Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Organisasi Yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Adalah?

Organisasi Yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Adalah?

Organisasi Yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Adalah
Berdirinya PERSANI – Pesenam Indonesia, Nabila Evandestiera saat laga nomor bola penyisihan senam ritmik putri Asian Games 2018 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Senin (27/8). Nabila Evandestiera hanya mampu mengumpulkan 36,350 poin. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah) Berdirinya induk organisasi senam di Indonesia adalah tonggak sejarah perkembangan senam di Indonesia.

Induk organisasi senam di Indonesia adalah Persatuan Senam Indonesia atau PERSANI. Organisasi ini didirikan pada 14 Juli 1963. Peristiwa penting kedua terjadi pada tahun 1964, di mana cabang senam menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam GANEFO (Games of the New Emerging Forces) yang bisa diartikan sebagai pekan olahraga negara-negara yang baru muncul.

Ganefo adalah produk pemikiran politik Soekarno (Presiden pertama RI) untuk menggalang kekuatan negara-negara baru di percaturan international, sekaligus sebagai balasan atas tindakan IOC yang memecat Indonesia dari keanggotaannya. Negara yang berpartisipasi pada cabang senam tersebut adalah Cina, Rusia, Korea, Mesir, dan tuan rumah Indonesia.

Apa nama organisasi Persatuan senam Yang Ada di Indonesia?

3. GANEFO dan Pembentukan Persani – Sebagaimana yang sudah disebutkan, induk organisasi olahraga senam Indonesia adalah Persani yang dibentuk pada tahun 1963, tepatnya pada 14 Juli. Sebelum mencapai kemerdekaan, olahraga senam ini bahkan sempat dilarang oleh pemerintah Jepang yang saat itu masih menjajah Indonesia.

  • Namun setelah penjajahan Jepang usai, olahraga senam ini kembali diperbolehkan dan diajarkan di sejumlah tempat.
  • Dalam buku yang judulnya Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam, Dr.
  • Sutopo Adi M.
  • Es menjelaskan bahwasanya organisasi senam ini terbentuk dengan adanya GANEFO.
  • GANEFO ini sendiri merupakan pesta olahraga dan merupakan singkatan dari Games of The New Emerging Forces.

GANEFO ini merupakan pesta olahraga yang digagas oleh presiden pertama Indonesia, Presiden Soekarno. Bahkan, dilaksanakannya GANEFO ini juga turut melahirkan senam artistik di tanah air. Sementara senam artistik ini adalah cabang olahraga yang juga dilombakan dalam ajang tersebut.

Apakah nama induk organisasi yang menaungi cabang olahraga senam lantai di Indonesia?

3. Induk Organisasi Senam Lantai FIG (Federation Internationale De Gymnastique) merupakan induk organisasi senam artistik internasional termasuk didalamnya cabang senam lantai. FIG bertugas menyusun segala petunjuk peraturan, penilaian dan regulasi untuk semua aspek kompetisi senam internasional.

  • Sementara itu dalam lingkup nasional, senam diatur oleh masing-masing federasi nasional.
  • Di Indonesia, PERSANI (Persatuan Senam Indonesia) merupakan induk organisasi senam lantai nasional.
  • PERSANI bertugas untuk membina atlet senam Indonesia untuk diikutkan dalam kompetisi nasional, Sea games, Asian Games, Olimpiade dan kompetisi senam internasional.4.

Teknik Dasar Sebelum memahami teknik dasar senam lantai, berikut ini merupakan beberapa jenis bentuk dari senam lantai, yakni Roll depan dan roll belakang, meroda, kayang, salto, headstand, handstand, shoulderstand, sikap lilin, lompat harimau, gulingan, jatuhan, split, dan lain sebagainya.

Senam lantai memiliki gerakan dasar yang harus dilakukan sebagai menu latihan setiap hari. Gerakan dasar senam lantai bertujuan untuk melatih keseimbangan, kelenturan dan kekuatan karena ketiga hal ini merupakan modal atlet untuk mengembangkan ketrampilan tubuhnya. Berikut ini merupakan gerakan dasar pada latihan senam lantai: a.

