Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Pemainan Bulu Tangkis Yang Penerima Servis Disebut?

Pemainan Bulu Tangkis Yang Penerima Servis Disebut?

Pemainan Bulu Tangkis Yang Penerima Servis Disebut
Pemain Bulu Tangkis

  1. Permainan tunggal (single) dilakukan oleh dua pasangan yang masing-masing terdiri atas satu orang.
  2. Permainan ganda (double) dilakukan oleh dua pasangan yang masing-masing terdiri atas dua orang.
  3. Pihak pelaku servis disebut inside dan penerima disebut outside

Apa yang disebut servis dalam bulu tangkis?

Pengertian Servis dalam Permainan Bulu Tangkis – Servis dalam permainan bulu tangkis merupakan pukulan pembuka dalam suatu pertandingan. Servis umumnya dilakukan dengan teknik backhand, forehand, dan flick. Menguasai macam-macam servis dalam bulu tangkis sangat menentukan kualitas permainan.

Apa yang dimaksud dengan posisi berdiri?

Berdiri – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Seorang wanita sedang berdiri Posisi berdiri adalah sebuah di mana tubuh berada dalam posisi tegak dan hanya didukung oleh kaki. Berdiri di tempat adalah sebuah postur berdiri militer.

Bagaimana cara berdiri saat menerima servis?

KOMPAS.com – Permainan bulu tangkis diawali dengan melakukan pukulan servis ke daerah lawan. Pukulan servis adalah pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke kotak servis lapangan lawan secara diagonal. Artinya, jika server (pemukul servis) berada di sisi kotak kanan, hasil pukulan harus berada di area kotak kiri.

Begitu sebaliknya. Penerima harus bisa mengembalikan shuttlecock kek area pemukul sehingga permainan bisa berlanjut. Baca juga: Pukulan yang Berasal dari Belakang ke Arah Net pada Permainan Bulu Tangkis Lalu, bagaimana cara menerima pukulan servis yang baik? Bagaimana posisi berdiri saat menerima servis dari lawan dalam permainan bulutangkis yang benar? Posisi berdiri saat menerima servis dari lawan dalam permainan bulutangkis yang benar adalah kaki terkuat berada di belakang.

Hal itu berguna untuk memberi keseimbangan sekaligus kekuatan saat memukul shuttlecock. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut!

Apakah nama bola yang dipakai dalam permainan bulutangkis?

Mengenal Olahraga Bulu Tangkis: Sejarah, Perlengkapan, dan Teknik Dasar Jakarta – adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok permainan. Permainan bulu tangkis bisa dimainkan di dalam maupun di luar lapangan, di atas permukaan lapangan dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu.

Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua bagian sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditancapkan di pinggir lapangan. Alat yang digunakan adalah sebuah raket sebagai alat pemukul dan kok (shuttlecock) sebagai bola yang dipukul, demikian dikutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan oleh Drs Muhajir, MEd.

Permainan ini dimulai dengan cara menyajikan bola atau servis dari petak servis kanan ke petak servis kanan lawan, sehingga lintasan bola menyilang. Permainan bulu tangkis umumnya dimainkan oleh minimal dua orang yang saling berhadapan atau orang empat orang pemain, yang artinya dua orang melawan dua orang.

  • Sejarah Bulu Tangkis Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani oleh Tri Hananto Budi Santoso, SPd dan Tim Penjas, olahraga bulu tangkis adalah permainan yang berasal dari India dan dinamai dengan Poona.
  • Permainan ini dikembangkan oleh tentara Inggris, selepas mereka kembali dari India.
  • Pada tahun 1837, permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke of Beaufort di Badminton Gloucestershire.

Oleh karena itu, permainan ini kemudian dinamakan badminton atau dalam bahasa Indonesia disebut bulu tangkis. Permainan bulu tangkis berkembang ke seluruh dunia sejak abad ke-17, terutama Eropa, India, Dan Tiongkok. Namun, perkembangan yang paling menonjol di Eropa adalah Inggris, sehingga orang-orang Inggris-lah yang menciptakan peraturan-peraturan permainan dan membentuk persatuan bulu tangkis tingkat nasional.

