Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan?

Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan?

Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan
Apa Saja Manfaat Melakukan Olahraga? Jumat, 26 Agustus 2022 14:50 WIB Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan 5747 Tim Promkes RSST – RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Olahraga adalah sebuah aktivitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan dan penting untuk dilakukan secara rutin. Walaupun berada dalam kesibukan, olahraga / aktivitas fisik ringan tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apapun jenis olahraganya, mengaktifkan seluruh anggota tubuh bermanfaat secara fisik, mental, dan menyehatkan tubuh. Seseorang yang mungkin jarang melakukan olahraga akan rentan terkena penyakit, selain itu kekebalan tubuh orang yang sering melakukan olahraga akan terbentuk sempurna sehingga dapat melindungi dari penyakit.

Olahraga dapat dinyatakan sebagai cara yang mudah dan efektif untuk dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi kesehatan jasmani dan meningkatkan angka harapan hidup. Olahraga tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang sehat tetapi memberikan dampak positif terhadap pasien dengan penyakit kronis.

Hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukan olahraga : 1. PemanasanPemanasan membantu meningkatkan suhu tubuh sebelum olahraga, juga untuk membantu mempersiapkan kondisi tubuh dan mengurangi kemungkinan cedera saat berolahraga.

2. Minum air putih. Dengan minum air putih sebelum olahraga akan tetap terhidrasi, dan membuat lebih berenergi.3. Makan Anda tidak perlu memaksakan diri untuk makan sebelum berolahraga tetapi jangan abaikan bila merasa tubuh membutuhkan energi. Jika tidak ada makanan di perut, tidak ada energi yang dapat dikeluarkan.4.

Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai. Mengenakan pakaian olahraga yang tepat akan membantu merasa lebih nyaman, memiliki daya tahan yang lebih baik, dan membuat latihan lebih menyenangkan.5. Siapkan handuk kecil. Sebelum berolahraga, sebaiknya menyiapkan handuk kecil untuk mengeringkan keringat.

Hal ini dapat membantu terhindar dari risiko iritasi pada kulit.6. Apabila mengalami cedera saat berolahraga, segera menghentikan kegiatan dan beristirahat. Apabila terdapat keluhan kesehatan lainnya, segera periksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Manfaat Melakukan Olahraga Berikut ini manfaat melakukan olahraga yaitu : 1. Mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.2. Membakar kalori di dalam tubuh.3. Menyehatkan jantung 4. Mencegah terjadinya obesitas.5. Mengurangi stres.6. Mengurangi risiko terkena diabetes melitus.7. Menguatkan tulang, sendi, dan otot.8.

Lebih berenergi dan memiliki suasana hati lebih baik.9. Tidur lebih berkualitas. Kiat mencegah cedera pada saat olahraga : 1. Memilih olahraga yang tepat.2. Menggunakan peralatan olahraga yang tepat.3. Lakukan pemanasan dan pendinginan.4. Jangan berlebihan 5.

Cukupi kebutuhan minum.6. Mendapat bimbingan dari ahlinya. Referensi :, Foris Sonia Melisa, dkk.2022. Pengaruh Intervensi Edukasi Terhadap Pemahaman Berolahraga pada Masyarakat Indonesia Berusia 18 – 64 Tahun, Universitas Pelita Harapan Jakarta. Jurnal Health Sains, Volume 3 Nomer 5. Andalasari Ricca, dkk.2018.

Kebiasaan Olahraga Berpengaruh Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jakarta III, Poltekkes Kemenkes Jakarta III. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Volume 5 Nomor 2. : Apa Saja Manfaat Melakukan Olahraga?

Apakah ada hubungan antara olahraga dengan kesehatan?

5 Manfaat Olahraga – Ia merincikan ada 5 manfaat olahraga untuk kesehatan. Yang pertama adalah meningkatkan kualitas tidur. Seseorang yang menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan olahraga setelah seharian melakukan rutinitas, dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Dengan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh kembali segar dan akan lebih siap melakukan aktivitas keesokan harinya. “Namun yang perlu diingat, jangan melakukan aktivitas olahraga di saat jam mendekati waktu tidur, karena hal ini justru akan menimbulkan gangguan insomnia,” ujar dokter Irwin. Yang kedua adalah menjaga kestabilan berat badan.

Seseorang yang rutin melakukan kegiatan olahraga dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, terlihat segar, bugar, dan lebih sehat. “Menjaga berat badan sangat penting, sebab 70 persen penyebab kematian adalah berat badan. Seseorang yang kecenderungan memiliki berat akan menimbulkan penyakit obesitas, terus larinya ke jantung, dan diabetes,” katanya.

  1. Selanjutnya, yang ketiga, seseorang yang rutin berolahraga akan meningkatkan mood seseorang.
  2. Dokter Irwin mengatakan berolahrga dapat membantu menstimulasi zat–zat kimia pada otak yang pada akhirnya dapat membuat seseorang lebih santai dan merasa lebih bahagia.
  3. Timbulnya perasaan ini dapat meningkatkan mood seseorang.

