Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Apa Manfaat Permainan Tenis Meja Bagi Tubuh?

Apa Manfaat Permainan Tenis Meja Bagi Tubuh?

Apa Manfaat Permainan Tenis Meja Bagi Tubuh
Selain melatih ketahanan pernapasan dan otot tubuh, tenis meja juga dikenal sebagai olahraga terbaik untuk otak. Pasalnya, tenis meja memberikan manfaat bagi otak dengan merangsang bagian yang mengatur gerak, kemampuan motorik, dan strategi.

Apa manfaat olahraga tenis?

Manfaat Olahraga Tenis yang Sedang Banyak Digemari – Instagram Story kamu isinya lagi tenis semua gak, nih? Yup, olahraga yang satu ini kayaknya memang lagi diminati sama banyak orang, terlebih lagi buat seru-seruan berolahraga bareng teman-teman. Selain menyenangkan, manfaat olahraga tenis juga ternyata banyak banget buat tubuh kamu, lho.

Instagram Story kamu isinya lagi tenis semua gak, nih? Yup, olahraga yang satu ini kayaknya memang lagi diminati sama banyak orang, terlebih lagi buat seru-seruan berolahraga bareng teman-teman. Selain menyenangkan, manfaat olahraga tenis juga ternyata banyak banget buat tubuh kamu, lho. Olahraga tenis biasanya dilakukan oleh dua orang dengan memukul bola tenis menggunakan raket hingga melewati net.

Setiap pemain diharuskan berlari dalam mengejar bola dan kemudian memukulnya kepada lawan. Ternyata, hal ini bermanfaat baik untuk mendukung kesehatan kardiovaskular sehingga jantung menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang.

Membantu Menurunkan Berat Badan Tenis merupakan salah satu kegiatan olahraga yang amat baik jika dilakukan oleh seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Ratusan kalori per jam dapat terbakar saat melakukan olahraga tenis tergantung dari intensitas permainan. Kamu juga bisa mengkombinasikan olahraga tenis dengan pola makan sehat sehingga hasilnya akan semakin efektif.

Memperkuat Otot Pada saat melakukan olahraga tenis, ada beragam gerakan yang mungkin tak disadari telah kamu lakukan. Gerakan-gerakan itu seperti mengayun, berlari, memukul, jongkok, meraih, dan gerakan lainnya. Gerakan-gerakan ini bisa melatih kelincahan tubuh sekaligus memperkuat otot. Selain itu, bermain tenis juga dapat melumasi sendi, meningkatkan kinerja tubuh, memperkuat otot serta tendon, dan mengurangi resiko cedera. Manfaat olahraga bagi tubuh memang hebat banget ya, guys !

Mencegah Osteoporosis Pernahkah kamu berpikir kalau olahraga bisa meningkatkan resiko patah tulang? Hal ini merupakan salah besar ya, guys ! Olahraga yang dilakukan dengan baik dan benar justru bisa membantu mencegah osteoporosis pada tulang. Berdasarkan laporan yang dijabarkan oleh National Institutes of Health, banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoporosis seperti senam angkat beban hingga tenis. Gerakan mengangkat raket dan mengayun saat ingin memukul bola membuat pertumbuhan tulang menjadi lebih kuat.

Meningkatkan Keseimbangan Ada dua gerakan pukulan dalam olahraga tenis, yakni forehand dan backhand, Forehand biasa dilakukan dengan mengayunkan raket ke depan sedangkan backhand dilakukan dengan pukulan dari arah belakang. Nah, kedua gerakan ini sama-sama baik untuk meningkatkan keseimbangan tubuh kamu. Ketika melakukan backhand, tubuh akan menyesuaikan agar tak jatuh saat mencondongkan tubuh, sedangkan gerakan mengayunkan raket saat forehand, akan membuat lengan dan kedua kaki berkoordinasi untuk menjaga keseimbangan.

Baca juga: Deretan Startup HealthTech yang Bikin Akses Layanan Kesehatan Jadi Lebih Terjangkau

Meningkatkan Vitamin D Dalam Tubuh Di masa seperti sekarang, vitamin D penting banget untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan juga melawan berbagai macam penyakit. Bermain tenis di lapangan terbuka akan membuat lebih banyak paparan sinar matahari yang kamu terima, sedangkan sinar matahari adalah sumber vitamin D yang baik bagi tubuh. Tapi ingat, semua akan menjadi baik jika kamu terima dengan secukupnya, ya.

