkan daya dorongan kepada suatu obyek.
  6. Gerak manipulatif yang satu ini sering dilatih dengan memakai benda bergerak, contohnya memukul bola menggunakan tongkat dalam permainan bola kasti atau soft ball.
  7. Cara Menilai Hasil Belajar GerakManipulatif
  • Mengamati langsung penampilan anakketika melakukan keterampilan tersebut danrangkaiannya.
  • Kemajuan anak dalam gerak hanya dapatdilihat melalui pengamatan yangberkelanjutan.
  • Penilaian terhadap kemampuan psikomotor anak dilakukan dengan tes penampilan atau peraga.
  • Meliputi pengamatan terhadap gerak awalan,gerakan utama, serta gerak akhir dariketerampilan yang dinilai.

Sumber: haloedukasi dan seputarpengetahuan Pemain sepak bola posisi gelandang serang di Tottenham Hotspur club, Dele Alli menunjukkan reaksi emosional. Alli melempar botol air minum dan membanting sepatunya di bangku cadangan pemain. : Pengertian Gerak Manipulatif, Ketahui Contoh-Contoh Gerakannya – Ragam Bola.com

Bagaimana cara melakukan kombinasi gerak langkah biasa?

Jelaskan cara melakukan kombinasi gerak langkah biasa dengan dengan ayunan satu lengan depan Untuk melakukan gerakan langkah biasa dengan ayunan satu lengan depan belakang, berikut adalah cara untuk melakukan gerakan tersebut:

  1. Berdiri tegak dengan arah pandang lurus ke arah depan.
  2. Posisikan kedua lengan berada lurus di depan.
  3. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kanan ke arah depan sambil mengayunkan lengan kiri ke arah belakang.
  4. Pada hitungan kedua, ketika kaki kanan sudah menyentuh tanah sepenuhnya, ayunkan kembali lengan kiri kiri ke arah depan sehingga kembali pada posisi awal.
  5. Pada hitungan ketiga, langkahkan kaki kiri ke arah depan sambil mengayunkan lengan kanan ke arah belakang.
  6. Pada hitungan keempat, ketika kaki kiri sudah menyentuh tanah sepenuhnya, ayunkan kembali lengan kanan kiri ke arah depan sehingga kembali pada posisi awal.
  7. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

Sebutkan apa saja gerakan kombinasi jalan lari dan lompat?

Sebutkan 4 kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan mendarat padalompat jauh. •PLIS JAWAB• 4 kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan mendarat pada lompat jauh dapat dilihat dalam teknik awalan, teknik tolakan, dan teknik mendarat pada cabang olahraga atletik ini.

  1. Berikut penjelasannya.
  2. Penjelasan: Lompat jauh merupakan cabang olahraga atletik yang mengkombinasikan kekuatan, kelincahan, dan kecepatan untuk melompat sejauh mungkin.
  3. Dalam prakteknya, lompat jauh mengkombinasikan 4 jenis gerak dasar yaitu jalan, lari, lompat, dan mendarat.
  4. Terdapat 4 jenis kombinasi gerak dasar dalam lompat jauh yaitu kombinasi jalan dan lari, kombinasi lari dan lompat, kombinasi jalan, lari, dan lompat, dan kombinasi lompat dan mendarat.

Berikut penjelasan masing-masing kombinasi tersebut.1. Kombinasi jalan dan lari Kombinasi ini digunakan dalam teknik awalan. Berjalan merupakan teknik awalan yang baik dalam lompat jauh untuk melepaskan ketegangan tubuh. Selanjutnya langkah kaki dipercepat dan diubah menjadi gerakan berlari guna meningkatkan kecepatan yang berfungsi sebagai gaya dorong sehingga lompatan akan semakin jauh.2.

  • Ombinasi lari dan lompat Kombinasi lari dan lompat digunakan dalam teknik tolakan (langkah terakhir sebelum lompatan dilakukan).
  • Teknik tolakan merupakan lanjutan dari teknik awalan.
  • Diawali dengan berlari lalu dilanjutkan dengan lompatan.
  • Teknik tolakan merupakan teknik dimana kaki melakukan lompatan di garis lompat guna mendorong tubuh keatas dan melayang diudara sebelum mendarat.3.