Peregangan Peregangan merupakan aktivitas meregangkan seluruh bagian tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki. Contoh gerakan peregangan ini adalah memutar kepala ke arah kiri dan kanan, memutar bahu kiri-kanan ke arah depan dan belakang, memutar tulang dada ke arah kiri dan kanan, memutar tulang pinggul ke arah kiri dan kanan, memutar sendi tulang selangkangan kiri dan kanan ke arah depan dan belakang, memutar pergelangan kaki kiri dan kanan ke arah kiri dan kanan, dan masih banyak berbagai jenis gerakan tubuh yang bertujuan untuk meregangkan otot dan persendian.

  1. Gerakan ini dilakukan sebagai pegantar untuk melakukan latihan pelenturan.b.
  2. Pelenturan Pelenturan dilakukan dengan tujuan untuk membuat gestur tubuh bisa menampilkan performa estetis dengan menonjolkan lengkung tubuh pada gerakan-gerakan tertentu misalnya dalam mengakhiri gerakan salto dalam kompetisi.

Tak hanya itu, tubuh yang lentur memungkinkan untuk melakukan berbagai gerakan ekstrim tanpa khawatir akan cidera. Tubuh yang lentur juga menandakan keluasan dimensi gerak. Oleh karena itu ada beberapa titik tubuh yang wajib dilakukan dengan beberapa jenis latihan seperti split samping, split depan, cium lutut, cium lantai pada posisi cium lutut, dan kayang arah belakang, samping kiri dan samping kanan.

Senam lantai disebut juga dengan apa?

Pengertian Senam Lantai Adalah: Berikut Sejarah dan Macam Gerakannya Senam lantai merupakan salah satu olahraga yang kerap dilakukan orang dalam ruangan. Senam lantai dilakukan di atas lantai dan biasanya menggunakan matras sebagai alasnya. Karena cocok dilakukan di dalam ruangan, maka kamu patut mencoba senam ini sebagai alternatif olahraga jika tidak bisa berolahraga di luar rumah.

  • Dalam artikel ini, kita akan membahas lengkap mengenai senam lantai.
  • Mulai dari pengertian, sejarah, hingga macam contoh gerakannya.
  • Simak penjelasan berikut ini.
  • ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Dikutip dari Bentuk-bentuk Dasar Gerakan Senam oleh Sapto Adi, senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras.

Senam lantai memiliki unsur-unsur gerakan seperti mengguling, melompat, meloncar, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau meloncat ke depan dan belakang. Jenis senam lantai disebut juga latihan bebas karena pesenam tidak harus menggunakan peralatan khusus.

Apakah organisasi yang menaungi olahraga?

 NAMA-NAMA INDUK ORGANISASI OLAHRAGA NASIONAL 1.PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) 2.FASI (Federassi Aero Sport Indonesia) 3.IKASI (Ikatan Anggar Seluruh Indonesia) 4.PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) 5.PERBASASI (Persatuan Baseball dan Softbal Seluruh Indonesia) 6.PORDASI (Persatuan Olahraga

Apa nama organisasi senam lantai dan kapan pembentukan organisasi senam lantai?

Organisasi Olahraga yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Selasa, 17 Mei 2022, 09:32 WIB Organisasi Olahraga yang Menaungi Senam Lantai JAKARTA – adalah senam yang dalam praktiknya dilakukan di atas lantai dengan menggunakan alas seperti matras. Senam ini dilakukan tanpa musik. Ada berbagai jenis senam lantai seperti sikap lilin, guling depan, guling belakang, handstand, dan meroda.

ini merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Lalu, apa nama organisasi olahraga yang menaungi olahraga senam lantai? Diketahui dari berbagai sumber, olahraga senam lantai di Indonesia berada di bawah naungan Persani atau Persatuan Senam Indonesia. Organisasi ini dibentuk pada 14 Juli 1963.

Persani bertugas untuk membina atlet, pelatih, dan pembina olahraga senam supaya berhasil meraih prestasi. Sementara pada tingkat internasional, Federation Internationale de Gymnastique atau FIG yang menjadi induk organisasi olahraga senam. Organisasi tersebut didirikan pada 23 Juli 1881 di Liege, Belgia.

You might be interested:  Ukuran Lapangan Tenis Meja Secara Penuh Ialah?

PASI merupakan induk olahraga apa?

