Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Bagaimana Cara Merawat Tubuh Setelah Olahraga?

Bagaimana Cara Merawat Tubuh Setelah Olahraga?

Bagaimana Cara Merawat Tubuh Setelah Olahraga
4 Kebiasaan Baik yang Wajib Dilakukan Setelah Berolahraga | GoDaily Persiapan sebelum berolahraga memang sangat penting. Mulai dari memilih pakaian yang nyaman sampai dengan pemanasan. Akan tetapi, ‘beres-beres’ setelah olahraga juga tidak kalah penting, lho.

Sebaiknya, jangan buru-buru melanjutkan aktivitas lain atau makan setelah olahraga. Supaya olahraga yang sudah kamu lakukan jadi lebih efektif dan maksimal, ada baiknya kamu melakukan empat kebiasaan baik ini.1. Pendinginan Di awal olahraga, kita pasti akan melakukan pemanasan. Maka dari itu, setelah berolahraga kita wajib melakukan pendinginan untuk meregangkan otot.

Ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari kelelahan otot dan melatih fleksibilitasnya. Waktu terbaik untuk melakukan pendinginan adalah saat otot tubuh masih cukup panas. Contoh pendinginan yang bisa kamu lakukan adalah shoulder, arm, atau quad stretch.2.

Mandi atau Ganti Baju Pakaian yang lembap akibat keringat bisa jadi tempat yang ideal bagi jamur, kuman, dan bakteri untuk berkembang biak. Jika kamu tidak ingin terkena infeksi kulit, jerawat, atau bahkan masuk angin, sebaiknya segera ganti baju dan pakaian dalam seusai berolahraga. Jika kamu ingin mandi, usahakan untuk mandi dengan air yang sejuk agar otot lebih cepat pulih.3.

Isi Perut Setelah setengah jam seusai berolahraga, tubuh akan membutuhkan asupan protein dan karbohidrat untuk memulihkan otot. Pilih menu-menu seperti daging ayam, telur, bubur gandum, daging ikan, susu, keju, atau yogurt untuk disantap setelah berolahraga.

  • Makanan yang kamu konsumsi setelah berolahraga akan langsung diolah menjadi otot, bukan menjadi cadangan lemak.4.
  • Minum Air Gantikan cairan yang hilang selama berolahraga dengan minum air.
  • Tidak hanya melepas dahaga, air minum yang kamu konsumsi juga mengandung oksigen yang dibutuhkan jantung setelah bekerja keras.
You might be interested:  Berapakah Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional?

Hindari untuk minum air terlalu banyak sekaligus. Kamu disarankan untuk minum segelas air sebelum dan sesudah pendinginan, serta setelah ganti baju. Jika stok air minummu habis, kamu bisa langsung memesannya melalui GO-DAILY. Mulai dari air galon, sampai dengan air kemasan, semua tersedia di GO-DAILY,

Apa yang harus kita lakukan sebelum dan sesudah berolahraga?

Sebelum memulai olahraga Anda sebaiknya tidak lupa melakukan pemanasan. Seusai berolahraga Anda juga wajib melakukan pendinginan, alias peregangan otot. Pendinginan paling baik dilakukan segera setelah olahraga ketika otot-otot Anda masih cukup panas.

Apakah setelah olahraga harus cuci muka pakai sabun?

1. Cuci muka dengan sabun yang lembut – Berkeringat dapat membantu menjaga kebersihkan pori-pori kamu. Namun, kalau kamu membiarkan keringat mu terlalu lama berada di permukaan kulit ini bisa mengakibatkan komedo dan jerawat. Maka dari itu, segeralah mencuci muka setelah kamu selesai berolahraga karena setelah berolahraga keadaan kulit mu akan menjadi lebih sensitif.

Apakah olahraga bikin glow up?

Page 7 – glowing menjadi impian banyak orang. Selain menggunakan skincare, untuk mendapatkan glowing harus disertai dengan perawatan dari dalam tubuh. Konsumsi air putih yang cukup dan konsumsi makanan bergizi akan membuat kamu mendapatkan, Selain itu, olahraga secara rutin juga bisa membuat kulit glowing.

You might be interested:  Apa Nama Federasi Dunia Tenis Meja?

Tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik dan mental, tetapi juga memengaruhi kulit kamu. Menurut Dr. Amy McClung dari US Dermatology Partners Brodie Lane Texas, olahraga sangat baik untuk kesehatan kulit. Dilansir Usdermatologypartners, Dr. McClung menjelaskan beberapa manfaat olahraga untuk kecantikan kulit.1.

Sirkulasi darah lancar Wanita olahraga di taman. Foto: pexels.com Olahraga tidak hanya melatih ketahanan fisik, tetapi juga melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika sirkulasi darah lancar, suplai oksigen dan nutrisi ke kulit juga akan lancar. Jika sirkulasi darah lancar, regenerasi kulit lebih efektif.

Apa yang harus dilakukan saat berkeringat setelah olahraga?

4. Gunakan pelembap setelah mandi – Setelah mandi, keringkan tubuh dengan cara menepuk-nepuk lembut kulit menggunakan handuk, Setelah itu, oleskan pelembap ke seluruh kulit. Dengan melakukan kebiasaan ini, kulitmu tetap bisa terjaga kelembapannya, walau kamu sering mandi setelah berolahraga.

  • Bagi kamu yang tidak sempat mandi setelah berolahraga, disarankan untuk segera mengganti baju yang basah dengan baju yang bersih dan kering.
  • Ini dilakukan untuk mengurangi risiko kulit mengalami iritasi dan infeksi.
  • Dengan memperhatikan hal-hal di atas, seharusnya kamu tak perlu lagi ragu untuk segera mandi setelah berolahraga.

Pasalnya, selain bermanfaat, kelembapan kulit tetap bisa terjaga, kok, meski kamu menjadi lebih sering mandi dari biasanya. Apabila kamu masih memiliki pertanyaan seputar mandi saat berkeringat atau kamu mengalami pertanyaan sekitar kesehatan kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter,

Kenapa setelah olahraga wajah jadi lebih cerah?

Ilustrasi olahraga. ©2018 Merdeka.com/Pexels Merdeka.com – Katanya olahraga bisa bikin kulit lebih sehat dan bercahaya. Pasalnya peredaran darah jadi lancar dan kulit jadi bisa mengeluarkan toksin lewat keringat. Tapi kok banyak yang kulitnya semakin bermasalah gara-gara sering work out ? Beberapa ahli dermatologi berbicara tentang pengaruh olahraga ke kulit kita seperti dilansir Self (13/8/2018). Rajani Katta, M.D., profesor klinis dermatologi di University of Texas Houston McGovern Medical School mengatakan ada penelitian menarik yang mengatakan bahwa olahraga mengubah jumlah kolagen di kulit. “Dalam sebuah penelitian, mereka menempatkan orang dewasa yang tidak aktif dalam program bersepeda tiga bulan, dan setelah itu ada tingkat kolagen yang lebih tinggi di kulit.” Tetapi ada beberapa kondisi di mana olahraga justru memperburuk kondisi kulit.

You might be interested:  Service Tenis Meja Ada Dua Teknik Sebutkan?

Apakah boleh mandi sebelum olahraga?

Tidak ada anjuran mutlak mana yang perlu didahulukan antara mandi dan berolahraga. Anda boleh saja mandi sehabis berolahraga, atau sebaliknya, berolahraga setelah mandi. Dari sisi kesehatan, hal ini tidak memiliki dampak negatif yang signifikan. Langsung berolahraga sehabis mandi pagi tidaklah dilarang.

Apa yang sebaiknya dilakukan sebelum berolahraga jawab?

Sejak pandemi menyerang, tren berolahraga jadi semakin meningkat. Apakah Anda salah satu orang yang saat ini mulai rajin berolahraga? Jika iya, berarti Anda harus tahu tiga tahapan aktivitas fisik saat berolahraga. Tiga tahapan itu adalah pemanasan, olahraga utama, serta pendinginan.

  • Pemanasan sebelum olahraga sangatlah penting.
  • Pasalnya, tubuh kita perlu melakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas olahraga utama.
  • Pemanasan bisa dilakukan dengan aktivitas olahraga gerakan ringan.
  • Aktivitas tersebut bisa berupa peregangan atau stretching statis dan dinamis.
  • Selain membuat tubuh ‘panas’, aktivitas sebelum olahraga ini juga bisa melatih kelenturan tubuh, menjadikan otot tidak kaku, dan mencegah cedera.

Lalu, apa saja manfaat lain pemanasan sebelum olahraga? Simak artikelnya di bawah ini!

Related Post