Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah?

Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah?

Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah
Pengertian dan Sejarah Permainan Bulu Tangkis – Ragam Bola.com Ilustrasi bulu tangkis, badminton. (Image by master1305 on Freepik) Bola.com, Jakarta – adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

  • Di Indonesia, bulu tangkis termasuk satu di antara olahraga populer.
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bulu tangkis adalah permainan dengan memakai raket dan kok yang dipukul melampau jaring yang direntangkan di tengah lapangan.
  • Dalam praktiknya, atau badminton dimainkan dengan menggunakan raket, suttlecock, net, dan lapangan bulu tangkis.

Seperti jenis perlombaan olahraga pada umunya, pemain tunggal maupun ganda berusaha meraih poin sebanyak-banyaknya. Pemain tunggal maupun ganda dikatakan menang jika bisa memenangkan dua set secara langsung. Jika terjadi hasil yang sama kuat dalam dua set, dilanjutkan dengan set ketiga.

  1. Dalam olahraga ini tidak hanya membutuhkan keterampilan saja, tetapi juga gerakan tubuh yang lincah dan kuat.
  2. Selain itu, ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai.
  3. Itulah sedikit pengertian tentang permainan bulu tangkis.
  4. Bagi kamu yang suka dengan olahraga tersebut, penting juga mengetahui sejarahnya.

Berikut ini sejarah singkat di dunia dan Indonesia yang perlu diketahui, dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Senin (13/2/2023). Berita video atlet PB Djarum Jakarta, Fauzia Ainun Mardiah, mendapat jaket bersejarah Susy Susanti setelah sukses meniru gaya servis legenda bulu tangkis putri Indonesia tersebut.

  • Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto saat bertanding melawan pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting pada babak 32 besar Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (14/06/2022).
  • Bola.com/Bagaskara Lazuardi) Dalam perkembangannya, sejarah bulu tangkis berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu.

Namun, bulu tangkis juga disebut-sebut di India dan China. Nenek moyang terdahulu, diperkirakan ialah sebuah permainan China, Jianzi, yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

  • Permainan itu populer menjadi kegiatan harian di jalan-jalan London pada 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.
  • Dalam sejarah bulu tangkis, Inggris membawa permainan ini ke Jepang, China, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia, yang kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.
  • Olahraga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas tentara Britania di Pune, India, pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan.
  • Maka itu, Kota Pune dikenal sebagai Poona, menjadikan permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu.

Chico Aura Dwi Wardoyo mampu memenangi babak 32 besar Indonesia Masters 2023 dengan mengalahkan pebulu tangkis tunggal putra India, Priyanshu Rajawat dengan kemenangan rubber game 18-21, 21-18 dan 21-18. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi) Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an.

Olahraga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860, dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainan Inggris, berjudul Badminton Battledore – a new game (Battledore bulutangkis – sebuah permainan baru). Ini untuk melukiskan permainan tersebut dimainkan di gedung badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris.

Dasar peraturan dalam sejarah bulu tangkis yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya pada 1899 dengan kejuaraan All England. Bulutangkis sekarang menjadi sebuah olahraga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olahraga ini, dan di negara-negara Skandinavia.

International Badminton Federation (IBF) didirikan pada 1934 dan mencatatkan Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai anggota-anggota pelopornya. India bergabung sebagai afiliat pada 1936. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid, Spanyol, September 2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir.

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito bertanding melawan pebulu tangkis tunggal putra India, Kidambi Srikanth saat laga 32 besar Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (25/01/2023). Shesar Hiren Rhustavito menang dua game langsung 21-10, 24-22.

(Bola.com/Bagaskara Lazuardi) Pada zaman penjajahan, ada perkumpulan-perkumpulan bulu tangkis di Indonesia yang bergerak sendiri tanpa satu tujuan dan satu cita-cita perjuangan di dalam negara merdeka. Memang hal tersebut tidak bisa dibiarkan berlangsung terus. Harus diusahakan satu organisasi secara nasional, sebagai organisasi pemersatu.

