Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Apa Manfaat Dari Olahraga Tarik Tambang?

Apa Manfaat Dari Olahraga Tarik Tambang?

Apa Manfaat Dari Olahraga Tarik Tambang
Keseruan Lomba Olahraga Tradisional Tarik Tambang di MAN 4 Bantul Bantul (MAN 4 Bantul) – Puncak dari rangkaian kegiatan class meeting di MAN 4 Bantul yaitu lomba olahraga tradisional tarik tambang yang mendapatkan banyak perhatian. Tujuan diadakan kegiatan lomba tarik tambang ini adalah melatih kekuatan tubuh, kerjasama tim dan kekompakan.

  • Perlombaan kali ini telah mencapai final diselenggarakan di lapangan Madrasah pada Kamis (15/12).
  • Adapun peserta lomba adalah satu grup dari perwakilan setiap kelas.
  • Lomba menggunakan sistem gugur dan diakhiri dengan final.
  • Sedangkan juara dari kompetisi ini diambil dari 3 grup terbaik untuk mendapatkan hadiah.

Lomba tarik tambang babak penyisihan telah diselenggarakan hari Selasa (13/12) dengan peserta kelas X MIPA 3, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XII IPS 2 menuju semi final. Pada babak final kelas XII IPS 2 menjadi juara pertama. Kepala MAN 4 Bantul, Singgih Sampurno menyampaikan bahwa, manfaat olahraga tradisional tarik tambang yaitu untuk melatih kekompakan kelompok.

Mengingat lomba tarik tambang adalah permainan yang dilakukan secara beregu atau berkelompok, maka pastinya butuh kekompakan dari masing-masing anggota tim agar dapat memenangkan perlombaan ini. “Kekompakan itu ditunjukkan saat anggota tim menentukan strategi, hingga saat ‘berjibaku’ menarik tali tambang.

Nah, secara tidak langsung, aktivitas ini bisa melatih kekompakan di dalam sebuah tim, yang nantinya juga berlaku untuk kehidupan sehari-hari,” ujar Singgih. Walaupun pada babak penyisihan sempat terjadi beberapa siswa yang mengalami cedera namun segera teratasi oleh tim PMR MAN 4 Bantul yang memberikan pertolongan pertama.

Apa manfaat permainan tarik tambang?

4. Menumbuhkan Sikap Sportif – Namanya perlombaan, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Hal ini juga berlaku untuk lomba tarik tambang. Hanya ada 2 (dua) kemungkinan yang akan Anda hadapi: menang atau kalah. Di sinilah letak dari manfaat permainan tambang itu.

You might be interested:  Apa Nama Federasi Dunia Tenis Meja?

Bagaimana cara bermain tarik tambang?

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Permainan Tarik Tambang merupakan salah satu tradisional yang sangat seru untuk dimainkan. Sayangnya, kini permainan tersebut sudah jarang dikenal oleh anak-anak di zaman sekarang. Keberadaan gadget membuat anak-anak lebih gemar memainkan ketimbang bermain langsung bersama teman-temannya.

Padahal, selain seru tarik tambang juga mengandung banyak pembelajaran yang kita dapatkan. Sehingga tidak hanya rasa lelah yang didapat, namun juga beragam, Lalu, apa sih hal yang bisa kita pelajari dari permainan tarik tambang? 1. Tidak membeda-bedakan teman Ketika kamu hendak bermain tarik tambang, tentu kamu harus membentuk dua tim.

Membentuk sebuah tim bukanlah hal yang mudah. Semua orang tentu ingin tim yang kuat dan tahan banting. Meskipun sebenarnya, tarik tambang tidak hanya membutuhkan kekuatan. Membentuk tim dengan teman bisa membuat kamu memiliki toleransi yang jauh lebih baik.

  • Bagaimananpun, kamu harus berusaha menerima tim yang kamu miliki dan membawanya menjadi tim yang terbaik.2.
  • Saling percaya dan percaya diri Bekerja sama dengan tim membutuhkan rasa saling percaya satu sama lain.
  • Dengan saling percaya, tim bisa saling mengandalkan satu sama lain sehingga lebih percaya diri dalam permainan.

Percaya diri sangat dibutuhkan agar masing-masing orang dapat menunjukkan yang terbaik dan memiliki pikiran yang positif terhadap jalannya permainan.3. Pandai menyusun strategi Untuk bisa menguasai permainan masing-masing tim harus memiliki strategi yang disesuaikan dengan kondisi tim.

Misalnya menggunakan strategi selang-seling, menahan gerakan, dan lain sebagainya. Strategi bisa sangat membantu menutupi kelemahan tim. Dengan begitu tim akan terlihat kuat dan membuat minder tim lawan. Kalau strategi tersebut bisa diterima dan dijalankan dengan baik, tidak mustahil strategi tersebut bisa membantu kita memenangkan pertandingan.4.

You might be interested:  Manakah Yang Merupakan Olahraga Permainan Bola Besar?

Lebih menghargai orang lain Dalam menjalankan permainan tarik tambang, akan banyak hal yang harus didiskusikan. Mulai dari strategi, aturan barisan, senjata rahasia, dan lain sebagainya. Dengan saling berdiskusi, tim akan lebih saling mengenal satu sama lain.

  1. Dengan saling mengenal setiap masing-masing orang bisa lebih menghargai orang lain.5.
  2. Menambah kekompakan Tentu saja, kunci dari permainan tarik tambang adalah kekompakan.
  3. Percuma saja seribu strategi disusun, jika tidak bisa dijalankan dengan kompak.
  4. Ekompakan akan membuat tim menjadi lebih hidup dan lebih bernyawa.

Dengan begitu, akan lebih mudah menguasai permainan dan menjadi pemenang. Itu dia 5 hal yang bisa dipelajari dari permainan tarik tambang. Menyadarinya juga? : 5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Permainan Tarik Tambang

Apa manfaat tarik tambang?

Secara sosial, tarik tambang dapat melatih kekompakan dan kerja sama setiap anggota dalam sebuah regu, serta melatih kepemimpinan dan daya juang. Sementara itu, dari segi kesehatan, dengan memainkan permainan tarik tambang, kekuatan fisik dapat terlatih, meliputi otot tangan dan kaki para pemainnya.

Apa itu tarik tambang?

Apa Itu Tarik Tambang? – Tarik tambang adalah satu dari sekian banyak jenis permainan beregu yang sudah umum—bahkan wajib—dimainkan sebagai cabang lomba pada momen-momen seperti momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Permainan tarik tambang sudah dikenal bahkan sejak zaman penjajahan.

Related Post