Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Apa Nama Piala Sepak Bola Pertama?

Apa Nama Piala Sepak Bola Pertama?

Apa Nama Piala Sepak Bola Pertama
Pranala luar –

  • (Inggris) Dokumentasi FIFA untuk Piala Dunia FIFA 1930 Diarsipkan 2018-12-26 di Wayback Machine,
  • (Inggris) Rincian di RSSSF, Beberapa gol yang tercatat berbeda dengan apa yang ada di artikel ini.
  • (Inggris) Sejarah Piala Dunia FIFA 1930 Diarsipkan 2012-04-14 di Wayback Machine,

Apakah sepak bola merupakan turnamen internasional yang pertama?

Sejarah Piala Dunia – Bola.net Bola.net – – Mungkin banyak yang tak mengira ide awal Presiden FIFA Jules Rimet untuk menciptakan perdamaian dunia melalui turnamen bola akhirnya menjadi perhelatan akbar yang menjadi even paling dinanti penikmat bola seluruh dunia.

Pada tahun 1921 yang saat itu menjabat Presiden ketiga otoritas Sepak Bola tertinggi dunia menggandeng beberapa temannya yang tergabung di FIFA mulai menyusun persiapan, membakukan aturan pertandingan hingga memesan trofi. Sebenarnya Piala Dunia bukan merupakan turnamen sepak bola internasional yang pertama, karena sejak tahun 1908, sepak bola sudah menjadi bagian dari Olympiade.

Hanya saja, Olympiade ini hanya boleh diikuti oleh pemain amatir. Piala Dunia yang pertama diadakan di Uruguay dan berlangsung dari 13 – 30 Juli 1930. Uruguay ditunjuk menjadi tuan rumah karena prestasinya menjadi juara Olympiade tahun 1924 dan 1928. Piala Dunia pertama ini hanya diikuti oleh 13 negara, 4 negara dari benua Eropa dan 9 negara dari benua Amerika.

Minimnya peserta dari negara Eropa disebabkab oleh perjalanan panjang yang harus ditempuh untuk mencapai benua Amerika. Pada Piala Dunia perdana ini tuan rumah Uruguay keluar sebagai juara, setelah mengalahkan kesebelasan Argentina dengan skor 4-2 di babak final. Dan ini menjadikan Uruguay sebagai negara pertama yang berhak atas trofi Piala Dunia.

TROFI JULES RIMET CUP Untuk mengenang jasa pencetus Piala Dunia, trofi yang diperebutkan di Piala Dunia dinamakan Jules Rimet Cup, Sebelumnya sebutan trofi tersebut adalah Coupe du Monde de Football Association, atau Piala Dunia Sepakbola. Baru pada konggres FIFA yang berlangsung di Luksemburg tahun 1946, nama Jules Rimet disepakati menjadi nama resmi trofi tersebut.

  1. Trofi berbentuk seorang dewi sedang memanggul cawan ini dirancang oleh pematung Perancis Abel Lafleur, dan mempunyai tinggi 35 cm dan berat 3,8 kg, dimana kepala tropi terbuat dari perak dan emas, sementara di bagian bawah terbuat dari semi batu mulia dan dilapisi lazuli,
  2. Trofi ini pernah hilang pada tahun 1966 saat dipamerkan didepan publik di Inggris, namun akhirnya berhasil ditemukan kembali oleh seekor anjing yang bernama Pickles.
You might be interested:  Apa Manfaat Gerakan Pendinginan Dalam Olahraga?

Sebagai negara yang berhasil memenangkan Piala Dunia tiga kali, Brasil berhak memiliki trofi ini untuk selamanya, sayang pada tahun 1983, saat disimpan di Bank Sentral di Rio de Janeiro, trofi tersebut hilang dan dilebur oleh para pencurinya. TROFI WORLD CUP Sejak Jules Rimet Cup menjadi milik abadi Brasil pada Piala Dunia ke-9, FIFA akhirnya memutuskan untuk membuat trofi baru.

  1. Pada Piala Dunia tahun 1974 di Jerman Barat, FIFA telah mengusung trofi baru rancangan seniman Italia Silvio Gazzaniga,
  2. Piala ini mempunyai tinggi 36 cm, berat 4,97 kg dan dibuat dari emas 18 karat.
  3. Sementara tatakannya terdiri dari dua lapis semi batu mulia malachite dan menjadi tempat 17 plat nama pemenang sampai Piala Dunia 2038.

Trofi ini akhirnya dinamakan World Cup, meskipun sempat ada usul untuk mengabadikan Presiden FIFA periode 1961 – 1974 Sir Stanley Rous, Namun usulan ini kurang mendapat persetujuan. Meskipun sampai tahun 2002 Piala Dunia sudah diselenggarakan 17 kali, namun baru tujuh negara yang pernah merasakan menjadi juara dunia.

Dalam hal ini, Brasil adalah negara yang paling banyak meraih juara dunia, yakni sebanyak 5 kali, disusul Jerman dan Italia sebanyak 3 kali, Argentina dan Uruguay 2 kali serta Inggris dan Perancis masing-masing 1 kali. PENGHARGAAN DI PIALA DUNIA FIFA memberikan beberapa penghargaan kepada mereka yang telah berprestasi selama berlangsungnya Piala Dunia tersebut, di antaranya: 1.