Untuk menempuh jalan menuju satu wadah organisasi maka cara yang paling tepat adalah mempertemukan tokoh perbulu tangkis dalam satu kongres. Pada saat itu memang agak sulit untuk berkomunikasi antara satu daerah dengan daerah lainnya. Satu-satunya yang bisa ditempuh adalah lingkungan pulau Jawa saja.

  1. Itupun bisa ditempuh setelah terbentuknya PORI (Persatuan Olahraga Replubik Indonesia).
  2. Usaha yang dilakukan oleh Sudirman cs.
  3. Dengan melalui perantara surat yang intinya mengajak mereka untuk mendirikan PBSI membawakan hasil.
  4. Maka dalam suatu pertemuan pada 5 Mei 1951 yang merupakan awal sejarah bulu tangkis, lahirlah PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) dan pertemuan tersebut dicatat sebagai kongres pertama PBSI.

Dengan ketua umumnya A. Rochdi Partaatmadja, ketua I: Soedirman, Ketua II: Tri Tjondrokoesoemo, Sekretaris I: Amir, Sekretaris II: E. Soemantri, Bendahara I: Rachim, Bendahara II: Liem Soei Liong.

  1. Dengan adanya kepengurusan tingkat pusat itu maka kepengurusan di tingkat daerah/propinsi otomatis menjadi cabang yang berubah menjadi Pengda (Pengurus Dareah), sedangkan Pengcab (Pengurus Cabang) adalah nama yang diberikan kepada kepengurusan ditingkat kotamadya/kabupaten.
  2. Hingga akhir Agustus 1977 ada 26 Pengda di seluruh Indonesia (kecuali Propinsi Timor-Timur) dan sebanyak 224 Pengcab, sedangkan jumlah perkumpulan yang menjadi anggota PBSI diperkirakan 2000 perkumpulan.
  3. Sumber: Kemdikbud
  4. Baca artikel seputar bulu tangkis lainnya dengan mengeklik,

: Pengertian dan Sejarah Permainan Bulu Tangkis – Ragam Bola.com

Olahraga apa saja yang menggunakan raket?

Sama-Sama Pakai Raket, Ini 5 Efek Olahraga Tenis dan Bulu Tangkis Halodoc, Jakarta – Tidak hanya olahraga atletik, masih banyak jenis olahraga lain yang bisa kamu lakukan demi membuat tubuh selalu terjaga kesehatannya. Bahkan, kamu bisa melakukannya sembari bermain, seperti misalnya tenis dan bulu tangkis.

  1. Edua olahraga ini termasuk ke dalam jenis permainan.
  2. Selain menyehatkan, suasana hati pun jadi lebih senang.
  3. Tenis dan bulu tangkis menggunakan raket dan bola sebagai alatnya.
  4. Meski begitu, raket dan bolanya tidak sama.
  5. Bola tenis berbentuk bulat berwarna hijau, sementara bola bulu tangkis terbuat dari bulu angsa yang sering disebut dengan “kok” atau shuttlecock,
You might be interested:  Olahraga Yang Dilarang Saat Hamil Muda?

Raketnya pun berbeda, dengan bulatan dan pegangan raket tenis yang lebih besar dibandingkan dengan raket bulu tangkis.

Efek Olahraga Tenis dan Bulu Tangkis untuk Tubuh Sama-sama dimainkan menggunakan raket, lalu apa sih dampak yang akan didapatkan tubuh dengan melakukan kedua olahraga ini? 1. Menguatkan Otot Kaki dan Tangan

Tenis dan bulu tangkis mengharuskan kamu untuk berlari demi bisa memukul bola ke arah lawan. Ini akan membuat otot kaki kamu semakin kuat, karena kamu menggerakkannya secara kontinyu selama bermain. Pun ketika kamu memukul bola, kamu membutuhkan kekuatan tangan yang besar untuk mengayunkan raket, terutama raket tenis yang memang lebih berat.