Kombinasi jalan, lari, dan lompat Kombinasi jalan, lari dan lompat merupakan gabungan dari dua kombinasi sebelumnya. Dimana pada teknik awalan, diawali dengan berjalan. Kemudian, langkah dipercepat dan diubah menjadi berlari. Mendekati garis lompat, dilakukan teknik tolakan dimana kaki yang terkuat dijadikan tumpuan untuk menolak sehingga tubuh terdorong keatas dan melayang.

Semoga membantu. Pelajari lebih lanjut Penentu jauh dekatnya lompatan pada lompat jauh Teknik-teknik dalam lompat jauh Peraturan lompat jauh Detil Jawaban Kelas: XIMata Pelajaran: PenjaskesBab: Menganalisis Kategori Keterampilan Gerak Aktivitas Atletik

Kode Kategori: 11.22.3 #AyoBelajar : Sebutkan 4 kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan mendarat padalompat jauh. •PLIS JAWAB•

Apa saja alat yang digunakan untuk melakukan gerakan senam lantai?

Kesimpulan – Dalam melakukan kegiatan senam lantai tentunya memiliki manfaat yang begitu banyak untuk masing-masing tubuh. Manfaat ini tentunya harus didukung dengan adanya konsumsi gizi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh, tidak lupa juga kualitas hidup yang baik agar manfaat dari senam lantai tidak sia-sia.

Manfaat senam lantai itu beragam, mulai dari membuat tubuh menjadi lentur, menguatkan tulang, meningkatkan kekuatan otot, melatih koordinasi anggota tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, mencukupi kebutuhan olahraga, membakar kalori dalam tubuh, meningkatkan disiplin dalam diri, mengatasi depresi, dan dapat meningkatkan sosialisasi.

Sudah banyak bukan manfaat yang ditawarkan dari kegiatan senam lantai? Jika kamu merasa tidak memiliki salah satunya, kamu bisa mempelajari senam lantai ini untuk melengkapi kesehatan tubuhmu. Selain itu, dalam melakukan senam lantai juga memiliki aturannya tersendiri.

  1. Alian harus memperhatikan matras yang dipakai, jangan sampai matras tersebut membuat kalian tidak nyaman dan terjadi cedera dalam penggunaannya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan matras juga.
  2. Lalu, berlatihlah dari gerakan yang mudah terlebih dahulu, jika sudah bisa menguasai maka akan lanjut ke tahap berikutnya.

Kemudian, setiap melakukan kegiatan harus melakukan pemanasan agar tidak cedera. Dalam senam lantai juga tidak boleh melakukan sendiri, harus ada instrukturnya. Senam lantai juga memiliki beberapa alat pendukung dalam kegiatannya seperti, lantai, matras, gelang-gelang, kuda-kuda pelana, kuda-kuda lompat, palang tunggal, dan juga palang sejajar. Ebook Tips Menangkal Penyakit dengan Olahraga ini membahas keterkaitan berbagai jenis olahraga untuk menangkal penyakit-penyakit tertentu. Misalnya olahraga kaitannya dengan penderita tekanan darah tinggi; penyakit jantung; penyakit kencing manis; gangguan tulang dan otot; gangguan kehamilan; sakit maag; stres dan sebagainya.

You might be interested:  Yang Bukan Gaya Pada Olahraga Renang?

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat senam lantai beserta aturan dan alat-alatnya. Jika kalian tertarik dengan senam lantai kalian bisa mempelajarinya lebih lanjut agar mendapatkan manfaat seperti yang telah dituliskan di atas. Bagi kalian yang ingin belajar tentang kesehatan jasmani dengan baik dan benar, kalian bisa membeli buku yang telah disediakan oleh Gramedia.

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas memiliki buku-buku berkualitas untuk membantu kamu mendapatkan banyak ilmu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Alat apa saja yang sering digunakan dalam senam irama?

Alat Senam Ritmik – Senam ritmik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan alat dan tanpa menggunakan alat. Melakukan senam ritmik tanpa menggunakan alat berarti atlet senam ritmik tidak membawa atau menggunakan alat dalam melakukan senam ritmik. Namun, senam ritmik juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat.

Apa sajakah alat yang digunakan pada gerakan variasi dan kombinasi pola gerak dalam aktivitas senam lantai dengan alat?

Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi variasi dan kombinasi pola gerak dalam aktivitas senam lantai. ada gerakan senam lantai tanpa alat. Ada pula gerakan senam lantai menggunakan alat. Alat yang digunakan dalam gerak senam lantai antara lain palang, balok, dan peti lompat.A. Variasi Pola Gerak Senam Lantai tanpa Alat Senam lantai adalah suatu latihan tubuh yang dilakukan di lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kelenturan, koordinasi, dan kontrol tubuh. 1. Sikap Lilin Sikap lilin adalah sikap menjaga keseimbangan dalam posisi seperti lilin. Sikap lilin dilakukan dengan variasi bertumpu dengan kombinasi keseimbangan tubuh. Bagaimana caranya? Amatilah gambar berikut. Awalnya, tidurlah telentang di atas matras. Kedua tangan menyangga punggung pada sisi badan. Rapatkan kedua kaki. Tengkuk sebagai tumpuan. Kemudian, tarik kaki ke atas setinggi mungkin, tahan dengan kedua tangan. Tarik kaki sampai lurus, ujung kaki sejajar dengan bahu. Berikut cara melakukan jangkit berantai. Awalnya, buatlah kelompok beranggotakan empat orang. Berdiri dalam formasi berbanjar lurus. Setiap anak mengangkat salah satu kaki agar dipegang teman di belakangnya. Saat kaki terpegang, lakukan lompatan jangkit bersama menempuh jarak lima meter.3.

Kayang Kayang adalah sikap badan telentang membusur, bertumpu pada kedua kaki dan tangan. Amatilah gerakan kayang seperti Gambar 6.4. Bagaimana cara melakukan kayang? Cara melakukan gerakan kayang sebagai berikut.1. Posisi awal, badan berdiri tegak. Kedua kaki agak terbuka dan kedua tangan lurus di atas.2.

Jatuhkan punggung ke belakang dengan melengkungkan badan hingga kedua tangan menyentuh lantai.3. Tahan beberapa saat, lalu kembali pada sikap permulaan.4. Lakukan gerakan kayang dengan percaya diri. 4. Kangkang Berpasangan Apa manfaat gerakan kangkang? Gerakan ini melatih keseimbangan, kelenturan, serta kekuatan tangan dan punggung. Bagaimana cara melakukan kangkang berpasangan? Amatilah Gambar 6.5. Cara melakukan gerakan kangkang. Posisi awal, duduk berhadapan dengan pasangan. Kedua kaki dibuka lebar dan dirapatkan dengan kaki pasangan. Pegang tangan pasangan. Tarik punggungmu ke belakang seperti hendak tidur. Pasangan mengikuti gerakanmu dengan membungkukkan badan ke depan. Cara melakukan sikap pesawat terbang sebagai berikut. Awalnya, posisi berdiri tegak dengan kedua lengan lurus di samping badan. Kaki kanan sebagai tumpuan dan angkat kaki kiri lurus ke belakang. Ikuti gerakan merentangkan kedua lengan ke samping. Gerakan ini untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Pembahasan di depan merupakan variasi dan kombinasi pola gerak dalam aktivitas senam lantai tanpa alat. Ada banyak variasi latihan lainnya yang dapat dilakukan.B. Variasi dan Kombinasi Gerak Senam Lantai dengan Alat 1. Melompati Rintangan Pada gerakan ini, terdapat pola gerak, yaitu tolakan, melayang, dan mendarat.

Sebelum melakukan kegatan ini, siapkan rintangan (gawang) berukuran 10 cm x 100 cm. Posisi awal, sikap berdiri tegak dalam formasi berbanjar ke belakang. Mulailah meloncati gawang secara bergantian. Lakukan tolakan, kemudian melayang dan mendarat dengan benar. 2. Senam Dengan Tongkat Cara melakukan gerakan Senam dengan Tongkat sebagai berikut. Posisi awal, kedua kaki dibuka selebar bahu sebagai tumpuan. Bungkukkan badan, kedua tangan memegang tongkat. Ayunkan tongkat ke atas hingga lebih tinggi dari kepala. 3. Bergantung dengan Kombinasi Mengayun Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi Posisi awal, sikap berdiri tegak dan meloncat untuk memegang palang. Pegangan dapat menggunakan pegangan atas, pegangan bawah, atau pegangan campuran. Bergantung lurus dan kedua kaki terangkat dari tanah. Ayunkan kedua tungkai ke depan dan belakang hingga tubuh mengayun. Sebelum mendarat, kurangi ayunan secara perlahan. Posisi akhir, mendarat dengan kedua kaki.