  1. Sejalan dengan meluasnya perkembangan bulu tangkis, tercetuskanlah sebuah ide untuk membentuk organisasi bulu tangkis internasional yang menjadi wadah kegiatan-kegiatan permainan bulu tangkis dunia.
  2. Perkumpulan olahraga bulu tangkis sedunia dibentuk dengan nama International Badminton Federation (IBF) pada tanggal 5 Juli 1934.

Badan bulu tangkis internasional tersebut menyelenggarakan kejuaraan beregu putra antar negara pertama pada tahun 1948-1949 yang disebut dengan Thomas Cup, sedangkan untuk kejuaran beregu putri disebut Uber Cup yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1956-1957.

  1. Selain itu, pada tahun 1989 diselenggarakan kejuaran bulu tangkis beregu campuran antar negara yang dinamakan Sudirman Cup.
  2. Di Indonesia sendiri, olahraga bulu tangkis baru berkembang pada tanggal 5 Mei 1951, dengan dibentuknya Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).
  3. Para pemain bulu tangkis Indonesia bermunculan dan menjuarai berbagai kejuaraan.

Misalnya, Tan Joe Hok, pemain bulu tangkis Indonesia yang memperkuat regu bulu tangkis Indonesia yang berhasil menjuarai Thomas Cup pada tahun 1958. Perlengkapan Bulu Tangkis Perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis, seperti dikutip dari buku Mahir Bulu Tangkis oleh Hermawan Aksan dan buku Badminton for All oleh Dr.Angga Indra Kusuma, SPd antara lain sebagai berikut.1.

Sejumlah pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung (kanan), Stephanie Widjaja (kedua kanan) dan Putri Kusuma Wardani (kiri) berlatih dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022). PBSI menargetkan tim bulu tangkis Indonesia meraih tiga medali emas dalam SEA Games Vietnam pada Mei mendatang. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Panjang lapangan adalah 13,4 meter dan lebar 6,1 meter untuk ganda dan 5,18 meter untuk tunggal. Wilayah servis ditandai dengan garis membagi dua lapangan dan garis yang melintas sejauh 1,98 meter dari net. Untuk ganda, bidang servis dibatasi juga oleh garis di bagian belakang, berjarak 0,76 meter dari garis belakang.

  • Garis-garis lapangan mempunyai ketebalan 40 mm dan warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning.2.
  • Net (Jaring) Net dibuat dari bahan katun berwarna gelap dengan lebar 0,76 meter dan panjang 6,10 meter.
  • Pita putih selebar 3,8 cm pada sisi atas membatasi atas net.
  • Bagian atas net sampai 15 cm dari pita harus cukup kuat agar tidak tembus shuttlecock yang dipukul keras.

Tinggi net di tempat tiang net 1,55 meter dan di tengah-tengah minimal 1,524 meter.3. Raket dan Senar Raket dibuat dari kayu, aluminium, logam ringan, atau serat karbon (plastic bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap bentukan, ringan, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat.

You might be interested:  Olahraga Yang Cocok Untuk Remaja Perempuan?

Panjang keseluruhan raket tidak lebih dari 68 cm dan lebarnya tidak lebih dari 23 cm, serta berat raket kurang dari 150 gram. Di samping itu, salah satu bagian raket yang perlu diperhatikan adalah senar raket. Senar untuk raket biasanya terbuat dari bahan nilon, usus, dan bahan sintetis. Diameter senar bervariasi mulai dari ukuran 0,59 mm sampai 0,7 mm.

Bahan dasar senar merupakan hal dasar untuk menentukan kualitas senar, sedangkan untuk ukuran senar semakin tipis ukuran senar maka cenderung lebih mudah putus namun akan memberikan pengalaman bermain yang lebih baik daripada senar yang tebal. Sebagai tambahan, para atlet profesional dapat membawa 10 raket yang sama pada saat pertandingan untuk mengantisipasi senar putus saat dalam permainan.

Badminton shuttlecock Foto: Getty Images/iStockphoto/JanPietruszka

Bola bulu tangkis terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus dan dilapisi kulit tipis dan kuat. Pada bagian gabus ditancapkan 14 hingga 16 helai bulu unggas yang berdiri melingkar sepanjang pinggir gabus adalah 25-28 mm.