  1. Tak hanya memukul biasa, terkadang kamu akan melakukan smash atau tembakan kencang.
  2. Ini tentu saja membutuhkan kekuatan otot tangan yang lebih besar lagi demi menghasilkan pukulan yang sangat cepat dan tidak bisa dikembalikan oleh lawan.
  3. Baca juga: 2.
  4. Memaksimalkan Kerja Jantung Olahraga memang amat baik untuk kesehatan jantung, seperti halnya tenis dan bulu tangkis.

Semua gerakan yang kamu lakukan dalam waktu cepat ini membuat jantung juga memompa serta mengalirkan darah ke seluruh tubuh lebih cepat. Tentunya, ini akan membuat kerja jantung menjadi lebih maksimal. Kerja jantung yang optimal ini pastinya juga bermanfaat untuk bagian tubuh lainnya, seperti saluran pencernaan dan pernapasan.3.

  1. Melatih Fokus, Konsentrasi, dan Kecepatan Hantaman bola dari lawan akan membuat kamu berlari secepat mungkin agar bisa mengembalikan bola tadi.
  2. Tentunya, dibutuhkan kecepatan lari supaya kamu bisa memukul bola kembali tepat pada waktunya.
  3. Nah, tenis dan bulu tangkis bisa membantu melatih kecepatan kamu ketika berlari.

Selain itu, dua jenis olahraga ini juga membantu kamu memiliki fokus dan konsentrasi yang baik. Pasalnya, saat lawan melakukan smash, tanpa fokus dan konsentrasi yang baik kamu tidak akan bisa mengembalikan bola tersebut, bahkan tidak bisa menebak ke mana arah datangnya bola dari pukulan cepat tadi.4.

  1. Mengurangi Stres dan Depresi Stres dan depresi sangat tidak baik untuk tubuh, karena bisa membuat penyakit rentan menyerang.
  2. Apan pun kamu mulai merasakan gejala stres dan depresi, pergilah bermain tenis atau bulu tangkis.
  3. Tidak sekadar menyehatkan, kedua olahraga ini juga membantu mengembalikan suasana hati kamu dan mengurangi stres juga depresi yang melanda.5.

Melatih Kedisiplinan Demi bisa mahir mengayunkan raket tenis atau pun bulu tangkis, kamu harus berlatih dan terus berlatih. Belum lagi dengan berbagai teknik dan strategi yang harus kamu pelajari jika kamu akan berlaga di pertandingan. Menguasai semuanya tidak bisa kamu dapatkan dalam waktu singkat, dan diperlukan kedisiplinan supaya kamu bisa mencapainya.

Inilah manfaat lain dari melakukan olahraga tenis atau bulu tangkis. Baca juga: Itu tadi beberapa dampak olahraga tenis dan bulu tangkis yang bisa didapatkan tubuh. Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu tapi ingin menekuni olahraga ini, sebaiknya kamu bertanya dahulu pada pakar kesehatan melalui,

Aplikasi Halodoc sudah bisa kamu baik di ponsel Android atau iOS, lho! : Sama-Sama Pakai Raket, Ini 5 Efek Olahraga Tenis dan Bulu Tangkis

Apa itu kok dalam permainan badminton?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Kok atau bola bulu tangkis ( bahasa Inggris : Shuttlecock ) adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus,

Apa itu olahraga raket?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Olahraga raket adalah olahraga-olahraga yang dilakukan dengan raket untuk memukul bola atau benda-benda lain.

Apa yang kamu ketahui tentang permainan squash?

Squash merupakancabang olahraga perorangan yang menggunakan raket dan bola untuk memainkannya. Dimainkan dalam sebuah ruangan bersegi empat yang berukuran 9,75 m x 6,4 m. tujuan dari permainan Squash adalah menjauhkan bola dari lawan dan menembalikan bola pukulan dari lawan untuk meraih angka.

Permainan bola kecil itu apa?

Joji Maning Permainan Bola Kecil – Jika ada istilah akan permainan bola besar, itu berarti ada permainan bola kecil juga dong ! Yap, sesuai dengan namanya, berarti permainan bola kecil ini menggunakan sebuah bola dengan ukuran kecil sebagai alat utamanya.