Keempat, olahraga juga bermanfaat untuk membuat tubuh lebih segar dan mengembalikan gairah seksual. Menurutnya, setelah seharian melakukan rutinitas yang menguras tenaga, tubuh akan terasa lelah dan letih. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kualitas hubungan seksual seseorang.

Badan kurang fit minum apa ya?

“Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang fit guna menunjang aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari. Ketika memiliki tubuh yang sehat dan bugar, menjalani aktivitas berat bukan hal yang sulit dilakukan. Lantas, bagaimana cara menjaga tubuh tetap fit?” Halodoc, Jakarta – Tubuh yang fit dapat membuat kita melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh semangat.

  1. Setelah menyelesaikan seluruh kegiatan, tubuh masih memiliki tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang, dan siap untuk melakukan hal-hal yang bersifat spontan.
  2. Baca juga: Inilah Cara Tepat Menjaga Daya Tahan Tubuh Begini Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Menjaga tubuh tetap fit merupakan gaya hidup yang seharusnya dilakukan setiap hari.

Caranya dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini: 1. Mencukupi Waktu Tidur Mencukupi waktu tidur menjadi langkah pertama dalam menjaga tubuh tetap fit. Jika waktu tidur tidak cukup, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Waktu tidur yang cukup mampu menyembuhkan, memperbaiki, dan menjaga kesehatan tubuh dan seluruh organ di dalamnya.2.

  • Rutin Berolahraga Selain meningkatkan kebugaran tubuh, rutin berolahraga dapat mengurangi risiko cedera akibat beraktivitas karena peningkatan fleksibilitas sendi,
  • Cara yang satu ini juga dapat memperkuat organ jantung dan paru-paru.3.
  • Onsumsi Makanan Sehat Makanan sehat bergizi seimbang yang dapat menjaga tubuh tetap fit, termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Kamu juga dapat menyertakan sumber protein tanpa lemak, seperti ayam, ikan, tahu, dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan kurangi makanan atau minuman dengan pemanis buatan. Baca juga: Catat, Ini 4 Manfaat Kacang Mete bagi Tubuh 4.

Jangan Lewatkan Waktu Sarapan Tips menjaga tubuh tetap fit selanjutnya dilakukan dengan tidak melewatkan waktu sarapan. Sarapan ibarat bahan bakar untuk menjalankan aktivitas harian. Selain itu, sarapan membuat kamu lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan. Jika melewatkannya, tubuh terasa lemas dan daya pikir bisa saja menurun.5.

Konsumsi Banyak Air Putih Mengonsumsi banyak air putih membuat tubuh tetap terhidrasi. Hal tersebut dapat menunjang metabolisme, sehingga kesehatan tubuh pun dapat terjaga. Air putih berperan sebagai pembersih alami tubuh, termasuk sistem pencernaan. Dengan air, racun di dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk keringat dan urine.6.

  • Elola Stres dengan Baik Stres menjadi pemicu dari segudang masalah masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan hingga penyakit pada jantung.
  • Untuk mengelola stres, kamu dapat bermeditasi atau melakukan hal-hal yang disukai untuk membantu mengurangi dampak dari stres.7.
  • Onsumsi Suplemen atau Multivitamin Zinc, selenium, magnesium, dan vitamin C, A, B, serta E menjadi asupan yang dibutuhkan tubuh guna menjaga tubuh tetap fit.

Jika tidak cukup mendapatkan sejumlah asupan tersebut dari makanan, kamu dapat mengonsumsi suplemen atau multivitamin guna menunjang daya tahan tubuh. Baca juga: Khasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh Penuhi Kebutuhan Suplemen atau Multivitamin Kamu di Sini Saat tubuh kurang fit, mungkin penyebabnya adalah stres, kurang tidur, atau asupan nutrisi tidak seimbang.

  1. Jika kesehatan tubuh menurun, kamu otomatis akan mudah terserang penyakit.
  2. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang diperlukan.
  3. Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Halodoc memberikan promo menarik berupa diskon s/d 60% + kupon s/d 11rb + gratis ongkir.

Promo tersebut berlaku untuk kebutuhan obat rutin, vitamin, hingga kebutuhan ibu dan anak. Jangan khawatir, promo juga dapat digunakan untuk pengguna baru. Bagi pengguna baru yang belum pernah melakukan transaksi di Toko Kesehatan, kamu bisa mendapatkan gratis ongkir instan hingga Rp18.000 dengan menggunakan kode “HALOONGKIR”.

Promo tersebut berlaku hingga 12 November 2021, dengan minimal pembelian Rp100.000. Promo juga berlaku untuk semua pengguna di Toko Halodeals, dengan diskon s/d 60%. Kamu juga akan mendapatkan gratis ongkir standar yang tiba dalam 1-4 hari, dengan minimal pembelian Rp100.000 menggunakan kode “HALODEALS”.

