Berita Bulutangkis Peralatan Olahraga Apa Fungsi Menyundul Dalam Permainan Sepak Bola?

Apa Fungsi Menyundul Dalam Permainan Sepak Bola?

Apa Fungsi Menyundul Dalam Permainan Sepak Bola
Ilustrasi. Teknik menyundul bola dan manfaat sepak bola (SplitShire/Daniel Nanescu) Jakarta, CNN Indonesia – Sepak bola adalah olahraga permainan yang dilakukan dengan menyepak bola ke gawang lawan agar mendapat poin. Olahraga ini membutuhkan sejumlah teknik, salah satunya teknik menyundul bola.

Teknik menyundul bola disebut heading, seperti dikutip dari Modul 1 Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berjudul Tim Kesebelasan Sepak Bola, Tujuan menyundul bola bermacam-macam, bisa untuk mengoper dan membuang bola. Namun, juga bisa untuk mematahkan serangan lawan sampai mencetak gol.

Pemain bola perlu menguasai teknik menyundul karena ini merupakan teknik dasar dalam sepak bola, selain teknik menendang bola maupun teknik merebut bola.

Apa fungsi menyundul pada permainan sepak bola?

Tujuan menyundul bola dalam permainan sepakbola adalah untuk mengumpan, mencetak gol, dan untuk mematakan serangan lawan atau membuang boladapat dilakukan sambil berdiri, melompat, dan sambil meloncat. Banyak gol tercipta dalam permainan sepak bola dari hasil sundulan kepala (Sucipto, 2000:32).

Yang dimaksud dengan menyundul bola dalam sepak bola dan apa kegunaannya?

Menyundul (heading) merupakan cara untuk menguasai bola dengan menggunakan kepala. Heading adalah teknik menanduk atau menyundul bola untuk mengoper atau mencetak gol, Luxbacher, J.A (2002). Bagian kepala yang digunakan untuk melakukan heading adalah kening.

Apa tujuan dengan meng heading bola pada permainan sepak bola?

KOMPAS.com – Heading adalah teknik dasar sepak bola yang artinya menyundul bola. Teknik dasar gerakan menyundul bola dengan kepala dilakukan pemain untuk menggapai bola di udara dengan ketinggian yang tidak bisa digapai dengan kaki. Tujuan menyundul bola dalam permainan sepak bola adalah untuk mengumpan, mencetak gol, dan untuk mematahkan serangan lawan atau membuang bola.

  1. Dalam dunia sepak bola, teknik menyundul bola bisa jadi petaka, bisa juga jadi peluang.
  2. Baca juga: Tugas Kiper dalam Sepak Bola Sebab, banyak gol tercipta secara langsung atau tidak langsung dari duel di udara dengan menggunakan kepala.
  3. Mencetak gol langsung dengan menggunakan kepala terbilang sulit karena untuk bisa menyundul bola pemain perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk melompat.

Kendati demikian, masih banyak pemain yang mampu mencetak gol dengan sundulan kepalanya, seperti legenda sepak bola asal Belanda, Robin van Persie, Sewaktu membela timnas Belanda di Piala Dunia 2014, Van Persie berhasil mencetak gol indah melalui sundulan kepala.

Baca juga: Mengenal Aturan Offside dalam Sepak Bola Van Persie mencetak gol dengan menggunakan teknik dasar menyundul bola saat timnas Belanda melumat Spanyol dengan skor 5-1. Golnya itu tercipta pada menit ke-44, saat Daley Blid mengirimkan umpan silang jauh dari pinggri kiri lapangan dengan bola melayang menuju kotak penalti di mana Van Persie menanti.

Tidak diduga, Van Persie terlihat seperti terbang saat melakukan sundulan itu. Bola lantas meluncur di atas kepala Iker Casillas dan mengoyak gawang Spanyol. Adapun, dalam buku Olahraga (2016) karya Sukma Aji, dalam menyundul bola memiliki beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh pemain.

Lari menjemput arah datangnya bola, arah pandangan yang benar saat persiapan untuk melakukan teknik dasar menyundul bola adalah tertuju pada arah bola Sikap otot leher yang benar saat melakukan teknik dasar gerakan menyundul bola adalah dikuatkan atau dikeraskan Bagian badan untuk menyundul bola dengan baik harus menggunakan dahi, yaitu daerah kepala di atas kedua kening di bawah rambut kepala Badan ditarik ke belakang melengkung pada daerah pinggang, kemudian dengan gerakan seluruh tubuh, yaitu kekuatan otot-otot perut, kekuatan dorongan panggul dan kekuatan kedua lutut, kaki diturunkan, badan diayun ke depan sehingga dahi dapat mengenai bola Pada waktu menyundul bola, mata tetap terbuka tidak boleh dipejamkan, selalu mengikuti arah datangnya bola dan mengikuti ke mana bola diarahkan, selanjutnya diikuti dengan gerak lanjutan untuk segera lari mencari posisi.