Ukuran kecilnya bola dalam permainan ini biasanya dapat digenggam oleh telapak tangan orang dewasa. Grameds pasti sudah tidak asing dengan keberadaan permainan bola kecil ini, sebab ketika masih duduk di bangku sekolah, guru olahraga kerap mengajari akan hal tersebut. Bahkan bisa saja Grameds masih memainkannya hingga saat ini, baik sebagai hobi atau bahkan berhasil memenangkan pertandingannya.

Jenis olahraga yang termasuk dalam permainan bola kecil, sebut saja ada bulu tangkis, tenis meja, golf, softball, kasti, dan masih banyak lagi. Lalu sebenarnya, apa saja sih permainan bola kecil itu? Bagaimana sejarah dan aturan dari permainan-permainan bola kecil ini? Yuk simak ulasan berikut ini, supaya Grameds tidak bingung! Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah https://www.pexels.com/

Apa nama lain dari bola bulu tangkis?

Mengenal Olahraga Bulu Tangkis: Sejarah, Perlengkapan, dan Teknik Dasar Jakarta – adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok permainan. Permainan bulu tangkis bisa dimainkan di dalam maupun di luar lapangan, di atas permukaan lapangan dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu.

  • Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua bagian sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditancapkan di pinggir lapangan.
  • Alat yang digunakan adalah sebuah raket sebagai alat pemukul dan kok (shuttlecock) sebagai bola yang dipukul, demikian dikutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan oleh Drs Muhajir, MEd.

Permainan ini dimulai dengan cara menyajikan bola atau servis dari petak servis kanan ke petak servis kanan lawan, sehingga lintasan bola menyilang. Permainan bulu tangkis umumnya dimainkan oleh minimal dua orang yang saling berhadapan atau orang empat orang pemain, yang artinya dua orang melawan dua orang.

Sejarah Bulu Tangkis Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani oleh Tri Hananto Budi Santoso, SPd dan Tim Penjas, olahraga bulu tangkis adalah permainan yang berasal dari India dan dinamai dengan Poona. Permainan ini dikembangkan oleh tentara Inggris, selepas mereka kembali dari India. Pada tahun 1837, permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke of Beaufort di Badminton Gloucestershire.

Oleh karena itu, permainan ini kemudian dinamakan badminton atau dalam bahasa Indonesia disebut bulu tangkis. Permainan bulu tangkis berkembang ke seluruh dunia sejak abad ke-17, terutama Eropa, India, Dan Tiongkok. Namun, perkembangan yang paling menonjol di Eropa adalah Inggris, sehingga orang-orang Inggris-lah yang menciptakan peraturan-peraturan permainan dan membentuk persatuan bulu tangkis tingkat nasional.

  • Sejalan dengan meluasnya perkembangan bulu tangkis, tercetuskanlah sebuah ide untuk membentuk organisasi bulu tangkis internasional yang menjadi wadah kegiatan-kegiatan permainan bulu tangkis dunia.
  • Perkumpulan olahraga bulu tangkis sedunia dibentuk dengan nama International Badminton Federation (IBF) pada tanggal 5 Juli 1934.

Badan bulu tangkis internasional tersebut menyelenggarakan kejuaraan beregu putra antar negara pertama pada tahun 1948-1949 yang disebut dengan Thomas Cup, sedangkan untuk kejuaran beregu putri disebut Uber Cup yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1956-1957.

  1. Selain itu, pada tahun 1989 diselenggarakan kejuaran bulu tangkis beregu campuran antar negara yang dinamakan Sudirman Cup.
  2. Di Indonesia sendiri, olahraga bulu tangkis baru berkembang pada tanggal 5 Mei 1951, dengan dibentuknya Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).
  3. Para pemain bulu tangkis Indonesia bermunculan dan menjuarai berbagai kejuaraan.
You might be interested:  Sebutkan Tiga Olahraga Yang Dapat Melatih Keseimbangan?

