Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik?

Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik?

Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik
8 Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Handal Paling Mudah Dilakukan Kiper merupakan posisi pertahanan terakhir dalam permainan sepak bola. Pemain yang satu ini memiliki hak istimewa, dimana bisa menggunakan tanganya untuk menangkap bola di daerah yang sudah ditentukan.

  • Selain itu,menurut, kiper juga memiliki hak untuk tidak mendapatkan gangguan dari lawan.
  • Jika terbukti pemain lawan melakukan gangguan, ataupun melakuka sedikit dorongan kepada kiper, pemain bisa dianggap melanggar.
  • Oleh sebab itu, kiper menjadi posisi yang sangat sentral dalam menjaga pertahanan dalam permainan sepak bola.

Untuk menjadi seorang kiper yang handal, tentunya harus melakukan berbagai teknik latihan agar gawang tidak kebobolan, selain itu kiper juga harus memiliki akurasi tendangan yang juga harus baik, mengingat umpan yang dilakukan kiper kepada pemain juga bisa tepat sasaran, terutama ketika melakukan serangan balik.

  1. Seorang kiper juga harus memiliki reflek yang baik, biasanya untuk awal latihan kiper melatih ketepatan dalam menangkap bola (handling) dan juga refleks terhadap bola yang ditendang ke gawang.
  2. Dan berikut beberapa hal cara menjadi kiper sepak bola yang handal.1.
  3. Teknik menjangkau bola Untuk menjadi kiper yang handal, menjangkau datangnya bola menjadi hal yang wajib untuk dipelajari dan juga benar-benar harus dikuasai.

Kiper yang handal selalu memanfaatkan seluruh anggota tubuh mereka untuk bisa menghentikan tendangan dari lawan agar gawang mereka tidak kebobolan. Misalnya saja, ketika mengantisipasi tendangan pinalti ataupun berhadapan one to one dengan pemain penyerang terutama mengetahui pergerakan matanya dan juga bahasa tubuh seperti sikap kaki dari pemain lawan dan, dimana bola berada.

Selain anda bisa memperdiksi arah datangnya bola dan kemana bola akan dibawa, Kiper juga harus siap ketika gagal dalam menangkap bola atau salah mengantisipasi bola. Kiper bisa menggunakan kaki yang lebih flesksibel untuk menyelamatkan gawang agar tidak kebobolan. Juga jangan sampai mati langkah ketika penyerang dari tim lawan menendang, dan anda hanya diam saja.

Hal ini dikarenakan kurang siapnya kiper dalam menjangkau bola, dan kurang baiknya kiper dalam membaca arah datangnya bola. Untuk itu kiper harus selalu siap dan fokus ketika bola dibawa oleh pemain lawan. Tugas dari seorang kiper adalah menghentikan tendangan yang dilakukan oleh lawan agar bola tidak masuk ke gawang dan merupakan tugas pokok bagi seorang kiper.

  • Ada berbagai teknik dalam menghentikan tendangan.
  • Anda bisa menyentuh tiang gawang untuk memastikan posisi anda, setelah menerima tendangan dari sisi yang berbeda.2.Penempatan Posisi yang Baik Untuk menjadi kiper yang handal, penempatn posisi kiper juga sangatlah berpengaruh dalam mengantisipasi arah datangnya bola.

Ketika bola berada di depan, biasanya penjaga gawang akan juga ikut sedikit maju, untuk membantu pola penyerangan yang dilakukan dari bawah. Jika terjadi tendangan bebas, kiper juga harus bisa mengatur pemain yang memblok bola dan bisa memprediksi celah dari tendangan.

Selain itu, ketika pemain lawan membawa bola dan ada beberapa pemain bertahan yang memblok, seorang kiper juga tidak boleh lengah. Tetap fokus menebak arah bola. Penempatan posisi yang baik juga mempengaruhi jangkauan bola dari seorang kiper. Selain itu, anda juga harus tahu dimana anda harus keluar dari gawang untuk menepis bola keluar, ataukah menunggu bola ditendang ke gawang.

Hal ini juga membutuhkan penempatan posisi yang baik. Ada beberapa kasus, dimana kiper salah menempatakan posisinya ketika bola jauh ditendang, dan ternyata kiper berada diposisi terlalu keluar dari gawang, sehingga terjadilah goal. Dan lagi ketika pertahanan hanya menyisakan seorang penjaga gawang, anda bisa mempersempit ruang gerak dari pemain lawan dengan cara maju menuju pemain lawan yang membawa bola dengan sikap siap menangkap bola.3.

  1. Omunikasi dengan Pemain lain Selain penjaga gawang atau kiper, di bagian pertahanan dalam permainan sepak bola juga ada bek, atau pemain bertahan.
  2. Dimana antar pemain tentunya harus memiliki koordinasi dan komunikasi yang bagus, untuk menciptakan taktik dan juga teknik sepak bola yang padu.
  3. Etika seorang kiper dan juga pemain bertahan salah komunikasi sering kali akan terjadi blunder yang mengakibatkan tim menderita kekalahan.

Terutama dalam mengantisipasi bola, dimana pemain bertahan sudah menghalangi pemain lawan agar bola bisa anda tangkap. Namun, anda salah menafsirkan bahwa bola anda pikir ditendang oleh pemain bertahan, sehingga terjadi bola liar disitu, dan hal ini bisa dimanfaatkan pemain lawan untuk merebut bola dan mencetak gol.

  • Dan juga ketika terjadi bola liar yang berada di mulut gawang memang sangat dibutuhkan komunikasi yang baik antar tiap pemain.
  • Dimana harus benar-benar fokus dan kejelian dalam membaca situasi.
  • Misalnya lagi ketika bola liar yang datang dengan cepat, dan juga ada pemain bertahan disitu yang siap menghalau bola, maka anda bisa posisikan ditempat, sambil mengantisipasi bola yang akan terjadi selanjutnya.

Jangan sampai terjadi benturan antar pemain yang malah membuat pemain atau anda cidera. Karena sepak bola membutuhkan keputusan yang cepat dan tepat.4. Konsentrasi Konsentrasi merupakan kunci dari setiap permainan dan juga kesuksesan seorang kiper. Hal ini sangat berkaitan ketika anda menghalau bola sangat dibutuhkan konsentrasi dalam memprediksi arah datangnya bola.

