Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Apa Yang Dimaksud Olahraga Kebugaran Jasmani?

Apa Yang Dimaksud Olahraga Kebugaran Jasmani?

Apa Yang Dimaksud Olahraga Kebugaran Jasmani
Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan lelah yang berlebihan. Sehingga, seseorang dengan kebugaran jasmani yang baik akan selalu memiliki cukup energi untuk beraktivitas fisik dengan lancar.

Apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani dalam olahraga?

Istilah kebugaran jasmani (physical fitness) sering dibicarakan bila mendiskusikan tentang aktivitas fisik. Kebugaran fisik atau lazim disebut kesegaran jasmani mengandung makna kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

Apa yang dimaksud kebugaran jasmani Wikipedia?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Orang tengah melakukan tes uji kebugaran jasmani Kebugaran jasmani atau yang sering juga disebut sebagai kesegaran jasmani) adalah kesanggupan tubuh manusia untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan secara berlebihan. Tubuh manusia dianggap memiliki kebugaran jasmani yang baik ketika mampu melakukan aktivitas keseharian tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.

Jelaskan apakah yang dimaksud kebugaran jasmani dan manfaatnya apa?

Pengertian Kebugaran Jasmani: Manfaat dan Contohnya Kebugaran jasmani merupakan salah satu hal yang harus dimiliki untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik. Dengan memiliki kebugaran jasmani, tubuh bisa beraktivitas dengan lancar dan penuh stamina.

  1. Jasmani atau tubuh yang terjaga kebugarannya memungkinkan kamu beraktivitas tanpa mudah merasa lelah.
  2. Selain itu, kamu juga masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.
  3. Semakin bugar tubuhmu, maka kesehatanmu makin terjaga.
  4. Manfaat positif lainnya dari menjaga kebugaran jasmani kamu bisa dengan terhindar dari aneka penyakit, mencegah depresi, dan bisa memiliki respons tubuh yang sigap.

ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Selengkapnya tentang kebugaran jasmani simak di bawah ini ya!

Apa tujuan dari latihan kebugaran jasmani?

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani ialah untuk membentuk daya tahan tubuh. Dengan begitu, kesehatan Kamu pun akan terjaga dengan baik. Terlebih setelah memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini. Terdapat juga manfaat dan tujuan lain yang bisa Kamu dapatkan dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin.

Apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani jawaban di isi dengan huruf besar semua?

TRIBUNNEWS.COM – Berikut kunci jawaban PJOK kelas 9 halaman 146, 147, dan 148. Dalam halaman ini berisi tugas penilian hasil belajar pada bab 5 terkait aktivitas kebugaran jasmani. Tugas PJOK ini terdiri 9 soal pilihan ganda dan 10 soal essay. Siswa diharapkan mengerjakan secara mandiri soal yang ada di Buku PJOK kelas 9 halaman 146 hingga 148.

Kunci jawaban PJOK kelas 9 halaman 146-148 ini diperuntukkan bagi orang tua untuk memandu proses belajar anak. Tribunnews.com tidak bertanggung jawab dalam perbedaan jawaban pada kunci jawaban PJOK kelas 9 halaman 146 hingga 148. Baca juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 102 Cara Hitung Sumbu Simetri dan Titik Optimum Tugas Individu A.

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling benar. Tugas ini dikerjakan di buku tugas.1. Kondisi jasmani yang bersangkut paut dengan kemampuan berfungsinya pekerjaan secara optimal dan efisien disebut, Jawaban: a.

  1. Hakikat kebugaran jasmani 2.
  2. Ebutuhan kebugaran jasmani seseorang berbeda, kebutuhan tersebut tergantung pada,
  3. Jawaban: b.
  4. Usia seseorang 3.
  5. Ebugaran jasmani diperlukan seseorang untuk dapat,
  6. Jawaban: d.
  7. Mengerjakan pekerjaan tanpa mudah kelelahan 4.
  8. Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah,

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 23: Pernyataan Umum Teks Rantai Makanan di Antartika Jawaban: d. meningkatkan kebugaran jasmani 5. Seseorang tidak dapat mencapai kebugaran jasmani secara menyeluruh atau umum tanpa didasari oleh keadaan,

Jawaban: d. kesegaran jasmani yang baik 6. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang baik akan terhindar dari, Jawaban: d. kelelahan yang berarti 7. Kemampuan seseorang untuk mengubah posisi dan arah secepat mungkin sesuai dengan situasi yang dikehendaki dinamakan, Jawaban: a. kelincahan 8. Salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan adalah,

Jawaban: a. shuttle-run 9. Kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan dinamakan, Jawaban : a. kecepatan Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 23: Pernyataan Umum Teks Rantai Makanan di Antartika B.