Promo tersebut berlaku hingga 12 November 2021. Bagi yang ingin berbelanja di Toko Kesehatan selama periode promo tersebut, kamu akan mendapatkan potongan langsung sebesar Rp11.000 dengan minimal pembelian Rp110.000. Nah, tunggu apalagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga, dan nikmati berbagai promo menarik Halofest dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional. Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Referensi:

You might be interested:  Harga Raket Yang Dipakai Taufik Hidayat?

Apa yang kalian rasakan jika tidak tidur pada malam hari?

Kenali Dampak Kurang Tidur Pada Kesehatan Tubuh Minggu, 31 Juli 2022 16:25 WIB Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan 14421 Vina Puji Rahayu – RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang Tidur merupakan cara kita untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Jam ideal untuk mendapatkan tidur pada setiap orang tentunya berbeda-beda. Untuk orang dewasa pada umumnya memerlukan waktu tidur antara 7-9 jam tiap malam, sedangkan untuk anak-anak memerlukan waktu tidur yang lebih lama yaitu 10-11 jam tiap malam.

  1. Namun tidak semua orang mampu mendapatkan waktu tidur yang ideal karena berhubungan denganpekerjaan.
  2. Terkadang kita harus begadang untuk menyelesaikan tugas yang belum selesai, atau sibuk bermain gadget.
  3. Apabila hal itu dilakukan secara terus menerus maka akan berdampak pada tubuh dan kesehatanmu.
  4. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk apabila kamu kurang tidur antara lain:1.

Sulit Konsentrasi Salah satu efek dari kurang tidur adalah sulit berkonsentrasi. Tidur sangat berperan penting dalam proses belajar dan berpikir. Apabila kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur maka bisa mengakibatkan kemampuan kognitif kamu akan terganggu.

Hal ini akan berdampak kepada tingkat kewaspadaan, perhatian, penalaran dan pemecahan masalah.2. Mudah LupaSelain sulit konsentrasi, dampak lain yang muncul adalah membuat kamu mudah lupa. Pada sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penuaan atau pelupa. Kurang tidur dapat menganggu kemampuan otak untuk memproses dan menyimpan ingatan atau hal-hal yang dipelajari dan dialami sepanjang hari.

Kamu juga menjadi sulit mencerna dan memproses informasi selama beberapa hari kedepan.3. Berat Badan MeningkatDampak dari kurang tidur yang lain adalah bisa menyebabkan berat badan menjadi naik. hal ini berkaitan dengan perubahan durasi tidur dan metabolisme tubuh.

Pada orang dewasa, tidur sekitar 4 jam sehari dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan, terutama pada makanan tinggi karbohidrat dan tinggi kalori. Hal ini juga bisa terjadi pada anak-anak dan remaja. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari lebih berisiko mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur 7-9 jam semalam.4.

Mudah SakitTidur yang cukup memungkinkan sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal dengan memproduksi sitokin, yaitu senyawa yang membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. Senyawa tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit secara lebih efektif.

Nah, efek kurang tidur bisa membuat sistem kekebalan tubuh tidak optimal untuk melawan virus dan bakteri. Akibatnya kamu akan lebih rentan terhadap penyakit. Apabila hal tersebut dibiarkan, bahaya kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung.5. Mudah StresDampak buruk apabila kurang tidur juga bisa mempengaruhi mood kamu sepanjang hari.

Kamu bisa mengalami perubahan susasana hati dan menjadi sabar. Keadaan yang lebih emosional ini dapat berdampak besar ketika kamu harus membuat keputusan atau pekerjaan penting. Apabila hal tersebut dibiarkan maka bisa timbul masalah seperti perilaku impulsif, kecemasan, depresi, dan paranoid.

Sehat mental itu yang bagaimana?

Kamis, 21 Juli 2022 16:03 WIB Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan 84837 Elsa Savitrie, SKM, M.Kes – RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang Kena mental lu Kata-kata itu sering terdengar pada anak-anak remaja zaman sekarang, untuk membully maupun melamahkan lawan bicara. Namun hal ini sepertinya sudah menjadi trend di kalangan remaja sekarang.

Esehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang. Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental.

Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri. Pengertian Kesehatan Mental Kesehatan mental merupakan kondisi dimana individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Gejala Gangguan Mental Berikut adalah beberapa gejala atau tanda penyakit mental yang mungkin terjadi pada anak : 1. Perubahan perilaku Ini merupakan tanda munculnya penyakit mental pada anak yang tergolong mudah Anda sadari melalui aktivitas sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah. Ketika anak menjadi lebih sering bertengkar, cenderung kasar, hingga berkata kasar yang menyakitkan orang lain padahal sebelumnya tidak, Anda perlu curiga.

