Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Ada Berapa Cabang Olahraga Permainan Bola Kecil?

Ada Berapa Cabang Olahraga Permainan Bola Kecil?

Ada Berapa Cabang Olahraga Permainan Bola Kecil
Joji Maning Permainan Bola Kecil – Jika ada istilah akan permainan bola besar, itu berarti ada permainan bola kecil juga dong ! Yap, sesuai dengan namanya, berarti permainan bola kecil ini menggunakan sebuah bola dengan ukuran kecil sebagai alat utamanya.

Ukuran kecilnya bola dalam permainan ini biasanya dapat digenggam oleh telapak tangan orang dewasa. Grameds pasti sudah tidak asing dengan keberadaan permainan bola kecil ini, sebab ketika masih duduk di bangku sekolah, guru olahraga kerap mengajari akan hal tersebut. Bahkan bisa saja Grameds masih memainkannya hingga saat ini, baik sebagai hobi atau bahkan berhasil memenangkan pertandingannya.

Jenis olahraga yang termasuk dalam permainan bola kecil, sebut saja ada bulu tangkis, tenis meja, golf, softball, kasti, dan masih banyak lagi. Lalu sebenarnya, apa saja sih permainan bola kecil itu? Bagaimana sejarah dan aturan dari permainan-permainan bola kecil ini? Yuk simak ulasan berikut ini, supaya Grameds tidak bingung! Ada Berapa Cabang Olahraga Permainan Bola Kecil https://www.pexels.com/

Ada berapakah cabang olahraga dalam permainan bola besar?

Joji Maning Permainan Bola Besar – Pada dasarnya, permainan bola besar adalah istilah yang merujuk pada olahraga berbasiskan penggunaan sebuah bola dengan ukuran besar. Grameds pasti sudah tahu dong apa saja olahraga yang menggunakan bola berukuran besar ini? Sebut saja ada sepak bola, basket, voli, hingga rugby.

Permainan bola besar itu kebanyakan hanya dapat dimainkan oleh dua tim yang masing-masing memiliki beberapa anggota sebagai pemainnya. Meskipun disebut dengan permainan, tetap saja hal tersebut memiliki sejarah dan aturan dasarnya, sebab sejatinya merupakan sebuah olahraga. Dari sekian banyaknya permainan bola besar ini, Grameds pasti sudah pernah mempelajarinya ketika masih duduk di bangku sekolah.

Lalu sebenarnya, apa saja sih permainan bola besar itu? Bagaimana pula sejarah perkembangan dari permainan-permainan bola besar ini? Nah, supaya Grameds memahami akan hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini! https://www.pexels.com/

You might be interested:  Peringkat Sea Games 2022 Sepak Bola Indonesia?

Berapa jumlah kelompok dalam permainan bola kasti?

Permainan kasti dilakukan oleh dua regu yang jumlah pemainnya sama. Regu dalam permainan kasti disebut regu pemukul dan regu penjaga.

Biji bekel ada berapa?

Peraturan & Tata Cara Permainan Bola Bekel – Foto: permainan tradisional bekel Foto: aturan main bekel (Orami Photo Stock) Apakah Moms sudah tahu bagaimana peraturan permainan bola bekel dan cara memainkannya? Jika Moms kurang familiar dengan permainan tradisional mungkin akan sulit membayangkan bagaimana permainan ini dilakukan.

  1. Alau begitu, simak peraturan dan tata cara permainan bola bekel berikut ini, yuk! Dalam 1 set bekel terdiri dari 1 bola bekel besar berukuran seperti bola pingpong, serta 6-10 biji bekel.
  2. Jumlah biji bekel bisa beragam sesuai keinginan masing-masing.
  3. Jika tidak memiliki biji bekel berbahan kuningan atau plastik, Moms bisa menggantinya dengan kerikil, biji salak, atau benda lainnya yang berukuran kecil.

Menggunakan barang alternatif ini justru bisa bikin permainan jadi lebih simpel, lho! Peraturan bermain bekel cukup sederhana. Pemain terdiri dari minimal 2 orang, melakukan suit sebelum bermain, lalu yang menang main duluan. Setiap pemain harus melakukan sesi permainan dengan sempurna alias tidak boleh salah.

Lakukan suit atau hompimpa sebelum memulai permainan.Pemain pertama mendapatkan 1 set bekel yang terdiri dari 1 bola dan 6-10 biji bekel.Lambungkan bola sambil menyebar biji-biji bekel ke lantai, lalu tangkap bolanya sebelum jatuh ke lantai lagi.Lambungkan lagi bolanya sambil mengubah posisi biji bekel ke arah atas/bawah sesuai kesepakatan, kemudian tangkap lagi bolanya sebelum jatuh ke lantai.Ulangi hal yang sama hingga semua biji bekel menengadah/tengkurap.Jika semua biji bekel sudah seragam, lambungkan bola bekelnya lagi lalu ambil semua biji bekel dalam 1 kali serokan sebelum bola bekel jatuh ke lantai.Apabila berhasil, ulangi hal yang sama dari awal. Namun, kali ini tingkatkan jumlah biji bekel yang ditengadahkan menjadi 2 biji sekaligus.Jika berhasil lagi, naikkan jumlahnya perlahan-lahan hingga semua biji bekel menengadah/tengkurap.Setelah itu, kesempatan bermain habis dan giliran pemain lainnya yang bermain. Pergantian pemain juga bisa dilakukan jika setiap pemain melakukan kesalahan.

You might be interested:  Olahraga Yang Dilakukan Di Air Disebut?

Jika dijelaskan seperti ini mungkin terdengar agak membingungkan ya, Moms! Padahal sebenarnya permainan bekel sangat mudah dilakukan. Singkatnya, ambil biji bekel sebelum bolanya menyentuh lantai. Baca Juga: Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

Apa yang dimaksud dengan permainan ular naga?

Yuk Kenal Permainan Tradisional dari Desa Bagian 8 (Ular Naga) Masih dalam seri permainan tradisional ala desa. Kali ini yaitu permainan tradisional yang tidak menggunakan alat dan butuh player yang banyak, Ular naga. Permainan ular naga bisa dimainkan minimal oleh 7 orang anak, 2 orang bertugas sebagai penjaga dan sisanya akan berjalan melewati penjaga.

  1. Etika memulai permainan biasanya di acak dulu dengan hompimpa untuk menentukan siapa 2 orang sebagai penjaga.
  2. Sisa pemainnya berbaris dengan saling memegang pundak temannya dan berjalan melewati kedua penjaga.
  3. Permainan ular naga dimulai dengan nyanyian lagu daerah atau lagu-lagu pilihan lainnya.
  4. Etika lagu berhenti, penjaga akan menangkap salah satu orang dan yang tertangkap harus keluar dari permainan.

Di beberapa daerah permainan ular naga ini dimodifikasi dengan beberapa aturan untuk pemain yang terkena tangkapan ular naga. Ada yang memberi hukuman tertentu, seperti menjadi patung atau menangkap bebek. Permainan ular naga bahkan bisa melatih sensomotorik anak-anak lo.

Related Post