Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia?

Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia?

Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia
 NAMA-NAMA INDUK ORGANISASI OLAHRAGA NASIONAL 1.PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia ) 2.FASI (Federassi Aero Sport Indonesia ) 3.IKASI (Ikatan Anggar Seluruh Indonesia ) 4.PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ) 5.PERBASASI (Persatuan Baseball dan Softbal Seluruh Indonesia ) 6.PORDASI (Persatuan Olahraga

Apakah organisasi renang di Indonesia?

SEJARAH PRSI Persatuan Renang Seluruh Indonesia disingkat PRSI adalah organisasi yang mengatur olahraga renang di Indonesia didirikan pada tanggal 21 Maret 1951 dengan ketua umun pertama adalah Prof.dr.Poerwo Soedarmo dan saat ini telah terbentuk di 34 Provinsi seluruh Indonesia.

  • PB PRSI didirikan berdasarkan akte pendirian didepan notaris Irmawati Habie SH, Jl.
  • Dewi Sartika No 1-2 Jakarta Timur dengan No 01 tanggal 5 Maret tahun 2012.
  • PB PRSI terdaftar sebagai wajib pajak No 02.493.227.9 – 077.00.
  • PB PRSI diketuai oleh seorang Ketua Umum yang dipilih oleh pengurus induk organisasi propinsi dalam forum Munas yang dilaksanakan setiap 4 (empat) tahun diakhir masa periode dengan struktur organisasi sbb; Waketum I (bidang organisasi).

Waketum II Binpres yang terdiri dari komisi teknik. Waketum III adalah bidang dana dan usaha, humas media dan promosi, serta bidang sarana dan prasarana. Waketum IV bidang Kerjasaman Luar Negeri. Waketum V bidang Iptek. Untuk melaksanakan operasional administrasi sehari-hari dibantu oleh kesekretariatan yang dipimpin oleh Sekjen.

Kejurnas Renang Kejurnas Polo Air Kejurnas Loncat Indah Kejurnas Renang Indah Kejurnas Renang Perairan Terbuka Kejurnas Master

Melakukan pelatihan dan pembinaan untuk para Pelatih renang baik tingkat reginal maupun nasional dengan mendatangkan pelatih dari luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas dari para pelatih pelatih renang yang ada di tingkat daerah maupun nasional.

  • Juga melakukan pelatihan dan pembinaan para Wasit dan juri dalam rangka meningkatkan kualitas para wasit dan juri baik ditingkat daerah, regional maupun nasional.
  • Dengan harapan para Wasit renang kita dapat berbicara bukan saja pada pertandingan di dalam negeri akan tetapi dapat dilibatkan dalam kejuaraan ditingkat internasional.

ANGGARAN DASAR / ANGGARAN RUMAH TANGGA PRSI Berikut ini adalah AD/ART PRSI yang dapat diunduh: Klik disini untuk mengunduh AD/ART PRSI, VISI PRSI

Membangun Karakter dan Mengharumkan Nama Bangsa Melalui Olahraga Akuatik.

MISI PRSI

Memasyarakatkan Olahraga Renang Sebagai Kebutuhan Hidup Dasar Menjadikan Olahraga Renang Sebagai Gaya Hidup Sehat Mendorong Lahirnya Atlet-Atlet Akuatik yang Berprestasi Merangkul Semua Pihak Dalam Mengembangkan Olahraga Akuatik Memastikan Perbaikan Kualtias SDM yang Merata di Semua Daerah