Diameter ujung atas dari bulu adalah 54-56 mm dan harus diikat dengan benang atau bahan lain yang kuat. Tinggi bulu dari permukaan gabus rata hingga ujung atas bulu 64-74 mm dan berat keseluruhan dari kok adalah 4,73-5,50 gram.5. Sepatu dan Kostum Sepatu atlet bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkeraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik menarik, dan teknologi penyebaran guncangan untuk melompat.

Hal ini dikarenakan, olahraga bulu tangkis mengakibatkan ketegangan pada lutut dan pergelangan kaki.

  • Kostum untuk atlet yang dikenakan berupa celana dan kaos yang sebaiknya cukup longgar sehingga memudahkan gerakan.
  • Teknik Dasar Bermain
  • Untuk bisa bermain bulu tangkis dengan baik, terlebih dahulu mempelajari berbagai teknik dasar, seperti dikutip Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas SMA/MA Kelas 10 oleh Damar Pamungkas, SPd Or,MPd dan buku Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan oleh Drs Muhajir, M Ed.
  • Teknik-teknik dasar bermain bulu tangkis adalah sebagai berikut:
  • 1. Teknik Memegang Raket (grips)
  • Teknik memegang raket dalam bulu tangkis dibedakan menjadi empat macam:
  • a. American Grip (pegangan geblok kasur)

Cara pegangan ini mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian, ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.b. Backhand Grip (pegangan backhand) Cara pegangan ini adalah mula-mula raket dipegang dalam posisi miring.

  • Pada saat memegang raket ibu jari berada di bagian belakang tangkai raket, sedangkan jari-jari tangan diletakkan di bagian belakang.c.
  • Forehand Grip (pegangan Inggris) Cara pengangan ini adalah raket dipegang dalam posisi miring.
  • Emudian, bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan pegangan raket yang kecil dan sempit.d.

Combination Grip Cara pegangan ini lazim dinamakan shakehand grip atau pegangan berjabatan tangan. Caranya hampir sama dengan pegangan Inggris. Bedanya, setelah raket dimiringkan, tangkai raket dipegang dengan cara ibu jari melekat pada bagian yang dalam sedangkan jari-jari lain melekat pada bagian dalam yang lebar.

  1. 2. Teknik Pukulan
  2. Berbagai jenis pukulan dalam permainan bulutangkis, antara lain sebagai berikut:
  3. a. Servis

Pukulan servis, yaitu pukulan sajian bola pertama yang dilakukan pada awal permainan, dengan tujuan untuk memperoleh nilai. Sebelum melakukan servis, pemain akan terlebih dahulu melihat tipe permainan lawan. Kalau lawan mempunyai tipe permainan keras, sebaiknya tidak melakukan servis tinggi.

Servis Pendek (short service)

Servis pendek dapat dilakukan secara forehand atau backhand. Pukulan diusahakan bola serendah mungkin dengan ketinggian net sehingga lawan akan mengalami kesulitan dalam

Servis Tinggi (lob service)

Servis ini dilakukan dengan pukulan yang keras dan bola diusahakan berjalan melambung tinggi kemudian bola sampai di garis belakang. Servis tinggi bisa dilakukan secara forehand dan backhand.b. Pukulan Lob (clear) Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin dan mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.

  • Overhead lob, yakni pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.
  • Underhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah badan dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan dilambungkan tinggi ke belakang.
  • Pukulan Mendatar (drive)

Pukulan mendatar adalah pukulan raket yang jalannya shuttlecock mendatar cepat sehingga lawan akan kesulitan mengembalikan bola. Pukulan mendatar diarahkan ke arah samping kanan dan samping kiri lawan dan pukulan ini lebih banyak digunakan pada permainan ganda.

Menurut kegunaan dan arahnya, pukulan mendatar (drive) terdiri dari tiga macam, yaitu sebagai berikut.a. Pukulan drive panjang, yaitu pukulan drive yang dihasilkan dengan cara mengarahkan shuttlecock ke daerah belakang lapangan lawan. Kegunaannya adalah untuk mendesak lawan agar tertekan ke belakang.b.

Pukulan drive setengah lapangan, yaitu pukulan yang dihasilkan dengan tujuan menjatuhkan shuttlecock ke arah tengah bagian samping lawan. Kegunaannya adalah agar lawan terpikat ke samping tengah, sehingga posisinya tergoyahkan dan dapat dengan mudah mengadakan tekanan lebih kuat lagi.c.