You might be interested:  Sebutkan Jenis Olahraga Yang Bisa Meningkatkan Kecepatan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana badan yang digunakan untuk menyundul bola dalam permainan sepak bola?

Bagian tubuh yang berperan dalam gerakan menyundul bola yaitu batang tubuh khususnya otot perut.

Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan menyundul bola?

Jelaskan Pengertian Heading dalam Permainan Sepakbola “Ini adalah teknik yang sering membuat kiper memungut bola dari jala gawang.” Libero.id – Meski bisa menyebabkan penyakit syaraf kepada di usia senja, heading merupakan salah satu istilah dalam permainan sepakbola yang sangat penting.

  • Sebab, ada banyak situasi dalam pertandingan yang membutuhkan heading sebagai solusi.
  • Sepakbola memang telah menjadi salah satu olahraga paling favorit di dunia.
  • Tak heran jika sederet pertandingan sepakbola selalu ramai disaksikan para penonton.
  • Terlebih, jika pertandingan itu menampilkan bintang-bintang sepakbola dunia sekelas Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi,

Dalam banyak pertandingan sepakbola, pemain akan menggunakan kaki dan kepalanya untuk mencetak gol. Kaki digunakan untuk menendang, sementara kepala adalah media melakukan heading. Pengertian Heading dalam Permainan Sepakbola Heading secara harafiah dapat diartikan sebagai menyundul,

Ini adalah teknik yang digunakan dalam sepakbola untuk mengendalikan bola dengan kepala. Selain untuk mencetak gol, heading juga bisa dilakukan untuk mengoper, menghalau, atau mengeksekusi bola yang datang mengancam lini pertahanan. Teknik ini bisa dilakukan dengan posisi berdiri atau melompat. Fungsi Heading dalam Permainan Sepakbola Heading dalam permainan sepakbola memiliki beragam fungsi.

Salah satunya untuk menciptakan gol. Dapat diakui bahwa secara umum, penyerang bisa menggunakan teknik heading untuk mencetak gol. Sebagian besar gol yang tercipta dari sundulan ini dicetak dari umpan silang atau tendangan sudut. Biasanya, pemain yang bertugas memberikan bola, akan mengoper bola melintasi gawang di udara.

Kemudian, pemain akan menyambut bola itu dengan kepalanya. Jika beruntung, pemain itu akan tepat mengenai bola dengan kepalanya. Tapi, heading bukan hanya untuk mencetak gol. Sundulan memiliki banyak fungsi lainnya. Sebut saja menghalau laju bola yang mengancam pertahanan. Pemain bertahan biasanya menggunakan sundulan untuk mencegah terciptanya gol oleh lawan, khususnya saat serangan dari udara.

Sundulan bisa menjadi satu-satunya pilihan saat bola melambung udara. Sebab, aturan di sepakbola melarang pemain melakukan kontak dengan bola menggunakan tangan. Ada juga aturan mengangkat kaki terlalu tinggi. Pemain dengan Kemampuan Heading Bagus Di pertandingan sepakbola, ada banyak nama pemain top yang memiliki kemampuan heading bagus.

  • Sebut saja Cristiano Ronaldo, Didier Drogba, Alvaro Morata, Harry Kane, Olivier Giroud, Gareth Bale, Sergio Ramos, Giorgio Chiellini, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Pemain-pemain itu memiliki kemampuan luar biasa dalam menerapkan teknik heading.
  • Selain sering mencetak gol melalui heading, tak jarang mereka mengamankan lini pertahanan dari serangan lawan melalui heading.

(atmaja wijaya/anda) : Jelaskan Pengertian Heading dalam Permainan Sepakbola

Apa arti dari kata menyundul?

Pengertian dari menyundul bola beserta cara melakukannya(!)*mohon dibantu y 🙂 Menyundul bola atau heading merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola. Menyundul bola adalah gerakan mengarahkan bola dengan dahi kepala.

Menyundul bola namanya apa?

12. Heading – Istilah heading dalam permainan sepak bola adalah menyundul, lebih tepatnya menyundul atau mengontrol bola menggunakan kepala pemain. Bila ingin melakukan heading dengan tepat, maka pastikan bola bersentuhan dengan bagian dahi. Beberapa tujuan heading adalah mengoper hingga mencetak gol.