Kombinasi gerak apa saja yang terdapat pada lompat jauh?

Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat dan mendarat Pada Lompat Jauh 1. Kombinasi jalan dan lari melewati rintangan.2. Kombinasi lari dan melompat 3. Kombinasi jalan lari dan melompat.

Kombinasi gerak apa saja yang terdapat dalam permainan menginjak garis?

GERAK DASAR LOKOMOTOR Permainan menginjak garis merupakan kombinasi dari gerakan berlari, meloncat dan melompat.

Apa nama gerakan yang menggunakan alat?

Pengertian Gerak Manipulatif – Manipulatif memiliki kata dasar berupa “manipulasi”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manipulasi dimaknai sebagai tindakan untuk mengerjakan sesuatu dengan tangan atau alat-alat mekanis secara terampil; upaya kelompok atau perseorangan untuk memengaruhi perilaku, sikap, dan pendapat orang lain tanpa orang itu menyadarinya; penggelapan; penyelewengan.

  1. Gerak manipulatif merupakan kemampuan gerak seseorang yang dilakukan dengan menggunakan objek atau alat.
  2. Gerak manipulatif menjadi salah satu keterampilan gerak kompleks yang dilakukan anak ketika dalam masa perkembangan.
  3. Gerak manipulatif berkaitan dengan benda di luar diri manusia yang harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk suatu keterampilan.

Melansir dari laman Bola, com, beberapa ahli mengungkapkan mengenai pengertian gerak manipulatif sebagai berikut.

  • Menurut Sujiono mengatakan bahwa gerak manipulatif adalah aktivitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.
  • Menurut Pramono, dkk menyatakan bahwa gerak manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu, seperti bola, raket, atau kayu pemukul.
  • Menurut Hidayat, gerak manipulatif merupakan gerak yang dikembangkan ketika anak tengah menguasai bermacam objek.
  • Menurut Suyantini, keterampilan gerak manipulatif merupakan gerakan yang memerlukan koordinasi dengan ruang dan benda yang ada di sekitarnya atau aktivitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.
  • Menurut Syarifuddin dan Muhadi, Gerak dasar manipulatif merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental, di samping gerak dasar lokomotor dan non lokomotor.

Gerak manipulatif memberikan peran yang erarti dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Terutama pada cabang olahraga yang mengharuskan untuk melakukan sesuatuu bentuk gerakan dari anggota badan secata lebih terampil. Misalnya sepak bola, bola voli, basket, kasti, dan sebagainya. Keahlian gerak manipulatif diklasifikasikan menjadi tiga kelompok sebagai berikut.

  • Menjauhkan obyek: melontarkan, memukul, menendang.
  • Menaikkan kemampuan: menangkap, mengumpulkan, mengambil.
  • Bergerak bersama: bawa, memantul- mantulkan ( dribbling ).

Melansir dari laman Id.berita.com, hasil belajar gerak manipulatif dapat dilihat dengan berbagai cara sebagai berikut.

  • Mengamati langsung penampilan anak ketika melakukan keterampilan tersebut dan rangkaiannya.
  • Kemajuan anak dalam gerak hanya dapat dilihat melalui pengamatan yang berkelanjutan.
  • Penilaian terhadap kemampuan psikomotorik anak dilakukan dengan tes penampilan atau peraga.
  • Meliputi pengamatan terhadap gerak awalan, gerakan utama, serta gerak akhir dari keterampilan yang dinilai.

Alat Yang Digunakan Pada Olahraga Gerak Kombinasi

Alat apa yang digunakan untuk melakukan gerakan menggantung dan mengayun?

KOMPAS.com – Gerakan bergantung dan berayun pada palang tunggal termasuk dalam jenis senam ketangkasan, Lantas bagaimana cara melakukan gerakan bergantung dan berayun pada palang tunggal? Aktivitas mengangkat tubuh disebut pull-up, Gerakan ini umumnya dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa palang tunggal atau horizontal bar,

Dikutip dari modul pembelajaran Bugar dan Sehat: Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, gerakan bergantung dan berayun pada palang tunggal termasuk dalam bentuk latihan daya tahan dan kekuatan. Adapun, tujuan gerakan bergantung dan berayun pada palang tunggal adalah untuk mengukur kekuatan dan melatih daya tahan otot lengan serta bahu.