Tak hanya itu saja, Anda juga mungkin melihat perubahan perilaku anak seperti menjadi lebih mudah marah dan merasa frustasi.2. Perubahan mood Tanda penyakit mental lainnya adalah mood atau suasana hati anak yang berubah secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa berlangsung sebentar hingga dalam jangka waktu yang tidak menentu.

  • Tentunya, hal ini bisa mengakibatkan masalah pada hubungan dengan keluarga serta teman sebaya.
  • Ini merupakan gejala umum dari depresi, ADHD, hingga kelainan bipolar,3.
  • Esulitan berkonsentrasi Anak-anak yang menderita gangguan mental cenderung sulit fokus atau memperhatikan dalam waktu yang lama.
  • Selain itu, mereka juga memiliki kesulitan untuk duduk diam dan membaca.

Tanda penyakit mental yang satu ini dapat menyebabkan menurunnya performa di sekolah juga perkembangan otaknya.4. Penurunan berat badan Tahukah Anda bahwa gangguan mental juga dapat memengaruhi kondisi fisik anak? Tak hanya karena penyakit fisik, berat badan yang menurun drastis juga bisa menjadi tanda penyakit mental anak.

Gangguan makan, stres, hingga depresi dapat menjadi penyebab anak kehilangan nafsu makan, mual, dan muntah yang berkelanjutan.5. Menyakiti diri sendiri Perhatikan saat anak sering mengalami kekhawatiran serta rasa takut berlebih. Perasaan ini dapat berujung pada keinginannya untuk menyakiti diri sendiri.

Biasanya, ini menjadi akumulasi dari perasaan stres serta menyalahkan diri sendiri karena gangguan mental juga mengakibatkan anak sulit mengelola emosi. Ini juga menjadi tanda gangguan mental pada anak yang perlu Anda cermati karena tidak menutup kemungkinan berujung pada percobaan bunuh diri.6.

Muncul berbagai masalah kesehatan Penyakit atau gangguan mental juga dapat ditandai dengan masalah pada kesehatannya, misal anak mengalami sakit kepala dan sakit perut yang berkelanjutan.7. Perasaan yang intens Anak-anak kadang menghadapi perasaan takut yang berlebihan tanpa alasan. Tanda gangguan mental pada anak ini seperti menangis, berteriak atau mual disertai dengan perasaan sangat intens.

Perasaan ini pun dapat menyebabkan efek seperti kesulitan bernapas, jantung berdebar atau bernapas dengan cepat, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ciri-ciri Kesehatan Mental Yang Baik Anak remaja dengan kesehatan mental yang baik seringkali memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1.

Merasa lebih bahagia dan lebih positif tentang diri mereka sendiri dan menikmati hidup 2. bangkit kembali dari kekesalan dan kekecewaan 3. memiliki hubungan yang lebih sehat dengan keluarga dan teman 4. melakukan aktivitas fisik dan makan makanan yang sehat 5. terlibat dalam kegiatan 6. memiliki rasa pencapaian 7.

bisa bersantai dan tidur nyenyak 8. merasa nyaman di komunitas mereka. Mempromosikan Kesehatan Mental bagi Remaja Cinta dan dukungan serta hubungan yang kuat dengan keluarga dan orang-orang terdekat dapat memiliki pengaruh langsung dan positif pada kesehatan mental bagi remaja.

Bahkan, hubungan emosional yang baik dapat mengurangi kemungkinan remaja mengalami masalah kesehatan mental Promosi kesehatan mental bertujuan untuk mempromosikan kesehatan mental yang positif. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatan kesejahteraan psikologis, kompetensi, ketahanan manusia, serta menciptakan kondisi dan lingkungan hidup yang mendukung (WHO, 2002).

You might be interested:  Jenis Olahraga Yang Mengandalkan Keseimbangan Yaitu?

Promosi kesehatan mental dapat dilakukan dengan mengumpulkan data terkait insidensi gangguan tersebut supaya masyarakat meningkat kesadarannya dan mendapat pengetahuan terkait permasalahan. Berikut adalah beberapa cara untuk mempromosikan kesehatan mental bagi remaja dan meningkatkan kesejahteraannya : 1.

  • Tunjukkan cinta, kasih sayang, dan perhatian pada anak remaja Anda.2.
  • Tunjukkan bahwa Anda tertarik dengan apa yang terjadi dalam kehidupan anak Anda.
  • Pujilah upaya anak serta poin bagus dan prestasi mereka.
  • Hargai ide dan pendapat anak Anda.3.
  • Nikmati menghabiskan waktu bersama dengan anak Anda, dan juga sebagai sebuah keluarga.4.

Dorong anak untuk berbicara tentang perasaannya dengan Anda. Penting bagi anak untuk merasa bahwa mereka tidak harus melalui segala sesuatunya sendiri dan bahwa Anda dapat bekerja sama untuk menemukan solusi untuk masalah.5. Tangani segera masalah saat mereka muncul, daripada membiarkannya menumpuk.6.