Healing Sambil Seru-seruan Bareng Teman! Manfaat olahraga tenis yang gak kalah baik adalah healing sambil seru-seruan bareng teman. Bermain tenis juga bisa kamu jadikan ajang buat seru-seruan bareng teman atau bahkan bertemu dengan teman baru. Ketika kamu mengikuti klub latihan tenis tertentu, kesempatan bertemu dengan teman-teman baru pun menjadi semakin meningkat. Seru banget, kan? Sekalian healing deh, setelah sibuk beraktivitas selama seharian atau sepekan penuh.

Selain tenis, masih banyak juga olahraga-olahraga seru lainnya yang bisa kamu coba. Nah, buat kamu yang mau cari tahu latihan olahraga seru lainnya langsung dari pakar atau ahli, ada Fita yang siap membantu kamu. Fita adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu menjalani hidup dengan lebih sehat.

Tenis meja termasuk cabang olahraga apa?

Tenis meja

Tenis meja dalam Liga Pro
Induk organisasi ITTF
Pertama dimainkan Abad ke-19, Inggris
Karakteristik
Kontak fisik Tidak
Anggota tim Tunggal dan ganda
Kategori Olahraga raket, dalam ruangan
Peralatan Poly, 40 mm (1,57 in), 27 g (0,95 oz)
Keberadaan
Olimpiade Dimulai 1988
Paralimpiade Diresmikan sejak Paralimpiade Musim Panas 1960

Tenis meja atau pingpong adalah olahraga yang melibatkan dua atau empat pemain yang memukul bola ringan yang disebut bola pingpong di atas meja menggunakan raket pejal kecil yang disebut bet. Permainan ini dilakukan di atas meja yang dibagi dengan net.

  1. Ecuali servis awal, aturan permainan adalah: pemain harus memantulkan bola ke meja lawan dan lawan harus mengembalikannya.
  2. Poin akan terjadi jika pemain lawan gagal mengembalikan bola.
  3. Permainan ini cepat dan membutuhkan sikap tanggap yang cepat pula.
  4. Memutar-mutar bola (teknik spin ) akan mendistorsi arah bola sehingga lawan akan sulit mengembalikannya.

Organisasi olahraga tenis meja internasional adalah International Table Tennis Federation (ITTF), didirikan tahun 1926. ITTF beranggotakan 226 persatuan/federasi tenis meja di seluruh dunia pada saat ini. Aturannya dimuat dalam buku pegangan yang diterbitkan ITTF.

Permainan tenis meja dapat melatih apa saja?

Pasalnya, tenis meja memberikan manfaat bagi otak dengan merangsang bagian yang mengatur gerak, kemampuan motorik, dan strategi. Bermain tenis meja juga melatih fungsi kognitif (berpikir), koordinasi mata dan tangan, serta refleks.

Tenis melatih otot apa?

Segudang Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan Tubuh “Jika mencari cara untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, membakar kalori, dan melatih setiap otot di tubuh, maka pertimbangkan olahraga tenis. Sebagai salah satu olahraga tertua di dunia, tenis adalah olahraga klasik yang ramah kebugaran dan tak lekang oleh waktu.” Apa Manfaat Permainan Tenis Meja Bagi Tubuh Halodoc, Jakarta – Tenis termasuk dalam latihan kardiovaskular karena membantu meningkatkan detak jantung dan pernapasan. satu ini juga melibatkan otot tubuh bagian bawah yang besar untuk gerakan cepat dari kanan ke kiri dan depan ke belakang, juga otot tubuh bagian atas untuk membantu mengayunkan raket.

  1. Inilah sebabnya, tenis dapat dilakukan sebagai latihan seluruh tubuh yang meningkatkan kebugaran kardiovaskular, daya tahan, dan kekuatan otot.
  2. Olahraga satu ini juga membantu membakar kalori tubuh.
  3. Cukup beberapa menit mengejar bola, detak jantung akan meningkat dan tubuh membakar lebih banyak kalori.
You might be interested:  Yang Termasuk Cabang Olahraga Senam Adalah?

Lantas, apa saja sih manfaat olahraga tenis yang menarik untuk diketahui?

Apa tujuan pertama kali tenis meja dimainkan?

