Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga 10 Cabang Olahraga Yang Diperlombakan Di Pon?

10 Cabang Olahraga Yang Diperlombakan Di Pon?

10 Cabang Olahraga Yang Diperlombakan Di Pon
Jawaban

  • Karate.
  • Kempo.
  • Muaythai.
  • Panahan.
  • Panjat Tebing.
  • Pencak Silat.
  • Sepak Bola.
  • Taekwondo.

Meer items

Cabang olahraga apa saja yang dilombakan di PON?

Draf Pembagian Cabor PON 2024, Aceh Pertandingkan 31 Cabor,Sumut 35 Cabor 10 Cabang Olahraga Yang Diperlombakan Di Pon SUDAH DIBAGI: Atlet selam NTB Rojiman saat mengikuti PON Papua XX/2021 lalu. Pembagian cabor untuk PON Aceh-Sumut 2024 sudah dilakukan KONI Pusat.(DOK/LOMBOK POST) MATARAM -Draft pembagian cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON Aceh-Sumatera Utara (Sumut) XXI/2024 sudah dikeluarkan KONI Pusat.

  • Dalam draft tersebut, sebaran cabor dibagi untuk Aceh dan Sumut.
  • Draftnya sudah ada.
  • Ada 66 cabor dalam draft itu, tapi belum kita pastikan ini sudah final atau belum,” kata Ketua KONI NTB Andy Hadianto, kemarin (23/2).
  • Cabor yang dipertandingkan di Aceh sebanyak 31 cabor.
  • Yakni aerosport, anggar, angkat berat, angkat besi, arung jeram, baseball dan softball, berkuda (pacuan), basket, bola tangan, bridge, dayung, hapkido, kempo, kurash, layar, menembak, muaythai.

Lalu panahan, panjat tebing, rugby, selam, selancar ombak, sepak bola (putra), sepak takraw, sepatu roda, soft tenis, tarung derajat, tenis lapangan, triathlon, dan woodball. Sementara cabor yang dipertandingkan di Sumut sebanyak 35 cabor. Seperti akuatik, atletik, balap sepeda, barongsai, berkuda (equestrian), bermotor, biliar, binaraga, voli, boling, bulutangkis, catur, criket, dansa.

  • Selanjutnya, futsal, ski air, squash, taekwondo, tenis meja, tinju, wushu, drumband, esport, gateball, golf, gulat, hoki, jujitsu, kabaddi, karate, kick boxing, pencak silat, petanque, sambo, senam, dan sepak bola (putri).
  • Dari jumlah cabor tersebut, ada dua cabor yang masih diberi keterangan.
  • Yakni muaythai karena masih bermasalah di tingkat pusat dan binaraga yang menunggu hasil uji doping PON Papua/XX.

“Untuk Aceh-Sumut ini masih berproses terus. Yang jelas belum jadwal masih tetap 2024. Belum ada perubahan jadwal,” tandasnya. (puj/r8) : Draf Pembagian Cabor PON 2024, Aceh Pertandingkan 31 Cabor,Sumut 35 Cabor

PON ke 21 tahun berapa?

Kunker ke Sumut, Menpora Amali Akan Launching PON ke-21 Tahun 2024 Aceh-Sumut Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali bertolak ke Sumatera Utara (Sumut) guna melakukan kunjungan kerja (kunker). Rencananya Menpora Amali akan melakukan launching Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Tahun 2024 Aceh-Sumut. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali bertolak ke Sumatera Utara (Sumut) guna melakukan kunjungan kerja (kunker). Rencananya Menpora Amali akan melakukan launching Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Tahun 2024 Aceh-Sumut.(foto:raiky/kemenpora.go.id) Deli Serdang: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali bertolak ke Sumatera Utara (Sumut) guna melakukan kunjungan kerja (kunker).

Rencananya Menpora Amali akan melakukan launching Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Tahun 2024 Aceh-Sumut. Menpora Amali tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sabtu (28/1) sekitar pukul 15.55 WIB. Menpora Amali tiba bersama Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman. Menpora Amali bersama rombongan kemudiian disambut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Baharuddin Siagian.