KODE ETIK PRSI Sebagai pedoman pelaksanaan tugas profesional anggota PRSI, PRSI kemudian menerbitkan Kode Etik bagi para anggotanya. Klik disini untuk mengunduh Kode Etik PRSI, STRUKTUR ORGANISASI Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia Anindya Novyan Bakrie Ketua Umum Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia Sarman Simanjorang Wakil Ketua Umum 1 Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia Dr. Ir. Reswanda T. Ade, MM Wakil Ketua Umum 2 Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia Harlin E. Rahardjo Wakil Ketua Umum 3 Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia Jonathan Tahir Wakil Ketua Umum 4 Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia Ali A. Patiwiri Sekretaris Jenderal Induk Organisasi Olahraga Yang Ada Di Indonesia M. Sahid Mahudie Bendahara Umum SURAT KEPUTUSAN KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA Berikut ini adalah SK KONI yang dapat diunduh: Klik disini untuk mengunduh SK KONI, SURAT KEPUTUSAN KOMITE OLIMPIADE INDONESIA Berikut ini adalah SK NOC yang dapat diunduh: Klik disini untuk mengunduh SK NOC,

Ketua Umum: Muchlis Zulkifli Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: H. Muchrid Nasution, SE Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Mulyadi Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: H. Zulkifli Indra, SH Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Iwan Kusmawan Masa Bakti: 2022 – 2026 Ketua Umum: H. Salman Alfarizi Agus Jaya Masa Bakti: 2018 – 2022 Ketua Umum: Hj.

Erna Sari Dewi, SE Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Ir.H. Sari Muda, MT Masa Bakti: 2019-2023 Ketua Umum: Ade Utami Ibnu SS,MM Masa Bakti: 2019-2023 Ketua Umum: Nico Plamonia Utama, ST, MM Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Agus Sutisna, S.Pd, M.Pd Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Verdia Yosef Masa Bakti: 2020 – 2024 Ketua Umum: Jovinus Carolus Legawa Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Hartadi Noertjojo Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Maryanto Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Dr.

  1. Ir. Reswanda, MM Masa Bakti: 2019 – 2023 Ketua Umum: Agung Ngurah Adhi Ardhana Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Abd.Rachman,SH Masa Bakti: 2018-2022 Ketua Umum: Bobby T Pitoby, MBA Masa Bakti: 2022 – 2026 Ketua Umum: Firdaus Masa Bakti: 2017-2021 Ketua Umum: Kusnadi B.
  2. Halijam, Spi Masa Bakti: 2021 – 2025 Ketua Umum: Hj Hariyatie S.Sos, M.ikom Masa Bakti: 2019 – 2023 Ketua Umum: Hj.Dayang Donna Faroek, S.Psi.M Masa Bakti: 2020-2024 Ketua Umum: Indra Setiyawan Masa Bakti: 2020-2024 Ketua Umum: dr.
You might be interested:  Sebutkan Dua Cabang Olahraga Atletik Yang Dilombakan?

Ivone Debby Bentelu Masa Bakti: 2017-2021 Ketua Umum: H. Hamid Pou, S.Kom, MH Masa Bakti: 2018-2022 Ketua Umum: Drs.H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si Masa Bakti: 2022 – 2026 Ketua Umum: Faisal, SH Masa Bakti: 2020-2024 Ketua Umum: Ali Yathas Masa Bakti: 2022 – 2026 Ketua Umum: H.A.

Siapa Ketua KONI Indonesia?

Temui Menpora Amali, Ketum KONI Pusat Sampaikan Rencana Rakernas di Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima audiensi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, yang hadir bersama Wakil Ketua II KONI Soedarmo dan Sekjen KONI Pusat Ade Lukman. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima audiensi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, yang hadir bersama Wakil Ketua II KONI Soedarmo dan Sekjen KONI Pusat Ade Lukman.(putra/kemenpora.go.id) Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima audiensi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, yang hadir bersama Wakil Ketua II KONI Soedarmo dan Sekjen KONI Pusat Ade Lukman.

Dalam kesempatan ini, Ketum KONI Pusat Marciano Norman sampaikan rencana pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat pada tanggal 12 dan 13 September di Jakarta. “Terima kasih Pak Menteri atas waktunya. Kami ingin melaporkan pada tanggal 12 September mendatang, kami akan melaksanakan Rakernas,” kata Marciano kepada Menpora Amali di lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9).