Mengapa saat menyundul bola harus dengan mata terbuka?

sebutkan prinsip prinsip dalam menyundul bola dalam permainan sepak bola! Dalam permainan sepak bola, gerakan atau teknik menyundul bola merupakan salah satu teknik dasar. Ketika melakukan teknik menyundul bola, terdapat beberapa prinsip-prinsip yang harus dipahami.

  • Menyundul dilakukan dengan dahi kepala.
  • Ketika menyundul, otot leher harus dikuatkan.
  • Ketika menyundul bola, mata harus terbuka untuk mempermudah mengarahkan bola.

Pada saat melakukan menyundul bola bagian badan manakah yang berperan penting?

Peranan Persepsi Kinestetik dengan Kemampuan Menyundul Bola – Persepsi kinestetik merupakan suatu fungsi dari organ-organ tubuh manusia yang berhubungan erat dengan gerakan tubuh manusia. Organ-organ kinestetik adalah proprioseptor yang meliputi reseptor-reseptor sensori tertentu dalam otot-otot, tendon, persendian dan alat vestibular dari telinga bagian dalam.

Masing-masing reseptor tersebut mempunyai tugas dan fungsi tersendiri dalam hubungannya posisi dan gerakan tubuh. Dilihat dalam situasi permainan sepakbola bahwa, organ-organ reseptor tersebut mempunyai peran penting dalam setiap gerakan pemain. Hal ini karena dalam permainan sepakbola seorang pemain sepakbola dituntut selalu bergerak dan memperhatikan lawan, teman serta mengamati datangnya bola.

Demikian halnya pada waktu akan menyundul bola, dimana seorang pemain harus melihat datangnya bola dan memperhatikan situasi permainan agar sundulan yang akan dilakukan tepat pada sasaran yang diinginkan. Menurut (Soekatamsi, 1988:171) menyatakan, Salah satu dasar teknik menyundul bola adalah lari menjemput arah datangnya bola, pandangan mata tertuju pada arah bola.

  1. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa, pada saat seorang pemain mengamati datangnya bola, maka indera penglihatan mempunyai peranan penting untuk segera mengambil keputusan sesuai dengan keadaan yang dihadapi.
  2. Dalam hal ini, pada saat akan menyundul bola seorang pemain melihat datangnya bola dan bersamaan dengan itu telah dipikirkan maksud dan tujuan menyundul bola yang akan dilakukan, sehingga hasil sundulannya tepat pada sasaran yang diinginkan.
You might be interested:  Apa Nama Induk Organisasi Olahraga Bulutangkis?

Jika seorang pemain kepekaan inderanya kurang baik, gerakannya akan lambat sehingga akan gagal melakukan gerakan sesuai dengan keadaan yang dihadapi.

Apa manfaat dari gerakan menggiring bola?

Adapun kegunaan menggiring bola menurut Soekatamsi (1992: 34) adalah untuk melewati lawan, untuk mencari kesempatan memberikan bola umpan kepada teman dengan tepat, untuk menguasai bola atau menahan bola agar tetap dalam pengawasan, dan untuk menyelamatkan bola apabila tidak terdapat kemungkinan atau kesempatan untuk

Teknik menyundul bola ada berapa?

KOMPAS.com – Menyundul bola merupakan salah satu dari teknik dasar dalam permainan sepak bola, Gerakan menyundul bola dengan kepala dilakukan pemain untuk menggapai bola di udara dengan ketinggian yang tidak bisa digapai dengan kaki. Teknik menyundul bola membutuhkan kemampuan pemain untuk mengukur posisi badan serta waktu yang pas untuk melompat dari titik tolak di lapangan.

Tujuan menyundul bola dalam permainan sepak bola adalah untuk mengumpan, mencetak gol, dan untuk mematahkan serangan lawan atau membuang bola. Baca juga: Siapakah Pemain Pengatur Serangan dalam Sepak Bola? Kemampuan untuk menyundul bola secara baik umumnya dimiliki pemain dengan postur tubuh tinggi, yang unggul dalam hal tinggi lompatan di udara.

Dikutip dari buku Olahraga Paling Lengkap (2016) karya Sukma Aji, ada empat macam teknik menyundul bola, yaitu dengan sikap berhenti di tempat, sikap lari, sikap melompat, dan sikap melayang.