Posisi seorang kiper juga dibutuhkan konsentrasi yang baik. Dan juga komunikasi antar pemain sangatlah juga fokus terhadap keputusan dan juga kode yang pemain bertahan berikan. Dimanapun bola berada kiper harus selalu memantaunya. Ketika anda sedikit saja kehilangan kosentrasi,sangatlah mungkin gawang anda kebobolan, walaupun tidak ada pemain lawan yang menyerang, banyak kasus kiper yang melakukan blunder dengan membuat goal ke gawangnya sendiri, atau salah mengantisipasi umpan dari pemain belakang.5.

Melatih Mental Kiper harus memiliki mental yang kuat karena posisi ini merupakan yang sangat krusial dalam permainan sepak bola. Dimana, anda harus melatih mental anda untuk siap mengantisipasi kerasnya bola, anda harus berani bertabrakan dengan pemain lain untuk menyelamatkan gawang anda.

  1. Dan juga anda harus menyiapkan diri ketika bola mengarah menuju muka ataupun anggota tubuh yang anda takuti terkena bola.6.
  2. Mengontrol rekan tim Mengontrol pemain satu tim juga merupakan bagian dari komunikasi.
  3. Hal ini biasanya dilakuakn ketika terjadi tendangan pojok, dan tendangan bebas.
  4. Etika terjadi tendangan bebas, Anda harus menyipakan benar-benar pagar penghalang yang rapat, dimana anda bisa menempatkan diri pada kekosongan dan kelemahan dari tembok pemain yang anda arahkan.

Dan ketika terjadi tendangan pojok, anda harus meneringatkan pemain agar menjaga setiap pemain lawan.7. Refleks Reflek merupakan bagian terpenting untuk mrnjadi seorang kiper yang handal. Pasalnya tendangan dari lawan biasanya berkecepatan tinggi dimana dibutuhkan reflesk yang bagus untuk menangkapnya.

  • Dan juga pergerakan bagian-bagian tubuh lain terutama kaki juga membutuhkan refleks yang bagus 8.
  • Determinasi Adalah kecepatan dan ketepatan seorang kiper dalam mengambil setiap keputusan.
  • Dimana determinasi sangat dibutuhkan ketika menghalau bola apakah ditangkap ataukah di tepis.
  • Dan juga ketika ditepis, arah bola harus kearah mana, agar bola tidak jatuh ke pemain lawan.

: 8 Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Handal Paling Mudah Dilakukan

Apa tugas pertama kiper?

Apa Tugas Kiper dalam Sepak Bola ? – Baca juga: 5 Pemain Tertua dalam Sejarah Piala Dunia, Didominasi Kiper Tugas kiper dalam permainan sepak bola adalah melindungi gawangnya dari kebobolan dengan menggunakan seluruh badannya termasuk tangan. Tak hanya itu saja, kiper juga memiliki tugas lain dalam permainan sepak bola. Apa saja? Dilansir dari SportsRec, berikut tugas kiper dalam sepak bola :

Siapa kiper terbaik di sepak bola?

1. Alisson Becker (Brasil) – Alisson Becker sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2022 (instagram.com/alissonbecker) Salah satu kiper terbaik Piala Dunia 2022 yang diboyong tim Brasil adalah Alisson Becker. Kelincahan, kecepatan, dan performanya yang ciamik menjadi senjata kiper setinggi 1,91 m ini.

Apakah kiper boleh menendang bola?

Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik

Berikut ini lima aturan yang mesti diikuti seorang kiper dalam permainan sepak bola. Penjaga gawang bisa menjadi bagian penting dalam tim jika memiliki penampilan habat. Karenanya, kiper harus memahami aturan yang ada mulai dari memegang bola hingga saat situasi tendangan penalti.

SKOR.id – Kiper juga bagian penting dalam tim, serupa pemain lain. Sebab, penjaga gawang hebat bisa menentukan nasib tim. Sebagai contoh, ada Manchester United di 2017-18 yang tampil buruk, tapi terhindar dari hasil minor karena ada David de Gea di bawah mistar.

Untuk di Indonesia, bukti terkini ada pada sosok Hilman Syah di PSM Makassar saat turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Kiper adalah komandan di pertahanan tim. Karenanya sangat penting untuk memiliki penjaga gawang yang hebat di dalam tim. Dan bagi seorang kiper, ada beberapa hal yang mesti dipahami untuk menjadi penjaga gawang yang dapat diandalkan.

Dilansir dari blog.playo.co, setidaknya ada lima aturan yang harus diikuti seorang kiper. Berikut ini uraian selengkapnya: 1. Penanganan Bola Penjaga gawang boleh menyentuh bola di dalam area penalti. Namun, penanganannya tidak sembarangan. Kiper boleh memegang bola hasil operan, tembakan atau sundulan di area penati, tapi bukan bola yang sengaja diberikan dari kaki rekan setim.

  1. Jika menerima bola dari kawan satu tim, maka penjaga gawang harus mengontrol bola lebih dulu, baru boleh menyentuhnya.
  2. Iper juga tidak boleh memegang bola hasil lemparan ke dalam rekan setim.
  3. Penjaga gawang hanya memiliki waktu 6 detik untuk menahan dan mengalirkan bola.2.
  4. Tendangan Gawang Kiper memiliki hak melakukan tendangan gawang usai bola hasil sentuhan lawan keluar lapangan, bukan sisi samping lapangan.

Setelah penjaga gawang melakukan tendangan gawang dan secara kebetulan berada di jarak 6 yard, kiper tidak bisa menangkap bola. Adapun tendangan gawang biasanya dilakukan oleh kiper tetapi bisa juga dilakukan oleh pemain lain di tim. Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik 3. Pelanggaran Meskipun kiper menerima kelonggaran dari wasit di areanya atau kotak penalti, tapi bukan berarti bebas dari pelanggaran. Penjaga gawang akan dianggap melakukan pelanggaran jika menjegal, menarik baju atau mendorong lawan hingga jatuh.4. Boleh Keluar Kiper diperbolehkan keluar dari areanya atau ke luar kotak penalti, namun di sana tidak perbolehkan untuk menyentuh bola dengan tangan.

  1. Penjaga gawang biasanya melakukan itu (keluar) di momen saat mencegah pemain lawan hendak menerima umpan terobosan yang posisinya tak ada bek.
  2. Atau kala tim membutuhkan gol dan mendapat tendangan bebas atau sepak pojok.
  3. Iper yang maju hingga ke mulut gawang lawan juga bisa mencetak gol tapi tidak dengan tangan.5.
You might be interested:  Merk Susu Yang Bagus Untuk Olahraga?