  1. Bicaralah dengan anggota keluarga terpercaya, teman, orang tua atau guru lain jika Anda memiliki kekhawatiran.
  2. Jika Anda merasa membutuhkan lebih banyak bantuan, bicarakan dengan dokter umum atau profesional kesehatan lainnya mengenai kondisi mental anak.
  3. Esehatan fisik adalah bagian besar dari kesehatan mental.

Untuk membantu anak tetap sehat secara emosional dan fisik, dorong anak Anda untuk melakukan hal berikut: 1. Tetap aktif. Kebugaran fisik akan membantu anak tetap sehat, memiliki lebih banyak energi, merasa percaya diri, mengelola stres dan tidur nyenyak.2.

  • Embangkan dan pertahankan kebiasaan makan yang sehat.3.
  • Tidur teratur yang cukup.
  • Tidur yang berkualitas akan membantu anak untuk mengelola kehidupan yang sibuk, stres dan tanggung jawab.4.
  • Hindari alkohol dan obat-obatan lainnya.
  • Upaya Menjaga Kesehatan Mental bagi Remaja Berbicara dari hati ke hati dengan anak remaja Anda tentang kondisi dan kesehatan mentalnya adalah langkah awal yang perlu Anda lakukan sebagai orangtua.

Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan mental anak, mulailah dengan mengajaknya berbicara. Berbicara dengan anak tentang bagaimana perasaan mereka menunjukkan bahwa mereka tidak sendirian dan bahwa Anda, sebagai orangtua, peduli. Selain itu, anak juga mungkin memerlukan bantuan Anda untuk mendapatkan dukungan profesional.

Berikut adalah beberapa ide untuk mendorong anak remaja berbicara dengan Anda tentang perasaan mereka: · Katakan bahwa bahkan orang dewasa pun memiliki masalah yang tidak dapat mereka selesaikan sendiri. Tunjukkan bahwa lebih mudah untuk mendapatkan bantuan jika Anda memiliki dukungan orang lain. · Beri tahu anak Anda bahwa bukan hal yang aneh jika anak muda merasa khawatir, stres, atau sedih.

Juga beri tahu mereka bahwa membuka pikiran dan perasaan pribadi bisa menakutkan. · Beri tahu anak Anda bahwa membicarakan suatu masalah sering kali dapat membantu meletakkan segala sesuatunya ke dalam perspektif dan membuat perasaan menjadi lebih jelas.

  • Seseorang dengan pengalaman yang lebih banyak atau berbeda – seperti orang dewasa – mungkin dapat menyarankan opsi yang belum terpikirkan oleh mereka.
  • · Sarankan beberapa orang lain yang dapat diajak bicara oleh anak Anda jika mereka tidak ingin berbicara dengan Anda – misalnya, bibi atau paman, teman keluarga dekat, pelatih olahraga atau pemuka agama terpercaya, orang yang lebih tua atau dokter umum.

· Beri tahu anak Anda bahwa berbicara dengan dokter umum atau profesional kesehatan lainnya bersifat rahasia. Para profesional ini tidak dapat memberi tahu orang lain, kecuali mereka mengkhawatirkan keselamatan anak Anda atau keselamatan orang lain. · Tekankan bahwa anak Anda tidak sendirian.

  • Anda akan berada di sana kapan pun mereka siap untuk berbicara.
  • · Jika Anda menyampaikan kekhawatiran kepada anak Anda, mereka mungkin menolak bantuan apa pun atau mengatakan tidak ada yang salah.
  • Banyak anak muda tidak mau mencari bantuan sendiri.
  • Jadi, Anda mungkin perlu mengatakan bahwa Anda khawatir tentang mereka dan akan mencoba untuk mendapatkan nasihat profesional.

Sebaiknya dorong anak untuk ikut bersama. — Referensi : WHO. (2002). Prevention and promotion in mental health. Mental health: evidence and research. Geneva: Department of Mental Health and Substance Dependence. https://www.halodoc.com/artikel/ini-6-gangguan-mental-yang-muncul-di-masa-remaja https://www.merdeka.com/jatim/pentingnya-kesehatan-mental-bagi-remaja-yang-perlu-diketahui-baca-selengkapnya-kln.html https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/penyakit-pada-anak/tanda-penyakit-mental-pada-anak/ DOC, PROMKES, RSMH

Apa yang terjadi jika kita rajin berolahraga?

Jangan Malas Berolahraga Ya.!!! – 9 September 2017 yang jatuh pada hari Sabtu, kita memperingati Hari Olahraga Nasional. Bermula pada pembukaan PON 1 yang diadakan di Kota Praja Surakarta, 9 September 1948, kemudian ditetapkan bahwa tanggal 9 September adalah hari olahraga nasional atau disingkat HAORNAS.