DESKRIPSI – Olahraga atletik di Indonesia bernaung di bawah induk organisasi bernama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Pembentukan organisasi induk olahraga atletik ini berawal dari masuknya olahraga atletik ke Indonesia pada periode 1910an sebagai salah satu pelajaran sekolah di era Hindia Belanda.

Keberadaan olahraga tersebut dibuktikan oleh adanya organisasi Nederlands Indische Atletiek Unie atau Perserikatan Atletik Hindia Belanda (NIAU) pada 1917. Perkembangan olahraga atletik melonjak pesat pada era penjajahan jepang hingga era pra-kemerdekaan pada 1942 hingga 1945. Menurut buku Dasar-dasar Gerak Atletik (2011) karya Eddy Purnomo dan Dapan, awal terbentuknya Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) terjadi di Semarang pada 3 September 1950.

Kejuaraan Nasional Atletik kemudian juga terselenggara pada Desember 1950 di Bandung, untuk kemudian digelar setiap tahunnya. Namun, berdasarkan laman resmi PASI disebutkan bahwa organisasi induk olahraga atletik nasional tersebut berdiri pada 3 September 1958 di Jakarta.

Apa peran Dr HF Minkema terhadap senam lantai di Indonesia?

Pencetus adanya senam lantai di Indonesia yaitu Dr.H.F. Minkema. Beliau sendiri berasal dari angkatan laut kerajaan Belanda, yang merupakan seorang perwira kesehatan pada saat itu. Melansir dari beberapa sumber, beliau membuka kursus senam lantai pada saat itu, yang bertempat di Malang.

Apa peranan Dr HF Minkema dalam aktivitas olahraga dengan Indonesia *?

Penemu Senam Lantai – Penemu dari senam lantai atau pengertian senam lantai adalah seorang perwira kesehatan yang berasal dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr.H.F. Minkema. Melalui Minkema inilah sejarah perkembangan senam lantai di Indonesia mulai menyebar ke beberapa wilayah.

  1. Tak hanya itu, pada 1918 Minkema juga membuka kursus senam Swedia tersebut.
  2. Semakin populernya olahraga dari pengertian senam lantai, maka didirikanlah sebuah organisasi dengan tujuan untuk membina para atlet senam yang berbakat.
  3. Organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 14 Juli tahun 1963 dan diberi nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia).

Baru pada 1964, Indonesia kali pertama ikut serta dalam perlombaan sesuai pengertian senam lantai bertaraf Internasional di GANEFO I (Games of the New Emerging Forces).

Disebut apakah induk dari semua cabang olahraga?

Atletik merupakan induk dari semua cabang olahraga karena atletik yang pertama kali meletakan dasar penajaman kinerja otot, pernafasan dan kelenturan pada seorang atlet. Seorang atlet tidak dapat menguasai suatu cabang olahraga dengan baik tanpa memiliki dasar-dasar atletisme seperti yang telah disebutkan diatas, oleh

Siapa yang pertama kali menemukan senam lantai?

– Sejarah senam lantai menjadi salah satu olahraga tertua di dunia, karena olahraga ini sudah dilakukan oleh para biara di Tiongkok sejak tahun 2700 sebelum masehi. Namun awalnya gerakan-gerakan sederhana dari senam lantai yang dilakukan oleh biara-biara di Tiongkok bertujuan untuk bela diri dan pengobatan.

Bagaimana sejarah senam lantai?

Sejarah Senam Lantai – Sejarah senam lantai sudah ada semenjak 2700 sebelum masehi. Konon katanya, senam lantai bermula dari Tiongkok yang diperkenalkan oleh para biksu. Dulu belum dikategorisasikan sebagai senam lantai. Awal kelahiran gerakan-gerakan diperuntukan untuk bela diri dan pengobatan.

  • Namanya pun belum banyak familiar.
  • Menariknya lagi, gerakan yang diciptakan para biksu ini ditulis di dalam kitab warisan Kong Hu Cu.
  • Ternyata sejarah senam lantai ada banyak versi.
  • Ada juga yang menyebutkan bahwa senam lantai ini berasal dari Taj Mahal, India.
  • Ada kesamaan dengan awal gerakan senam lantai dengan yang di Tiongkok.