Tendangan Penalti Penjaga gawang harus tetap berada di garis gawang sebelum tendangan penalti dilakukan. Dapat bergerak maju saat tendangan dilakukan. Kiper juga dapat mengambil penalti jika diberikan oleh tim. Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Dimana kiper boleh memegang bola?

Permainan umum dan teknik – Seorang penjaga gawang mencoba mencegah terjadinya gol dalam pertandingan sepak bola, Posisi kiper adalah yang paling khusus dari semua posisi di lapangan. Tidak seperti pemain lain, kiper dapat menyentuh bola dengan seluruh bagian tubuh mereka, asalkan di daerah penalti mereka sendiri.

Kapan kiper tidak boleh memegang bola?

KOMPAS.com – Kiper dalam melakukan tugasnya menjaga gawang dari kemasukan gol dapat menggunakan tangan. Akan tetapi, penjaga gawang boleh memegang bola di daerah kotak penaltinya saja. Sementara jika di luar kotak penalti tangan tidak diperbolehkan. Hal tersebut merupakan keistimewaan seorang kiper dalam sepak bola.

Bolehkah kiper maju saat penalti?

Memphis Depay gagal mengeksekusi penalti ke gawang Polandia dalam laga UEFA Nations League. REPUBLIKA.CO.ID, DOHA- Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) menggelar pertemuan pada Senin (13/6/2022) di Doha, Qatar untuk menyetujui perubahan aturan dalam sepak bola.

  • Di antara fokusnya adalah pembahasan penalti ketika handball di area titik putih, serta aturan dalam penalti.
  • Perubahan aturan rencananya akan diresmikan pada 1 Juli.
  • Dilansir dari Marca, Selasa (14/6/2022), penjaga gawang ketika menghadapi tendangan penalti satu kakinya boleh berada di depan dan belakang garis.

Terpenting, kaki menyentuh garis gawang. Dengan demikian kiper tak boleh berdiri di depan atau di belakang garis gawang. Aturan lainnya adalah dibolehkannya lima pergantian pemain meskipun bisa jadi tak semua negara menerapkan aturan ini. Namun dalam semua kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA, perubahan-perubahan aturan akan resmi diberlakukan.

  • Pergantian keenam bisa dilakukan jika aturan kompetisi tersebut mengaturnya.
  • Masalah jumlah pergantian pemain sebenarnya sudah lama diterapkan sejak Mei 2020.
  • Pandemi Covid-19 membuat IFAB membolehkan aturan pergantian lima pemain.
  • Sebelumnya maksimal pergantian pemain hanya boleh dilakukan tiga kali.
  • Liga Primer Inggris sebelumnya tak setuju dengan kebijakan lima pergantian pemain.

Akan tetapi pada akhirnya mereka menerima keputusan itu. Aturan lain yang dibahas adalah tentang pemain yang mencegah gol atau peluang gol lawan dengan melakukan handball. Aturan baru menyebutkan pemain bersangkutan harus diusir keluar lapangan, di manapun titik pelanggaran itu terjadi.

Apakah kiper bisa menjadi kapten?

ADA 5 kiper yang menjadi kapten di Piala Dunia 2022 Qatar bakal diulas dalam artikel ini. Salah satu di antaranya sempat dibikin malu Timnas Jepang di babak penyisihan grup. Umumnya, pesepakbola yang kerap dijadikan kapten adalah orang yang lebih berpengalaman atau yang memiliki pengaruh besar.

Apten-kapten tersebut biasanya dari posisi penyerang, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Namun, bukan berarti seorang kiper tak bisa jadi kapten. Buktinya, ada empat penjaga gawang yang dipercaya mengenakan ban kapten di Piala Dunia 2022. Lantas, siapa saja kiper yang menjadi kapten di Piala Dunia 2022? Berikut 5 Kiper yang menjadi kapten di Piala Dunia 2022 : 5.

Kasper Schmeichel (Denmark) Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik 5 Kiper yang menjadi kapten di Piala Dunia 2022 dimulai dari Kasper Schmeichel. Eks kiper Leicester City ini didapuk menjadi kapten utama Timnas Denmark di Piala Dunia 2022 setelah Simon Kjaer tidak dimainkan pada pertandingan kedua melawan Prancis. Ini bukan kali pertama bagi Kasper Schmeichel memegang tanggung jawab sebagai kapten. Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Kemudian ada Matthew Ryan, penjaga gawang Australia yang dipercaya sebagai kapten utama di negaranya. Mantan kiper Arsenal ini telah menjadi andalan Timnas Australia sejak 2013. Hingga kini, posisinya sebagai kiper utama The Socceroos (julukan Australia) belum tergantikan.

Terlebih, Mathew Ryan diberi amanah sebagai kapten Timnas Australia di Piala Dunia 2022. Kiper 30 tahun ini pun diketahui telah malang melintang di sepakbola Eropa. Bersama Timnas Australia, Ryan telah tampil dalam 77 pertandingan dan mencatatkan 32 clean sheet dari seluruh penampilannya tersebut. Follow Berita Okezone di Google News Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser.

Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Apa yang menyebabkan terjadinya tendangan penalti?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Tendangan penalti dalam sebuah pertandingan. Tendangan penalti adalah metode menendang dalam pertandingan sepak bola, yang dilakukan dari titik penalti berjarak 11 meter menuju gawang. Tendangan penalti dilakukan selama permainan berlangsung. Hal ini diberikan ketika pelanggaran dengan hukuman tendangan bebas terjadi dalam area penalti.

  • Tendangan yang sama yang dibuat dalam adu penalti di beberapa sistem kompetisi untuk menentukan tim pemenang setelah pertandingan berakhir imbang; meskipun sama dalam penerapan, adu penalti memiliki batasan-batasan yang sedikit berbeda.
  • Dalam praktiknya, hukuman lebih sering menjadi gol daripada tidak, bahkan terhadap kiper kelas dunia, yang berarti bahwa pemberian tendangan penalti sering menentukan, terutama dalam permainan yang sedikit menghasilkan gol.