You might be interested:  Dalam Olahraga Renang Yang Pertama Dikuasai Adalah?

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat. Tugas ini dikerjakan di rumah dan dikerjakan pada buku tugas.1. Jelaskan pengertian kebugaran jasmani. Jawaban: Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.2.

Jelaskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani. Jawaban: – Meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru. – Menurunkan tekanan darah. – Mengurangi lemak dan kadar gula dalam tubuh. – Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 119 – Memperbaiki bentuk tubuh.

Mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. – Meningkatkan daya tahan aerobik. – Meningkatkan fl eksibilitas. – Membakar kalori yang memungkinkan tubuh terhindar dari kegemukan. – Mengurangi stres. – Meningkatkan rasa kebahagiaan. Baca juga: Kunci Jawaban PJOK Kelas 9 Halaman 112 113 114 115 116, Bab 4: Aktivitas Bela Diri 3.

Sebutkan bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dan keterampilan. Jawaban: – Shuttle-run – Lari zig zag – Squat Thrust – Naik Turun Bangku – Push-up – Sit Up 4. Jelaskan cara melakukan latihan kekuatan otot lengan. Jawaban: Cara melakukan latihan kekuatan otot lengan dilakukan dengan bentuk latihan push up.

  1. Tidur telungkup, kedua kaki rapat dan lurus ke belakang, ujung kaki bertumpu pada lantai.
  2. Edua telapak tangan menempel di lantai dengan posisi dibuka selebar bahu dan kedua siku ditekuk.
  3. Angkat badan ke atas hingga kedua lengan lurus, posisi badan dan kaki dalam satu garis lurus.
  4. Emudian turunkan badan dengan membengkokkan kedua siku, badan dan kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai.

– Lakukan latihan ini berulang-ulang. – Batas akhir melakukan latihan ini adalah kedua lengan tidak sanggup lagi mengangkat badan. Baca juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 57 58 59 Pilihan Ganda Bab 3 5. Jelaskan cara melakukan daya tahan otot. Jawaban: – Cara melakukan daya tahan otot dengan bentuk latihan daya tahan otot lengan dan bahu.

Untuk meningkatkan kebugaran jasmani dapat dilakukan secara berpasangan. – Caranya adalah berjalan menggunakan kedua tangan, dengan kedua kaki dipegangi teman.6. Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan. Jawaban: Latihan daya tahan pernapasan dapat dilakukan dengan bentuk gerakan: lari, renang, atau interval training.7.

Jelaskan cara melakukan latihan kelenturan. Jawaban: – Posisi berdiri dengan kedua kaki selebar bahu. – Jari-jari kedua tangan saling dikaitkan, dengan telapak tangan menghadap ke atas. – Putar pergelangan tangan ke depan sehingga telapak tangan menghadap ke depan dan mejauh dari tubuh, kemudian tahan posisi tersebut selama 3 detik.

  • Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 112, 113 dan 114: Uji Kompetensi Pilihan Ganda 8.
  • Jelaskan cara melakukan kecepatan.
  • Jawaban: – Berdiri di belakang garis start, sikap badan tegak, sedangkan kedua kaki dibuka.
  • Edua tangan di samping badan, dengan sikap siap berlari.
  • Lari di tempat dengan gerakan semakin lama semakin dipercepat sembari mengangkat paha tinggi.

– Setelah terdapat bunyi peluit, lari secepat mungkin menempuh jarak 60 meter.9. Jelaskan cara melakukan kelincahan. Jawaban: – Lari secepat mungkin dari titik 1 ke titik 2. – Setiap sampai di titik ke 2, berbalik secepat mungkin, dan berlari ke titik 1.

