Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Sebutkan Tiga Manfaat Setelah Melakukan Olahraga?

Sebutkan Tiga Manfaat Setelah Melakukan Olahraga?

Manfaat Berolahraga – Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari olahraga bagi tubuh seseorang, diantaranya adalah:

Menormalkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Membakar kalori di dalam tubuh Menyehatkan jantung. Mencegah terjadinya obesitas. Mengurangi stres.

Mulai disiplin dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kualitas kesehatan tubuh untuk kini dan waktu mendatang. Selain itu, menjalankan perilaku hidup sehat juga merupakan cara agar kita semua mampu terhindar dari berbagai penyakit kronis, baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

Apa manfaat yang kita dapat setelah berolahraga?

Beragam Manfaat Olahraga Ada beragam manfaat olahraga yang dapat dirasakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan rutin berolahraga, banyak manfaat olahraga yang bisa langsung Anda dapatkan.

  • Selain itu, banyak juga manfaat olahraga yang bisa Anda dapatkan di kemudian hari dalam jangka panjang.
  • Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan.
  • Olahraga, misalnya berjalan, berlari, menari, berenang atau yoga, merangsang otot-otot dan berbagai bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Beragam Manfaat Olahraga – Alodokter Beragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh Olahraga merupakan obat ajaib yang bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal, namun sering kali terabaikan sehingga menimbulkan beragam keluhan kesehatan. Meski begitu, tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga.

  • Beragam manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan, di antaranya adalah:
  • Mencegah penyakit jantung dan stroke
  • Olahraga rutin setiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, sebab olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.
  • Mengendalikan diabetes
  • Olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes tipe 2.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Dengan berkurangnya lemak tubuh, terjadi juga penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.
  • Mencegah nyeri punggung
  • Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung.
  • Menangkal obesitas

Aktivitas fisik teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit.

  1. Menunda keterbatasan fisik saat usia tua
  2. Olahraga, seperti berlari atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usia.
  3. Menekan risiko osteoporosis Olahraga dengan mengangkat beban secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, sehingga mencegah berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia, seperti osteoporosis.
  4. Meningkatkan Kualitas Hidup
  5. Manfaat olahraga tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik, namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup. Beberapa di antaranya yaitu:
  • Memperbaiki suasana hati Ketika Anda merasa stres, atau mengalami mood yang buruk setelah menjalani hari yang penuh tekanan, maka berjalan cepat selama 30 menit atau berlatih di pusat kebugaran dapat membantu memperbaiki suasana hati Anda. Olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai.
  • Menumbuhkan kepercayaan diri Olahraga yang dilakukan secara teratur juga dapat membuat Anda lebih percaya diri terhadap penampilan Anda.
  • Mengatasi stres Penelitian terhadap efek psikologis dari olahraga mengungkapkan bahwa aktivitas tersebut dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres.
  • Membuat tidur lebih nyenyak Apakah Anda sulit tidur pada malam hari atau kerap terbangun di tengah malam? Olahraga teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.
  • Mengembalikan gairah seksual Apakah Anda sering kali terlalu lelah atau merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh pada saat akan berhubungan intim? Mulailah berolahraga untuk mendorong semangat sekaligus mendapatkan tampilan tubuh yang lebih baik. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan gairah pada wanita dan menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria.
  • Menikmati waktu menyenangkan Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Juga dapat membantu mempererat hubungan dengan keluarga dan teman saat melakukannya bersama-sama.
You might be interested:  Mengapa Olahraga Dapat Membuat Tulang Menjadi Kuat?

Seberapa Banyak Waktu Olahraga yang Dibutuhkan? Jika saat ini Anda tidak terbiasa berolahraga dan tidak aktif bergerak sepanjang hari, mulailah melakukan aktivitas fisik apa pun yang dapat meningkatkan detak jantung Anda. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 1-2 jam per minggu atau sekitar 15-20 menit per hari akan menurunkan risiko berbagai penyakit.