Tendangan penalti yang berhasil sering mematahkan semangat pada pemain lawan karena dianggap dimudahkan untuk mencetak gol. Tendangan ini diperkenalkan pertama kali di wilayah Britania Raya pada akhir abad ke-19. Tendangan penalti pertama pada sebuah laga resmi di dunia diberikan kepada tim Skotlandia, Airdrieonians pada tahun 1891 di Broomfield Park,

Apa klub terhebat di dunia?

Berdasarkan data FiveThirtyEight, Bayern Munich menjadi klub sepak bola terbaik di dunia per 17 Januari 2023. Klub yang berbasis di Munchen, Jerman tersebut memperoleh skor Soccer Power Index (SPI) sebesar 92,6 poin.

Siapa kiper nomor 1 di dunia?

5 Kiper Terbaik Dunia Saat Ini Versi Gianluigi Buffon, Tak Ada Alisson & Ederson – Bola.net Bola.net – Kiper Parma Gianluigi Buffon menyebutkan lima kiper terbaik di dunia saat ini. Tak ada nama kiper Liverpool Alisson Becker dan kiper Manchester City Ederson di dalamnya.

  1. Buffon secara luas dianggap sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa.
  2. Dia saat ini bermain untuk klub Serie B Parma.
  3. Dalam sepanjang kariernya, Buffon telah meraih banyak gelar.
  4. Itu termasuk 10 gelar Serie A saat bermain bersama Juventus.
  5. Di level internasional, Buffon pernah mengangkat trofi Piala Dunia saat membela timnas Italia.

Dia juga menjadi runner up di Euro pada edisi 2012.1 dari 3 halaman Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. (c) AP Photo Berbicara kepada La Gazzetta dello Sport, Buffon memilih lima kiper terbaik di dunia saat ini. Kiper Real Madrid Thibaut Courtois menempati posisi pertama. Pemain Belgia itu bergabung dengan Los Blancos dari Chelsea pada tahun 2018.

  1. Courtois telah membuat 190 penampilan di semua kompetisi untuk raksasa La Liga tersebut.
  2. Rekan senegaranya, Gianluigi Donnarumma dari PSG, berada di posisi kedua.
  3. Setelah itu ada Manuel Neuer yang saat ini bermain untuk Bayern Munchen.
  4. Posisi keempat dalam daftar ini ditempati kiper Slovenia Jan Oblak dari Atletico Madrid.

Sementara kiper AC Milan Mike Maignan berada di urutan kelima.2 dari 3 halaman Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Kiper AC Milan, Mike Maignan. (c) AP Photo Maignan berhasil menggantikan posisi Donnarumma di Milan. Kiper asal Prancis tersebut telah membuat 48 penampilan dengan mencatatkan 21 clean sheet untuk Rossoneri. Buffon sangat menyukai Maignan. Dia mengaku sempat mengirim pesan kepada Paolo Maldini setelah sang kiper bergabung dengan Milan.

Apakah kiper boleh memakai topi?

Mau tahu apa saja perlengkapan yang wajib dikenakan oleh para pemain bola profesional termasuk kiper dalam suatu pertandingan sepakbola?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan apa saja perlengkapan yang wajib dipakai oleh para pemain bola termasuk kiper (penjaga gawang). Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sepakbola Perlengkapan Pemain Bola Kesimpulan

Sekilas Tentang Sepakbola Sepak bola merupakan cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim tersebut beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti termasuk kiper yang mempunyai tugas untuk menjaga lawan dan sebagian pemain cadangan yang dapat menggantikan pemain inti sepanjang berlangsungnya pertandingan. Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://www.adidas.com/ Sebagai cabang olahraga yang sangat populer di dunia dan terus mengalami perkembangan setiap tahunnya, dari waktu ke waktu olahraga sepak bola sendiri juga diikuti dengan penyempurnaan peraturan yang menjamin agar permainan tetap berjalan lancar. Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://www.eurosport.fr/ Salah satu peraturan yang dimaksud yakni berupa peraturan yang membahas tentang standar peralatan dan pakaian para pemain bola dalam suatu pertandingan yang dituangkan dalam Hukum ke-4 LOTG (Law Of Te Game FIFA).

Berdasarkan Law 4 atau Hukum ke-4 LOTG, seorang pemain diwajibkan untuk tidak memakai apapun yang berbahaya. Segala jenis perhiasan (kalung, cincin, gelang, anting) tidak diperbolehkan untuk dipakai dan harus dilepas. Penggunaan peralatan komunikasi elektronik bagi pemain sepak bola juga dilarang. Hanya alat pencatat performa pemain elektroik saja yang dibolehkan untuk dikenakan bagi pemain. Pemain sepak bola dilarang untuk mengenakan segala pakaian yang menuliskan slogan dan pernyataan terkait politik, agama, pendapat pribadi atau iklan selain logo vendor dan sponsor yang terafiliasi dengan klub.

Perlengkapan Pemain Bola Selain perlengkapan yang dilarang, tentu ada pula perlengkapan yang wajib dipakai oleh seorang sepak bola profesional dalam kesebelasan (tidak termasuk kiper). Perlengkapan yang dimaksud terdiri dari:

Jersey bola atau pakaian olahraga khusus yang seragam dalam sebuat tim. Celana pendek yang seragam dalam sebuah tim. Sepasang kaos kaki yang seragam dalam sebuah tim. Pelindung kaki atau tulang kering yang dikenakan oleh para pemain bola harus dibuat dari bahan yang cocok buat melindungi kaki dan wajib ditutupi dengan kaos kaki. Sepasang sepatu untuk seluruh para pemain yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. Ban kapten (khusus bagi pemimpin sebuah tim).

Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://www.coventrytelegraph.net/ Dalam suatu kompetisi bola, masing-masing tim atau klub sepakbola pun wajib memiliki dua hingga tiga model baju jersey yang harus dibuat dengan desain warna yang berbeda-beda.3 Jenis Jersey Yang Wajib Dimiliki Tiap Klub Sepakbola yakni berupa:

Home Jersey

Home jersey alias jersey kandang merupakan atribut utama tim yang mewakili identitas klub. Pada setiap perlombaan bola seperti halnya Piala Dunia, jersey ini biasa dipakai ketika sebuah tim menjadi tuan rumah dalam suatu kompetisi.

Away Jersey

Away jersey alias jersey tandang merupakan seragam yang biasa dipakai ketika tim atau klub sepakbola bertanding sebagai tamu di rumah klub yang menggelar pertandingan.