Marciano juga sekaligus mengundang Menpora Amali untuk membuka acara sekaligus memberikan arahannya pada Rakernas itu. “Dan kami mohon kesediaan Pak Menteri untuk memberikan arahan sekaligus membuka Rakernas di Sultan Hotel, Jakarta. Kami tunggu kehadirannya,” lanjut Marciano.

  • Etum KONI juga sampaikan, terkait tema yang diangkat dalam rencana Rakernas itu.
  • Menurutnya, tema itu selaras dan merupakan jabaran dari tema besar Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang akan diperingati tanggal 9 September mendatang di Balikpapan, Kalimantan Timur.
  • Tema yang kami angkat akan selaras dengan tema Haornas ke-39 Pak Menteri.

Yakni, ‘Bersatu Menuju Prestasi Global’, jabaran dari Tema Haornas ke-39 ‘Bersama Cetak Juara’. Yaitu bagaimana kita bisa bersatu agar sasaran DBON itu bisa segera tercapai,” jelasnya. “Kami juga mengundang untuk setiap cabor maupun KONI Provinsi, tiga orang namun, kita tambahkan satu Kadispora dari semua provinsi.

Karena kami ingin disana nanti ada penjelasan dan sebagainya,” urai Marciano menambahkan. Mendengar hal itu, Menpora Amali akan kembali menjadwalkan kedatangannya sepulang dari pelaksanaan peringatan Haornas ke-39 di Balikpapan. “Di tanggal itu sepertinya sudah pulang dari Haornas di Balikpapan. Nanti kita jadwalkan kembali,” kata Menpora Amali didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti.

: Temui Menpora Amali, Ketum KONI Pusat Sampaikan Rencana Rakernas di Jakarta

Apa tugas KONI di Indonesia?

KONI memiliki tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan dan peningkatan prestasi Atlet, kinerja Wasit, Pelatih dan Manajer,guna mewujudkan prestasi keolahragaan nasional menuju prestasi internasional, serta turut memperkokoh persatuan dan kesatuan dan ketahanan nasional dalam rangka

Apa kepanjangan dari PBSI dan PSSI?

Pembahasan: –

PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia adalah organisasi yang mengatur kegiatan olahraga bulu tangkis di Indonesia. PBSI berdiri pada tanggal 5 Mei 1951 di Bandung dengan ketua umum pertamanya adalah Rochdi Partaatmadja.PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia adalah organisasi yang bertanggung jawab mengelola olahraga sepak bola di Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia dengan ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondo.PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia adalah organisasi yang bertanggung jawab mengelola olahraga bola voli di Indonesia. PBVSI didirikan pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta.PERBASI atau Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia adalah organisasi yang bertanggung jawab mengelola olahraga bola basket di seluruh Indonesia. PERBASI didirikan pada tanggal 23 Oktober 1951.

Apa kepanjangan dari PBSI PSSI IPSI Percasi?

Jawaban yang benar adalah PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia), PSSI (Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia), PBVSI ( Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia), dan PERBASI ( Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia). Untuk memahami alasannya mari simak pembahasan berikut.

Siapa ketua PSSI ke 1 di Indonesia?

KOMPAS.com – Tahukah Anda, siapa Ketua Umum pertama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)? Dia adalah Soeratin Sosrosoegondo. Soeratin Sosrosoegondo menjadi ketua pertama PSSI pada masa-masa awal berdirinya organisasi ini, yakni 19 April 1930.

Soeratin menjabat untuk masa waktu 10 tahun, sejak 1930-1940. Selain ketua pertama, pria kelahiran Yogyakarta, 17 Desember 1898 ini juga merupakan salah satu pendiri PSSI. Mari mengenal lebih jauh sosok Soeratin. Seorang insinyur Soeraton adalah anak dari seorang guru dan pengarang buku bernama R. Soesrosoegondo.

Kemudian ia menikahi R.A. Srie Woelan yang merupakan adik kandung Dr. Soetomo, tokoh utama pendiri organisasi Budi Utomo. Soeratin merupakan seorang insinyur sipil yang menyelesaikan pendidikannya di sebuah sekolah tinggi teknik di Heckelenburg, Jerman pada tahun 1927.