Berapa jenis servis dalam badminton?

Macam Macam Servis Dalam Permainan Bulu Tangkis Lengkap Jum’at, 10 Desember 2021, 21:46 WIB Macam macam servis dalam permainan bulu tangkis perlu dikuasai pebulu tangkis termasuk pasangan Marcus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya MACAM macam servis dalam perlu dikuasai pebulu tangkis. Servis dalam permainan Bulu Tangkis merupakan salah satu teknik tembakan untuk mematikan lawan dengan kekuatan kontrol penuh.Servis dimulai di sisi kanan, ketika lawan sudah ancang-ancang akan melakukan service posisimu harus berada di posisi kiri.

Dalam permainan ganda, pemain bebas berada di posisi mana saja. Pemain tidak boleh bergerak sampai servis melewati garis net. Ada macam macam servis dalam permainan bulu tangkis yang dapat dilakukan dengan cara berbeda dalam setiap situasinya. Berikut beberapa macam-macam servis dalam permainan bulu tangkis.

Servis Forehand Ada dua dua jenis servis forehand, yaitu rendah dan tinggi. Kedua servis ini memiliki teknik yang sama.Bedanya, servis forehand rendah tidak perlu mengeluarkan tenaga besar sedangkan servis forehand tinggi memerlukan tenaga cukup besar untuk mengayunkan raket ke arah shuttlecock.

  • Cara Melakukan Servis Forehand Rendah 1.
  • Peganglah raket dengan posisi lengan bagian dalam mengarah keluar dengan keadaan rileks.2.
  • Usahakan kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang segaris dengan posisi shuttlecock.3.
  • Miringkan badan sejajar dengan arah kaki.4.
  • Lakukan pukulan pelan pada shuttlecock dengan mengayunkan tangan.

Cara Melakukan Servis Forehand Tinggi Saat ingin menggunakan servis forehand tinggi pemain harus menggunakan tenaga yang cukup kuat dan besar saat mengayunkan raket. Teknik servis dalam permainan bulu tangkis forehand ini dilakukan dengan kekuatan saat mengayun raket yang dapat berpengaruh pada kecepatan dan ketinggian shuttlecock itu sendiri.

  • Servis Backhand Teknik servis backhand umumnya digunakan pada permainan ganda.
  • Servis ini bertujuan agar lawan sulit mengembalikan shuttlecock.
  • Di samping itu, penggunaan servis ini juga bisa digunakan untuk mengawali permainan.
  • Cara Melakukan Servis Backhand: 1.
  • Mulai dengan melatih pergerakan tangan dengan raket ke arah kanan, kiri, depan dan belakang.
You might be interested:  Apa Organisasi Internasional Yang Mengatur Sepak Bola?

Gunakanlah tenaga pada pergelangan tangan pada tahap ini.2. Siap untuk mengayunkan raket dengan posisi rendah dan pergerakan cepat.3. Saat mengayunkan raket dengan cepat, usahakan tidak berlebihan dalam mengeluarkan tenaga dari pergelangan tangan. Follow Berita Sportstars di : Macam Macam Servis Dalam Permainan Bulu Tangkis Lengkap

Apa yang dimaksud Teknik footwork?

Footwork adalah teknik pengaturan langkah kaki agar menjadi lebih efektif saat bermain bulutangkis di lapangan.

Berapa macam sikap berdiri?

1. Sikap Berdiri Ada tiga sikap berdiri dalam pencak silat, antara lain : sikap berdiri tegak, sikap berdiri kuda-kuda, dan sikap pasang.

Apa yang dimaksud dengan servis backhand?

Servis backhand adalah Servis yang dilakukan dengan menggunakan bagian belakang kepala bet/raket.

Apa yang dimaksud dengan net shot pada permainan bulu tangkis?

Netting adalah jenis pukulan yang dilakukan di dekat net yang dipukul dengan sentuhan halus namun akurat. Tujuan dilakukan netting adalah supaya shuttlecock yang jatuh di bidang lawan jatuh sedekat mungkin dekat net. Koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket dan shuttlecock saat perkenaan, dan tentunya konsentrasi saat memukul shuttlecock menjadi faktor penting.