Ternyata di India juga digunakan untuk pengobatan dan teknik pernapasan. Jenis senam lantai yang populer di India kala itu adalah Yoga. Gerakan Yoga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, serta sebagai bentuk pemujaan kepada Dewa. Terlepas dari itu semua, senam lantai yoga juga mampu melenturkan tubuh dan mengatur pernapasan secara dinamis. Organisasi Yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Adalah Adapun sejarah senam lantai di Indonesia. Pertama Kali senam lantai dikenal ketika Jepang menjajah Indonesia. Senam lantai diperkenalkan pertamakali oleh tentara PETA Jepang, dengan nama senam Talso. Jadi, bisa dibilang Indonesia mengenal senam lantai masih baru dibandingkan sejarah yang sudah disebutkan sebelumnya.

Perbasi singkatan dari apa?

Pranala luar –

(Indonesia) Situs resmi (Indonesia) Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB PERBASI) Diarsipkan 2011-08-08 di Wayback Machine,

Apakah PSSI dibawah KONI?

7 Induk Organisasi Cabang Olahraga di Indonesia Halaman all – Kompas.com KOMPAS.com – Indonesia memiliki berbagai induk organisasi tiap cabang olahraga yang tergabung dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (). KONI memiliki tugas pokok untuk merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan maupun peningkatan prestasi atlet, kinerja wasit, pelatih dan manajer.

‌ – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia

Induk cabang olahraga satu cukup tenar dibanding lainnya. Sebab, PSSI mengurusi sepak bola Tanah Air, khususnya prestasi timnas Indonesia. PSSI didirikan pada tanggal 19 April 1930. Saat ini, Ketua Umum PSSI adalah Mochamad Iriawan.

‌ – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia

Induk organisasi yang membidangi permainan bulu tangkis tingkat nasional adalah PBSI. PBSI didirikan pada tanggal 5 Mei 1951. Prestasi atlet bulu tangkis Indonesia di Indonesia sangat menggema, khususnya sektor ganda putra. Indonesia memiliki dua pasangan ganda putra yang mendominasi di rangking pertama dan kedua dunia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

‌ – Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia

PBVSI mengurusi bola voli Tanah Air. Timnas voli putra dan putri Indonesia sangat disegani di kancah Asia Tenggara. Pada SEA Games 2019 Filipina, timnas voli putra Indonesia meraih medali emas tanpa merasakan satu set kekalahan. Sementar timnas voli putri meraih medali perunggu pada SEA Games 2019 Filipina.

Adapun PBVSI didirikan pada tanggal 22 Januari 1955. Saat ini, Ketua Umum PBVSI adalah Imam Sudjarwo. Perbasi merupakan akronim dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. Perbasi didirikan pada tanggal 23 Oktober 1951. Pada tahun 2023 nanti, Perbasi memiliki hajatan besar, yaitu menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket.

Ketua Umum Perbasi saat ini adalah Danny Kosasih. IPSI adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia. IPSI didirikan pada 18 Mei 1948. Saat ini, Ketua Umum IPSI adalah Prabowo Subianto. Prestasi IPSI sempat mengundang perhatian masyarakat Indonesia pada Asian Games 2018.

  • Olahraga catur baru-baru ini mengundang perhatian masyarakat Tanah Air ketika akun Dewa Kipas diblokir oleh Chess.com.
  • Pertandingan Dewa Kipas vs WGM Irene Kharisma Sukandar juga menyita perhatian masyarakat Indonesia bahkan dunia.
  • Percasi membidangi dunia catur tersebut.
  • Induk organisasi ini turut membuat atlet Indonesia bersinar di tingkat internasional.

Sebut saja GM Susanto Megaranto, GM Utut Adianto, hingga WGM Irene Kharisma Sukandar. Percasi didirikan pada tanggal 23 Oktober 1951. Saat ini, Ketua Umum Percasi adalah GM Utut Adianto. FPTI adalah Federasi Panjat Tebing Indonesia. FPTI didirikan pada tanggal 21 April 1988.

  1. Ursi Ketua Umum FPTI saat ini diduduki oleh Zannuba A.C Wahid.
  2. Olahraga panjat tebing mulai dikenal dan diminati usai Asian Games 2018.
  3. Ala itu, masyarakat gegap gempita menyambut kemenangan medali emas Aries Susanti di nomor speed track.
  4. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
You might be interested:  Sebutkan Dan Jelaskan Tujuan Olahraga Secara Umum?