Tampak hadir Asisten Deputi Olahragawan Andalan Kemenpora Surono. Rencananya, launching PON Aceh-Sumut ini akan dilaksanakan di Lapangan Astaka, Jalan Willem Iskandar pada 29 Januari 2023. Akan ada berbagai kegiatan menarik saat acara tersebut seperti fun walk, fun run, maupun fun bike.

Launching ajang pesta olahraga nasional yang dilakukan di Medan ini akan menandai titik dimulainya pelaksanaan PON ke-21. Kegiatan launching ini juga diharapkan akan memberi gaung yang luas hingga ke seluruh Indonesia. Sumut sebagai tuan rumah akan menyelenggarakan pertandingan sekitar 34 cabang olahraga.

Pertandingan 34 cabor itu tersebar di enam kabupaten/kota. Keenamnya yaitu Kota Medan, Pematangsiantar, Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Simalungun, dan Serdang Bedagai. Sebelumnya, pada pagi tadi Menpora Amali lebih dulu melaunching PON di Banda Aceh. Launching tersebut dihadiri Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Anggota Komisi X DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal.

You might be interested:  Yang Termasuk Olahraga Air Atau Akuatik?

Kapan PON 2023 diadakan?

Launching PON XXI/2024 Aceh-Sumut Digelar Akhir Januari 2023 | KONI 10 Cabang Olahraga Yang Diperlombakan Di Pon Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman memimpin rapat Launching Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) di ruang rapat Lukman Niode, Kantor KONI Pusat Senayan pada Hari Selasa tanggal 10 Januari 2023.

“Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menghendaki ada Launcing PON XXI/2024 di tempat terbuka bersama masyarakat,” kata Ketum KONI Pusat. Direncanakan pelaksanaan diawali di Aceh pada tanggal 28 Januari mendatang, satu hari setelah pelantikan Ketum KONI Aceh Abu Razak pada tanggal 27 Januari. Kemudian, tanggal 29 Januari 2023 digelar di Medan.

Berdasarkan masukan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) KONI Pusat Drs.Tb.Lukman Djajadikusuma, MEMOS, bahwa lazimnya Countdown dilaksanakan 365 hari sebelum pembukaan resmi, maka diputuskan hanya Launching PON XXI/2024 Aceh/Sumut. Pembukaan resmi PON XXI/2024 Aceh/Sumut sendiri direncanakan pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) tanggal 9 September 2023.

“Countdown merupakan salah satu bagian dari promosi sehingga perlu strategi komunikasi hingga hari H dan umumnya dimulai 365 hari sebelum opening ceremony,” terang Sekjen KONI Pusat. Sekjen juga sampaikan usul untuk membangun wacana terkait tema yang beragam sesuai dengan waktu. Pada saat Launching temanya ‘Aceh-Sumut Bangga’, kemudian saat Countdown dimulai, temanya ‘Aceh-Sumut Siap’, jelang 3 bulan pembukaan, temanya adalah ‘Bersatu Kita Juara’.

10 Cabang Olahraga Akan Dihapus di PON 2020 Papua

Pada rapat tersebut, dilaporkan juga rencana pelaksanaan kegiatan. “Penyelenggaraannya dilaksanakan di Stadion Harapan Bangsa,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh (Kadispora) Dedy Yuswadi. Diawali Fun Walk dan Parade Nusantara, setelah itu baru dilaksanakan Launching, Pagelaran Seni & Budaya.

  1. Pameran UMKM juga dilaksanakan di lokasi.
  2. Serupa dengan Aceh, Kadispora Sumut Baharrudin Siagian menjelaskan akan diadakan Fun Bike sebelum Launching.
  3. Fun Bike akan dimulai dari kediaman gubernur sampai lokasi acara, Lapangan Merdeka Medan.
  4. Etum KONI Pusat meminta masing-masing provinsi segera mengirimkan perencanaan terbaru terkait kegiatan tersebut.

: Launching PON XXI/2024 Aceh-Sumut Digelar Akhir Januari 2023 | KONI

PON ke 15 dimana?

Pranala luar –

(Indonesia) 2007-03-11 di,

Artikel bertopik Pekan Olahraga Nasional ini adalah sebuah, Anda dapat membantu Wikipedia dengan,

ul>

    1. Agency, ANTARA News., ANTARA News Kalimantan Selatan, Diakses tanggal 2022-12-04,
    2. Redaksi7 (2021-08-20)., Prokabar, Diakses tanggal 2022-12-03,

    Diperoleh dari “” : Pekan Olahraga Nasional 2000 – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    PON 2024 akan dilaksanakan dimana?