You might be interested:  Jadwal Olahraga Yang Baik Untuk Membentuk Otot?

Third Jersey

Third jersey alias jersey alternatif merupakan jersey yang biasa dipakai ketika tim atau klub sepakbola bermain di kandang ataupun di tempat lawan dengan kondisi tertentu. Sumber : https://www.footyheadlines.com/ Sedikit berbeda dengan kostum pemain bola lainnya, kiper juga memiliki ketentuan tersendiri terkait dengan perlengkapan yang harus dikenakan selama pertandingan.

Jersey bola yang dikenakan kiper harus memiliki warna dan pola yang berbeda dengan jersey pemain lain (termasuk kiper tim lawan). Sarung tangan pelindung harus dikenakan kiper selama pertandingan berlangsung. Sarung tangan memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi tangan kiper dari kencangnya tendangan pemain lawan. Sarung tangan juga bisa membuat tangkapan kiper terhadap bola jadi maksimal. Penggunaan celana panjang untuk kiper diizinkan. Jersey bola untuk kiper boleh dibuat dalam model lengan panjang.

Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://shopee.co.id/ Sementara itu seluruh pemain dan anggota tim (pihak pelatih dan pegawai tim) diperbolehkan mengenakan peralatan tambahan, misalnya untuk menangani cuaca dingin:

Celana pendek pelapis berwarna sama dengan celana pendek luar. Kaus pelapis berlengan berwarna sama dengan jersey bola. Sarung tangan untuk menghangatkan tubuh. Kacamata khusus diizinkan jika tidak menimbulkan bahaya bagi pemakai atau pemain lain.

Dalam Hukum ke-4 LOTG (Law Of Te Game FIFA) disebutkan pula ketentuan mengenai pemilihan warna jersey yang digunakan oleh kedua tim yang sedang bertanding di lapangan.

Kedua tim yang bermain harus mengenakan warna jersey bola yang berbeda antara dengan tim lawan maupun para wasit. Penjaga gawang harus mengenakan warna jersey bola yang berbeda dengan jersey pemain lain maupun para wasit. Para penjaga gawang dari kedua tim boleh bermain dengan warna jersey bola yang sama. Pemain boleh memakai jersey dalaman (baselayer) asalkan dalaman tersebut memiliki warna dan motif yang sama dengan lengan jersey yang digunakan.

Selain aturan mengenai aksesoris dan pakaian yang diperbolehkan untuk dikenakan, Hukum ke-4 LOTG (Law Of Te Game FIFA) juga menjelaskan bahwa segala perlengkapan pelindung yang terbuat dari bahan empuk, lembut dan ringan diperbolehkan untuk dipakai.

Pakaian pelindung (jockstrap) dan penutup sendi (protective cup) sangat dianjurkan oleh para ahli medis dan profesional. Topi dan kacamata olahraga juga diperbolehkan untuk dipakai bagi para kiper atau penjaga gawang. Peralatan pelindung yang dibuat dari bahan empuk, ringan dan tidak berbahaya misal tutup kepala, masker, pelindung lutut, maupun lengan diperbolehkan.

Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih pelindung kepala untuk kiper yaitu:

Pelindung kepala yang dikenakan oleh kiper harus berwarna hitam. Pelindung kepala yang diizinkan tidak boleh menempel di pakaian pemain Tidak ada bagian-bagian yang keluar dari permukaan.

Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://www.blibli.com/ Kesimpulan Demikian pembahasan singkat mengenai perlengkapan yang boleh dan tidak boleh dikenakan oleh para pemain sepak bola profesional saat bertanding di lapangan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan anda tentang jersey bola ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jersey bola?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki. Simak juga 9 Fakta Menarik Tentang Jersey Bola kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang sejumlah fakta unik dan menarik terkait dengan jersey bola.

Semoga bermanfaat.

Apa yang tidak boleh dilakukan kiper saat penalti?

adjar.id – Tendangan penalti merupakan salah satu istilah umum dalam permainan sepak bola, Tendangan penalti ini memiliki beberapa peraturan dan syarat yang harus dipenuhi, Adjarian. Tendangan penalti akan diberikan jika pemain bertahan lawan melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Tindakan yang dilakukan pemain ini akan mendapatkan hukuman berupa tendangan penalti bagi tim yang dilanggar. Kotak penalti atau area penalti adalah bagian pada lapangan sepak bola yang berada di depan gawang dengan memiliki ukuran panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter. Tendangan penalti menjadi salah satu cara yang dilakukan suatu tim untuk mencetak gol karena peluang keberhasilannya sangatlah besar.

O iya, tendangan penalti adalah tendangan yang dilakukan oleh satu pemain di dalam kotak penalti tanda adanya penjagaan dari pemain lain kecuali kiper. Selain karena pelanggaran, tendangan penalti juga bisa diberikan wasit jika ada pemain yang menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti selain penjaga gawang.

  • Tendangan penalti juga bisa menjadi penentuan kemenangan tim jika skor pertandingan tetap imbang sampai 90 menit dan tambahan waktu 30 menit.
  • Sehingga pertandingan akan berlanjut pada babak adu tendangan penalti.
  • Nah, berikut macam-macam aturan dan syarat tendangan penalti dalam sepak bola.
  • Baca Juga: Apa Perbedaan Tendangan Bebas dan Tendangan Penalti dalam Sepak Bola? Aturan Tendangan Penalti Tendangan penalti dalam sepak bola memiliki beberapa aturan yang sudah ditetapkan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB, yaitu: 1.

Bola yang akan ditendang harus berada di titik penalti.2. Penjaga gawang harus berada tepat di garis gawang dan pandangan menghadap penendang penalti.3. Jarak antara gawang dan titik penalti adalah 11 meter.4. Pemain lain yang tidak menendang penalti harus berjarak 9,15 meter dari belakang titik penalti.5.

Penjaga gawang tidak boleh menyentuh bagian gawang, baik tiang, jaring, dan mistar sebelum tendangan penalti dilakukan.6. Saat bola ditendang, penjaga gawang satu kakinya harus tetap ada di garis gawang.7. Tendangan bisa dilakukan setelah wasit meniupkan peluit tanda tendangan boleh dilakukan.8. Saat menendang, penendang harus mengarahkan bola ke depan.9.