  • Sebelumnya, ia mengenyam pendidikan di Koningen Wilhelmina School (KWS) selama 5 tahun.
  • Dikutip dari laman resmi PSSI, setahun setelah menyelesaikan pendidikan di KWS, Soeratin kembali ke Indonesia dan bekerja di sebuah perusahaan bangunan milik Belanda di Yogyakarta, Sizten en Lausada.
  • Dia menjadi satu-satunya orang Indonesia yang duduk di posisi tinggi sejajar komisaris dalam perusahaan itu, bersanding dengan orang-orang dari bangsa lain.
You might be interested:  Bagaimana Pendapatmu Setelah Melakukan Olahraga Renang?

Selama bergabung di sana, Soeratin sempat terlibat dalam proyek pembangunan gedung dan jembatan di Tegal, Jawa Tengah dan Bandung, Jawa Barat. Tidak lama bekerja di perusahaan tersebut, Soeratin aktif di ranah pergerakan. Gagas pembentukan organisasi sepak bola Kegemarannya akan sepak bola dan kecintaannya terhadap Tanah Air mendorongnya untuk menjadikan olahraga itu sebagai media pemersatu kaum muda Indonesia.

  1. Ala itu, untuk menentang kolonialisme Belanda yang masih terjadi.
  2. Berlandaskan semangat Sumpah Pemuda, ia bergerak secara diam-diam untuk bertemu dengan sejumlah tokoh di bidang sepak bola di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Solo.
  3. Pergerakan diam-diam ini dimaksudkan untuk menghindari sergapan Polisi Belanda (PID).

Pembicaraan mengenai perlunya membentuk sebuah organisasi sepak bola nasional dimatangkan saat Soeratin bertemu dengan Ketua Voetbalbond Indonesische Jakarta (VIJ) Soeri di Hotel Binnenhof di kawasan Kramatjati, Jakarta. Di kota-kota lainnya, Soeratin bertemu dengan sejumlah tokoh pergerakan yang dilakukan menggunakan jasa kurir, lagi-lagi dalam upaya menghindari sergaan PID.

Singkat cerita, pada 19 April 1930, tokoh-tokoh dari sejumlah organisasi sepak bola daerah berkumpul di Yogyakarta. Organisasi itu adalah VIJ, Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB), Persatuan Sepak Bola Mataram Yogyakarta (PSM), Vortendlandsche Voetbal Bond Solo (VVB), Madionsche Voetbal Bond (MVB), Indonesische Voetbal Magelang (IVBM), dan Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB).

Pada saat itulah PSSI pertama kali terbentuk. Ketika itu, PSSI merupakan singkatan dari Persatoean Sepak Raga Seloeroeh Indonesia. Hingga kemudian disepakati “Sepak Raga” diubah menjadi “Sepak Bola” dalam Kongres PSSI di Solo tahun 1930. Pada kongres itu, Soeratin juga ditetapkan sebagai ketua umum PSSI.

Setelah itu, mulai tahun 1931, PSSI menyelenggarakan kompetisi sepak bola yang mempertemukan klub-klub dari daerah di Indonesia secara rutin. Sebagai seorang yang memiliki jasa dalam terbentuknya PSSI, nama Soeratin hingga saat ini masih dikenang dalam dunia persebakbolaan nasional, yakni dijadikan nama trofi dalam kompetisi bola junior nasional.

Ya, Piala Suratin. Akhir hidup Soeratin Namun, di akhir masa hidupnya Soeratin harus berjuang dalam sakit dan kemiskinan yang membelenggunya. Dikutip dari Harian Kompas edisi 8 Juli 2006, Suratin tinggal di rumah berdiding anyaman bambu berukuran 4×6 meter di Jalan Lombok, Bandung.