  1. Dicanangkannya Haornas tentunya bukan hanya untuk peringatan saja tentunya, tetapi juga untuk mengajak masyarakat Indonesia mencintai olahraga.
  2. Seperti diketahui, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga, dan semuanya bisa dimasukkan dalam 1 kata besar, yaitu kesehatan.
  3. Yaaa, manfaat akhir yang pasti dirasakan dari rajin berolahraga adalah kesehatan kita.

Telah banyak penelitian, artikel, atau pernyataan ahli yang menjelaskan manfaat olahraga bagi kehidupan manusia. Bila rajin berolahraga akan berdampak positif bagi kesehatan kita, maka sebaliknya, kurang berolahraga atau sama sekali tidak pernah berolahraga berdampak sangat tidak baik bagi kita.

Apa saja dampak negative bila kita jarang atau tidak pernah berolahraga? Berikut sedikit uraiannya.1. Badan menjadi kurang fit Efek samping dari kurang olahraga yang pertama adalah badan kita akan menjadi terasa kurang fit. Padahal, badan yang fit dan juga segar bugar merupakan kunci dari segala aktivitas yang kita lakukan setiap hari.

Ketika badan kita terasa kurang fit dan juga kurang segar, maka tentu saja hal ini akan membuat setiap aktivitas yang kita jalan tiap harinya akan menjadi sangat membosankan dan juga tidak menarik. Hal ini pun akan berdampak, terutama bagi anda yang sedang berad dalam masa produktif, karena berdampak pada menurunnya produktivitas kerja, Sulit mengerjakan segala sesuatu secara optimal, menjadi tidak bersemangat dalam melakukan berbagai macam aktivitas.2.

  1. Daya tahan tubuh menurun Olahraga sangat berkaitan dengan metabolism tubuh.
  2. Ketika kita melakukan olahraga secara rutin dan juga teratur, maka hal ini akan membuat metabolism tubuh kita akan menjadi terjaga dengan baik.
  3. Nah, metabolism tubuh ini, sangat berkaitan erat dengan daya tahan tubuh kita.
  4. Daya tahan tubuh yang baik akan diperoleh ketika kita rajin dan juga rutin melakukan olahraga.

Sebaliknya, ketika kita jarang melakukan gerakan olahraga, maka hal ini akan membaut daya tahan tubuh kita pun menjadi menurun, dan menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Paling tidak ketika daya tahan tubuh kita menurun, kita akan menjadi mudah terserang penyakit, baik penyakit ringan, seperti batuk dan juga flu, hingga penyakit yang sangat berat sekalipun.3.

  • Berat badan tidak terkontrol Ini adalah salah satu dampak yang mudah terjadi, dan mudah untuk dirasakan oleh siapapun yang jarang atau kurang melakukan olahraga.
  • Ya, mereka yang kurang berolahraga akan mengalami kondisi berat badan yang tidak terkontrol.
  • Berat badan yang tidak terkontrol ini tidak hanya terpaku pada berat badan yang overweight dan obesitas, namun juga termasuk did alamnya berat badan yang terlalu kurus atau underweight.

Ketika anda kurang melakukan olahraga, maka hal ini akan menyebabkan berat badan anda akan menjadi tidak terkontrol, dan tentunya memberikan dampak bagi tubuh anda seperti Tubuh menjadi lemas, Obesitas, Kekurangan berat badan, Nafsu makan yang tidak normal, dan banyak lagi dampak lainnya.4.

Obesitas Kurang olahraga, apalagi ketika ditambah dengan pola makan yang tidak teratur dan pola hidu yang tida sehat akan menyebabkan siapapun dapat mengalami obesitas, alias kelebihan berat badan. Ketika hal ini terjadi, tubuh anda akan terlalu berat, dan nantinya akan muncul berbagai macam gejala — gejala penyakit yang dapat mengganggu kesehatan anda, misalnya Diabetes pada anak, Jenis-jenis stroke, Serangan jantung, dan berbagai macam penyakit lainnya yang berkaitan dengan kondisi berat badan tubuh yang overweight alias obesitas.5.

Tenaga dan juga kekuatan tubuh berkurang Selain mampu membakar kalori dan meningkatkan daya tahan tubuh, berolahraga juga sangat membantu dalam meningkatkan kekuatan dan juga vitalitas tubuh. kekuatan dan vitalitas tubuh sangat dibutuhan untuk mendukung aktivitas, bersama dengan daya tahan tubuh, metabolism dan juga kebugaran tubuh.

  1. Ketika anda kurang melakukan olahraga, maka yang terjadi adalah tubuh anda akan mengalami deficit dalam hal vitalitas dan juga kekuatannya.
  2. Anda akan menjadi sangat lemah dalam melakukan sesuatu hal.
  3. Menurunnya kekuatan tubuh ini juga dipengaruhi oleh otot — otot tubuh yang tidak banyak terlatih karena kurang olahraga.
You might be interested:  Gerakan Yang Dilakukan Sebelum Olahraga Inti Disebut?