Baca juga: Senam Ketangkasan: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Alat yang digunakan dalam gerak langkah dan ayunan tangan adalah tongkat?

Gerak Langkah Ayunan dan Kombinasi Gerak Berirama » » Gerak Langkah Ayunan dan Kombinasi Gerak Berirama Senam irama atau aktivitas gerak berirama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama.

Aktivitas gerak berirama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan sebagainya. Tekanan yang harus diberikan pada senam irama ialah: irama, kelentukan tubuh dan kontinuitas gerakan. Senam irama diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman.

Pada tahun 1916, sistem ini digantikan sistem Swedia. Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr.H.F. Minkema. Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 menyebabkan senam tersebut diganti oleh “Taiso”.

  • A. Gerak Langkah Kaki Berirama
  • 1. Gerakan Langkah Biasa
  • 2. Gerakan Langkah Rapat

Bentuk-bentuk gerakan langkah kaki antara lain sebagai berikut: Amati dan peragakan gerakan langkah biasa aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.b. Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan.c. Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit.d.

  1. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian Amati dan peragakan gerakan langkah rapat aktivitas gerak berirama berikut ini.a.
  2. Berdiri dengan sikap tegak rileks.b.
  3. Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri.c.
  4. Emudian, melangkahkan kaki kiri di depan kaki kanan.d.
  5. Lanjutkan kedua kaki rapat.3.
  6. Gerakan Langkah Keseimbangan Amati dan peragakan gerakan langkah keseimbangan aktivitas gerak berirama berikut ini.a.
You might be interested:  Siapa Yang Pertama Kali Menemukan Sepak Bola?

Berdiri dengan sikap tegak rileks.b. Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan.c. Hitungan 2: kaki kanan menyusul melangkah ke depan.d. Ketika tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat.

  1. 4. Gerakan Langkah Depan
  2. 5. Gerakan Langkah Silang
  3. B. Gerakan Ayunan Lengan
  4. 1. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Depan Belakang
  5. 2. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Samping

Amati dan peragakan gerakan langkah depan aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Berdiri dengan sikap anjur kiri.b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan.c. Hitungan 2: kaki kiri menyusul dan bersama-sama kaki kanan menyusul lagi (satu hep dua).d.

  1. Selanjutnya, langkahkan kaki kiri, disusul kanan, kemudian diikuti langkah kiri.
  2. Amati dan peragakan gerakan langkah silang aktivitas gerak berirama berikut ini.a.
  3. Berdiri dengan sikap anjur kiri.b.
  4. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan.c.
  5. Ruispas dapat pula dilakukan ke belakang.d.
  6. Langkah silang ini dilakukan dengan irama 2/4.

Bentuk-bentuk gerakan ayunan lengan antara lain sebagai berikut: Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke depan belakang pada aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Sikap permulaan berdiri tegak, melangkah, kedua lengan lurus ke depan.b. Hitungan 1: ayun lengan kiri ke belakang diikuti kedua lutut mengeper.c.

  • Hitungan 2: ayunkan kembali tangan kiri ke depan.d.
  • Hitungan 3-4: sama dengan hitungan 1 – 2 hanya dilakukan dengan tangan kanan.e.
  • Lakukan Pembelajaran ini 6 x 4 hitungan dengan irama 4/4 Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke samping aktivitas gerak berirama berikut ini.a.
  • Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan b.

Hitungan 1: ayunkan lengan kiri dari depan ke samping kiri diikuti kedua lutut mengeper.c. Hitungan 2: ayunkan kembali lengan kiri ke depan.d. Hitungan 3-4, lengan kanan melakukan gerakan seperti tangan kiri pada hitungan 1 dan 2.3. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Samping Bersamaan Dengan Memindahkan Berat Badan Amati dan peragakan gerakan ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan pada aktivitas gerak berirama berikut ini.a.