Sepatu EmasPenghargaan ini diberikan kepada mereka yang berhasil keluar sebagai pencetak gol terbanyak.2. Bola EmasPenghargaan ini diberikan kepada mereka yang terpilih sebagai pemain terbaik.3. Yashin AwardPenghargaan ini diberikan kepada mereka yang terpilih sebagai penjaga gawang terbaik.4.

Kapan turnamen sepak bola berskala dunia pertama kali digelar?

5 Negara dengan Juara Terbanyak di Piala Dunia sejak 1930 Jakarta – adalah turnamen empat tahunan yang paling bergengsi dalam olahraga sepak bola. Pada Piala Dunia 2022 ini, turnamen akan diselenggarakan di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

You might be interested:  Sepak Bola Hari Ini Bri Liga 1?

Berdasarkan catatan sejarah, Piala Dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930. Federasi sepak bola Internasional FIFA melalui presiden saat itu, Jules Rimet, memutuskan untuk menggelar turnamen sepak bola berskala dunia pada 13-30 Juli 1930. Penyelenggaraan Piala Dunia pertama ini digelar di ibukota Montevideo, Uruguay.

Pada saat itu, final pertama kalinya dalam sejarah dimenangkan oleh tuan rumah yakni Uruguay. Piala Dunia pada tahun 1930 hanya melibatkan 13 tim saja yang memperebutkan turnamen final. Beberapa negara di antaranya yang ikut serta dalam final tersebut di antaranya Argentina, Amerika Serikat, Uruguay dan Yugoslavia.

Sejak saat itu, Piala Dunia berkembang secara format. Hingga kemudian sampai saat ini, final turnamen diperebutkan oleh 32 tim yang diawali dengan proses kualifikasi selama dua tahun. Proses kualifikasi menuju final ini bahkan melibatkan hampir 200 tim dari seluruh belahan dunia. Dari awal digelarnya Piala Dunia, Brasil menjadi negara paling sukses yang keluar sebagai pemenang dan disusul raksasa sepak bola Eropa yakni Jerman dan Italia.

Untuk daftar lengkap negara pemenang Piala Dunia terbanyak, berikut ini ulasannya.

Kapan sepak bola dunia pertama kali diselenggarakan?

5 Negara dengan Juara Terbanyak di Piala Dunia sejak 1930 Jakarta – adalah turnamen empat tahunan yang paling bergengsi dalam olahraga sepak bola. Pada Piala Dunia 2022 ini, turnamen akan diselenggarakan di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

  1. Berdasarkan catatan sejarah, Piala Dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930.
  2. Federasi sepak bola Internasional FIFA melalui presiden saat itu, Jules Rimet, memutuskan untuk menggelar turnamen sepak bola berskala dunia pada 13-30 Juli 1930.
  3. Penyelenggaraan Piala Dunia pertama ini digelar di ibukota Montevideo, Uruguay.
You might be interested:  Pegangan Raket Backhand Yang Benar Adalah?

Pada saat itu, final pertama kalinya dalam sejarah dimenangkan oleh tuan rumah yakni Uruguay. Piala Dunia pada tahun 1930 hanya melibatkan 13 tim saja yang memperebutkan turnamen final. Beberapa negara di antaranya yang ikut serta dalam final tersebut di antaranya Argentina, Amerika Serikat, Uruguay dan Yugoslavia.

  • Sejak saat itu, Piala Dunia berkembang secara format.
  • Hingga kemudian sampai saat ini, final turnamen diperebutkan oleh 32 tim yang diawali dengan proses kualifikasi selama dua tahun.
  • Proses kualifikasi menuju final ini bahkan melibatkan hampir 200 tim dari seluruh belahan dunia.
  • Dari awal digelarnya Piala Dunia, Brasil menjadi negara paling sukses yang keluar sebagai pemenang dan disusul raksasa sepak bola Eropa yakni Jerman dan Italia.

Untuk daftar lengkap negara pemenang Piala Dunia terbanyak, berikut ini ulasannya.

Apa yang dimaksud dengan kompetisi sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia?

Mau tau daftar juara Piala Dunia? Sejak lama digelar, ternyata Piala Dunia punya juara yang mungkin tidak kamu sangka. Simak selengkapnya di sini, Toppers! FIFA World Cup, atau yang lebih kita kenal sebagai Piala Dunia merupakan salah satu kejuaraan sepak bola tingkat internasional yang diikuti oleh berbagai tim nasional di seluruh dunia.

  1. Tim-tim terbaik yang telah mengikuti babak kualifikasi tiap zona wilayah dikirimkan sebagai perwakilan untuk merebut trofi Piala Dunia.
  2. Piala Dunia yang berlangsung sejak tahun 1930 telah dimenangkan oleh berbagai negara berbeda dan menjadi panggung bagi berbagai pemain muda berbakat yang hendak meniti karir mereka di cabang olahraga sepak bola ini.

Kemenangan di Piala Dunia pun menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara yang diwakili. Dapat dikatakan bahwa Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia dan juga salah satu kompetisi yang paling diikuti oleh penggemar dari seluruh dunia.

Brazil: 5 trofi (1958, 1962, 1970, 1994, 2002) Jerman: 4 trofi (1954, 1974, 1990, 2014) Italia: 4 trofi (1934, 1938, 1982, 2006)

Baca Juga: Deretan Pencetak Goal Terbanyak di Piala Dunia Sepanjang Masa

Related Post