    Pemprov Sumut Pastikan Kesiapan Jadi Tuan Rumah PON 2024 MEDAN, 8/2 – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memastikan kesiapan Sumut menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, bersama Provinsi Aceh. Untuk itu, pembangunan dan perbaikan infrastruktur pendukung pelaksanaan pertandingan berbagai cabang olahraga terus dilakukan.

    Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai menghadiri Seminar Olahraga “Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah” sebagai rangkaian acara dari Hari Pers Nasional (HPN) Sumut 2023 di Ballroom Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kota Medan, Rabu (8/2).

    “Kalau untuk kesiapan tuan rumah, kita nyatakan kita siap. Kita sudah memperbaiki dan membangun infrastruktur olahraga yang akan dipertandingkan di Sumut nantinya,” ucap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian. 10 Cabang Olahraga Yang Diperlombakan Di Pon Mengenai penyelesaian stadion utama Sport Centre Sumut, Pemprov Sumut juga telah menyiapkan lahan dan segala administrasi pendukung lainnya, yang selanjutnya akan diserahkan ke Pemerintah Pusat dalam tahap pembangunan. Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian menambahkan, untuk di Sumut sendiri terdapat empat kabupaten/kota yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan cabang olahrga pada PON 2024.

    Yakni Kota Medan, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Deliserdang. “Pemprov Sumut sendiri telah mempersiapkan infrastruktur olahraga, baik stadiun tertutup dan juga terbuka, di antaranya, voli, futsal, renang dan juga menembak. Semuanya kita siapkan dengan kapasitas yang luas, yang tentunya dapat menampung banyak pengunjung,” katanya.

    Baharuddin berharap, dengan kegiatan ini Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali dapat mendorong percepatan pembangunan sport centre. “Karena kita tuan rumah PON, maka kita berharap adalah salah satu yang menjadi kebanggan Sumut, di antaranya pembangunan sport centre ini nantinya,” katanya.

    • Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan, berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo, bahwa pembukaan PON 2024 tetap akan dilaksanakan 8 September 2024, meskipun bersamaan dengan Pemilihan Umum.
    • Menurut presiden tidak masalah, bila ini berjalan bersamaan, karena tidak saling menggangu.
    You might be interested:  Contoh Olahraga Yang Bertumpu Pada Tangan?

    Olahraga itu harus tetap jalan,” katanya. Mengenai sport centre, Menpora Zainudin Amali akan menyampaikan kepada Kementerian PUPR untuk segera ditindaklanjuti pembangunannya. Karena Pemprov Sumut telah memastikan kesiapan lahan dan segala administrasinya.

    1. Menpora juga menyampaikan, agar Pemprov Sumut memperhatikan beberapa hal terkait pelaksanaan PON 2024.
    2. Di antaranya dalam hal pertanggungjawaban administrasi, agar tidak terkendala pada masalah hukum.
    3. Juga tentang potensi peningkatan perekonomian masyarakat, karena banyaknya tamu yang akan hadir di Sumut, menurutnya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

    Begitu juga dengan keramahtamahan masyarakat, harus dapat membuat para tamu yang berkunjung merasa nyaman dan betah tinggal di Sumut. Turut hadir Anggota DPR RI Komisi X Djohar Arifin Husin, Ketua PWI Atal S Depari, Ketua Umum SIWO AA Gwa Ariwangsa, Sekjen KONI TB Ade Lukman, Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, serta para wartawan olahraga se-Indonesia.**(H14/DISKOMINFO SUMUT)-(RV) : Pemprov Sumut Pastikan Kesiapan Jadi Tuan Rumah PON 2024

    Dimana lokasi PON 2024?

    6 Daerah di Sumut Jadi Penyelenggara PON 2024 Medan, CNN Indonesia – Enam daerah di Sumatera Utara akan menjadi lokasi penyelenggaraan ( ) ke-21 yang akan berlangsung 5-19 September 2024. Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menetapkan enam kabupaten/kota menjadi penyelenggara pertandingan cabang olahraga (cabor) PON 2024.