Misalnya, Tan Joe Hok, pemain bulu tangkis Indonesia yang memperkuat regu bulu tangkis Indonesia yang berhasil menjuarai Thomas Cup pada tahun 1958. Perlengkapan Bulu Tangkis Perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis, seperti dikutip dari buku Mahir Bulu Tangkis oleh Hermawan Aksan dan buku Badminton for All oleh Dr.Angga Indra Kusuma, SPd antara lain sebagai berikut.1.

Sejumlah pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung (kanan), Stephanie Widjaja (kedua kanan) dan Putri Kusuma Wardani (kiri) berlatih dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022). PBSI menargetkan tim bulu tangkis Indonesia meraih tiga medali emas dalam SEA Games Vietnam pada Mei mendatang. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Panjang lapangan adalah 13,4 meter dan lebar 6,1 meter untuk ganda dan 5,18 meter untuk tunggal. Wilayah servis ditandai dengan garis membagi dua lapangan dan garis yang melintas sejauh 1,98 meter dari net. Untuk ganda, bidang servis dibatasi juga oleh garis di bagian belakang, berjarak 0,76 meter dari garis belakang.

  • Garis-garis lapangan mempunyai ketebalan 40 mm dan warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning.2.
  • Net (Jaring) Net dibuat dari bahan katun berwarna gelap dengan lebar 0,76 meter dan panjang 6,10 meter.
  • Pita putih selebar 3,8 cm pada sisi atas membatasi atas net.
  • Bagian atas net sampai 15 cm dari pita harus cukup kuat agar tidak tembus shuttlecock yang dipukul keras.

Tinggi net di tempat tiang net 1,55 meter dan di tengah-tengah minimal 1,524 meter.3. Raket dan Senar Raket dibuat dari kayu, aluminium, logam ringan, atau serat karbon (plastic bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap bentukan, ringan, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat.

  1. Panjang keseluruhan raket tidak lebih dari 68 cm dan lebarnya tidak lebih dari 23 cm, serta berat raket kurang dari 150 gram.
  2. Di samping itu, salah satu bagian raket yang perlu diperhatikan adalah senar raket.
  3. Senar untuk raket biasanya terbuat dari bahan nilon, usus, dan bahan sintetis.
  4. Diameter senar bervariasi mulai dari ukuran 0,59 mm sampai 0,7 mm.

Bahan dasar senar merupakan hal dasar untuk menentukan kualitas senar, sedangkan untuk ukuran senar semakin tipis ukuran senar maka cenderung lebih mudah putus namun akan memberikan pengalaman bermain yang lebih baik daripada senar yang tebal. Sebagai tambahan, para atlet profesional dapat membawa 10 raket yang sama pada saat pertandingan untuk mengantisipasi senar putus saat dalam permainan.

Badminton shuttlecock Foto: Getty Images/iStockphoto/JanPietruszka

Bola bulu tangkis terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus dan dilapisi kulit tipis dan kuat. Pada bagian gabus ditancapkan 14 hingga 16 helai bulu unggas yang berdiri melingkar sepanjang pinggir gabus adalah 25-28 mm.

  • Diameter ujung atas dari bulu adalah 54-56 mm dan harus diikat dengan benang atau bahan lain yang kuat.
  • Tinggi bulu dari permukaan gabus rata hingga ujung atas bulu 64-74 mm dan berat keseluruhan dari kok adalah 4,73-5,50 gram.5.
  • Sepatu dan Kostum Sepatu atlet bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkeraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik menarik, dan teknologi penyebaran guncangan untuk melompat.

Hal ini dikarenakan, olahraga bulu tangkis mengakibatkan ketegangan pada lutut dan pergelangan kaki.