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. : 7 Induk Organisasi Cabang Olahraga di Indonesia Halaman all – Kompas.com

Apa singkatan dari Abti?

Apresiasi Munas PB ABTI Periode 2022-2026, Kemenpora Harap Tata Kelola Organisasi Semakin Baik Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) memberikan apresiasi dan bangga terhadap pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) periode 2022-2026 di Jakarta. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) memberikan apresiasi dan bangga terhadap pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) periode 2022-2026 di Jakarta. Kemenpora berharap pengelolaan organisasi menjadi lebih baik menuju prestasi level dunia.(foto:dokpri) Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) memberikan apresiasi dan bangga terhadap pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) periode 2022-2026 di Jakarta.

Emenpora berharap pengelolaan organisasi menjadi lebih baik menuju prestasi level dunia. “Kemenpora atas nama Menteri Pemuda dan Olahraga memberikan apresiasi dan rasa bangga terhadap berlangsungnya Munas PB ABTI periode 2022-2026,” kata Staf Ahli Bidang Hukum Kemenpora, Samsudin, usai membuka Munas PB ABTI mewakili Menpora Amali, di Hotel Grandika, Jakarta, Sabtu (23/7).

Menurutnya, Menpora Zainudin Amali menghendaki adanya penataan dan perbaikan tata kelola keorganisasian di bidang keolahragaan agar bisa segera direspon dengan sebaik-baiknya. “Sesuai arahan Pak Menpora bahwa setiap cabor harus segera menyesuaikan terkait perbaikan tata kelola organisasinya.

Apa yang sudah dilakukan oleh pengurus ABTI ini lanjutnya, telah melaksanakan ketentuan-ketentuan dari Peraturan Perundang-Undangan tentang pengelolaan organisasi keolahragaan.”Munas ini telah sesuai amanat UU yakni apabila pengurus telah selesai masa jabatannya sudah semestinya harus segera melakukan pergantian kepengurusan agar organisasi tetap berjalan dengan baik,” tutur Samsudin.”Kita juga bersyukur ABTI tidak mengalami konflik internal, soliditas yang dimiliki, kekompakan, kebersamaan harus terus dijaga untuk mencerminkan pengelolaan organisasi yang sehat,” tambahnya.

Munas PB ABTI ini mengusung tema, Bola Tangan Indonesia Bertekad Meraih Prestasi Internasional. Tema ini menurut Staf Ahli Samsudin, sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Menpora Amali dan Presiden Jokowi. “Setiap organisasi keolahragaan harus sudah berlomba-lomba menuju Olimpic Games sebagaimana diamanatkan dalam UU No.11/2022 tentang Keolahragaan dan juga sesuai dengan DBON,” kata Samsudin.

Lebih jauh menurutnya, PB ABTI masih memiliki tugas agar kepengurusan ABTI lengkap di 37 provinsi di seluruh Indonesia. Saat ini ABTI baru berada di 27 pengprov. “ABTI masih punya tugas untuk menyelesaikan kepengurusan sampai di 37 provinsi termasuk dengan provinsi baru yang ada di Papua. Saat ini baru berdiri di 27 pengprov.

Diharapkan dengan kepengurusan baru yang lebih solid, lebih baik yang terpilih nantinya agar segera menyelesaikan kepengurusan di 10 provinsi tersisa,” pungkas Samsudin.(dok/ben) : Apresiasi Munas PB ABTI Periode 2022-2026, Kemenpora Harap Tata Kelola Organisasi Semakin Baik

Siapa yang membawa senam lantai ke Indonesia?

Sejarah Senam Lantai – Senam Lantai / Sumber: iStockphoto Senam lantai disinyalir sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Saat itu, masyarakat Yunani sudah akrab dengan beragam olahraga senam, salah satunya senam lantai. Senam bagi masyarakat Yunani berguna sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga yang lebih berat.

Terlebih, waktu itu, Yunani begitu terkenal dengan Olimpiade Kuno yang memperlombakan beragam cabang olahraga, seperti gulat, tinju, penthatlon, hingga balap kereta. Namun, seiring berjalannya waktu, senam lantai terus mengalami perubahan. Adolf Spiess (1810-1858) dan Justus Carl Lion (1829-1901) menjadi tokoh utama dalam perubahan ini.

