Berita Bulutangkis Info Bulu Tangkis Yang Dimaksud Dengan Permainan Tenis Meja Adalah?

Yang Dimaksud Dengan Permainan Tenis Meja Adalah?

Yang Dimaksud Dengan Permainan Tenis Meja Adalah

Tenis meja

Tenis meja dalam Liga Pro
Induk organisasi ITTF
Pertama dimainkan Abad ke-19, Inggris
Karakteristik
Kontak fisik Tidak
Anggota tim Tunggal dan ganda
Kategori Olahraga raket, dalam ruangan
Peralatan Poly, 40 mm (1,57 in), 27 g (0,95 oz)
Keberadaan
Olimpiade Dimulai 1988
Paralimpiade Diresmikan sejak Paralimpiade Musim Panas 1960

Tenis meja atau pingpong adalah olahraga yang melibatkan dua atau empat pemain yang memukul bola ringan yang disebut bola pingpong di atas meja menggunakan raket pejal kecil yang disebut bet. Permainan ini dilakukan di atas meja yang dibagi dengan net.

  • Ecuali servis awal, aturan permainan adalah: pemain harus memantulkan bola ke meja lawan dan lawan harus mengembalikannya.
  • Poin akan terjadi jika pemain lawan gagal mengembalikan bola.
  • Permainan ini cepat dan membutuhkan sikap tanggap yang cepat pula.
  • Memutar-mutar bola (teknik spin ) akan mendistorsi arah bola sehingga lawan akan sulit mengembalikannya.

Organisasi olahraga tenis meja internasional adalah International Table Tennis Federation (ITTF), didirikan tahun 1926. ITTF beranggotakan 226 persatuan/federasi tenis meja di seluruh dunia pada saat ini. Aturannya dimuat dalam buku pegangan yang diterbitkan ITTF.

Apa yang dimaksud dalam permainan tenis meja?

Pengertian Tenis Meja – Pengertian tenis meja adalah cabang olahraga yang permainannya menggunakan bola kecil. Permainan tenis ini adalah dengan cara memukul bola tersebut. Alat pukul menggunakan bet yang dilapisi karet. Permainan tenis meja juga menggunakan sebidang meja.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan olahraga tenis?

Tenis – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel ini perlu dari ke bahasa Indonesia. Artikel ini ditulis atau diterjemahkan secara buruk dari Wikipedia, Jika halaman ini ditujukan untuk komunitas, halaman itu harus dikontribusikan ke, Lihat, Artikel yang tidak diterjemahkan dapat dihapus secara cepat, Jika Anda ingin memeriksa artikel ini, Anda boleh menggunakan mesin penerjemah. Namun ingat, mohon tidak menyalin hasil terjemahan tersebut ke artikel, karena umumnya merupakan terjemahan berkualitas rendah,

Tenis Salah satu pertandingan tenis di, turnamen tenis tertua dan paling prestisius. Induk organisasiIndonesia: Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti)Pertama dimainkanAntara 1859 dan 1865 (, )KarakteristikKontak fisikTidakAnggota timTunggal atau gandaYa, tur terpisah dan ganda campuranKategoriOlahraga raketPeralatanBola tenis, tenisTempat bertandingLapangan tenis di dalam atau di luar ruanganKeberadaanNegara atau wilayahSeluruh duniaBagian dari Olimpiade Musim Panas dari 1896 hingga 1924Olahraga demonstrasi pada Olimpiade Musim Panas 1968 dan 1984Bagian dari program Olimpiade Musim Panas sejak 1988 Tenis atau bola tampel adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing dua pemain.

Setiap pemain menggunakan untuk memukul bola karet. Tujuan permainan adalah memainkan bola dengan cara tertentu sehingga pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut. Tenis adalah salah satu cabang olahraga dan dimainkan pada semua tingkat masyarakat di segala usia. Olahraga ini dapat dimainkan oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang menggunakan kursi roda.

Permainan tenis modern berasal dari, pada akhir abad ke-19 sebagai “tenis lapangan rumput”. Peraturan tenis berubah sedikit sejak 1890-an. Dua perubahan kecil adalah sejak 1908 hingga 1961 pemain yang melakukan service (pukulan pertama) harus menjaga salah satu kakinya tetap di tanah hingga service berpindah dan adopsi sistem tie-break pada 1970-an.

You might be interested:  Rasa Sakit Yang Ditimbulkan Karena Olahraga?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan servis dalam permainan tenis meja?

Berdasarkan beberapa pendapat di atas penulis menimpulkan servis adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh pemain untuk memulai permainan tenis meja. Pukulan ini harus melambung melewati atas net.

Apakah yang dimaksud dengan pengertian?

Pengertian, adalah tanggapan atau gambaran akal budi yang abstrak, yang batiniah, tentang inti sesuatu.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan bermain dan permainan?

✓ Famberg Permainan adalah aktifitas yang bersifat simbolik yang menghadirkan kembali realitas dalam bentuk pengadaian. ❖ Bermain menurut kamus KBBI adalah berbuat sesuatu untuk menyenangkan hati anak-anak. Bermain itu menyenangkan dan anak menikmati kegiatan ini.