  • Ediamannya sempat diobrak-abrik oleh Belanda karena ia aktif sebagai anggota Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pangkat Letnan Kolonel.
  • Ia akhirnya meninggal pada tahun 1959, karena tidak lagi mampu menebus obat untuk sakit yang dideritanya.
  • Tak ada yang ditinggalkan selepas kematiannya, selain PSSI, organisasi yang ia dirikan atas dasar cinta kepada Indonesia.

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/02/084842365/mengenal-soeratin-sosrosoegondo-ketua-umum-pertama-pssi-insinyur-pencinta?page=3, Penulis : Luthfia Ayu Azanella Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Apa nama induk organisasi bola basket di Indonesia?

Status Perbasi – Statusnya tertuang dalam Pasal 4 AD-ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) Negara Kesatuan Republik Indonesia.1. Perbasi adalah satu-satunya badan/wadah kegiatan bola basket nasional yang memiliki wewenang dalam mengoordinasikan dan membina segala kegiatan bola basket di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia.2.

Apa nama induk organisasi bola voli di Indonesia?

Induk Organisasi Bola Voli Nasional – Induk organisasi bola voli nasional adalah PBVSI. PBVSI adalah singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Organisasi ini mengatur seluruh kegiatan dan pengembangan olahraga voli di Indonesia.

Apa nama induk organisasi bola voli di dunia?

Organisasi – Peta konfederasi benua anggota FIVB FIVB memiliki berbagai macam struktur administratif antara lain, Dewan Administrasi, Komite Eksekutif dan sejumlah Komisi serta Dewan yang berurusan dengan hal-hal tertentu seperti obat-obatan, wasit, turnamen dan keuangan. FIVB juga memimpin lima konfederasi benua:

  • Asian Volleyball Confederation (AVC) di Asia dan Oseania
  • Confederación Sudamericana de Voleibol (CSV) di Amerika Selatan
  • Confédération Africaine de Volleyball (CAVB) di Afrika
  • Confédération Européenne de Volleyball (CEV) di Eropa
  • North, Central America and Caribbean Volleyball Confederation (NORCECA) di Amerika Utara

Berapa cabang olahraga di Indonesia?

adjar.id – Apakah Adjarian tahu nama-nama induk organisasi olahraga di Indonesia? Induk organisasi olahraga merupakan bagian yang sangat penting dan tak bisa lepas dari cabang olahgara itu sendiri, khususnya saat menghadapi ajang resmi. O iya, induk organisasi olahraga di Indonesia, berada di bawah naungan KONI, lo.

ONI merupakan singkatan dari Komite Olahraga Nasional yang bertugas untuk merencanakan, mengordinasikan dan melaksanakan peningkatan dan pembinaan prestasi atlet, kinerja wasit, pelatih, dan manajer. Nah, jadi anggota-anggota KONI ini terdiri dari hampir semua induk-induk organisasi cabang olahraga Indonesia.

Tahukah Ajdarian berapa jumlah cabang olahraga di Indonesia? Yap, terdapat lebih dari 50 cabang olahraga yang berkembang di bumi pertiwi ini. Nah, tiap-tiap cabang olahraga tersebut dinaungi oleh induk organisasi olahraga masing-masing. Lalu, apa saja nama-nama induk organisasi cabang olahraga di Indonesia? Supaya tidak penasaran, simak daftar di bawah ini, yuk! Induk Organisasi Olahraga di Indonesia Baca Juga: 4 Kategori Olahraga Atletik dan Cabang-cabangnya 1.

Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) 2. Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) 3. Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) 4. Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) 5. Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) 6. Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) 7.

Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) 8. Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) 9. Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Baca Juga: 4 Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya 10. Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) 11. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) 12.

  • Persatuan Senam Indonesia (Persani) 13.
  • Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) 14.
  • Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) 15.
  • Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) 16.
  • Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) 17.
  • Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) 18.
  • Taekwondo Indonesia (TI) Baca Juga: Sikap yang Harus Dimiliki untuk Mewujudkan Kerja Sama dalam Berolahraga 19.
You might be interested:  Apa Manfaat Melakukan Olahraga Basket Bagi Pertumbuhan?

Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti) 20. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) 21. Persatuan Gulat Amatir Seluruh Indonesia (PGSI) 22. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) 23. Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) 24. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) 25.

Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) 26. Ikatan Motor Indonesia (IMI) 27. Persatuan Squash Indonesia (PSI) Baca Juga: Gemar Berolahraga? Inilah 5 Jurusan yang Berkaitan dengan Olahraga 28. Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia (PSASI) 29. Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) 30 Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) 31.

Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) 32. Persatuan Boling Indonesia (PBI) 33. Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) 34. Persatuan Golf Indonesia (PGI) 35. Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi) 36. Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Baca Juga: Sejarah Bulu Tangkis di Dunia hingga di Indonesia 37.

Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) 38. Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) 39. Wushu Indonesia (WI) 40. Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) 41. Persatuan Cricket Indonesia (PCI) 42. Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA) 43. Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) 44. Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) 45.

Indonesia Woodball Association (IWbA) Baca Juga: Sejarah Bola Basket, Perkembangannya di Dunia dan di Indonesia 46. Equestrian Federation of Indonesia (EFI) 47. Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) 48. Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) 49.

Apa sajakah nama induk organisasi yang menaungi cabang olahraga bola besar?

Nama Induk Organisasi Sepak Bola Internasional, Sejarah, dan Tugasnya Jakarta – Induk organisasi sepak bola internasional adalah Federation International de Football Association ( ). Dalam sejarah perkembangan sepak bola, FIFA memiliki peran yang sangat penting.

  • Berikut penjelasan lengkap sejarah dan tugas lengkap induk organisasi sepak bola internasional,
  • Dikutip dari buku Jago Sepak Bola yang ditulis Reki Siaga Agustina, FIFA didirikan di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904 saat permainan sepak bola mulai berkembang pesat di dunia.
  • Tujuan dibentuknya FIFA adalah untuk memajukan sepak bola dunia dengan slogan For The Game, For The World yang berarti permainan sepak bola akan menjadi sebuah pemersatu antarbangsa sesudah perang dunia.
  • Terbentuknya FIFA merupakan peran dari dua tokoh sepak bola, yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet yang mengadakan pertemuan 7 negara, yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.

Negara-negara tersebut ditetapkan sebagai anggota FIFA pertama yang diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis. Hingga saat ini, terdapat 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Anggota FIFA dinaungi beberapa induk organisasi sepak bola regional antara lain: 1.

  • Asian Football Confederation (AFC) Asian Football Confederation (AFC) adalah organisasi sepak bola untuk negara-negara di Asia, tetapi Australia ikut bergabung di AFC.
  • Didirikan pada 8 Mei 1954 di Manila, Filipina AFC merupakan salah satu dari enam konfederasi benua FIFA.2.
  • Union of European Football Associations (UEFA) Union of European Football Associations (UEFA) adalah organisasi sepak bola yang berada di benua Eropa.

Sebagai badan sepak bola terbesar di dunia, UEFA menjadi asosiasi yang terkuat dari segi keuangan dan memiliki pengaruh kepada sepak bola dunia.3. Confédération Africaine de Football (CAF) CAF merupakan badan organisasi sepak bola untuk negara-negara di Afrika.

CAF dibentuk pada 8 Februari 1957 di Khartoum, Sudan.4. CONMEBOL atau CSF (Confederación Sudamericana de Fútbol) CONMEBOL merupakan konfederasi sepak bola negara-negara di kawasan Amerika Selatan. Organisasi ini didirikan pada tanggal 9 Juli 1916.5. Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF) CONCACAF adalah organisasi sepak bola untuk negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia.

Adapun tiga negara Amerika Selatan juga ikut tergabung yakni Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis. CONCACAF dibentuk pada tanggal 18 September 1961 di Kota Meksiko.6. Oceania Football Confederation (OFC) Organisasi yang dibentuk pada tahun 1966 untuk menaungi sepak bola di kawasan Oseania seperti Selandia Baru, Papua Nugini, Fiji, Tonga, dan negara-negara Pasifik lainnya.

Related Post