Menyundul bola dengan sikap berhenti di tempat

Berikut adalah cara menyundul bola dengan sikap berhenti di tempat:

  1. Badan menghadap ke arah datangnya bola, lalu lutu kaki sedikit ditekuk. Kemudian badan condong ke belakang mata tertuju ke arah datangnya bola.
  2. Dengan kekuatan otot-otot perut dan dorongan panggul serta dorongan kedua lutut diluruskan.
  3. Seluruh badan diikutsertakan ke depan hingga badan condong ke depan, lalu diteruskan dengan gerak lanjutan ke arah sasaran.

Menyundul bola dengan sikap lari

Baca juga: Macam-macam Formasi Sepak Bola Beserta Kelebihan dan Kekurangan Untuk melakukan teknik ini, pemain berlari ke arah datangnya bola dengan gerakan seperti menyundul bola dalam sikap berdiri.

Menyundul bola dengan sikap melompat

Ada tiga teknik untuk melakukan sundulan dengan sikap melompat. Pertama, menyundul bola dilakukan pada saat mulai melompat atau pada saat badan naik ke atas. Sundulan ini digunakan untuk mematahkan serangan lawan atau membersihkan bola dari daerah berbahaya di depan gawang sendiri.

Kedua, menyundul bola pada saat mencapai puncak atau titik tertinggi dari lompatan, yaitu untuk menyundul bola ke bawah. Teknik sundulan ini untuk membuat gol ke gawang lawan atau memberi operan kepada rekan setim. Baca juga: Apa Itu Corner Kick dalam Sepak Bola? Terakhir, teknik menyundul bola pada saat lompatan telah mencapai puncak dan saat mulai turun.

Teknik ini untuk operan bola lemah.

Menyundul bola dengan melayang

Teknik ini berguna untuk membuat gol. Bola yang melayang di udara akan menjadi “makanan” bagi kepala untuk mengarahkannya ke rekan satu tim atau ke dalam gawang lawan. Untuk melakukan teknik ini, pemain harus menyundul bola sambil menjatuhkan badan. Hal ini dilakukan apabila bola yang datang melayang tidak begitu tinggi dari tanah.

Sebutkan kesalahan apa saja yang sering terjadi saat menyundul bola?

Perhatikanlah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika menyundul bola dengan awalan, yaitu: badan kaku dan tidak seimbang, pandangan tidak pada bola, tidak bergerak mendekati bola, dan perkenaan tidak pada kening/dahi.

Sepak bola di temukan oleh siapa?

Penemuan permainan sepak bola – Ada beberapa pendapat m engenai asal mula permainan sepak bola. S ebagian pendapat menyebutkan bahwa sepak bola berasal dari negara Inggris. Namun, ada juga yang mengatakan permainan ini berasal dari negara lain. Dalam beberapa fakta ada yang menjelaskan bahwa sepak bola telah ada sejak zaman kuno.

Beberapa artefak menunjukkan bahwa sepak bola telah dimainkan sejak zaman Maya kuno, Mesir kuno, Tiongkok kuno, dan Bangsa Romawi. Baca juga: Permainan Sepak Bola Akan tetapi sejauh ini orang-orang memang mengenal Inggris sebagai negara yang menemukan sepakbola. Hal tersebut dikarenakan Inggris memperkenalkan sejumlah aturan untuk diterapkan dalam olahraga sepakbola atau tepatnya pada 1863.

You might be interested:  Apa Tujuan Dari Pemanasan Sebelum Olahraga?

Karena, pada awalnya permainan bola tidak teratur sehingga terlihat kacau. Hingga suatu ketika Ebenezer Morley pun berinisiatif untuk membentuk asosiasi sepakbola resmi. Pada 26 Oktober 1863 pertemuan yang diikuti oleh 12 perwakilan klub sepakbola di Freemason Tavern.

  1. Dari hasil pertemuan tersebut, maka terbentuklah asosiasi sepakbola pertama di dunia, yakni The Football Association (FA).
  2. Baca juga: Sejarah Terciptanya Permainan Sepak Bola Dengan fakta tersebut, Morley memang tidak bisa dicap sebagai sosok yang menemukan sepakbola namun beliau dijuluki sebagai Bapak sepak bola.

Adapun, banyak sumber mencatatat bahwa Inggris adalah negara yang-sebut sebagai penemu sepakbola pada tahun 1863.