Mereka mengadopsi beragam gerakan senam, terutama senam akrobatik, sebagai gerakan dasar dari senam lantai. Sementara, senam lantai di Indonesia mulai dikenal pada 1912. Angkatan laut kerajaan Belanda, Dr.H.F. Minkema, menjadi sosok penting yang menyebarluaskan olahraga ini di Tanah Air.

Dinegara manakah organisasi senam di dirikan?

Sejarah FIG – FIG merupakan organisasi tertua bagi cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade. FIG dibentuk pada 23 Juli 1881 di Liege, Belgia. Saat ini, kantor pusat FIG berlokasi di Lausanne, Swiss. Awalnya, FIG bernama European Federation of Gymnastics atau Federasi Senam Eropa di mana anggotanya terdiri dari tiga negara yaitu Belgia, Perancis, dan Belanda.

  1. Nama tersebut bertahan hingga 1921, hingga akhirnya negara-negara non-Eropa bergabung dan namanya berubah menjadi FIG seperti sekarang.
  2. Mengutip laman resmi FIG, organisasi ini mengatur delapan olahraga yakni senam untuk semua, senam artistik pria dan wanita, senam irama, senam trampolin, senam aerobik, senam akrobat, dan parkour.

Baca juga: Peralatan Senam Artistik Putra dan Putri Saat ini, ada 148 federasi senam negara yang tearfiliasi ke FIG. Adapun, di bawah FIG ada lima serikat kontinental atau konfederasi yang menaungi federasi senam negara-negara di masing-masing benua yaitu:

Uni Senam Eropa / European Union of Gymnastics (UEG) Uni Senam Pan-Amerika / Pan-American Gymnastic Union (PAGU) Uni Senam Asia / Asian Gymnastic Union (AGU) Uni Senam Afrika / African Gymnastics Union (UAG) Uni Senam Oseania / Oceania Gymnastics Union (OGU)

Baca juga: Cara Melakukan Senam Lantai yang Aman

Siapa nama yang membawa olahraga senam ke Indonesia?

Sejarah Senam Indonesia – mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, saat zaman penjajahan Belanda. Saat itu, senam ditetapkan sebagai mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah. Mulanya, senam pertama kali dikenalkan dengan menggunakan sistem Jerman, yakni kemungkinan-kemungkinan gerakannya yang kaya sebagai alat pendidikan.

3 disebut apakah organisasi yang menaungi lompat tinggi?

Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Dalam cabang olahraga atletik ada empat nomor lompat yaitu nomor lompat jauh, lompat jangkit, lompat tinggi dan lompat tinggi galah.

Apakah organisasi dari cabor atletik?

Kenalan Yuk dengan Induk Organisasi Atletik Internasional, World Athletics Atletik bukan hanya cabang olahraga paling bergengsi di penyelenggaraan Olimpiade. Tetapi menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan. Sebagai cabor paling tua di dunia, atletik memiliki banyak hubungan tak langsung dengan berbagai lini industri olahraga.

  • Yang hubungannya diatur dalam federasi atletik dunia.
  • Induk organisasi atletik internasional adalah World Athletics.
  • Dalam bahasa Indonesia disebut sebagai badan atletik dunia.
  • Peran World Athletics adalah mengatur regulasi permainan, kompetisi hingga pencatatan rekor dalam cabang olahraga atletik.
  • Sama seperti perkembangan cabang olahraganya, World Athletics juga memiliki sejarah panjang.

Awal Mula Terbentuknya Federasi Atletik Dunia Menjelang Olimpiade di London, Inggris tahun 1908, para pegiat olahraga di Swedia mengajukan proposal untuk membuat organisasi internasional khusus atletik. Saat itu, Inggris sebagai tuan rumah, hanya fokus pada acara utama Olimpiade.

Dan mengesampingkan proposal tersebut. Namun di saat yang bersamaan, event ini membuktikan perlunya aturan internasional bersama. Seperangkat aturan yang diakui oleh semua negara yang terlibat. Pada Kongres Olimpiade tahun 1909, Swedia terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 1912. Saat itu, Swedish Athletics Associaton (SAA) didorong untuk membentuk federasi atletik internasional.