Jelaskan apa manfaat permainan?

Manfaat Bermain yang Perlu Kita Ketahui Jumat, 03 Juni 2022 10:09 WIB Yang Dimaksud Dengan Permainan Tenis Meja Adalah 842 Novita Agustina, Ns, M.Kep, Sp.Kep. A – RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang Bermain merupakan pekerjaan anak. Anak adalah anugrah dari Allah SWT. Anak merupakan fase perkembangan dasar yang kelak akan membentuk pribadi individu dewasa. Kegiatan bermain selalu kita temui dimana ada anak-anak, baik disekolah, di rumah, maupun di tempat fasilitas umum.

Anak-anak dan bermain bagai dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Anak-anak tak akan lepas dengan kegiatan bermain dan bermain tidak akan terjadi ketika tidak ada anak-anak yang ingin bersendau gurau. Tidak hanya perkembangan kognitif, perkembangan berbagai aspek seperti bahasa, motorik, emosi, sosial kreativitas dan lain sebagainya masih ada pada tahap awal perkembangan, tahapan-tahapan perkembangan ini merupakan fondasi dasar bagi tahapan perkembangan selanjutnya.

Bermain bagi anak usia dini dapat digunakan untuk mempelajari dan belajar banyak hal, dapat mengenal aturan, bersosialisasi, menempatkan diri, menata emosi, toleransi, kerja sama, dan menjunjung tinggi sportivitas. Disimpulkan bahwa bermain merupakan aktivitas mendasar anak yang dilakukan sendiri, bersama pendidik, keluarga, teman maupun orangtua yang mana kegiatan tersebut dilakukan secara sukarela, menyenangkan, dan tanpa paksaan, dengan bermain anak-anak akan mampu memahami aturan-aturan, bekerjasama, dan bersosialisasi (Rohmah, 2016).

  • Cara yang paling dekat dengan fase perkembangan anak untuk memahami dunianya adalah melalui bermain.
  • Melalui bermain yang menyenangkan, rasa ingin tahu anak terhadap sesuatu dapat terpenuhi.
  • Agar tahap perkembangan dasar ini dapat berkembang dengan optimal dan baik, maka jangan sia-siakan masa bermain anak.

biarkanlah anak melalui masa bermainnya (Ardini & Lestariningrum, 2018). Manfaat bermain bagi anak adalah:

Bermain yang melibatkan fisik seperti berlari, meloncat dan menendang bermanfaat untuk menguatkan dan menterampilkan anggota badan anak.Bermain yang melibatkan indera atau pikiran seperti menggunakan alat-alat bermain yang mengeluarkan perasaan seperti menggambar dan bermain musik atau mendengarkan aba-aba memberikan peluang pada anak untuk belajar tentang pengertian baru, sifat-sifat dan bentuk barang tertentu.Bermain balok-balok mainan, membentuk lilin atau tanah liat, menggambar dan sebagainya, dapat mendorong kreativitas anakBermain dapat membantu mengembangkan kepribadian seperti bertanggungjawab, bekerjasama, mematuhi perauran dan sebagainya.Bermain dapat membantu anak mengenal dirinyadengan baik yang berkaitan dengan kelemahan, kekurangan ataupun kelebihannya.Bermain dapat digunakan sebagai penyalur keinginan dan kebutuhan anak yang tidak terpenuhi.Bermain bersama anggota keluarga dapat mengakrabkan hubungan antara anak dengan anggota keluarga lain.

You might be interested:  Apa Tujuan Dari Olahraga Lempar Lembing?

Kegiatan bermain yang dilakukan anak-anak akan menampakkan sampai di tahap manakah pertumbuhan dan perkembangan yang telah dilampaui oleh anak. Sehingga, sangat dianjurkan bagi pendidik atau orangtua anak PAUD selalu menyisipkan unsur edukasi dalam setiap kegiatan bermain anak-anak.

Endati demikian, pendidik maupun orangtua dapat ikut masuk ke dunia bermain anak-anak sambil mengamati dan memberikan penilaian. Dalam memberikan penilaian juga menuntut kecermatan dan ketepatan dari pendidik atau orangtua. Misal anak sedang bermain di wahana mandi bola warna-warni, bisa diamati dan diberikan penilaian apakah anak sudah mengenal semua jenis warna-warna pada bola, mampukah anak-anak membandingkan ukuran bola.

Dengan seperti itu, pendidik dan orangtua dapat terlibat dalam setiap kegiatan bermain anak. Pendidik atau orangtua menilai ternyata anak ini sudah mampu membedakan warna (kognitif), mampu mengucapkan warna dengan jelas dan benar (bahasa), dapat melempar dan menangkap bola (motorik), mau berbagi dengan teman lainya (sosial).