Penendang penalti tidak boleh menyentuh bola tendangannya lagi jika tidak menyentuh pemain lain atau penjaga gawang. Baca Juga: Mengenal Goal Kick dalam Sepak Bola 10. Tendangan penalti akan selesai jika bola sudah tidak bergerak, keluar lapangan, atau masuk ke gawang.

Syarat Tendangan Penalti Peraturan dari tendangan penalti menentukan tendangan penalti yang sah atau tidak menurut wasit. Dalam permainan sepak bola, jika terjadi tendangan penalti dan bola tersebut menyentuh tiang, mistar, atau memantul ke lapangan serta ditendang kembali oleh pemain yang sama, lalu terjadi gol, maka gol tersebut bisa dinyatakan sah jika terjadi di waktu normal.

Akan tetapi, jika penendang atau kiper melanggaran peraturan tersebut, wasit bisa memiliki hak untuk memperbolehkan penalti diulang kembali. Selain itu, wasit juga bisa mengulang tendangan penalti jika ada pemain lain yang memasuki kotak penalti saat tendangan dilakukan.

Tendangan penalti bisa diulang jika: 1. Pemain tim melanggar batas wilayah penalti saat tendangan dilakukan dan menghasilkan gol.2. Pemain tim penyerang dan bertahan melanggar batas wilayah penalti saat tendangan dilakukan bersamaan.3. Pemain tim bertahan melanggar wilayah penalti saat tendangan penalti tidak gol.4.

Penjaga gawang melanggar aturan untuk menghalangi terjadi gol saat tendangan penalti. Baca Juga: Apa Peran Suporter dalam Pertandingan Sepak Bola? Selain keempat hal tersebut, keputusan akhir sah atau tidaknya gol pada penalti ada di tangan wasit pemimpin pertandingan.

Coba Jawab!
Apa yang menyebabkan tendangan penalti bisa dilakukan?
Petunjuk: Cek halaman 1.

Tonton video ini juga, yuk!

Berapa jarak tendangan dari posisi kiper?

Aturan tendangan penalti dalam sepak bola – Regulasi mengenai pelaksanaan tendangan penalti dalam permainan sepak bola ditetapkan oleh Dewan Asosiasi Internasional (IFAB), sebagai berikut:

  1. Bola harus berada di titik penalti.
  2. Jarak antara titik penalti dengan gawang yaitu 11 meter.
  3. Tiang, mistar, dan jaring gawang tidak boleh bergeser atau bergerak ketika tendangan penalti diambil
  4. Wasit harus secara jelas memastikan pemain yang akan menendang penalti.
  5. Penjaga gawang harus tetap berada di garis gawang serta dan di antara tiang gawang saat menghadapi tendangan penalti.
  6. Penjaga gawang tidak boleh menyentuh tiang, mistar, dan jaring gawang sebelum tendangan dilakukan.
  7. Ketika bola ditendang, salah satu kaki penjaga gawang harus tetap berada di garis gawang atau sejajar.
  8. Tendangan penalti harus dilakukan setelah wasit memberi isyarat melalui peluit.
  9. Penendang harus mengarahkan bola ke depan (maju)
  10. Penendang tidak boleh menyentuh bola hasil tendangannya jika belum menyentuh pemain lain
  11. Bola dianggap berjalan dalam permainan apabila telah ditendang dan bergerak ke depan dari titik penalti.
  12. Tendangan penalti dianggap selesai dilakukan jika bola berhenti bergerak, keluar wilayah permainan, masukke gawang, atau berdasar keputusan wasit telah terjadi pelanggaran.
  13. Pemain dari kedua tim selain penendang dan penjaga gawang dilarang berada di dalam kotak penalti ketika tendangan penalti dilakukan.

Berapa no punggung kiper?

Tahukah anda bahwa selain menjadi penanda kostum, nomor punggung yang terdapat pada jersey bola ternyata juga menunjukkan posisi dan peran pemain dalam suatu kompetisi sepakbola lho. Bahkan tidak jarang ada juga pemain yang sangat identik dengan nomor punggung tertentu. Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Nomor Punggung Sistem Penomoran Jerey Bola Kesimpulan

Sekilas Tentang Nomor Punggung Nomor punggung merupakan salah satu identitas yang menunjukkan tentang posisi pemain bola. Dilihat dari sejarahnya, penggunaan nomor punggung pada suatu klub bola konon pertama kali diperkenalkan oleh Arsenal pada tanggal 25 Agustus 1928 saat melawan Sheffield Wednesday. Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://id.pinterest.com/ Kala itu tim Arsenal yang dilatih oleh Herbert Chapman mengatur nomor punggung pemain secara berurutan dari angka 1 sampai 11 supaya lebih mudah mengetahui posisi pemain. Nomor punggung 1 dipakai oleh penjaga gawang atau kiper, selanjutnya diurutkan sampai dengan nomor 11 yang digunakan oleh penyerang. Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://www.donga.com/ Dari yang semula hanya menggunakan urutan 1 sampai 11 kini para pemain bola tidak lagi harus menggunakan nomor punggung sesuai posisi dan perannya di lapangan. Karena ada banyak pemain, tidak jarang juga ada jersey yang menggunakan nomor 11 sampai 22 pada pakaian yang dikenakannya. Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://www.theguardian.com/ Penggunaan nomor punggung dari 11 sampai 22 sendiri mulai diterapkan ketika sistem pergantian pemain dikenalkan di Inggris pada 1965. Biasanya pemain pengganti tersebut memakai nomer 12, 13 dan selanjutnya. Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Sumber : https://indonesian.alibaba.com/ Meski penerapan nomor punggung pada jersey bola sudah banyak mengalami perubahan, namun perlu diketahui juga bahwa nomor awal atau nomor klasik yakni 1-11 masih identik dengan posisi-posisi tertentu dalam sepak bola.

Jersey Nomor 1

Jersey bola dengan nomor punggung 1 biasanya digunakan oleh penjaga gawang utama di klub dan hampir tidak pernah diberikan untuk pemain di posisi lain. Tugas utamanya yaitu menjaga gawang agar tidak kemasukan bola dari tim lawan.

Jersey Nomor 2

Jersey bola dengan nomor punggung 2 biasa diberikan untuk para bek, lebih spesifiknya posisi bek kanan. Tugas utamanya yaitu menjaga daerah pertahanan sayap dan membantu serangan tim dengan sesekali maju serta memberikan umpan kepada pemain penyerang.

You might be interested:  Jelaskan Apa Tujuan Olahraga Senam Aerobik?