Tenis Meja: Pengertian, Sejarah dan Manfaatnya Halaman all – Kompas.com KOMPAS.com – atau merupakan salah satu cabang olahraga yang tergolong ke dalam permainan dengan bola kecil. Tenis meja merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua orang (single) atau empat orang (double).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah permainan dengan menggunakan bola kecil yang dinamai pingpong serta pemukul berupa bet yang dilapisi karet dan sebuah meja yang dirancang khusus sebagai area permainan. Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), tenis meja atau pingpong merupakan miniatur dari tenis rumput yang sering dimainkan di lapangan terbuka.

Permainan tenis meja biasanya dimainkan di dalam ruangan dengan menggunakan sebidang papan atau meja yang dibatasi net atau jaring pada bagian tengah. Dulunya pingpong lebih sering dikenal sebagai Whiff Waff atau permainan yang sering dimainkan di atas meja ruang makan sebagai sarana untuk rekreasi.

Tenis meja berasal dari negara tahun berapa?

Sejarah Induk Organisasi Tenis Meja Internasional Lengkap Jakarta – merupakan cabang olahraga yang cukup populer oleh masyarakat Indonesia, baik di tingkat lingkungan rumah hingga internasional. Bahkan, olahraga ini memiliki induk organisasi internasional.

  1. Olahraga tenis meja biasa dimainkan oleh dua pemain atau dua pasangan menggunakan raket/bat yang saling berlawanan satu sama lain.
  2. Raket/bat yang digunakan terbuat dari papan kayu yang sudah dilapisi karet.
  3. Lantas bagaimana sejarah tenis meja dan apa induk organisasinya? Berikut ulasannya dikutip dari ‘Buku ajar teori dan praktik permainan tenis meja’ oleh Andi Kasanrawali.

Sejarah Tenis Meja Menurut sejarahnya, permainan tenis meja berasal dari Inggris pada abad ke 19 dengan beberapa sebutan yaitu gossima, pingpong dan whiff-whaff. Namun, hampir di semua negara mengenal permainan tenis meja dengan sebutan ping-pong. Permainan tenis meja diadopsi dari permainan tenis lapangan.

  1. Mulanya pada tahun 1901 ping-pong dijadikan sebagai merek dagang sebuah perusahaan yang berasal dari Inggris milik J.
  2. Jaques & Son Ltd.
  3. Setelah resmi menjadi merek dagang, nama “ping-pong” kemudian dipakai untuk permainan yang menggunakan peralatan dari perusahaan milik J.
  4. Jaques & Son Ltd.
  5. Bagi pemain yang menggunakan peralatan dari perusahaan lain, mereka tetap menggunakan istilah tenis meja.

Baru pada tahun 1920-an, J. Jaques & Son Ltd. menjual hak nama “ping-pong” kepada Parker Brothers yang berasal dari Amerika.

  • Parker Brothers pun juga menjadikan ping-pong sebagai merek dagang di Amerika pada tahun 1920-an, sejak itulah sebutan tenis meja lebih banyak digunakan oleh organisasi-organisasi yang ada dibanding menggunakan nama pingpong.
  • Pada awalnya permainan tenis meja belum dianggap sebagai olahraga karena hanya dilakukan oleh kaum bangsawan untuk mengisi waktu luang setelah selesai makan malam.
  • Peralatan yang digunakan pun sangat sederhana, yaitu sebaris buku yang dijadikan sebagai pembatas atau net yang disusun diatas meja makan dan bola yang terbuat dari karet atau gabus.

Induk Organisasi Tenis Meja Internasional Adalah. Setelah dikenal banyak orang dan terus berkembang, pada tahun 1900-an permainan tenis meja mulai masuk ke Eropa dan Asia. Permainan tenis meja mulai populer di Eropa dan Indonesia setelah tahun 1918, yaitu ketika berakhirnya Perang Dunia I.

Kemudian pada tanggal 15 Januari 1926 tepatnya di Berlin, dibentuklah sebuah organisasi yang menaungi permainan tenis meja di level internasional. Induk organisasi Internasional adalah International Table Tennis Federation (ITTF). Terbentuknya ITTF ini diprakarsai oleh Dr. George Lehmen yang berasal dari Jerman.

Sedangkan, presiden ITTF yang pertama dijabat oleh Hon Ivor Montagu yang berasal dari Inggris.