  • Sehingga, dalam satu kegiatan bermain, dapat memunculkan multi manfaat perkembangan bagi anak.
  • Referensi: Ardini, P.P., & Lestariningrum, A.2018.
  • Bermain dan permainan anak usia dini (sebuah kajian teori dan praktik) (viii).
  • Nganjuk: CV.
  • Adjie Media Nusantara.
  • Rohmah, N.2016.
  • Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini.

Jurnal Tarbawi, 13 (2), 27–35. : Manfaat Bermain yang Perlu Kita Ketahui

Berapa waktu yang diperlukan dalam permainan tenis meja?

KOMPAS.com – Tenis meja atau sering dikenal pingpong adalah salah satu jenis olahraga menggunakan bola kecil. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan tenis meja merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan memukul bola pingpong menggunakan pemukul (bet) yang dilapisi karet, di atas meja khusus sebagai area permainannya.

Skor maksimal dalam pertandingan tenis meja dengan sistem rally point yaitu 11 poin. Pada umumnya nilai terbaik akan diambil tiga dari lima pertandingan terbaik. Jika poin seri atau deuce dengan nilai poin 10-10, maka pemain diharuskan untuk melakukan servis secara bergantian. Kemudian, dalam permainan tenis meja seseorang dinyatakan menang apabila kedudukan skor 11 poin sebanyak dua set (untuk permainan dengan tiga set) atau mencapai 11 poin sebanyak tiga set (untuk permainan dengan lima set). Jika bola telah dilempar dan dipukul, namun ternyata pukulan meleset maka poin akan menjadi milik lawan. Jika bola memantul dua kali atau lebih di area lawan serta memantul ke samping bahkan menyentuh garis tepi, maka poin akan menjadi milik pemain. Ketika pemain lawan melakukan servis pada permainan tenis meja kemudian bola menyentuh net dan bola jatuh ke lapangan lawan maka pemukul (server) akan mendapat poin. Bola yang diservis harus memantul di bagian kanan area lawan. Khusus untuk pertandingan kategori ganda, tim harus bertukar tempat setelah melakukan pukulan service sebanyak dua kali. Jika saat rally point (permainan berlangsung lama karena para pemain mempertahankan posisi bola) bola terkena jaring atau net, maka lemparan itu akan dianggap sah. Saat pertandingan kategori ganda, kedua pemain wajib memukul bola secara bergantian. Bola pingpong harus dipukul saat memantul pada meja. Jika salah satu pemain memukul bola sebelum memantul, maka poin akan menjadi pihak lawan. Saat rally point atau saat melakukan service, bola memantul ke atas jaring dan mengenai area lawan dan lawan tidak memberikan serangan balik, maka itu akan menjadi poin tambahan untuk pemain. Bagian tubuh yang boleh terkena bola dalam permainan tenis meja adalah area di bawah pergelangan tangan dan jari. Jika bola terkena tangan atau paddle, maka poin akan tetap dianggap sah. Pemain tenis meja tidak boleh menyentuh meja papan kecuali tangan (area bawah pergelangan tangan) yang digunakan untuk membawa bet. Meskipun bola memantul ke samping dan mengenai bagian tepi atas permukaan meja, poin akan tetap dianggap sah. Jika wasit tidak hadir selama pertandingan dan pemain merasa kurang setuju dengan hasil pertandingan. “Honor system” dapat diberlakukan hingga semua pemain setuju dengan hasil pertandingan.

You might be interested:  Apa Sajakah Gerakan Dalam Permainan Sepak Bola?

Baca juga: Peraturan Servis dalam Tenis Meja Adapun, setelah mengenal aturan pertandingan, ada aturan terkait mengenai sistem pertandingan tenis meja, Mengutip laman Killer Spin, sebuah pertandingan tenis meja bisa dimainkan dalam 3, 5, atau 7 set (game).

  1. Namun, umumnya tenis meja dimainkan dalam 5 (lima) set atau best of five dengan sistem penghitungan poinnya adalah rally point,
  2. Sebelumnya, pertandingan tenis meja dimainkan hingga mencapai 21 poin per set.
  3. Akan tetapi, aturan soal penghitungan poin dalam tenis meja diubah oleh Federasi Internasional Tenis Meja (ITTF) pada 2001.

Baca juga: Cara-cara Memegang Bet Tenis Meja Skor maksimal dalam pertandingan tenis meja dengan sistem rally point yaitu 11 poin. Artinya, dalam permainan tenis meja jumlah poin untuk satu set adalah 11 poin. Pemenang satu set pertandingan tenis meja adalah pemain yang mampu mencapai poin 11 terlebih dahulu.

  1. Namun, jika terjadi skor 10-10 ( deuce ), maka pemenang pada set tersebut adalah pemain yang bisa meraih keunggulan 2 poin, misalnya 12-10, 13-11, 14-12 dan seterusnya.
  2. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  3. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana sejarah tenis meja di Indonesia?

Saat itu sejarah tenis meja di Indonesia, mulai masuk pada tahun 1930-an dan nggak lama pada tahun 1939 terbentuklah PPPSI. PPPSI atau Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia kemudian berganti nama menjadi Persatuan Tenis Meja Indonesia atau biasa disingkat dengan PTMSI.

Related Post