Setahun kemudian, dewan SAA akhirnya mengajukan permohonan dana untuk mengatur Kongres pada 1912. Tahun di mana masalah tersebut dibahas. Permohonan ditujukan kepada panitia penyelenggara Olimpiade 1912. Salah satu tujuan pembentukan federasi atletik internasional adalah agar tak mengulangi masalah yang dialami pada Olimpiade sebelumnya.

Terutama terkait aturan atletik. Menurut para pemohon, Kongres itu harus diadakan karena berpengaruh besar pada Olimpiade 1912. Terutama soal regulasi perlombaan. Menurut publikasi jurnal berjudul The Beginning of IAAF: A Study of Its Background and Foundation, Olimpiade di Stockhlom, Swedia tahun 1912 menjadi titik balik pendirian federasi.

Tidak adanya aturan atletik yang lengkap dan diterima secara umum menjadi sangat bermasalah bagi sub komite penyelenggara Olimpiade. Setelah upacara penutupan Olimpiade di Stockhlom, International Amateur Athletic Federation (IAAF) didirikan sebagai badan pengatur dunia untuk olahraga atletik.

  • Hususnya lintasan dan lapangan ( track and field ).
  • Selama satu abad berikutnya, atletik berkembang mengikuti revolusi politik, sosial dan ekonomi.
  • Menyusul itu, nama IAAF pun berubah.
  • Tepatnya pada tahun 2001.
  • Dari yang awalnya International Amateur Athletic Federation menjadi International Association of Athletics Federations.
You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Streaming Dalam Olahraga Renang?

Nama tersebut berubah lagi menjadi World Athletics pada 2019. Menurut laman resmi World Athletics, organisasi tersebut didirikan agar dapat memenuhi kebutuhan regulasi dunia untuk kompetisi, standar peralatan teknis hingga daftar rekor dunia resmi. Semua ini merupakan peran utama berdirinya World Athletics sampai sekarang.

Misi World Athletics Organisasi tersebut memiliki visi misi yang sama dengan banyak federasi olahraga lainnya. Namun yang terpenting, World Athletics aktif mengampanyekan bahwa atletik bukan hanya soal prestasi tinggi, medali emas, dan rekor. Tetapi juga tentang olahraga yang bisa dilakukan semua orang.

Memastikan semua elemen masyarakat bisa mengikuti atletik. Kompetisi World Athletics Championships adalah acara tunggal tertinggi dari kompetisi atletik. Kompetisi tersebut termasuk dalam World Athletics Series. Yang juga mencakup acara indoor, U20, relays, cross country, race walking dan road running,

Atletik juga memiliki label sebagai olahraga unggulan di Olimpiade. Bahkan olahraga ini mampu menggaet banyak penonton dalam stadion. Banyak yang menyebut bahwa atletik adalah pusat keberhasilan setiap kompetisi dunia ini. Penyelenggaraan World Athletics Championships dan Olimpiade selalu menarik miliaran penonton TV.

Markas World Athletics Setelah lebih dari 30 tahun di Swedia (1912-1946) dan lebih dari 40 tahun di Inggris (1946-1993), Monako telah menjadi rumah bagi World Athletics sejak Oktober 1993. World Athletics pindah ke negara tersebut menyusul keputusan yang diambil pada Kongres ke-39 pada Agustus 1993 di Stuttgart.

  1. Markas baru secara resmi diresmikan pada 10 Juni 1994.
  2. Markas World Athletics terletak di Port Hercules Monako.
  3. Selain kantor Presiden dan CEO, 12 departemen World Athletics berbasis di kantor ini.
  4. Mulai penyiaran, komersial, komunikasi, kompetisi & acara, pengembangan, keuangan & administrasi, tata kelola, anggota & hubungan internasional, kesehatan & sains, warisan, teknologi informasi, urusan hukum & bisnis dan pemasaran.

(*) : Kenalan Yuk dengan Induk Organisasi Atletik Internasional, World Athletics

Apa nama induk organisasi atletik dunia?