  1. Anggota ITTF saat itu hanya terdiri dari delapan negara saja, yaitu Inggris, Polandia, Jerman, Swedia, Perancis, Cekoslowakia, India, dan Jepang.
  2. Adapun, Induk organisasi tenis meja di Indonesia adalah Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia yang disingkat menjadi PTMSI.
  3. Lahirnya Kompetisi Resmi

Dibentuknya ITTF juga turut melahirkan peraturan resmi kompetisi tenis meja. Lalu pada bulan Desember 1926, ITTF mengadakan sebuah pertandingan tenis meja di London, Inggris yang diberi nama kejuaran Eropa. Kejuaran ini rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Apakah permainan tenis meja dapat melatih kekuatan otot perut?

6. Baik untuk Keseimbangan Tubuh – Manfaat lain dari olahraga tenis meja adalah melatih keseimbangan. Tenis meja membantu memperkuat keseimbangan dinamis Anda seiring dengan terlatihnya pergerakan koordinasi tubuh. Pemain tenis meja harus bisa mempertahankan posisi tubuh yang baik untuk bisa menghasilkan pergerakan yang kuat dan efisien sehingga keseimbangan tubuh sangat krusial dalam permainan ini. Apa Manfaat Permainan Tenis Meja Bagi Tubuh Tenis meja melatih semua otot tubuh, baik depan maupun belakang. Gerakan berenergi tinggi akan memperkuat otot punggung dan perut serta otot perut bagian samping. Pada olahraga tenis meja, Anda kemungkinan akan sering memukul bola terus-menerus dengan energi tinggi.

Apa yang dimaksud dengan tenis meja dan tuliskan tujuanya?

1. Bet – Tak ada peraturan khusus tentang bentuk, ukuran, dan juga berat bet yang dipakai dalam permainan tenis meja, namun permukaan daun pada bet wajib datar, dan juga kaku, dengan minimal 85% terbuat dari bahan kayu, bilamana diukur dari ketebalannya.

Lapisan perekat dalam kayu tersebut dapat diperkuat menggunakan bahan berserat, misalnya serat karbon atau carbon fiber, serat kaca atau glass fiber, maupun kertas yang telah dipadatkan. Pemakaian bahan itu tidak boleh melebih 7,5% dari jumlah ketebalan bet atau tidak boleh lebih dari 0,35 mm. Sisi daun bet yang dipakai guna memukul bola perlu dilapisi dengan karet licin yang halus atau berbintik.

Bila bet memakai lapisan karet berbintik-bintik yang menonjol keluar dengan tidak adanya spons, ketebalan karet termasuk lapisan lem perekat tidak boleh lebih dari 2 mm. Bila permukaan bet dilapisi menggunakan karet lunak atau disebut dengan istilah sandwich rubber atau spons dengan bintik di dalamnya mengarah keluar maupun dalam, ketebalan lapisan tidak boleh lebih dari 4 mm, termasuk lem perekat.

Apakah bermain tenis meja susah?

Tenis meja merupakan olahraga yang kurang populer di masyarakat Indonesia. Olahraga ini dianggap sepele dan tidak menarik bagi orang lain. Banyak anak muda yang sama sekali tidak tertarik bermain tenis meja. Mereka menganggap bermain tenis meja tidak terlihat keren.

Faktanya, tenis meja adalah olahraga yang menarik sekaligus sulit. Seorang yang baru saja belajar tenis meja bisa saja memakan waktu berbulan-bulan untuk menguasai satu teknik saja. Banyak aspek yang berperan ketika bermain tenis meja. Jika kamu melihat atlet profesional dunia bertanding, kamu akan terpukau dengan permainan mereka.

Kamu juga paham kalau bermain tenis meja tidak semudah kelihatannya. Berikut alasan kenapa tenis meja merupakan olahraga tersulit,1. Butuh Banyak Waktu untuk Mempelajari Teknik Tenis meja memiliki banyak teknis yang harus dikuasai oleh setiap atlet. Untuk seorang pemula, butuh waktu berbulan-bulan agar mereka dapat melakukan tekniknya dengan baik.