  • 4. Gerakan Ayunan Dua Lengan Ke Depan Belakang
  • 5. Gerakan Ayunan Dua Lengan Silang Di Depan Badan
  • 6. Variasi Gerakan Langkah Ke Depan dan Gerakan Tangan ke Atas
  • C. Kombinasi Gerakan Langkah Kaki dan Gerakan Ayunan Lengan
  • 1. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Belakang dan Ke Depan

Amati dan peragakan gerakan ayunan dua lengan ke depan belakang pada aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Sikap permulaan berdiri, kaki kiri melangkah, kedua lengan lurus ke depan.b. Hitungan 1: ayunkan kedua lengan ke belakang.c. Hitungan 2: ayunkan kembali ke depan.d.

Hitungan 3-4, putar kedua lengan melalui bawah di samping badan.e. Hitungan 5,6,7,8: Pembelajaran sama dengan Pembelajaran 1,2,3,4, tetapi arahnya berlawanan. Amati dan peragakan gerakan ayunan dua lengan silang di depan di muka badan pada aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Sikap permulaan tegakkan kaki kiri ke samping kiri, kedua tangan direntangkan.b.

Hitungan 1: ayunkan kedua lengan silang di depan badan.c. Hitungan 2: ayunkan kedua lengan kembali.d. Hitungan 3: ayunkan kedua lengan silang di belakang badan.e. Hitungan 4: ayunkan kedua lengan kembali.f. Hitungan 5,6,7,8, diulang gerakan hitungan 1,2,3, dan 4.

Amati dan peragakan gerakan langkah kaki ke depan dan gerakan tangan ke atas pada aktivitas gerak berirama berikut ini.1) Sikap permulaan tegak, langkahkan kaki kiri, kedua lengan ke samping.2) Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan, ayun kedua lengan lurus ke atas.3) Hitungan 2: pindahkan berat badan ke belakang sambil membungkukkan badan ke depan, ujung tangan ke bawah.4) Hitungan 3, tegak kembali.5) Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan kedua lengan kembali ke sikap semula.6) Hitungan 5,6,7, dan 8 sama hanya ganti kaki kiri.

Senam irama adalah gerakan senam yang disesuaikan dengan irama yang mengiringinya. Dalam senam irama, gerakan senam dilakukan dengan mengikuti irama. Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke belakang dan ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini.a.

  • Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri menyilang bergantian dan kedua lengan lurus ke depan.b.
  • Gerakannya 1) Hitungan 1 : Lengan kiri diayunkan kebelakang 2) Hitungan 2 : Lengan kiri diayunkan ke depan.3) Hitungan 3 : Lengan kanan diayunkan ke belakang.4) Hitungan 4 : Lengan kanan diayunkan ke depan 5) Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan.c.

Sikap akhir Kembali ke sikap semula.2. Gerakan Ayunan Dua Lengan ke Belakang dan ke Depan. Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan dua lengan ke belakang dan ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan.b.

  1. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke belakang samping kiri.2) Hitungan 2 : Kedua lengan diayunkan kembali ke depan.3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayunkan ke belakang samping kanan.4) Hitungan 4 : Kedua lengan diayunkan kembali ke depan.5) Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan.c.
  2. Sikap akhir Kembali ke sikap semula.3.

Gerakan Ayunan Lengan Silang dan Rentang di Depan Badan Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan lengan silang dan rentang di depan badan aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan.b.

Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan disilangkan di depan dada.2) Hitungan 2 : Kedua lengan terentang setinggi bahu.3) Hitungan 3 : Arahkan pandangan ke bahu kanan secara bergantian.c. Sikap akhir Kembali ke sikap semula.4. Gerakan Ayunan Lengan Melingkar Di Atas Kepala Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan lengan melingkar di atas kepala aktivitas gerak berirama berikut ini.a.

Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan.b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke kanan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.2) Hitungan 2 : Berdiri tegak, langkahkan kaki kanan dan kedua lengan lurus ke depan.3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayunkan ke kiri melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.4) Hitungan 4 : Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua lengan lurus ke depan.5) Pandangan mengikuti gerakan lengan.c.

  1. 5. Gerakan Ayunan Satu Lengan Horizontal ke Kiri dan ke Kanan
  2. 6. Gerakan Ayunan Kedua Lengan Ditarik Ke Dada Dan Didorong Ke Depan
  3. 7. Gerakan Ayunan Dua Tangan Setinggi Bahu
  4. 8. Gerakan Ayunan Satu Lengan Ke Kaki Kanan dan Kiri Secara Bergantian
  5. Kembali ke sikap semula.

Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan horizontal ke kiri dan ke kanan aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan b. Gerakannya 1) Hitungan 1 : Lengan kiri diayun ke kanan di depan badan.2) Hitungan 2 : Lengan kiri diayun ke kiri (sikap semula).3) Hitungan 3 : Lengan kanan diayun ke kiri di depan badan.4) Hitungan 4 : Lengan kanan diayun ke kanan (sikap semula) 5) Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.c.

  • Sikap akhir Kembali ke sikap semula.
  • Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan kedua lengan ditarik ke dada dan didorong ke depan aktivitas gerak berirama berikut ini.a.
  • Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan.b.
  • Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diluruskan di depan dada.2) Hitungan 2 : Kedua lengan ditarik di depan dada.3) Hitungan 3 : Kedua lengan didorong ke depan (sikap semula) 4) Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.c.

Sikap akhir Kembali ke sikap semula. Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan kedua tangan setinggi bahu aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua lengan lurus ke samping kanan.b.

Gerakannya 1) Hitungan 1 : Kedua lengan diayunkan ke kiri.2) Hitungan 2 : Kedua lengan diayunkan ke kanan.3) Hitungan 3 : Kedua lengan diayun melingkar satu lingkaran ke kiri di atas kepala.4) Hitungan 4 : Kedua lengan lurus ke samping kiri.5) Setiap gerakan ini diulang, ayunan lengan dari samping kiri.c.

Sikap akhir Kembali ke sikap semula Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke kaki kanan dan kiri secara bergantian aktivitas gerak berirama berikut ini.a. Sikap awal Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua tangan direntangkan.b.

Apakah nama alat yang digunakan pada gerakan menekuk?

Jawaban ini terverifikasi. Alat yang di gunakan dalam gerak berjalan menekuk dan mengayun ialah Simpai.

Sebutkan langkah langkah kegiatan kombinasi gerak berjalan menekuk dan mengayun?

Bagaimana gerakan kombinasi berjalan menekuk dan mengayun​ – Brainly.co.id

Jawaban: Langkah awal :Berdiri tegak, kedua lengan disamping badan, dan tatapan mata ke depan.Langkah Kedua:1. Melakukan gerakan mengayun2. Lalu Bungkukkan badan3. Lalu lakukan gerak menekuk•Langkah Ketiga:Jika sudah melakukan kombinasi gerak tersebut segera berdiri tegak,sikap badan rileks,dan pandangan mata ke arah depan.Penjelasan: Maaf kalo salah ya kak∆

: Bagaimana gerakan kombinasi berjalan menekuk dan mengayun​ – Brainly.co.id

Tuliskan langkah langkah melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan menekuk dan mengayun?

Pelajari lebih lanjut –

  • Materi tentang senam irama menggunakan tongkat berpita
  • Materi tentang cara melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan, menekuk dan mengayun menggunakan tongkat berpita​
  • Materi tentang dasar senam irama dengan menggunakan alat

Apa saja gerakan yang dikombinasikan dalam senam irama?

halo Anonim. Kakak bantu jawab ya. Jawabannya adalah D. (1), (2), (3) dan (4). Berikut adalah pembahasannya. Gerak langkah kaki dan ayunan lengan adalah kunci melakukan gerak berirama atau senam irama, selain kekuatan dan kelenturan tubuh. Jika dua gerakan ini dikombinasikan maka akan menghasilkan gerak berirama atau senam irama yang baik dan menampilkan keindahan.

  1. Ombinasi gerakan langkah kaki dan ayunan lengan adalah kombinasi gerak melangkah ke kiri dan ke kanan dengan ayunan kedua lengan.
  2. Beberapa variasi kombinasi gerak senam irama adalah kombinasi gerak melangkah dengan memutar kedua tangan, kombinasi gerak melangkah maju dan mundur dengan ayunan kedua lengan, kombinasi gerak melangkah ke kiri dan ke kanan dengan ayunan kedua lengan.

Jadi, jawaban yang benar untuk pertnyaan ini adalah D.1), (2), (3) dan (4). Semoga terbantu ya.

Related Post