Berapa waktu yang digunakan dalam permainan sepak bola dalam dua babak?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Durasi pertandingan ( Inggris : Injury time ) sepak bola resmi terdiri dari dua periode 45 menit, yang masing-masing dikenal sebagai babak. Tidak seperti beberapa olahraga bola yang lain, Waktu berjalan terus menerus, yang berarti bahwa penghitungan waktu tidak dihentikan saat bola keluar dari permainan atau ketika terjadi pelanggaran.

  • Umumnya ada 15 menit istirahat antara dua babak.
  • Akhir pertandingan ini dikenal sebagai full-time.
  • Wasit adalah sumber waktu resmi dalam pertandingan, dan dapat memperhitungkan penyisihan waktu yang hilang ketika pergantian pemain, perawatan pemain yang terkapar, atau penghentian lainnya.
  • Tambahan waktu juga disebut masa penghujung ( injury time ) diterapkan dalam dokumen peraturan FIFA, sementara penggantian waktu juga dapat digunakan sebagai sinonim.

Durasi perpanjangan waktu adalah kebijaksanaan dari wasit, petugas wasit sendiri memberi sinyal akhir pertandingan. Dalam pertandingan resmi di mana terdapat wasit keempat yang ditunjuk, menjelang menit terakhir memberikan berapa menit waktu tambahan yang diinformasikan para pemain dan penonton dengan mengangkat sebuah papan yang menunjukkan jumlah tambahan menit.

  • Mengisyaratkan durasi terakhir yang dapat diperpanjang secara sesuai oleh wasit di lapangan apabila terjadi pelanggaran yang menyita waktu.
  • Permainan sepak bola tidak boleh diakhiri dengan menyatakan sebuah pelanggaran tanpa tendangan bebas.
  • Masa penghujung diperkenalkan akibat sebuah insiden yang terjadi pada tahun 1891 saat pertandingan antara Stoke City dan Aston Villa,

Karena terdesak dalam skor 1-0, Stoke mendapat tendangan penalti dengan hanya dua menit yang ditambahkan. Kiper Villa menangkis bola keluar dari tanah, dan pada saat bola telah ditendang kembali, 90 menit yang telah terlewati dan pertandingan berakhir.

Undang-undang yang sama juga menetapkan bahwa durasi tambahan diperpanjang sampai hukuman tendangan yang terjadi, sehingga tidak ada permainan yang berakhir sebelum hukuman atas pelanggaran diambil. Umumnya pada kompetisi knock-out (gugur) sebuah permainan yang imbang pada akhir waktu dapat berlanjut ke perpanjangan waktu ( extra time ), yang terdiri dari dua periode 15 menit disertai sebuah jeda.

Jika skor masih imbang setelah perpanjangan waktu memungkinkan penggunaan adu penalti (dikenal secara resmi di LOTG sebagai “tendangan-tendangan dari sebuah titik penalti”) untuk menentukan tim pemenang yang akan lolos ke tahap berikutnya dari turnamen.

Gol yang dicetak selama perpanjangan waktu dihitung terhadap skor akhir pertandingan, namun tendangan-tendangan dari sebuah titik penalti yang hanya digunakan untuk menentukan tim yang maju ke babak selanjutnya dari turnamen (dengan gol-gol yang dicetak dalam adu penalti tidak termasuk dari skor akhir).

Menyundul Bola & Masalah Kesehatan Kepala Serta Otak Pemain Sepak Bola

Penerapan kontes adu penalti diberlakukan oleh IFAB sejak akhir dekade 1990.

Bagaimanakah gerakan akhir menyundul bola dalam permainan sepak bola?

Jawabannya adalah apabila berat badan dibawa ke arah depan atau samping, maka lutut diluruskan. Apabila berat badan dibawa ke arah belakang, maka lutut direndahkan. Apabila berat badan dibawa ke arah depan, maka lulut kaki disilangkan. Kemudian arahkan pandangan mengikuti gerakan bola.

Berikut yang termasuk teknik dasar pada akhir gerakan menyundul bola adalah: 1. Berat badan dibawa ke arah depan. Lutut diluruskan. Kedua tumit terangkat dari tanah. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.2. Berat badan dibawa ke arah belakang. Kedua lutut direndahkan. Kedua tumit kaki diputar. Pandangan mata mengikuti arah gerakan bola.3.

Berat badan dibawa ke arah samping. Kedua lutut kaki diluruskan. Kedua tumit diangkat dari tanah. Pandangan ke arah bawah.4. Berat badan dibawa ke arah depan. Kedua lutut kaki disilangkan. Tumit diputar. Pandangan ke atas. Jadi jawabannya adalah apabila berat badan dibawa ke arah depan atau samping, maka lutut diluruskan.

Related Post