Feeling ketika memukul pun juga diperhatikan. Oleh karena itu, salah satu metode berlatih tenis meja dengan mengasah feeling ketika memukul atau blok. Untuk seorang atlet pun, mereka banyak berlatih untuk mematangkan satu teknik. Di tenis meja, terdapat teknik yang sulit dan tidak banyak atlet yang memakainya, contohnya banana flick,

Mempelajari teknik ini butuh waktu yang panjang.2. Membutuhkan Refleks yang Cepat Tenis meja adalah salah satu olahraga yang mengandalkan refleks yang cepat. Telat sepersekian detik pun dapat berakibat fatal bagi atlet yang bertanding. Tidak sekadar tangan, reflek kaki dan badan pun juga harus cepat untuk memukul bola.

You might be interested:  Pemanasan Yang Dilakukan Sebelum Olahraga Berguna Untuk?

Banyak metode latihan yang mengkhususkan untuk melatih refleks. Semua anggota tubuh harus bergerak cepat ketika bertanding. Bahkan, seorang atlet harus cepat memutar tangannya ketika hendak memukul forehand atau backhand 3. Bola yang Melaju Cepat Meja tenis yang cenderung kecil, membuat bola yang dipukul dapat melaju dengan cepat.

Setiap atlet harus selalu bersiap untuk memukul atau blok dari bola yang melaju cepat. Di kondisi tertentu, seorang atlet bermain dengan jarak yang jauh dari meja. Hal ini agar atlet dapat memperkirakan kecepatan bola dan memiliki waktu untuk bersiap.4.

Bola yang Berputar Kencang Tidak hanya cepat, bola yang melaju juga berputar. Putaran bola di tenis meja tidak hanya satu, melainkan empat jenis putaran berbeda. Setiap putaran pun memiliki teknik yang berbeda saat ingin memukulnya. Ketika orang yang tidak paham putaran bola bermain tenis meja, tak jarang orang tersebut tidak bisa memukul bola dengan baik.

Bola yang dipukulnya bisa terpental ke atas, bahkan bisa terpental ke bawah.5. Membutuhkan Fokus yang Tinggi Fokus adalah salah satu hal penting ketika bermain tenis meja, Setiap pemain harus fokus melihat arah bola. Pemain juga harus memiliki pengelihatan yang tajam.

  1. Mata seorang pemain tidak boleh lepas dari arah musuh dan bola.6.
  2. Seluruh Anggota Tubuh Ikut Berperan Seluruh anggota tubuh ikut berperan ketika melakukan satu teknik pun.
  3. Mulai dari kepala hingga kaki, mereka memiliki peran masing-masing agar menghasilkan pukulan yang baik.
  4. Tangan merupakan kunci ketika memukul bola, namun perlu anggota tubuh lainnya juga saat melancarkan teknik.

Jika salah satu anggota tubuh atlet cedera, maka atlet tersebut tidak dapat bermain dengan maksimal. Melihat alasan tersebut, kamu jadi mengetahui bahwa tenis meja adalah olahraga yang sulit. Atau, kamu memang seorang pemain tenis meja yang juga menganggap olahraga ini memang sulit?

Berapa harga raket tenis?

Daftar Harga Raket Tenis Lapangan

Jual Loki E Series 9 Pingpong Bat – Tenis Meja Raket Rp793.800
Head Radical Touch Lite New 2018 Raket Tennis Rp2.050.000
Jual Loki E Series 9 Pingpong Bat – Tenis Meja Raket Rp776.200
WILSON Tas Raket Tennis – Navy Blue Rp1.175.000
Jual Loki E Series 9 Pingpong Bat – Tenis Meja Raket Rp776.200

Apakah bermain tenis harus berlari?

Apa Manfaat Permainan Tenis Meja Bagi Tubuh Cap Kupu – Olahraga tenis memang cukup digemari banyak orang. Meski nampak sederhana, namun bermain tenis akan cukup banyak menguras keringat. Tidak hanya itu, tenis juga memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Melakukan kegiatan olahraga secara rutin merupakan salah satu upaya untuk menerapkan gaya hidup sehat.

  1. Dalam hal ini, olahraga dapat membantu tubuh aktif bergerak dan melonggarkan otot-otot yang tegang akibat aktivitas keseharian.
  2. Dengan begitu, setiap orang perlu berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh yang lebih kuat.
  3. Mau tahu apa saja manfaat dari olahraga tenis meja? Berikut ini adalah penjelasannya! 1.