  • Jarak titik 1 ke titik 2 adalah 4 – 5 meter, dengan pengulangan sebanyak 6 – 8 kali.
  • Gerakan difokuskan pada kemampuan dalam mengubah arah gerak / berbalik secara cepat tepat tanpa kehilangan keseimbangan.
  • Baca juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 13: Kampung Pancasila 10.
  • Jelaskan cara melakukan keseimbangan.

Jawaban: Dapat dilakukan dengan sikap Berdiri Bangau sebagai berikut: – Diawali dengan berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan di samping badan rileks. – Berdiri dengan kaki kanan, kaki kiri dilipat ke belakang dan di pegang dengan tangan kanan di belakang.

Unsur kebugaran jasmani ada berapa?

Kemampuan fisik seseorang dalam beraktivitas sehari-hari ditentukan oleh kebugaran jasmani. Nah, ternyata ada banyak unsur kebugaran jasmani yang harus dilatih, lho! Unsur kebugaran jasmani ini terdiri dari kekuatan, daya tahan, kelenturan, komposisi tubuh, kecepatan, hingga kelincahan.

  • Karena jenisnya berbeda, maka latihan atau olahraga untuk meningkatkan tiap unsur kebugaran ini juga tidak sama.
  • Misalnya, jika ingin menunjang daya tahan otot jantung dan paru-paru, Moms dapat melakukan latihan aerobik dan latihan beban.
  • Dengan melakukannya secara teratur, hal ini bisa meningkatkan kualitas hidup dan menjauhkan dari risiko penyakit yang berbahaya.
You might be interested:  Apa Yang Kamu Lakukan Sebelum Olahraga?

Yuk, ketahui berbagai unsur kebugaran jasmani melalui ulasan berikut ini! Baca Juga: Mengenal Kebugaran Jasmani, Bisa Bikin Anak Berprestasi di Sekolah

Apa yang dimaksud dengan kekuatan dalam kebugaran jasmani dan berikan tiga contoh bentuk latihannya?

10 Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui – Ragam Bola.com Ilustrasi olahraga. (Photo by Alora Griffiths on Unsplash) Bola.com, Jakarta – Ada beberapa komponen penyusun dari yang perlu diketahui. Dengan memenuhi komponen tersebut, kebutuhan kebugaran jasmani bisa terpenuhi. Jadi, kebugaran jasmani bisa dibilang suatu kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berlebih. Dengan kesehatan jasmani yang bagus, seseorang bisa mengetahui kemampuan fisiknya dalam menjalani kesibukan sehari-hari.

Makin tinggi seseorang, makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya. Jika kita selalu melatih kebugaran tubuh, ada banyak hal yang dapat diperoleh. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kinerja jantung. juga dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh agar badan menjadi energik, memiliki respons dan reaksi tubuh yang tepat, mengurangi risiko obesitas, terhindar dari cedera, dan masih banyak manfaat lainnya.

Jadi, makin sering olahraga justru membuat menjadi tidak mudah lelah. Dengan latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuh bisa lebih meningkat. Namun, yang dibutuhkan kebugaran jasmani setiap orang berbeda karena aktivitas yang tak sama. Ada beberapa komponen penyusun dari kebugaran jasmani yang perlu diketahui Berikut ini rangkuman komponen-komponen, seperti dilansir dari laman Guru Penjaskes, Kamis (8/10/2020).

  1. Ilustrasi berolahraga.
  2. Credit: unsplash.com/Jonathan 1.
  3. Ekuatan ( Streght ) Kekuatan adalah kemampuan otot saat menerima beban ketika melakukan aktivitas.
  4. Ekuatan otot, baik otot lengan atau otot kaki, dapat diperoleh dari latihan yang terus menerus dengan beban berat dan frekuensi sedikit.
  5. Latihan angkat beban dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan.

Beberapa latihan untuk meningkatkan kekuatan antara lain:

  • Squat jump – latihan ini dapat menambah kekuatan otot tungkai dan otot perut.
  • Push up – latihan ini dapat menambah kekuatan otot lengan.
  • Sit up – selain dapat mengecilkan perut, latihan ini dapat membuat otot perut menjadi makin kuat.
  • Angkat beban – latihan ini digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan. Lakukan latihan tersebut dengan frekuensi sedikit saja.
  • Back up – sama halnya seperti sit up, back up dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut.