Otot — otot yang kurang terlath dengan baik ini akan semakin menyebabkan tubuh adna terasa tidak berdaya, dan juga kekuatan dari tubuh anda menjadi berkurang drastic.6. Fungsi organ tubuh menurun Dampak dan juga efek samping dari kurang olahraga lainnya adalah fungsi dari organ tubuh ang menurun.

  1. Hal ini berkaitan degnan kondisi tubuh, terutama yang memiliki berat badan yang tidak terkontrol.
  2. Selain itu, organ — organ tubuh, seperti jantung misalnya, ketika tidak dimanfaatkan kapasitasnya dengan melakukan olahraga, maka kerjanya akan menurun.
  3. Bandingkan saja mereka yang senang berolahraga dengan yang kurang berolahraga.

Kerja jantung pasti akan lebih kuat dan napas mereka akan lebih ‘panjang’ apabila rajin dan selalu berolahraga secara teratur, berbeda dengan mereka yang jarang berolahraga.7. Mudah merasa cepat lelah dan juga merasa lemas Anda seringkali merasa lemas, namun ternyata bukan merupakan bagian dari gejala anemia alias kekurangan darah? Mungkin anda sendiri kurang olahraga.

  • Ya, mereka yang kurang olahraga memiliki kecenderungan yang sangat tinggi untuk mudah lemas dan juga mudah lelah dalam melakukan sesuatu.
  • Hal ini tentu saja berhubungan dengan fungsi dari olahraga itu sendiri, yaitu membugarkan tubuh, meningkatkan metabolism tubuh dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit.8.

Nafsu makan menjadi memburuk, bahkan tidak terkontrol Berolahraga juga sangat mempengaruhi nafsu makan yang anda miliki, dan juga berhubungan erat dengan pola makan yang anda adaptasi sehari — hari. Mereka yang rutin melakukan olahraga, tentu saja memiliki pola makan yang teratur, meskipun belum tentu sehat.

Hal ini akan jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki pola makan yang teratur, orang yang kuran gberolahraga cenderung memiliki pola makan yagn kurang teratur, dan hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi fisik mereka, terutama dari segi berat badan dan juga daya tahan tubuh mereka, yang mungkin dapat mengganggu keseluruhan fungsi fisik mereka.9.

Kalori yang menumpuk akan menjadi lemak Salah satu tujuan utama dari melakukan olahraga secara rutin dan juga teratut adalah untuk proses pembakaran kalori. Kalori merupakan bahan bakar tubuh kita untuk melakukan aktivitas. Ketika kalori yang kita peroleh dari makanan kita sehari — hari ini tidak terbakar, maka akan menumpuk dan menjadi lemak, sehingga berpotensi menyebabkan tubuh menjadi kegemukan dan mengalami obesitas.

Etika anda kurang berolahraga, apalagi dengan aktivitas yang tidak sibuk dan sedikit, maka dapat dipastikan kalori yang masuk ke dalam tubuh anda tidak akan bekerrja, dan hanya akan menumpuk menjadi lemak, yang tentunya akan sangat berbahaya, kerena menimbulkan obesitas dan berpotensi untuk mengganggu kinerja dari organ tubuh lainnya.10.

Menghambat kerja tubuh, tubuh terasa sulit untuk melakukan gerakan Pernahkah anda merasa bahwa tubuh anda berat sekali bahkan hanya untuk berjalan? Hal ini mungkin disebabkan karena anda kurang berolahraga. Ya, olahraga kan memang artinya mengolah tubuh, yang mengacu pada kondisi menggerakkan tubuh.

Apabila anda jarang dan juga kurang dalam melakukan olahraga, sudah pasti hal ini akan membaut tubuh anda menjadi terasa berat, karena sulit untuk digerakkan. Ibarat engsel pintu, ketika pintu tidak pernah dan jarang dibuka, maka lama kelamaan engselnya akan berkarat dan juga sulit untuk dibuka pintunya.

Hal inilah yang bisa terjadi pada tubuh anda, ketika anda kurang melakukan olahraga.11. Insomnia dan juga gangguan tidur Ya, sdah banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa salah satu hal yang paling sering menyebabkan insomnia, selain kondisi psikologis seseorang adalah karena orang tersebut kurang melakukan olahraga.

Olahraga membantu tubuh menjadi lebih lelah, sehingga tubuh akan menjadi tidur lebih nyenyak Olahraga akan membantu meningkatkan metabolism tubuh, yang menyebabkan kondisi fisik menjadi optimal, sehingga tubuh akan mudah untuk tidur.