  1. Prinsip dasar saat akan melakukan netting: 1.
  2. Pegang raket se-rileks mungkin 2.
  3. Shuttlecock harus diambil di atas atau setinggi mungkin 3.
  4. Usahakan laju shuttlecock serendah mungkin dengan bagian atas net 4.
  5. Usahakan jatuhnya shuttlecock serapat/sedekat mungkin dengan net Cara latihan netting: – Berdirilah di belakang garis service kira-kira dua langkah dari jaring – Peganglah raket se-rileks mungkin – Kejarlah shutlecock yang datang di depan jaring – Posisi kaki kanan selalu berada di depan baik saat melakukan netting dengan forehand ataupun netting dengan backhand.

– Agar netting lebih tipis bergulir di bidang lawan, sesaat sebelum shuttlecock tersentuh, buat tarikan kecil – Secara simultan dan bergantian arah dan sasaran pukulan bisa berbentuk lurus, silang di depan net atau bisa juga mendorong shuttlecock ke arah belakang.

Berapa skor tiap set pada permainan bulu tangkis?

KOMPAS.com – Pemenang dalam permainan bulu tangkis adalah pemain yang lebih dahulu mendapatkan skor 21 poin dalam sistem rally point, Ya, dalam permainan bulu tangkis jumlah poin tertinggi dalam satu set permainan adalah 21 poin. Akan tetapi, bila terjadi kedudukan poin 20 sama, maka otomatis akan terjadi deuce,

Kenapa kok pakai bulu angsa?

Bobo.id – Ketika melakukan olahraga sepak bola, maka kita harus menggunakan bola sepak, begitu juga dengan basket, maka harus menggunakan bola basket. Sedangkan ketika bermain bulu tangkis, bola yang digunakan berbeda dan tidak berbentuk bulat, melainkan menggunakan bola yang disebut kok atau shuttlecock,

  1. Ok bulu tangkis berbentuk kerucut terbuka dengan pangkal yang terbuat dari gabus dan berbentuk setengah bola.
  2. Untuk membuat kok, diperlukan bulu angsa yang kemudian disatukan dengan cara ditancapkan pada gabus tadi.
  3. Nah, ada fakta unik mengenai kok, nih, teman-teman, yaitu kebanyakan kok terbuat dari bulu sayap sebelah kanan angsa.

Hmm. Apakah benar kok hanya terbuat dari bulu sebelah kanan sayap angsa saja? Cari tahu faktanya, yuk! Baca Juga: Keduanya Merupakan Kejuaraan Bulu Tangkis Internasional, Ini Bedanya Piala Thomas dan Piala Uber #AkuBacaAkuTahu Dulunya Kok Terbuat dari Bulu Ayam Jantan Nama kok yang digunakan untuk menyebut bola bulu tangkis ini berasal dari bahasa Inggris, yaitu cock yang berarti ayam jantan.

Penyebutan ini dipilih karena dulunya kok terbuat dari bulu ayam jantan. Namun nama cock ini berganti menjadi shuttlecock karena pergerakan bola yang bolak-balik di lapangan. Shuttle sendiri punya arti bolak-balik, yang juga digunakan untuk menyebut pesawat ulang alik, yaitu space shuttle. Saat Ini Kok Banyak Dibuat Menggunakan Bulu Angsa Kalau dulunya kok terbuat dari bulu ayam jantan, saat ini bahan utama pembuatan kok sudah berganti, menjadi menggunakan bulu angsa.

Setiap kok terdiri dari 16 bulu angsa yang dipasang pada gabus berbentuk setengah bola yang ada di pangkalnya. Nah, bulu angsa yang dipilih tidak bisa sembarangan, karena setiap bulu panjangnya harus berkisar antara 62 hingga 70 milimeter, dengan berat antara 4,74 sampai 5,50 gram.

  1. Bulu angsa dipilih karena bisa memberikan daya terbang yang lebih baik pada kok, dengan kecepatan yang tinggi dan jarak yang tepat.
  2. Baca Juga: Mendongeng dengan Boneka, Salah Satu Cara Membuat Cerita Lebih Seru #MendongenguntukCerdas Benarkah Bulu yang Digunakan Harus Berasal dari Sayap Kiri Angsa? Proses pembuatan kok dengan bulu angsa cukup panjang, nih, teman-teman.