2. Daya Tahan (Endurance) Daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan sistem jantung, paru-paru atau sistem pernapasan, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien. Berbeda dengan latihan kekuatan, daya tahan dapat dilatih dengan beban yang tidak terlalu berat.

  1. Frekuensi juga lebih lama dan dalam durasi waktu yang panjang pula.
  2. Contoh latihan untuk kebugaran jasmani bagian daya tahan, antara lain lari minimal 2 km, lari minimal 12 menit, lari multistage, angkat beban dengan berat yang ringan namun pengulangan dan jumlahnya diperbanyak, serta lari naik turun bukit atau tanjakan dan turunan.

Ilustrasi lari. (dok. Pixabay.com/Putu Elmira) 3. Daya Otot ( Muscular Power ) Pengertian dari daya otot adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan kekuatan maksimum yang dikeluarkan dalam waktu yang singkat. Selain itu, hal ini dapat dihubungkan dengan sistem anaerobik dalam proses pemenuhan energi.

  • Vertical jump atau gerakan meloncat ke atas, dapat melatih daya ledak otot tungkai.
  • Front jump atau gerakan meloncat ke depan, dapat juga melatih daya ledak otot tungkai.
  • Side jump atau gerakan meloncat ke samping, melatih explosive power dari otot tungkai.

4. Kecepatan ( Speed ) Kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan secara kontinu atau terus-menerus dalam bentuk yang sama dengan waktu yang singkat. Kecepatan sangat dibutuhkan dalam olahraga lari pendek dengan jarak 100 dan 200 meter.

  • Cedera tak hanya dialami oleh seseorang yang berolahraga saja, tetapi dapat terjadi pada semua orang yang melakukan aktivitas fisik secara tiba-tiba.
  • Adapun contoh latihan atau olahraga untuk meningkatkan daya lentur, antara lain adalah yoga, senam dan renang.
  • 6. Kelincahan ( Agility )

Kelincahan adalah kemampuan seseorang mengubah posisi pada area tertentu dengan cepat. Olahraga yang mengandalkan kelincahan adalah olahraga bulu tangkis. Atlet bulutangkis dituntut untuk dapat mengambil shuttlecock di manapun yang lawan arahkan asal masih masuk dalam garis lapangan.

  1. 7. Koordinasi ( Coordination )
  2. Koordinasi adalah kemampuan seseorang mengintegrasikan berbagai gerakan yang berbeda dan mampu mengkoordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik.
  3. Contoh latihan dari komponen kebugaran jasmani bagian koordinasi adalah memantulkan bola tenis ke tembok dengan tangan kanan kemudian menangkapnya lagi dengan tangan kiri begitu juga sebaliknya.
  4. 8. Keseimbangan ( Balance )
You might be interested:  Baju Yang Digunakan Selama Olahraga Adalah?

Keseimbangan merupakan kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan dapat dimunculkan dengan baik dan benar. Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang sangat mengandalkan keseimbangan. Beberapa contoh latihan untuk meningkatkan keseimbangan, antara lain berjalan di atas balok kayu selebar 10 cm yang memiliki ukuran panjang 10 meter, berdiri dengan satu kaki jinjit atau juga dengan sikap lilin.

Kiper atau penjaga gawang memegang peranan penting dan memiliki rentang karier yang panjang.9. Ketepatan ( Accuracy ) Ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan gerak-gerak bebas tubuh terhadap suatu sasaran. Beberapa contoh olahraga yang membutuhkan keakuratan, antara lain memanah, bowling, sepak bola, dan basket.

Contoh latihan untuk meningkatkan ketepatan antara lain adalah:

  • Melempar bola tenis ke tembok, sebelumnya tembok telah diberi sasaran atau diberi tanda terlebih dahulu.
  • Untuk lebih spesifik, langsung saja melatih ketepatan dengan memasukkan bola ke ring lawan untuk olahraga bola basket.
  • Untuk sepak bola, dengan latihan menendang bola ke gawang yang dijaga oleh seorang penjaga gawang agar keakuratan lebih dapat diperhitungkan dan memiliki tantangan.