  • Kostum untuk atlet yang dikenakan berupa celana dan kaos yang sebaiknya cukup longgar sehingga memudahkan gerakan.
  • Teknik Dasar Bermain
  • Untuk bisa bermain bulu tangkis dengan baik, terlebih dahulu mempelajari berbagai teknik dasar, seperti dikutip Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas SMA/MA Kelas 10 oleh Damar Pamungkas, SPd Or,MPd dan buku Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan oleh Drs Muhajir, M Ed.
  • Teknik-teknik dasar bermain bulu tangkis adalah sebagai berikut:
  • 1. Teknik Memegang Raket (grips)
  • Teknik memegang raket dalam bulu tangkis dibedakan menjadi empat macam:
  • a. American Grip (pegangan geblok kasur)

Cara pegangan ini mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian, ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.b. Backhand Grip (pegangan backhand) Cara pegangan ini adalah mula-mula raket dipegang dalam posisi miring.

  • Pada saat memegang raket ibu jari berada di bagian belakang tangkai raket, sedangkan jari-jari tangan diletakkan di bagian belakang.c.
  • Forehand Grip (pegangan Inggris) Cara pengangan ini adalah raket dipegang dalam posisi miring.
  • Emudian, bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan pegangan raket yang kecil dan sempit.d.

Combination Grip Cara pegangan ini lazim dinamakan shakehand grip atau pegangan berjabatan tangan. Caranya hampir sama dengan pegangan Inggris. Bedanya, setelah raket dimiringkan, tangkai raket dipegang dengan cara ibu jari melekat pada bagian yang dalam sedangkan jari-jari lain melekat pada bagian dalam yang lebar.

  1. 2. Teknik Pukulan
  2. Berbagai jenis pukulan dalam permainan bulutangkis, antara lain sebagai berikut:
  3. a. Servis

Pukulan servis, yaitu pukulan sajian bola pertama yang dilakukan pada awal permainan, dengan tujuan untuk memperoleh nilai. Sebelum melakukan servis, pemain akan terlebih dahulu melihat tipe permainan lawan. Kalau lawan mempunyai tipe permainan keras, sebaiknya tidak melakukan servis tinggi.

Servis Pendek (short service)

Servis pendek dapat dilakukan secara forehand atau backhand. Pukulan diusahakan bola serendah mungkin dengan ketinggian net sehingga lawan akan mengalami kesulitan dalam

Servis Tinggi (lob service)

Servis ini dilakukan dengan pukulan yang keras dan bola diusahakan berjalan melambung tinggi kemudian bola sampai di garis belakang. Servis tinggi bisa dilakukan secara forehand dan backhand.b. Pukulan Lob (clear) Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin dan mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.

  • Overhead lob, yakni pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.
  • Underhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah badan dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan dilambungkan tinggi ke belakang.
  • Pukulan Mendatar (drive)

Pukulan mendatar adalah pukulan raket yang jalannya shuttlecock mendatar cepat sehingga lawan akan kesulitan mengembalikan bola. Pukulan mendatar diarahkan ke arah samping kanan dan samping kiri lawan dan pukulan ini lebih banyak digunakan pada permainan ganda.

  1. Menurut kegunaan dan arahnya, pukulan mendatar (drive) terdiri dari tiga macam, yaitu sebagai berikut.a.
  2. Pukulan drive panjang, yaitu pukulan drive yang dihasilkan dengan cara mengarahkan shuttlecock ke daerah belakang lapangan lawan.
  3. Egunaannya adalah untuk mendesak lawan agar tertekan ke belakang.b.

Pukulan drive setengah lapangan, yaitu pukulan yang dihasilkan dengan tujuan menjatuhkan shuttlecock ke arah tengah bagian samping lawan. Kegunaannya adalah agar lawan terpikat ke samping tengah, sehingga posisinya tergoyahkan dan dapat dengan mudah mengadakan tekanan lebih kuat lagi.c.

You might be interested:  Penholder Grip Dalam Permainan Tenis Meja Adalah?

Berapa jenis bulu tangkis?

Permainan Net (Netting) – Pukulan ini dilakukan di dekat net dan termasuk salah satu pukulan yang sulit. Sebab, pukulan ini memiliki prinsip bila harus diambil setinggi mungkin, lambungan bola harus serendah dengan net, jatuhnya bola harus serapat dengan net, dan shuttlecock harus diambil sewaktu di atas untuk menghindari tempo permainan yang lambat.