Sebelum dipasang ke bola gabus, bulu angsa harus direndam lebih dulu dengan air agar lembap, karena bulu yang kering akan mudah rusak dan patah. Tahukah kamu? Selain mengenai ukuran dan beratnya, ada ketentuan lain mengenai bulu angsa yang digunakan untuk membuat kok bulu tangkis.

  1. Ebanyakan kok bulu tangkis hanya terbuat dari bulu di sayap kiri angsa dan bukannya bulu di sayap kanan.
  2. Baca Juga: Lebih Sering Minum Minuman Ringan daripada Air Putih? Ini Dampak yang Bisa Terjadi Memangnya kenapa kok harus terbuat dari bulu sayap kiri angsa saja, Bo? Apakah tidak bisa memakai bulu sayap sebelah kanan? Ternyata ada alasan mengapa bulu angsa yang digunakan hanya berasal dari sayap sebelah kiri saja, nih.

Penggunaan bulu sayap kiri angsa ini ternyata bertujuan untuk membuat kok bergerak searah jarum jam. Dengan gerakan searah jarum jam, maka akan memudahkan pemain bulu tangkis dalam menangkap kok dan memperkirakan arah kok. Hal ini ternyata berkaitan dengan bentuk bulu pada sayap kiri angsa, aerodinamika, dan fisika pada olahraga.

Penggunaan Bulu Sayap Kanan Tidak Membuat Kok Bergerak dengan Baik Kok yang terbuat dari bulu di sayap kiri angsa akan bergerak dengan lebih baik dan selalu searah dengan jarum jam. Sedangkan hal ini tidak berlaku kalau kok terbuat dari bulu sayap kanan angsa. Penggunaan bulu pada sayap kanan tidak akan menghasilkan putaran searah jarum jam seperti kok yang terbuat dari bulu di sayap kiri.

Akibatnya, pemain bulu tangkis akan merasa arah dari kok akan kacau dan sulit memperkirakan arah kok. Baca Juga: Tak Disangka, Mengonsumsi Buah Mangga Bisa Memberikan 4 Manfaat Ini, Salah Satunya Mencegah Kanker! Namun kok yang terbuat dari bulu sayap kanan tetap ada, hanya saja tidak digunakan dalam pertandingan profesional.

Menggabungkan bulu sayap kiri dan kanan juga tidak bisa dilakukan dalam pembuatan kok bulu tangkis, nih. Karena bulu di sayap kanan dan kiri punya bentuk dan karakteristik yang berbeda, maka gabungan dari dua bulu ini justru akan membuat kok tidak bisa terbang dengan baik. Kok yang terbuat dari gabungan bulu di sayap kanan dan kiri akan terbang dengan jarak yang pendek dan dan tidak punya putaran karakteristik.

You might be interested:  Apa Manfaat Melakukan Olahraga Basket Bagi Pertumbuhan?

Baca Juga: Jika Disatukan Bisa Mengelilingi Bumi, Inilah 5 Fakta Unik Pembuluh Darah Manusia! Sudah Ada Kok yang Terbuat dari Plastik Kok yang terbuat dari bulu memang punya daya terbang dan kecepatan yang baik. Namun saat ini kok sudah mulai dibuat dari bahan lain, yaitu plastik dan bukannya bulu angsa.

Kok yang terbuat dari plastik ini diusulkan agar kok bisa bertahan lebih lama dan lebih hemat dalam proses produksinya. Sampai saat ini, pengujian masih terus dilakukan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) untuk menggunakan kok plastik. Hal ini dilakukan apakah dengan penggunaan kok plastik, pergerakan kok akan mirip atau bahkan sama dengan kok dari bulu angsa.

Baca Juga: Sering Menyerang Anak-Anak, Kutu Rambut Bikin Gatal Tak Tertahan Hingga Luka! Ini Cara Menghilangkan Kutu Hingga Telurnya Yuk, tonton video ini juga! Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Bulu tangkis berasal dari negara apa?

Sejarah Bulutangkis – Olahraga – CARApedia Olahraga bulutangkis termasuk olahraga yang banyak digemari di Indonesia. Jenis olahraga ini sangat familiar di lingkungan masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Bulutangkis telah ikut mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia. Sehinga tidak mengherankan bila sebuah perusahaan rokok terbesar di Indonesia memutuskan untuk mendidik dan melatih generasi muda yang dianggap memiliki potensi untuk lebih mendalami bulutangkis.