10. Reaksi ( Reaction ) Reaksi adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak dan menanggapi rangsangan yang ditangkap oleh indra. Satu di antara latihan yang dapat meningkatkan reaksi adalah olahraga tangkap bola. Sumber : Guru Penjaskes Berita video terdapat beberapa nama baru yang mulai rajin mencetak gol di Premier League 2019-2020 dan bisa menjadi pesaing Sergio Aguero, Mohamed Salah, Raheem Sterling, dan Sadio Mane.

Apa yang dimaksud dengan kekuatan dalam olahraga?

Abstract – Strength atau kekuatan, yaitu suatu kemampuan kondisi fisik manusia yang diperlukan dalam peningkatan prestasi belajar gerak. Kekuatan merupakan salah satu unsur kondisi fisik yang sangat penting dalam berolahraga karena dapat membantu meningkatkan komponen-komponen seperti kecepatan, kelincahan dan ketepatan.

Pate (1989: 181) menyatakan bahwa kekuatan diartikan sebagai tenaga yang dipakai untuk mengubah keadaan gerak atau bentuk suatu benda. Harsono (1988: 47) mengartikan kekuatan sebagai energy untuk melawan suatu tahanan atau kemampuan untuk membangkitkan tegangan atau tension. Dengan demikian kekuatan adalah kemampuan yang sangat erat hubungannya dengan adanya proses kontraksi otot.

Kekuatan berarti kemampuan untuk mengeluarkan tenaga secara maksimal dalam satu usaha, kemampuan kekuatan berarti terjadinya kontraksi otot pada manusia, menurut Thomas (2000: 5) menyatakan bahwa kontraksi otot manusia terdapat tiga jenis kontraksinya yaitu; statis, konsentris dan eksentris.

Latihan-latihan kekuatan cepat yang khusus dapat juga diberikan paralel atau bersamaan dengan latihan-latihan untuk meningkatkan kekuatan maksimal. Semua pengendalian latihan kekuatan selain menuntut latihan kekuatan yang khusus juga membutuhkan latihan pelengkap di bagian.1) Daya tahan dasar (dari Faal yang dimaksud adalah penyediaan energi aerobe dan anaerob 2) Latihan kelentukan/peregangan otot Untuk cabang olahraga yang dominan kecepatan sangat membutuhkan latihan kekuatan.

Akan tetapi tidak serta merta kekuatan itu dilatihkan begitu saja tanpa menempuh parameter dan alur periodisasi yang sesuai. Adapun dalam periodesasi latihan strength terdiri:

  1. Fase Adaptasi Anatomi
  2. Fase maximum strength
  3. fase conversion
  4. Fase maintenance
  5. Fase transition

Jelaskan apa yang dimaksud dengan latihan kekuatan pada kebugaran jasmani?

Apa itu latihan kekuatan? – Latihan kekuatan adalah aktivitas fisik yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan otot dan kebugaran dengan cara melatih kelompok otot tertentu agar tahan dari tekanan atau beban yang didapatkan dari luar tubuh. Latihan kekuatan bisa dilakukan tanpa alat maupun dengan alat.

Latihan kekuatan yang dilakukan tanpa alat, mengandalkan berat badan sendiri sebagai instrumen beban yang akan melatih otot. Sementara latihan yang digunakan menggunakan alat biasanya dilakukan di gym atau pusat kebugaran dengan teknik khusus untuk melatih otot. Prinsip dasar latihan kekuatan adalah memberikan tekanan atau beban yang banyak pada otot sehingga otot harus beradaptasi dan lama kelamaan menjadi lebih kuat.

Perlu diingat bahwa latihan kekuatan bukan hanya penting untuk atlet atau orang yang ingin memiliki otot besar dan kekar. Latihan kekuatan secara teratur sangat baik untuk setiap orang, dari semua kelompok usia dan tingkat kebugaran karena dapat mencegah hilangnya massa otot yang terjadi secara natural seiring bertambahnya usia.

Related Post