    • Eenam kabupaten/kota tersebut adalah Medan, Pematangsiantar, Binjai, Deli Serdang, Simalungun dan Serdang Bedagai.
    • Ota Medan menjadi penyelenggara pertandingan yaitu 19 venue antara lain renang, renang indah, loncat indah, polo air, biliar, binaraga, road bike, catur, drumband, dance sport, e-sport, golf, hoki dalam ruangan, hoki luar ruangan, senam, sepakbola putri, futsal, tinju dan tenis meja.

    ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Sedangkan Deliserdang 12 venue yaitu atletik, barongsai, bermotor, boling, kriket, gateball, jujitsu, karate, pencak silat, skuas, taekwondo dan wushu. Kemudian Serdangbedagai 2 venue (berkuda dan voli pasir), Binjai 2 venue (gulat dan sambo), dan Simalungun 2 venue (ski air dan renang perairan terbuka).

    1. Selanjutnya Pematangsiantar 1 venue yaitu kick boxing,”Ada 6 kabupaten/kota yang akan menjadi penyelenggara, ini terkait fasilitas baik untuk venue olahraga, akomodasi dan juga sarana transportasi termasuk aksesibilitas,” kata Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Minggu (25/12).
    2. Pemprov Sumut akan membangun venue baru seperti stadion utama, bela diri, bola voli indoor dan stadion madya atletik.

    Selebihnya Pemprov Sumatera Utara akan merevitalisasi loka tanding yang sudah ada untuk memenuhi standar PON 2024.

    “Untuk stadion utama akan mulai dibangun 2 Januari 2023, yang lain akan menyusul paling lambat Februari 2023 dan sisanya akan kita lakukan revitalisasi,” ucap Edy Rahmayadi.Sementara di Aceh akan menggelar pertandingan untuk 33 cabo yang akan dibagi keenam kabupaten/kota yakni anda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Aceh Tengah, Bener Meriah dan Aceh Tenggara.”Banda Aceh ada 13 venue, Aceh Besar 16 venue, Sabang 6 venue, Aceh Tengah 2 venue, Sabang 6 venue, Aceh Tengah 2 venue, Bener Meriah 3 venue, Aceh Tenggara 1 venue,” jelas Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

    Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan sejauh ini tidak terdapat kendala yang berarti pada persiapan PON 2024. Menurutnya, persiapan yang dilakukan Pemprov Sumut dan Aceh sangat baik. “Saya kira tidak ada masalah, saya sangat menyambut baik semangat pemerintah dan rakyat Aceh, pemerintah dan rakyat Sumatera Utara terhadap kesiapan untuk persiapan ini sangat luar biasa, karena itu sangat saya apresiasi dan menyambut baik,” papar Zainudin Amali.

    PON 8 tahun berapa?

    PON VIII diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 4 Agustus sampai dengan 15 Agustus 1973.

    PON 7 tahun berapa?

    Pekan Olahraga Nasional VII 1969

    Tuan rumah Surabaya, Jawa Timur
    Upacara pembukaan 26 Agustus 1969
    Upacara penutupan 6 September 1969
    Dibuka oleh Soeharto Presiden Republik Indonesia
    Penyalaan obor J. H Saherlawan
    ← Jakarta VI Jakarta VIII →
    You might be interested:  Pukulan Yang Mematikan Dalam Bulu Tangkis?

    PON VII diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur pada tahun 26 Agustus sampai dengan 6 September 1969, Ketua Penyelenggara pada saat itu adalah Acub Zaenal, Pembatalan PON VI mengakibatkan penundaan penetapan tuan rumah PON VII. KONI Pusat mengadakan MUSORNAS pertama di Jakarta namun belum berhasil menetapkan kota mana yang akan menjadi tuan rumah PON VII.

    Baru pada sidang KONI paripurna pertama pada tanggal 26 – 29 Februari 1968 ditetapkan Banjarmasin sebagai kota penyelenggara PON VII. Akan tetapi Kalimantan Selatan tidak sanggup memikul tugas berat tersebut. Didahului oleh berbagai pertimbangan dan perhitungan yang timbul pada perundingan antara KONI Pusat dan Direktorat Jendral Olahraga pilihan akhirnya dijatuhkan kepada Surabaya,

    Dalam PON kali ini, tradisi pawai bendera PON diganti menjadi pawai obor api PON. Hal ini mengikuti tradisi obor api Olimpiade. Adapun api yang terpilih untuk PON VII berasal dari desa Larangan Tokol, Tlanakan, Pamekasan yang terletak di Pulau Madura.