Menguatkan Otot Kaki dan Tangan Tenis mengharuskan kamu untuk berlari demi bisa memukul bola ke arah lawan. Ini akan membuat otot kaki kamu semakin kuat, karena kamu menggerakkan secara kontinyu selama bermain. Ketika kamu memukul bola, kamu membutuhkan kekuatan tangan yang besar untuk mengayunkan raket, terutama raket tenis yang memang lebih berat.

Tak hanya memukul biasa, terkadang kamu akan melakukan smash atau tembakan kencang. Ini tentu saja membutuhkan kekuatan otot tangan yang lebih besar lagi demi menghasilkan pukulan yang sangat cepat dan tidak bisa dikembalikan oleh lawan.2. Memaksimalkan Kerja Jantung Olahraga memang amat baik untuk kesehatan jantung, seperti halnya tenis.

Semua gerakan yang kamu lakukan dalam waktu cepat ini membuat jantung juga memompa serta mengalirkan darah ke seluruh tubuh lebih cepat. Tentunya, ini akan membuat kerja jantung menjadi lebih maksimal. Kerja jantung yang optimal ini pastinya juga bermanfaat untuk bagian tubuh lain, seperti saluran pencernaan dan pernapasan.3.

  • Melatih Fokus, Konsentrasi, dan Kecepatan Hantaman bola dari lawan akan membuat kamu berlari secepat mungkin agar bisa mengembalikan bola.
  • Tentunya, dibutuhkan kecepatan lari supaya kamu bisa memukul bola kembali tepat pada waktunya.
  • Nah, tenis bisa membantu melatih kecepatan kamu ketika berlari.
  • Selain itu, olahraga ini juga membantu kamu memiliki fokus dan konsentrasi yang baik.

Pasalnya, saat lawan melakukan smash, tanpa fokus dan konsentrasi yang baik kamu tidak akan bisa mengembalikan bola tersebut, bahkan tidak bisa menebak ke mana arah datangnya bola dari pukulan cepat tadi.4. Mengurangi Stres dan Depresi Stres dan depresi sangat tidak baik untuk tubuh, karena bisa membuat penyakit rentan menyerang.

  1. Apan pun kamu mulai merasakan gejala stres dan depresi, pergilah bermain tenis atau bulu tangkis.
  2. Tidak sekadar menyehatkan, olahraga ini juga membantu mengembalikan suasana hati kamu dan mengurangi stres juga depresi yang melanda.5.
  3. Melatih Kedisiplinan Demi bisa mahir mengayunkan raket tenis ataupun bulu tangkis, kamu harus berlatih dan terus berlatih.

Belum lagi dengan berbagai teknik dan strategi yang harus kamu pelajari jika kamu akan berlaga di pertandingan. Menguasai semuanya tidak bisa kamu dapatkan dalam waktu singkat, dan diperlukan kedisiplinan supaya kamu bisa mencapainya. Inilah manfaat lain dari melakukan olahraga tenis atau bulu tangkis.

Apakah tenis termasuk olahraga?

Pengertian Olahraga Tenis Lapangan – Beauty Fimela.com Ladies, tahukah Anda dengan tenis lapangan ? apakah pengertian tenis lapangan Melansir dari azharbasil.wordpress.com,Tenis adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing dua pemain.

  1. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet.
  2. Tenis adalah salah satu cabang olahraga Olimpiade dan dimainkan pada semua tingkat masyarakat di segala usia.
  3. Olahraga ini dapat dimainkan oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang duduk di kursi roda.
  4. Permainan tenis modern berasal dari Birmingham, Inggris pada akhir abad ke-19 sebagai “tenis rumput” yang memiliki hubungan dekat ke berbagai lapangan / rumput game serta untuk permainan tenis kuno nyata.

Ditambahkan dari referensimakalah.com, Tenis lapangan adalah olahraga yang biasa dimainkan oleh dua pemain (single) atau dua pasangan masing-masing dua pemain (double). Olahraga Tenis lapangan termasuk salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade.

Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola, yang sedikit lebih besar dan gagang lebih pendek dari olahraga Bulutangkis. Terdapat kriteria tertentu pada raket Tenis lapangan. Panjangnya tidak boleh lebih dari 29 inchi (73,66 cm) dan lebar tidak boleh lebih dari 12,5 inchi (31,75 cm). Bola Tenis lapangan terbuat dari karet yang dilapisi bulu optik berwarna kuning.