Jersey Nomor 3

Jersey bola dengan nomor punggung 3 juga dipakai oleh seorang bek, lebih spesifiknya posisi bek kiri. Pemain di posisi ini tugasnya kurang lebih sama seperti bek kanan.

Jersey Nomor 4

Jersey bola dengan nomor punggung 4 biasa diberikan untuk bek tengah atau center back.

Bek tengah adalah pemain belakang yang berada di tengah yang umumnya digunakan dalam formasi empat sejajar. Bek tengah atau stopper merupakan posisi pemain yang berada di tengah-tengah.

Tugas utama dari bek tengah adalah untuk menjaga daerah tengah pertahanan agar tidak mudah ditembus lawan dan membantu kiper untuk menjaga gawang timnya tidak kebobolan.

Jersey Nomor 5

Jersey bola dengan nomor punggung 5 biasanya juga diberikan untuk bek tengah atau sering disebut center back.

Jersey Nomor 6

Jersey bola dengan nomor punggung 6 juga biasa dikenakan oleh seorang bek tengah. Selain itu, belakangan nomor punggung ini juga lekat dengan seorang gelandang bertahan.

Gelandang bertahan bertugas untuk melakukan pencegahan agar garis pertahanan tidak dapat dicapai oleh bola lawan. Gelandang bertahan harus memiliki kemampuan memotong serangan lawan yang bagus dan mahir dalam merebut bola lawan.

Jersey Nomor 7

Jersey bola dengan nomor punggung 7 biasa diberikan untuk right winger alias pemain sayap kanan dan second striker, namun ada beberapa contoh striker legendaris yang memakai nomor ini sehingga memberi status nomor klasik.

Jersey Nomor 8

Jersey bola dengan nomor punggung 8 biasa diberikan untuk pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Meski tak setenar nomor 7 atau 10, peran pemain bernomor 8 cukup penting dalam tim. Adapun tugas-tugas yang harus dilakukan oleh gelandang tengah, yaitu:

Menjaga daerah sendiri di bagian tengah lapangan. Mengatur ritme dalam permainan. Membantu pertahanan di bagian sayap maupun tengah. Menciptakan peluang bagi striker tim sendiri. Memblokir serangan dari lawan.

Pemain bola yang mengenakan jersey nomor 8 biasanya memiliki kemampuan dribel yang sangat baik. Pemain bola yang mengenakan jersey nomor 8 biasanya memiliki kemampuan lebih dalam eksekusi bola mati, baik tendangan bebas maupun tendangan pojok.

Jersey Nomor 9

Jersey bola dengan nomor punggung 9 biasa diberikan kepada penyerang tengah atau striker utama, sosok pencetak gol dalam formasi apapun terutama dalam skema 4-3-3, 4-4-2 atau 4-2-3-1. Adapun tugas-tugas yang harus dilakukan oleh penyerang tengah, yaitu:

Memperoleh umpan dari teman dan mengubahnya menjadi gol. Melakukan pengalihan perhatian dalam pertahanan lawan agar dapat memberikan ruang untuk pemain sayap dan gelandang serang.

Jersey Nomor 10

Jersey bola dengan nomor punggung 10 biasa diberikan kepada seorang playmaker atau gelandang serang.

Gelandang serang merupakan posisi pemain dalam sepak bola yang dianggap sebagai otak dalam tim karena dapat menciptakan pola penyerangan yang terampil dan strategis. Seorang playmaker biasanya adalah pemain yang punya penglihatan tajam, kesadaran tingkat tinggi akan permainan. Punya skill passing, teknik dan kemampuan membaca pertandingan untuk mengatur ritme permainan menyerang tim.

Jersey Nomor 11

Jersey bola dengan nomor punggung 11 sebagian besar didedikasikan untuk left winger atau pemain sayap kiri. Selain itu jersey dengan nomor 11 ini bisa juga dipakai oleh striker. Kesimpulan Demikian pembahasan singkat mengenai hubungan antara nomor punggung jersey bola dengan posisi pemain saat bertanding di lapangan.

Terlepas dari sejarahnya yang cukup panjang, yang pasti penggunaan nomor punggung menjadi salah satu hal menarik dalam olahraga sepakbola. Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey bola?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki.

Simak juga 9 Fakta Menarik Tentang Jersey Bola dan 3 Jenis Jersey Yang Wajib Dimiliki Tiap Klub Sepakbola kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang sejumlah fakta unik dan menarik terkait dengan jersey bola. Semoga bermanfaat.

Apakah kiper boleh ganti?

Bisa saja, tetapi bila tujuannya adalah untuk mengulur waktu alih – alih diuntungkan karena memakan waktu lebih lama, hal itu justru bisa merugikan sebuah tim.

Siapa kiper yang paling jago di dunia?

5 Kiper Terbaik Dunia Saat Ini Versi Gianluigi Buffon, Tak Ada Alisson & Ederson – Bola.net Bola.net – Kiper Parma Gianluigi Buffon menyebutkan lima kiper terbaik di dunia saat ini. Tak ada nama kiper Liverpool Alisson Becker dan kiper Manchester City Ederson di dalamnya.

  1. Buffon secara luas dianggap sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa.
  2. Dia saat ini bermain untuk klub Serie B Parma.
  3. Dalam sepanjang kariernya, Buffon telah meraih banyak gelar.
  4. Itu termasuk 10 gelar Serie A saat bermain bersama Juventus.
  5. Di level internasional, Buffon pernah mengangkat trofi Piala Dunia saat membela timnas Italia.

Dia juga menjadi runner up di Euro pada edisi 2012.1 dari 3 halaman Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. (c) AP Photo Berbicara kepada La Gazzetta dello Sport, Buffon memilih lima kiper terbaik di dunia saat ini. Kiper Real Madrid Thibaut Courtois menempati posisi pertama. Pemain Belgia itu bergabung dengan Los Blancos dari Chelsea pada tahun 2018.

  1. Courtois telah membuat 190 penampilan di semua kompetisi untuk raksasa La Liga tersebut.
  2. Rekan senegaranya, Gianluigi Donnarumma dari PSG, berada di posisi kedua.
  3. Setelah itu ada Manuel Neuer yang saat ini bermain untuk Bayern Munchen.
  4. Posisi keempat dalam daftar ini ditempati kiper Slovenia Jan Oblak dari Atletico Madrid.