Induk Organisasi Atletik Internasional, IAAF – IAAF atau International Association of Athletics Federations merupakan induk organisasi atletik internasional. IAAF dibentuk pada tahun 17 Juli 1912. Awalnya, organisasi ini bernama International Amateur Athletic Federation,

  1. Organisasi ini dibentuk oleh 17 perwakilan atlet nasional dari kongres pertamanya di Stockholm, Swedia.
  2. Sejak Oktober 1993, organisasi ini berkantor pusat di Monaco.
  3. Sejak tahun 1982, IAAF telah menyempurnakan aturan mengenai kompensasi yang diterima oleh atlet untuk cabang olahraga atletik.
  4. Nama IAAF atau pembuangan kata Amateur mulai dilakukan sejak kongres pada tahun 2001.

Saat ini, IAAF diketuai oleh Sebastian Coe dari Inggris. Coe dipilih pada kongres tahun 2015 sebelum Kejuaraan Atletik Dunia 2015 di Beijing, China. IAAF sendiri memiliki sekitar 215 anggota federasi yang bisa dibagi menjadi 6 area utama:

  • AAA ( Asian Athletics Association ) di Asia
  • CAA ( Confederation of African Athletics ) di Afrika
  • CONSUDATLE ( Confederacion Sudamericana de Atletismo ) di Amerika Selatan
  • EAA ( European Athletic Association ) di Eropa
  • NACAC ( North American, Central American and Caribbean Athletic Association ) di Amerika Utara
  • OAA ( Oceania Athletics Association ) di Oseania

IAAF kini menyelenggaran berbagai perlombaan atletik, baik regional maupun internasional. IAAF juga bertugas mengatur standardisasi pengaturan waktu dan rekor dunia di bidang atletik.

Apa arti dari Persani?

Induk Organisasi Senam Indonesia adalah PERSANI – Seorang instruktur memberikan contoh gerakan senam di sebuah lapangan kawasan Jakarta, Rabu (25/8/2021). Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan imun yang terjaga di kala pandemi, warga melakukan senam rutin yang dipimpin instruktur seminggu sekali.

  1. Liputan6.com/Johan Tallo) Memahami induk organisasi senam Indonesia adalah penting menjadi wadah komunitas mengembangkan aktivitas.
  2. Induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI yang dibentuk pada 14 Juli 1963.
  3. PERSANI menjadi induk organisasi senam Indonesia adalah singkatan dari Persatuan Senam Indonesia.

Dalam buku berjudul Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam (2018) oleh Dr Sutopo Adi M.Kes, latar belakang dibentuknya induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI berasal dari gelaran pesta olahraga GANEFO (Games of The New Emerging Forces). Diungkap, GANEFO sebagai pelopor dibentuknya induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI pertama kali digagas oleh Presiden RI pertama, Soekarno.

Meski demikian, induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI tetap dibentuk atas inisiatif para tokoh olahraga di seluruh Nusantara. Fungsi PERSANI sebagai induk organisasi senam Indonesia adalah menyiapkan, membina, melatih, dan melahirkan atlet senam hingga bisa mencapai puncak prestasinya. Pada akhirnya, PERSANI bisa menjalankan fungsinya membina dan melahirkan atlet senam yang bisa tampil di pesta olahraga GANEFO yang pada saat itu digelar pada tanggal 10-22 November 1963.

Apabila sudah memahami induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, selanjutnya di kancah internasional. Mengenal induk organisasi senam internasional adalah Federation Internationale de Gymnastique (FIG) yang berasal dari bahasa Perancis.

Siapa yang membawa senam masuk ke Indonesia?

Minkema. Lewat Minkema inilah senam di Indonesia mulai tersebar, terutama ketika ia pada 1918 membuka kursus senam swedia di kota Malang untuk tentara dan guru. Namun demikian, cikal bakal penyebaran olahraga senam dianggap berawal dari Bandung.

Gerak langkah kaki pada senam irama terdapat langkah biasa yang memiliki istilah lain yaitu?

3. Gerakan pola langkah depan atau galoppas – Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dan pastikan kedua tangan tepat berada di pinggang.b. Pada hitungan pertama, kaki kanan harus dilangkahkan ke arah depan.d. Pada hitungan kedua, lanjutkan dengan langkah kaki kiri ke depan yang diakhiri dengan melangkah kaki kanan bersama-sama.e.

Apa nama lain dari meroda?

Meroda atau gerakan baling – baling merupakan salah satu jenis senam lantai yang dilakukan kesamping untuk empat hitungan, tangan dan kaki berputar seperti baling – baling.

Related Post