Ketika anda kurang melakukan olahraga, maka sudah pasti kedua point di atas tidak akan anda peroleh. Hal ini lah yang kemudian mengantar anda menuju kondisi insomnia, alias tidak bisa tidur sepanjang malam. Insomnia sendiri diketahui memiliki dampak yang negative bagi manusia ketika dijadikan sebuah kebiasaan yang rutin, seperti :

Bangun pagi menjadi tidak segar Mudah mengantuk Menurunnya konsentrasi dan focus Metabolism tubuh menurun Nafsu makan berkurang Daya tahan tubuh menurun Mudah terserang penyakit Performa, baik bidang pekerjaan ataupun akademik, serta kegiatan yang dilakukan sehari — hari akan berkurang dan menurun drastic Tidak produktif.

12. Bentuk tubuh menjadi tidak proporsional Kurangnya melakukan olahraga juga tentu saja dapat berdampak pada kondisi fisik dan tuga kondisi tubuh seseorang. Salah satu dampak yang muncul ketika seseorang kurang berolahraga, atau bahkan tidak pernah berolahraga adalah bentuk tubuhnya yang menjadi tidak proporsional.

Tubuh proporsional pada dasarnya tidak hanya dapat dilihat dari kondisi berat badan saja, namun juga tampilan dari tubuh secara fisik. Mereka yang jarang melakukan olahraga, kondisi bentuk tubuh nya akan menjadi sangat mudah berpotensi menjadi tidak proporsional. Hal ini tentu saja terjadi karena banyak dampak negative dari kurangnya olahraga yang nantinya dapat berpengaruh kedalam kondisi an juga bentuk tubuh.

jadi, apabila anda ingin bentuk tubuh anda bagus dan juga proporsional, lakukanlah olahraga secara teratur, jangan hanya mengandalkan diet dan pola makan saja.13. Mengurangi semangat, menjadi sangat malas melakukan sesuatu Kurang olahraga akan membuat anda menjadi merasa sangat malas dan juga kurang bersemangat.

  • Hal ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan kondisi metabolism tubuh yang menjadi tidak teratur dan memiliki siklus yang kurang baik.
  • Hal ini akan menyebabkan tubuh anda akan menjadi mudah meras lemas.
  • Tubuh yang terasa lemas ini kemudian nantinya akan menyebabkan anda menjadi merasa malas dan juga kurang bersemangat dalam melakukan aktivitas anda sehari — hari.

Maka dari itu, hal ini akan membuat anda pun akan menjadi kurang, atau bahkan sangat tidak produktif dalam bekerja dan beraktivitas.14. Menjadi pintu masuk bagi banyak sekali penyakit dan gangguan kesehatan Ya, kurang olahraga memang menjadi salah satu pintu masuk bagi banyaks ekali penyakit dan juga gangguan kesehatan.

Etika anda jarang berolahraga, maka hal in itentu saja akan mempengaruhi berat badan, kadar lemak di dalam tubuh, serta menurunkan daya tahan tubuh anda. hal inilah yang kemudian menjadi pintu masuk utama bagi penyakit dan juga gangguan kesehatan untuk dapat masuk ke dalam tubuh anda, dan menyebabka tubuh anda mengalmi berbagai macam penyakit.

Beberapa penyakit yang bisa muncul ketika anda jarang berolahraga, dan daya tahan tubuh anda berkurang adalah :

Kelelahan Flu dan juga batuk Gangguan kesehatan yang berhubungan dengan penyakit gula dan kegemukan

15. Badan mudah terasa pegal dan juga sakit Kurang olahraga tentu saja menyebabkan diri anda akan menjadi mudah merasa pegal dan banyak baguan tubuh anda terasa sangat pegal. Misalnya, ketika anda harus berjalan kaki, maka kaki anda akan mudah merasa pegal dan juga sakit.

Begitu pula bagian tubuh anda yang lainnya, misalnya tangan. Ketika anda jarang melakukan olahraga, maka bagian tangan anda akan merasa sakit dan juga mudah pegal saat anda harus mengangkat sesuatu.16. Otot mudah terasa kaku Otot pun akan terkena imbasnya ketika anda kurang berolahraga. Otot — otot tubuh anda akan terasa sangat kaku dan bisa saja sulit untuk digerakkan.

Hal ini jugalah yang nantinya akan berdampak pada fungsi tubuh, seperti tangan dan juga kaki menjadi berkurang, serta menyebabkan anda menjadi seseorang yang pemalas juga. Sumber http://halosehat.com https://id.wikipedia.org

Apa yang kamu lakukan sebelum olahraga apa manfaatnya?

Meminimalisir terjadinya cedera – Manfaat utama melakukan pemanasan sebelum olahraga adalah menghindari terjadinya risiko cedera. Otot tubuh dalam kondisi normal biasanya masih kaku dan dingin. Jika Anda tiba-tiba melakukan aktivitas olahraga berat, besar kemungkinan Anda terkena cedera otot.

Related Post