Diameter berkisar antara 6,541 cm sampai 6,858 cm. Sedangkan beratnya harus diantara 56,0 gram sampai 59,4 gram. Lapangan Tenis lapangan berbentuk persegi panjang dengan permukaan rata. Memiliki panjang 23,78 meter yang membagi dua area sama panjang, dan lebar permainan tunggal 8,23 m, sedangkan permainan ganda menambah alley 1,37 m di kedua sisi.

You might be interested:  Apa Fungsi Matras Dalam Olahraga Senam Lantai?

Apakah bermain tenis harus berlari?

Apa Manfaat Permainan Tenis Meja Bagi Tubuh Cap Kupu – Olahraga tenis memang cukup digemari banyak orang. Meski nampak sederhana, namun bermain tenis akan cukup banyak menguras keringat. Tidak hanya itu, tenis juga memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Melakukan kegiatan olahraga secara rutin merupakan salah satu upaya untuk menerapkan gaya hidup sehat.

  1. Dalam hal ini, olahraga dapat membantu tubuh aktif bergerak dan melonggarkan otot-otot yang tegang akibat aktivitas keseharian.
  2. Dengan begitu, setiap orang perlu berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh yang lebih kuat.
  3. Mau tahu apa saja manfaat dari olahraga tenis meja? Berikut ini adalah penjelasannya! 1.

Menguatkan Otot Kaki dan Tangan Tenis mengharuskan kamu untuk berlari demi bisa memukul bola ke arah lawan. Ini akan membuat otot kaki kamu semakin kuat, karena kamu menggerakkan secara kontinyu selama bermain. Ketika kamu memukul bola, kamu membutuhkan kekuatan tangan yang besar untuk mengayunkan raket, terutama raket tenis yang memang lebih berat.

  • Tak hanya memukul biasa, terkadang kamu akan melakukan smash atau tembakan kencang.
  • Ini tentu saja membutuhkan kekuatan otot tangan yang lebih besar lagi demi menghasilkan pukulan yang sangat cepat dan tidak bisa dikembalikan oleh lawan.2.
  • Memaksimalkan Kerja Jantung Olahraga memang amat baik untuk kesehatan jantung, seperti halnya tenis.

Semua gerakan yang kamu lakukan dalam waktu cepat ini membuat jantung juga memompa serta mengalirkan darah ke seluruh tubuh lebih cepat. Tentunya, ini akan membuat kerja jantung menjadi lebih maksimal. Kerja jantung yang optimal ini pastinya juga bermanfaat untuk bagian tubuh lain, seperti saluran pencernaan dan pernapasan.3.

  1. Melatih Fokus, Konsentrasi, dan Kecepatan Hantaman bola dari lawan akan membuat kamu berlari secepat mungkin agar bisa mengembalikan bola.
  2. Tentunya, dibutuhkan kecepatan lari supaya kamu bisa memukul bola kembali tepat pada waktunya.
  3. Nah, tenis bisa membantu melatih kecepatan kamu ketika berlari.
  4. Selain itu, olahraga ini juga membantu kamu memiliki fokus dan konsentrasi yang baik.

Pasalnya, saat lawan melakukan smash, tanpa fokus dan konsentrasi yang baik kamu tidak akan bisa mengembalikan bola tersebut, bahkan tidak bisa menebak ke mana arah datangnya bola dari pukulan cepat tadi.4. Mengurangi Stres dan Depresi Stres dan depresi sangat tidak baik untuk tubuh, karena bisa membuat penyakit rentan menyerang.

Kapan pun kamu mulai merasakan gejala stres dan depresi, pergilah bermain tenis atau bulu tangkis. Tidak sekadar menyehatkan, olahraga ini juga membantu mengembalikan suasana hati kamu dan mengurangi stres juga depresi yang melanda.5. Melatih Kedisiplinan Demi bisa mahir mengayunkan raket tenis ataupun bulu tangkis, kamu harus berlatih dan terus berlatih.

Belum lagi dengan berbagai teknik dan strategi yang harus kamu pelajari jika kamu akan berlaga di pertandingan. Menguasai semuanya tidak bisa kamu dapatkan dalam waktu singkat, dan diperlukan kedisiplinan supaya kamu bisa mencapainya. Inilah manfaat lain dari melakukan olahraga tenis atau bulu tangkis.