Sementara kiper AC Milan Mike Maignan berada di urutan kelima.2 dari 3 halaman Cara Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik Kiper AC Milan, Mike Maignan. (c) AP Photo Maignan berhasil menggantikan posisi Donnarumma di Milan. Kiper asal Prancis tersebut telah membuat 48 penampilan dengan mencatatkan 21 clean sheet untuk Rossoneri. Buffon sangat menyukai Maignan. Dia mengaku sempat mengirim pesan kepada Paolo Maldini setelah sang kiper bergabung dengan Milan.

Siapakah kiper paling jago di dunia?

Tak Ada Alisson, 5 Kiper Terbaik Dunia Saat Ini Versi Iker Casillas – Bola.net 1 dari 2 halaman Berbicara kepada 433, Casillas memilih lima kiper terbaik di dunia saat ini. Kiper Real Madrid Thibaut Courtois menempati posisi teratas. Pemain Belgia itu bergabung dengan Los Blancos dari Chelsea pada tahun 2018.

Courtois telah membuat 188 penampilan di semua kompetisi untuk raksasa La Liga tersebut. Kiper Manchester City Ederson menempati posisi kedua. Setelah itu ada Jan Oblak yang saat ini bermain untuk Atletico Madrid. Posisi keempat dalam daftar ini ditempati kiper Jerman Marc-Andre ter Stegen dari Barcelona.

Rekan senegaranya Manuel Neuer yang bermain untuk Bayern Munchen juga masuk dalam daftar. Do you agree with and his top 5 goalies list? 🧤 — 433 (@433) 2 dari 2 halaman Alisson tak masuk dalam daftar lima kiper terbaik dunia saat ini versi Iker Casillas.

  • Endati demikian, kualitas Alisson tetap pantas mendapat acungan jempol.
  • Alisson memperkuat Liverpool sejak tahun 2018 setelah didatangkan dari AS Roma.
  • Dia kemudian menjadi sosok penting di bawah mistar gawang The Reds.
  • Pemain berusia 29 tahun itu telah membuat 191 penampilan di semua kompetisi untuk Liverpool.

Dia juga membantu tim asuhan Jurgen Klopp memenangkan enam trofi, termasuk Premier League dan Liga Champions. Alisson juga bermain reguler untuk timnas Brasil. Dia telah membela negaranya dalam 55 kesempatan sejauh ini. Sumber: Sportskeeda : Tak Ada Alisson, 5 Kiper Terbaik Dunia Saat Ini Versi Iker Casillas – Bola.net

Berapa lama kiper bisa memegang bola?

Berapa Lama Kiper Pegang Bola ? – Meski diizinkan memegang bola di area kotak penaltinya sendiri, kiper dibatasi waktu saat memegang bola. Berdasarkan acuan BBC Sport, seorang kiper hanya diperbolehkan menggenggam bola selama enam detik. Jika lebih dari enam detik, wasit bisa memberikan teguran maupun tendangan bebas tidak langsung untuk lawan.

Namun, tidak seluruh wasit memberikan enam detik kepada pemain untuk memegang bola. Baca juga: Aturan Pergantian Pemain dalam Sepak Bola Adakalanya wasit memahami intensitas permainan yang membutuhkan sedikit napas untuk seluruh pemain sehingga memberikan kelonggaran. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apakah kiper boleh maju ke depan?

5 Aturan yang Harus Diikuti Seorang Kiper

  • Berikut ini lima aturan yang mesti diikuti seorang kiper dalam permainan sepak bola.
  • Penjaga gawang bisa menjadi bagian penting dalam tim jika memiliki penampilan habat.
  • Karenanya, kiper harus memahami aturan yang ada mulai dari memegang bola hingga saat situasi tendangan penalti.

SKOR.id – juga bagian penting dalam tim, serupa pemain lain. Sebab, penjaga gawang hebat bisa menentukan nasib tim. Sebagai contoh, ada di 2017-18 yang tampil buruk, tapi terhindar dari hasil minor karena ada di bawah mistar. Untuk di Indonesia, bukti terkini ada pada sosok di saat turnamen pramusim,

  • Adalah komandan di pertahanan tim.
  • Arenanya sangat penting untuk memiliki penjaga gawang yang hebat di dalam tim.
  • Dan bagi seorang kiper, ada beberapa hal yang mesti dipahami untuk menjadi penjaga gawang yang dapat diandalkan.
  • Dilansir dari blog.playo.co, setidaknya ada lima aturan yang harus diikuti seorang kiper.

Berikut ini uraian selengkapnya: 1. Penanganan Bola Penjaga gawang boleh menyentuh bola di dalam area penalti. Namun, penanganannya tidak sembarangan. boleh memegang bola hasil operan, tembakan atau sundulan di area penati, tapi bukan bola yang sengaja diberikan dari kaki rekan setim.

  • 2. Tendangan Gawang
  • memiliki hak melakukan tendangan gawang usai bola hasil sentuhan lawan keluar lapangan, bukan sisi samping lapangan.
  • Setelah penjaga gawang melakukan tendangan gawang dan secara kebetulan berada di jarak 6 yard, kiper tidak bisa menangkap bola.
  • Adapun tendangan gawang biasanya dilakukan oleh kiper tetapi bisa juga dilakukan oleh pemain lain di tim.
  1. 3. Pelanggaran
  2. Meskipun kiper menerima kelonggaran dari wasit di areanya atau kotak penalti, tapi bukan berarti bebas dari pelanggaran.
  3. Penjaga gawang akan dianggap melakukan pelanggaran jika menjegal, menarik baju atau mendorong lawan hingga jatuh.
  4. 4. Boleh Keluar
  5. diperbolehkan keluar dari areanya atau ke luar kotak penalti, namun di sana tidak perbolehkan untuk menyentuh bola dengan tangan.
  6. Penjaga gawang biasanya melakukan itu (keluar) di momen saat mencegah pemain lawan hendak menerima umpan terobosan yang posisinya tak ada bek.

Atau kala tim membutuhkan gol dan mendapat tendangan bebas atau sepak pojok. yang maju hingga ke mulut gawang lawan juga bisa mencetak gol tapi tidak dengan tangan.5. Tendangan Penalti Penjaga gawang harus tetap berada di garis gawang sebelum tendangan penalti dilakukan.

Berita Bugar Lainnya:

: 5 Aturan yang Harus Diikuti Seorang Kiper

Related Post