Cara melakukannya: Berdiri di belakang garis service, pegang raket dengan rileks, dan kejar shuttlecock yang arah datangnya di depan jaring. Posisi kaki kanan berada di depan, baik saat netting dengan backhand maupun forehand. Perlahan sasaran pukulan dapat berbentuk lurus maupun silang di depan net atau mendorong shuttlecock ke arah belakang.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dijelaskan bahwa macam-macam pukulan bulu tangkis antara lain adalah pukulan servis, pukulan lob, dropshot, smash, drive, dan netting. Perlu latihan rutin untuk mengasah kemampuan bulu tangkis, baik untuk hobi maupun keinginan untuk menjadi atlet.

Bulu tangkis pakai apa?

Olahraga badminton butuh ketangkasan, kecepatan dan kekuatan. Pelajari teknik dasar bulu tangkis yang wajib dikuasai para pemula berikut ini! Badminton atau bulu tangkis merupakan salah satu permainan bola kecil yang terkenal di dunia. Olahraga ini berasal dari India dan seringkali dipertandingkan secara nasional dan internasional.

  • Tak hanya seru dimainkan, bermain badminton juga bermanfaat untuk kesehatan, loh! Badminton bisa dimainkan secara tunggal (2 orang) atau ganda (dua pasangan), lalu dimainkan menggunakan raket dan kok ( shuttlecock),
  • Permainan dimulai dengan memukul sebuah kok menggunakan raket untuk melewati jaring lawan.

Untuk dapat memenangkan pertandingan, kamu membutuhkan teknik dasar bermain badminton yang tepat. Teknik ini mulai dari cara menggunakan raket hingga memukul bola. Sudah tahu caranya? Berikut 10 teknik dasar badminton yang perlu diketahui oleh pemula! Baca Juga: Rekomendasi Raket Badminton Terbaik untuk Smash Lebih Kencang!

Berapa kok dalam permainan bulutangkis?

Jumlah bulu pada kok yang dipakai untuk pertandingan resmi ternyata sebanyak 16 helai yang digabung secara melingkar dan tertancap pada bagian kepala kok. Panjang bulunya pun semua harus sama yaitu antara 62 mm hingga 70 mm.

Apa perbedaan ping pong dan tenis meja?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pingpong adalah nama merek dagang perlengkapan olahraga tenis meja. Penelusuran pada beberapa laman, termasuk theguardian.com menunjukkan, pingpong atau ditulis “ping pong” adalah merek dagang perusahaan perlengkapan dan peralatan tenis meja asal China. Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Abah Jae ahli mengolah limbah kayu berhasil membuat Kayu Jati bekas meubel menjadi bet pingpong custom. Hasil karyanya itu berhasil menembus pasar Nasional. Jadi, pingpong dan tenis meja adalah dua penamaan sama. Akan tetapi, tetap ada perbedaan. Pingpong adalah merek dagang dari olahraga tenis meja itu sendiri. Bet Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah Repro bidik layar via You Tube Pertandingan pingpong antara Abdel dan Desta Tenis meja atau pingpong adalah olahraga dengan menggunakan raket kayu ukuran kecil. Raket ini dikenal sebagai bet. Bet berlapis karet. Perlengkapan pingpong lainnya adalah bola dan meja. Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah Universitas Terbuka Universitas Terbuka (UT) dan Bank Tabungan Negara (BTN) menggelar Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional pada 26-28 Agustus 2022 di Kompleks UT, Pondok Cabe, Jakarta Selatan. Pingpong atau tenis meja pada masa itu adalah permainan di dalam ruangan. Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah Universitas Terbuka Universitas Terbuka (UT) dan Bank Tabungan Negara (BTN) menggelar Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional pada 26-28 Agustus 2022 di Kompleks UT, Pondok Cabe, Jakarta Selatan. Pada 1902 alias setahun sesudahnya, ada kejuaraan dunia tidak resmi pingpong atau tenis meja. Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah Dok. PT Manggung Polah Raya Owner Manggung Table Tennis Center M Reza Pahlevi (paling kanan) bersama artis Dinar Candy dan pelatih tenis meja nasio al Yon Mardiono (paling kiri) saat mencoba lapangan tenis meja. Di Indonesia, pingpong atau tenis meja sangat favorit. Permainan Yang Menggunakan Raket Dan Kok Adalah ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Judoka Papua Saul Nicodemus (kedua kiri) bersama atlet tenis meja Aceh Sofyan (kiri) menekan tombol untuk memadamkam api obor saat upacara penutupan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021).