  1. Seperti layaknya jenis olahraga yang lain, bulutangkis juga memiliki sejarah panjang sampai akhirnya dikenal oleh seluruh penduduk dunia.
  2. Bulutangkis yang juga disebut sebagai badminton pertama kali dimainkan di Badminton House di Gloucestershire, Inggris, di kediaman Duke of Beaufort.
  3. Sehingga dari nama tempat itulah akhirnya olahraga ini diberi nama.

Dimana permainan bulutangkis ini pertama kali dimainkan pada abad ke-12. Sejarah pernah mencatat bahwa sebenarnya sebelum bulutangkis dimainkan di England, ada sebuah permainan yang disebut Poona, sebuah permainan yang dimainkan oleh perwira tentara Inggris yang ditugaskan di India.

  • Sebelum Poona juga sebenarnya telah terdapat Jeu De Volant yang dimainkan di benua Eropa.
  • Bila dirutut sejarahnya, pernah juga terdapat permainan yang menggunakan shuttlecock dan potongan kayu seperti telenan dan ada juga sebuah permainan yang mirip dengan itu yang dinamakan Ti Jian Zi.
  • Sejarah panjang dari bulutangkis inilah yang membuat kita kesulitan merunut asal usul sejarah dari bulutangkis itu sendiri.

Saat ini, pemain bulutangkis terbaik di dunia berasal dari negara Indonesia, China, Malaysia, Korea, dan segelintir negara di Eropa. Turnamen bulutangkis pria tingkat dunia, yang disebut dengan Thomas Cup, pertama kali dilaksanakan pada tahun 1948. Sedangkan bulutangkis sendiri menjadi sangat populer pada saat bulutangkis dimainkan di event olahraga tingkat dunia, Olimpiade tahun 1992 yang diadakan di Barcelona : Sejarah Bulutangkis – Olahraga – CARApedia

Apa itu pukulan servis lob?

Badminton | SMKN 52 Jakarta Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Partai dalam Badminton Lapangan dan Jaring Memainkan Badminton Teknik Pukulan dalam Badminton Pukulan servis Pukulan lob Prestasi Pelatih :

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu: 1) Tunggal putra 2) Tunggal putri 3) Ganda putra 4) Ganda putri 5) Ganda campuranLapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan.

Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan.

Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.1) Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis.2) Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.3) Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali.

Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan “keluar”.4) Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.5) Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapangan lawan.Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulu tangkis, yaitu:Pukulan servis merupakan pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan.

Macam-macam pukulan servis, yaitu: 1) Pukulan servis pendek 2) Pukulan servis panjang 3) Pukulan servis mendatar 4) Pukulan servis cambukPukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. : Badminton | SMKN 52 Jakarta

Apa yang dimaksud dengan pukulan servis cambuk?

Adapun yang dimaksud servis cambuk ialah servis yang dilakukan dengan cara memukul dan menerbangkan shuttlecock ke ara belakang lawan. Hasil pukulan seperti ini dianggap mampu membingungkan lawan sehingga kok akan jatuh tanpa disadari oleh lawan tersebut di area servis belakang.

Apa yang dimaksud dengan servis forehand dalam permainan bulutangkis?

1) Pegangan forehand Teknik pegangan forehand dilakukan dengan cara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan pegangan yang sempit. Yang perlu diperhatikan dalam teknik pegangan ini adalah pergelangan tangan dapat bergerak lebih leluasa untuk mengarahkan pukulan.

Apa yang dimaksud dengan pukulan lob pada permainan bulu tangkis?

Pukulan Lob (Clear) – Pukulan lob dilakukan untuk menerbangkan shuttlecock ke arah yang sangat tinggi dan memungkinkan untuk jatuh ke arah belakang garis lapangan. Terdapat dua cara untuk melakukan pukulan lob, yakni overhead lob dan underhand lob. Cara Melakukannya:

Overhead Lob

Pukulan dari atas kepala dengan cara menerbangkan dan melambungkan shuttlecock ke arah belakang.

Underhand Lob

Pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan strategi memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan dilambungkan ke arah belakang.

Related Post