Apakah tenis lapangan termasuk olahraga?

Tenis lapangan adalah olahraga permainan bola kecil dengan raket yang bertujuan memukul bola melewati net pada sebuah lapangan persegi panjang. Permainan ini bisa dilakukan oleh dua pemain (pertandingan tunggal) atau empat pemain (pertandingan ganda).

Mengapa olahraga pakai sepatu?

Tren Olahraga tanpa Sepatu, Baik atau Buruk? REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bertelanjang kaki atau tidak memakai sepatu saat berolahraga menjadi semakin tren. Berolahraga dengan cara yang kerap disebut istilah barefoot itu tampaknya kian umum dilakukan. Kaki memiliki ribuan ujung saraf, sehingga bertelanjang kaki dianggap menantang biomekanik kaki dan menciptakan fondasi yang lebih kuat.

  1. Hal ini dapat menghasilkan latihan yang lebih baik dan manfaat kesehatan lainnya, menurut laporan Shape.
  2. Tetapi apakah tren latihan bertelanjang kaki ini didukung oleh sains dan aman serta patut dicoba? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari laman Health Digest, Jumat (8/7/2022).
  3. Etika Anda merangsang saraf kaki, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik saat berdiri dan bagaimana Anda melangkah, dan itu mulai membentuk gerakan Anda secara keseluruhan,” kata Ahli Penyakit Kaki Fungsional Emily Splichal DPM kepada Shape.

Berolahraga tanpa sepatu memicu saraf, dan mendorong gerakan atau sikap alami dengan sistem tripod kontak tiga titik. Hal ini mungkin dapat menjadi penjelasan mengapa banyak ahli penyakit kaki maupun ahli terapi fisik yang kerap menganjurkan jongkok tanpa sepatu.

  • Cara itu juga bertujuan memeriksa apakah seseorang memiliki posisi kaki yang tepat.
  • Menurut sebuah studi tahun 2014, latihan bertelanjang kaki meningkatkan kelincahan dan stabilitas pergelangan kaki.
  • Hal itu dapat mencegah cedera pergelangan kaki dalam jangka panjang.
  • Selain meningkatkan kinerja dan gerakan atletik, bertelanjang kaki dapat membantu kaki menciptakan penyangga lengkung alami karena membantu memperbaiki otot-otot kaki yang melemah, menurut laporan Byrdie.

Pada gilirannya, ini dapat mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan di kaki, terutama jika rasa sakit itu disebabkan oleh plantar fasciitis. Kapan sebaiknya berolahraga tanpa alas kaki atau melompat? Disarankan untuk bertelanjang kaki pada hampir semua latihan mulai dari latihan beban tubuh, l lift kettlebell hingga plyometrics.

Cobalah olahraga dengan jongkok, deadlift, burpe, lunge, dan banyak lagi. Selain latihan ini, ada beberapa olahraga yang secara alami ramah dengan bertelanjang kaki. Misalnya, senam, yoga, dan pilates, merupakan olahraga yang mengharuskan atletnya untuk bertelanjang kaki. “Itu juga metode utama untuk memperbaiki postur dan gerakan,” jelas pelatih pribadi bersertifikat, Jesse Frank, kepada Byrdie.

Orang bahkan dapat mencoba berlatih tanpa alas kaki saat melakukan semua jenis latihan melompat. Namun, kuncinya adalah memperhatikan teknik pendaratan. Sangat penting untuk mendarat dalam posisi kaki netral guna menghindari cedera. “Karena tidak ada sepatu yang memberikan dukungan tambahan,” tambah Emily Splichal.

Namun tentu tidak semua olahraga cocok dengan cara barefoot. Sebut saja berolahraga lari, yang sebaiknya tetap menggunakan sepatu kets. Sepatu lari akan melindungi kaki dari kerikil dan serpihan pecah, seperti kaca. Selain alas kaki khusus olahraga, laman Livestrong juga menyebutkan bahwa sepatu membantu pencegahan cedera, seperti ketegangan otot, meningkatkan kinerja atletik, dan memiliki teknologi bantalan yang dirancang untuk mengurangi tekanan pada kaki.

: Tren Olahraga tanpa Sepatu, Baik atau Buruk?

Related Post