    PON ke 3 tahun berapa?

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Pekan Olahraga Nasional III 1953

    Tuan rumah Medan, Sumatera Utara
    Upacara pembukaan 20 September 1953
    Upacara penutupan 27 September 1953
    Dibuka oleh Soekarno Presiden Republik Indonesia
    Tempat utama Stadion Teladan
    ← Jakarta II Makassar IV →

    PON III diselenggarakan di Medan, Sumatra Utara pada tanggal 20 September sampai dengan 27 September 1953, Stadion Teladan yang baru selesai dibangun dipergunakan dalam ajang olahraga ini.71 tahun kemudian Pekan Olahraga Nasional akan kembali ke Sumatra Utara di tahun 2024,

    Apa saja olahraga yang dipertandingan dalam Olimpiade cabang atletik?

    KOMPAS.com – Sejarah mencatat bahwa olahraga atletik merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) tertua di dunia. Olahraga atletik pertama kali diperkenalkan di negara Mesir dan Sumeria di bagian selatan Mesopotamia pada 3000 Sebelum Masehi (SM). Hanya saja, bentuk pertandingan olahraga secara nyata baru dilakukan oleh masyarakat Yunani kuno pada tahun 776 Sebelum Masehi.

    1. Etika itu, hanya ada satu jenis perlombaan yakni olahraga lari sejauh 190 meter yang diselenggarakan dari ujung sebuah stadion menuju titik akhir di sisi lainnya.
    2. Gelaran tersebut lantas berkembang menjadi cikal bakal perhelatan kejuaraan multicabang bernama Olimpiade di era modern.
    3. Baca juga: Kenapa Ada Lintasan Atletik di Stadion Sepak Bola Indonesia? Kemudian, munculnya istilah atletik sebagai induk semua cabang olahraga atau disebut juga dengan mother of sports,

    Julukan tersebut bukan sembarang tercipta, ada alasan khusus dibaliknya. Sebab, atletik disebut mother of sports karena di dalam olahraga tersebut terkandung unsur-unsur gerak dasar yang dibutuhkan oleh semua cabor. Sebut saja seperti gerak lari, lompat, lempar, dan lain-lain.

    • Dilansir dari laman Sports Rec, cabang atletik menjadi penyumbang kategori terbanyak dalam Olimpiade era modern pertama pada 1896 di Athena, Yunani.
    • Total kategori lomba dalam cabang atletik mencapai 12 nomor termasuk lari jarak 100 meter, 400 meter, 800 meter, 1.500 meter, dan lari gawang sejauh 110 meter.

    Baca juga: Aturan Tolak Peluru Nomor perlombaan lain dalam cabang atletik yang digelar adalah lari marathon, lompat jauh, lompat jangkit, lompat tinggi, lompat galah, tolak peluru, lempar cakram, dan lempar lembing, Sejak saat itu, atletik tidak pernah absen sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade era modern.

    Olahraga senam mulai dimasukkan sebagai cabang olahraga yang dilombakan pada PON ke dan di mana?

    5. Kegiatan Persani Pada Awal Terbentuknya – Persani memiliki kegiatan mengikutsertakan tim senam. Tim ini diikutkan dalam rangka Konferensi Asia Afrika I serta di GANEFO Asia. Untuk mempersiapkan para atlet yang ikut serta, Persani mendatangnya para pelatih senam dari RRC.

    Maka dari itu, Indonesia sempat mengalami kemajuan dalam olahraga senam. Sayangnya, perkembangan latihan para atlet senam dengan para pelatih dari RRC ini terpaksa berhenti sementara waktu. Sebab, para pelatih tersebut pulang kembali ke negaranya akibat meletusnya Gerakan 30 September. Namun, tahun 1969 kemudian, senam juga dipertandingkan untuk yang pertama kalinya dalam ajang PON VII di Surabaya.

    Meskipun demikian, karena kurangnya alat dan juga karena minimnya sumber daya manusia yang ikut terlibat, perkembangan olahraga senam di tanah air seperti berjalan dengan lambat.

    Related Post