Secara umum, orang dewasa berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, yaitu latihan aerobik dan latihan untuk kekuatan otot. Total waktu olahraga yang dibutuhkan adalah sekitar 150 menit per minggu. Anda dapat membaginya dalam beberapa hari. Misalnya 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu. Latihan aerobik yang dapat dilakukan antara lain adalah bersepeda atau berjalan cepat.

Tanda bahwa latihan aerobik yang Anda lakukan sudah benar adalah ketika detak jantung meningkat dan Anda berkeringat. Di antara latihan aerobik, selingi dengan latihan untuk memperkuat otot-otot kaki, pinggul, perut, dada, bahu, dan lengan. Latihan kekuatan otot sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan stamina Anda, membantu tidur lebih nyenyak, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan metabolisme.

  • Berikut beberapa contoh latihan kekuatan otot yang bisa Anda lakukan di rumah: Posisi plank Posisi telungkup menghadap lantai seperti push up, dengan tumpuan badan pada lengan bawah dan jari kaki.
  • Tungkai kaki dan badan berada pada posisi lurus seperti papan, tahan selama 30 sampai 45 detik, kemudian istirahat.

Ulangi gerakan tersebut sebanyak 5 kali. Manfaat gerakan ini adalah untuk memperkuat otot perut, punggung, dan Gerakan squat Berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu dan jari kaki mengarah lurus ke depan. Tekuk lutut Anda, turunkan badan dan dorong bokong ke arah belakang seperti akan duduk, hingga bokong Anda sejajar dengan lutut dan tungkai membentuk sudut 90 derajat.

  1. Jadikan tumit sebagai tumpuan berat badan Anda, lalu kembali ke posisi Ulangi gerakan tersebut 25 kali, sebanyak 5 set.
  2. Gerakan ini adalah untuk memperkuat otot paha belakang dan bokong Anda.
  3. Gerakan-gerakan seperti push up dan sit up juga bisa dilakukan untuk melatih otot Anda.
  4. Selain itu, melatih otot tubuh bisa dilakukan melalui cara-cara sederhana seperti naik turun tangga, berjalan kaki ke kantor jika memungkinkan, atau dengan melakukan gerakan peregangan di sela waktu kerja untuk memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan energi serta kinerja Anda.
You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Streaming Dalam Olahraga Renang?

Jenis olahraga apa pun yang Anda pilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik Anda. Raih manfaat olahraga demi kualitas hidup yang lebih baik. Selamat berolahraga! Sumber Link : https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga : Beragam Manfaat Olahraga

Apa manfaat pendinginan bagi tubuh kita?

Manfaat Pendinginan setelah Olahraga, Jangan Dilewatkan – Ragam Bola.com Ilustrasi pendinginan setelah olahraga. Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio Bola.com, Jakarta – merupakan aktivitas fisik yang bisa dilakukan agar tubuh tetap dalam kondisi prima dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Sebelum melakukan, pada umumnya seseorang akan melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera.Tidak kalah penting, setelah berolahraga kita juga perlu melakukan pendinginan untuk menghindari kram pada otot.Melakukan pendinginan juga terbukti dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul setelah satu atau dua hari berolahraga.Sama seperti pemanasan, melakukan gerakan pendinginan tidak boleh sembarangan karena berpengaruh terhadap otot tubuh Anda.Berikut manfaat pendinginan setelah, yang perlu Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (1/9/2022).

Ilustrasi kram otot. (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels) 1. Mengurangi Risiko Kram Otot Bagi orang-orang yang tidak melakukan pendinginan usai berolahraga, risiko mengalami kram otot tergolong tinggi. Kram otot biasanya terjadi akibat salah melakukan gerakan saat olahraga.

Untungnya, risiko tersebut bisa diperkecil dengan melakukan pendinginan usai olahraga. Dengan gerakan pendinginan yang tepat, otot akan lebih relaks dan sirkulasi darah akan menjadi lebih optimal.2. Mencegah Stres pada Tubuh Gerakan dinamis yang dilakukan selama berolahraga membuat otot-otot di dalam tubuh lebih tegang.