Peparnas ke-XVI, pesta olahraga multicabang bagi atlet penyandang disabilitas yang digelar di Papua pada 2-15 November tersebut resmi ditutup oleh Presiden Jokowi. Pertama, Anton Suseno menjadi wakil Indonesia untuk pingpong atau tenis meja pada Olimpiade Barcelona 1992. Kedua, pada Olimpiade Atlanta 1996, Anton Suseno membela Indonesia di olahraga pingpong atau tenis meja.

Ketiga, Anton Suseno adalah atlet pingpong atau tenis meja Indonesia di Olimpiade Sydney 2000. Nama lain yang mengemuka di pingpong atau tenis meja Indonesia adalah Yon Mardiono. Yon Mardiono, saat ini, menjadi pelatih kepala timnas tenis meja Indonesia. KOMPAS.com/FAISHAL RAIHAN Tim Indonesia melawan Thailand pada laga cabang olahraga tenis meja ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Solo Technopark, Solo, Minggu (31/8/2022) malam WIB. Di artikel ini Anda bisa baca apa nama induk organisasi tenis meja internasional? Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Jenis permainan Apakah tenis meja?

KOMPAS.com – Kombinasi gerakan melempar dan memukul bola dalam permainan tenis meja dilakukan pada saat service atau servis. Tenis meja atau pingpong termasuk ke dalam jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda) secara berlawanan.

  • Tenis meja dimainkan di lapangan khusus berupa meja dengan net di bagian tengahnya.
  • Baca juga: Sarana dan Prasarana Permainan Tenis Meja Alat pemukul bola yang digunakan dalam permainan tenis meja disebut bet.
  • Untuk memulai pertandingan tenis meja, salah atu pemain akan melakukan servis.
  • Dikutip dari buku Tenis Meja (1994) karya Sapto Adi dan Mu’arafin, servis atau pukulan pembukaan adalah pukulan yang dilakukan untuk memulai permainan dalam upaya meraih angka atau poin.

Kombinasi gerakan melempar bola dan memukul bola dalam permainan tenis meja dilakukan saat melakukan pukulan servis. Baca juga: Ukuran Meja dalam Permainan Tenis Meja

Apa nama teknik memegang raket?

2. Backhand –

Foto: dok. staffnew.uny.ac.id

Pegangan handshake-backhand ini digunakan ketika bola mengarah ke bagian kiri Anda (jika Anda menggunakan tangan kanan).

  1. Pegang raket dengan tangan kanan seperti berjabatan tangan.
  2. Pegang kepala raket dengan tangan kiri.
  3. Putar kepala raket ke arah kanan sebesar 1/12.
  4. Inilah posisi pegangan handshake-backhand.

Bedanya dengan forehand ialah ibu jari lurus ke atas dan turun di bagian kiri atas tangan miring dari pegangan yang tidak dibungkus di sekitarnya. Posisi ibu jari ini bisa memberikan tambahan tenaga pada pukulan backhand. Posisi forehand dan backhand ini sering kali harus bergantian secara cepat sesuai arah datangnya kok.

Apa itu raket balance?

Balance point (titik berat) raket biasanya diukur dari bawah raket dan ada angka nya (misal 285mm-290mm dari bawah raket). Semakin dekat titik ini ke kepala raket, semakin ‘head-heavy’ raket tersebut.

Related Post