Apabila Anda tidak melemaskan otot tubuh dengan pendinginan usai berolahraga, mungkin akan ada risiko mengalami cedera atau rasa nyeri yang parah. Dengan meregangkan tubuh sambil mengatur napas sebelum sesi olahraga benar-benar usai, otot yang tegang karena gerakan latihan dapat kembali relaks.

You might be interested:  Apa Manfaat Permainan Tenis Meja Bagi Tubuh?

Ondisi otot tubuh yang sudah tidak menegang ini akan membuat pikiran lebih tenang sehingga terhindar dari perasaan stres. Ilustrasi detak jantung. (Sumber:Freepik) 3. Mengembalikan Detak Jantung ke Kondisi Normal Berolahraga membuat jantung terpompa lebih cepat apalagi bila melakukan jenis olahraga aerobik.

Kalau kondisi jantung yang cepat tidak dikembalikan ke kondisi normal, mungkin bisa saja muncul rasa pusing atau kehilangan keseimbangan. Maka itu, penting untuk melakukan pendinginan setelah berolahraga. Tentunya, Anda ingin mendapatkan manfaat sehat yang maksimal dari kegiatan olahraga yang Anda lakukan.4.

  1. Mengatur Laju Pernafasan Jantung yang terpompa saat berolahraga berbanding lurus dengan tarikan napas yang makin dalam.
  2. Ondisi ini normal karena merupakan mekanisme tubuh untuk membakar kalori berlebih.
  3. Namun, Anda tidak bisa membiarkan laju pernapasan terus terengah-engah seperti saat sedang berolahraga.

Untuk itu, diperlukan gerakan pendinginan setelah berolahraga agar laju napas kembali normal seperti sebelum olahraga dimulai. Ilustrasi sendi. (Sumber: Pixabay) 5. Mengurangi Tekanan pada Sendi Tubuh Setelah berolahraga, biasanya Anda akan merasa kesulitan untuk sekadar menggerakkan anggota tubuh tertentu, satu di antaranya sendi.

Untuk mengatasi hal ini, penting melakukan pendinginan. Hal ini dilakukan agar ketegangan pada tubuh termasuk sendi bisa mereda secara perlahan. Dengan pendinginan, tekanan pada sendi akan berkurang. Anda akan memiliki kemampuan untuk kembali bebas mengatur pergerakan anggota tubuh termasuk persendian.6.

Pikiran Menjadi Lebih Relaks Tidak hanya merelaksasi tubuh, manfaat pendinginan setelah olahraga juga dapat membuat pikiran lebih relaks. Saat melakukan pendinginan, Anda akan meregangkan tubuh dan mengatur napas dengan baik. Hal tersebut dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit dan nyeri setelah berolahraga. : Manfaat Pendinginan setelah Olahraga, Jangan Dilewatkan – Ragam Bola.com

Apa manfaat gerak berjalan dan pemanasan?

4 Apakah manfaat gerak berjalan dalam pemanasan?​ – Brainly.co.id

  • Jawaban:
  • -Meningkatkan aliran darah sehingga menaikkan suhu otot yang membuat serat kolagen menjadi lebih elastis.
  • -Meningkatkan detak jantung.
  • -Melepaskan adrenalin.
  1. Jawaban:
  2. -Meningkatkan aliran darah sehingga menaikkan suhu otot yang membuat serat kolagen menjadi lebih elastis.
  3. -Meningkatkan detak jantung.
  4. -Memungkinkan sendi bekerja lebih efisien.
  5. -Memicu aktivitas enzim sekaligus menghilangkan asam laktat.
  6. -Meningkatkan metabolisme otot.
  7. -Memecah glikogen sehingga menghasilkan energi.
  8. -Meningkatkan elastisitas pada serat otot.
  9. -Meningkatkan kekuatan dan kecepatan kontraksi.
  10. Meningkatkan konduksi impuls saraf.

: 4 Apakah manfaat gerak berjalan dalam pemanasan?​ – Brainly.co.id

Apa manfaat utama pemanasan dan pendinginan?

Pemanasan sebelum olahraga bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh dan aliran darah menuju otot. Sementara itu, pendinginan setelah olahraga membantu menstabilkan detak jantung dan tekanan darah yang terpacu selama berolahraga.

Related Post